BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sumber Daya Manusia atau SDM adalah
salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan organisasi yaitu
memaksimulkan laba. Tenaga kerja memberi sumbangan berupa tenaga, pikiran,
pengalaman, dan keahlian. Hal ini berarti dalam suatu organisasi faktor tenaga
kerja merupakan masalah yang komplek, sehingga dibutuhkan usaha untuk memelihara
dan mengembangkanya agar dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan organisasi.
Suatu organisasi perlu
didukung oleh pegawai yang berkualitas dan profesional. Agar pegawai dapat
mempunyai prestasi kerja yang baik, organisasi sangat perlu memperhatikan kompensasi
yang diberikan kepada pegawai. Kompensasi adalah kontra prestasi terhadap penggunaan
tenaga atau jasa yang telah diberikan oleh tenaga kerja ( Wibowo :134).
Seorang pimpinan
didalam organisaasi harus dapat membina hubungan baik dengan pegawai, dengan
cara memberikan insentif, gaji, honor, lembur, bonus dan tunjangantunjangan kesejahteraan
para pegawai. Karena pada hakekatnya tenaga kerja akan lebih produktif apabila
tenaga kerja tersebut menerima gaji dan honor yang seimbang dengan pekerjaan
yang telah mereka kerjakan. Namun tunjangan- tunjangan tersebut tidak diberikan
organisasi secara cuma-cuma. Para pegawai harus mampu menunjukkan prestasi yang
dimilikinya selama ia bekerja di organisasi tersebut.
Maka dalam hal ini,
gaji, honor, dan insentif sangat besar sekali pengaruhnya karena dapat
mempengaruhi sifat tingkah laku tenaga kerja dalam melaksanakan beban yang menjadi
tanggung jawab. Masalah ini tidak saja menyangkut berapa jumlah uang yang diterima,
melainkan menyangkut beban pekerjaan maupun berkaitan dengan moral dan tanggung
jawab organisasi terhadap kehidupan para karyawan dan keluarganya. Karena itu, tidak
menutupi kemungkinan bila perusahaan tidak dapat memenuhinya, maka para
karyawan tersebut sanggup melakukan kegiatan yang merugikan perusahaan.
Gaji, Honor, dan
insentif tidak saja sekedar cara untuk memuaskan kebutuhan fisik, melainkan
juga merupakan pengakuan dan rasa mencapai sesuatu. Gaji dan honor merupakan salah
satu alat motivasi untuk bekerja lebih keras dan berdampak dalam mengurangi pergantian
pegawai.
Fakultas Ekonomi sebagai instuti dibidang pendidikan, dimana di
dalamnya terdiri dari beberapa kepala bagian, dan masing- masing bagian
memiliki jumlah pegawai dan staf pengajar yang cukup banyak sehingga di dalam
memberikan gaji, honor, dan insentif memerlukan program penimbangan prestasi
yang efektif yang digunanakan untuk menentukan siapa yang harus dinaikan
pangkatnya atau mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan prestasi yang telah
dimilikinya selama ia bekerja. Sesuai dengan surat keputusan Rektor no : 237/H5.1.R/SK/KEU/2010 tentang Penetapan
Satuan Biaya Pembayaran Honorarium Kesejahteraan/ Insentif Unsur Pelaksanaan Akademik/Administarsi
dan Pengelola Manajemen Perguruan Tinggi Fakultas/Unit Kerja Dilingkungan ..
Berdasarkan uraian
diatas, maka penulis merasa tertarik untuk membahas lebih detail lagi mengenai
pengaruh pemberian gaji, honor dan insentif terhadap kinerja karyawan. Oleh karena
itu penulis mengambil judul : “ Pengaruh Pemberian Gaji,Honor dan Insentif Terhadap
Kinerja Karyawan Fakultas Ekonomi .” B. Perumusan Masalah Penghargaan dalam
bentuk uang merupakan motivasi utama bagi kebanyakan pegawai. Hal ini
disebabkan dapat membantu memenuhi kebutuhan- kebutuhan fisik tingkat rendah
dan juga kebutuhan- kebutuhan tingkat tinggi prihal pengakuan dan prestasi.
Tetapi apakah penghargaan atau tunjangan tersebut berpengaruh dalam merangsang
kinerja pegawai di dalam organisasi unuk masa kini dan masa yang akan datang.
Maka rumusan masalah dalam tugas akhir ini adalah : “Bagaimanakah pengaruh
pemberian gaji, honor dan insentif terhadap kinerja pegawwai Fakultas Ekonomi ?” C. Tujuan penelitian Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui bagaimana
pengaruh gaji, honor,dan insentif terhadap kinerja pegawai di Fakultas Ekonomi 2. Untuk mengetahui bagaimana Fakultas Ekonomi
dalam meningkatkan kinerja pegawainya.
D. Manfaat Penelitian Adapun
manfaat penelitian yang di lakukan pada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera
Utara adalah sebagai berikut : 1. Bagi Instansi, dapat memberikan masukan kepada
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara 2. Bagi Penulis, berguna untuk
mengetahui perbedaan yang ada antara praktek yang dilakukan oleh perusahaan
dengan teori bangku perkuliahan dan melalui buku- buku perpustakaan 3. Bagi
Peneliti lain, sebagai masukkan atau referensi bagi pembaca untuk membantu penulisan
tugas akhir.
E.
Sistematika Penelitian 1. Jadwal Penelitian Penelitian ini
dilakukan di Fakultas Ekonomi yang terletak
di jalan Prof. M.T. Hanafiah kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan
ini dapat dilihat pada tabel 1.1.
Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan Dalam
kegiatan pengumpulan data, penulis melakukan penelitian selama beberapa minggu
mulai tanggal 15 Februari s/d 27 Februari 2010 di bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi
.
F. Sistematika
Pembahasan Sistematika pembahasan merupakan suatu
gambaran singkat untuk membedakan pembahasan, memudahkan pembahasan dan
perincian sehingga data- data yang relevan dalam skripsi minor ini, maka
penulis merinci sistematika penulisan seperti di bawah ini : NO. KEGIATAN MINGGU
KE 1 2 3 1. Persiapan 2. Pengumpulan Data 3. Penulisan Laporan BAB
I PENDAHULUAN Bab ini menyajikan latar belakang masalah, rumusan masalah,
maksud dan tujuan, dan rencana penulisan.
BAB II PROFIL FE USU Dalam
bab ini akan diuraikan sejarah singkat, struktur organisasi, job description pada
FE USU, jaringan usaha atau kegiatan, kinerja usaha terkini, serta rencana kegiatan
yang akan dilaksanakan BAB III PEMBAHASAN Dalam bab ini akan diuraikan mengenai
pengaruh pemberian gaji, upah, dan insentif terhadap kinerja karyawan FE USU BAB
IV PENUTUP Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi