Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGARUH PEMBERIAN GAJI, HONOR DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI

BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
Sumber Daya Manusia atau SDM adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan organisasi yaitu memaksimulkan laba. Tenaga kerja memberi sumbangan berupa tenaga, pikiran, pengalaman, dan keahlian. Hal ini berarti dalam suatu organisasi faktor tenaga kerja merupakan masalah yang komplek, sehingga dibutuhkan usaha untuk memelihara dan mengembangkanya agar dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan organisasi.

Suatu organisasi perlu didukung oleh pegawai yang berkualitas dan profesional. Agar pegawai dapat mempunyai prestasi kerja yang baik, organisasi sangat perlu memperhatikan kompensasi yang diberikan kepada pegawai. Kompensasi adalah kontra prestasi terhadap penggunaan tenaga atau jasa yang telah diberikan oleh tenaga kerja ( Wibowo :134).
Seorang pimpinan didalam organisaasi harus dapat membina hubungan baik dengan pegawai, dengan cara memberikan insentif, gaji, honor, lembur, bonus dan tunjangantunjangan kesejahteraan para pegawai. Karena pada hakekatnya tenaga kerja akan lebih produktif apabila tenaga kerja tersebut menerima gaji dan honor yang seimbang dengan pekerjaan yang telah mereka kerjakan. Namun tunjangan- tunjangan tersebut tidak diberikan organisasi secara cuma-cuma. Para pegawai harus mampu menunjukkan prestasi yang dimilikinya selama ia bekerja di organisasi tersebut.
Maka dalam hal ini, gaji, honor, dan insentif sangat besar sekali pengaruhnya karena dapat mempengaruhi sifat tingkah laku tenaga kerja dalam melaksanakan beban yang menjadi tanggung jawab. Masalah ini tidak saja menyangkut berapa jumlah uang yang diterima, melainkan menyangkut beban pekerjaan maupun berkaitan dengan moral dan  tanggung jawab organisasi terhadap kehidupan para karyawan dan keluarganya. Karena itu, tidak menutupi kemungkinan bila perusahaan tidak dapat memenuhinya, maka para karyawan tersebut sanggup melakukan kegiatan yang merugikan perusahaan.
Gaji, Honor, dan insentif tidak saja sekedar cara untuk memuaskan kebutuhan fisik, melainkan juga merupakan pengakuan dan rasa mencapai sesuatu. Gaji dan honor merupakan salah satu alat motivasi untuk bekerja lebih keras dan berdampak dalam mengurangi pergantian pegawai.
Fakultas Ekonomi  sebagai instuti dibidang pendidikan, dimana di dalamnya terdiri dari beberapa kepala bagian, dan masing- masing bagian memiliki jumlah pegawai dan staf pengajar yang cukup banyak sehingga di dalam memberikan gaji, honor, dan insentif memerlukan program penimbangan prestasi yang efektif yang digunanakan untuk menentukan siapa yang harus dinaikan pangkatnya atau mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan prestasi yang telah dimilikinya selama ia bekerja. Sesuai dengan surat keputusan Rektor  no : 237/H5.1.R/SK/KEU/2010 tentang Penetapan Satuan Biaya Pembayaran Honorarium Kesejahteraan/ Insentif Unsur Pelaksanaan Akademik/Administarsi dan Pengelola Manajemen Perguruan Tinggi Fakultas/Unit Kerja Dilingkungan ..
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merasa tertarik untuk membahas lebih detail lagi mengenai pengaruh pemberian gaji, honor dan insentif terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu penulis mengambil judul : “ Pengaruh Pemberian Gaji,Honor dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Fakultas Ekonomi .” B. Perumusan Masalah Penghargaan dalam bentuk uang merupakan motivasi utama bagi kebanyakan pegawai. Hal ini disebabkan dapat membantu memenuhi kebutuhan- kebutuhan fisik tingkat  rendah dan juga kebutuhan- kebutuhan tingkat tinggi prihal pengakuan dan prestasi. Tetapi apakah penghargaan atau tunjangan tersebut berpengaruh dalam merangsang kinerja pegawai di dalam organisasi unuk masa kini dan masa yang akan datang. Maka rumusan masalah dalam tugas akhir ini adalah : “Bagaimanakah pengaruh pemberian gaji, honor dan insentif terhadap kinerja pegawwai Fakultas Ekonomi  ?” C. Tujuan penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaji, honor,dan insentif terhadap kinerja pegawai di Fakultas Ekonomi  2. Untuk mengetahui bagaimana Fakultas Ekonomi  dalam meningkatkan kinerja pegawainya.
D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian yang di lakukan pada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara adalah sebagai berikut : 1. Bagi Instansi, dapat memberikan masukan kepada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara 2. Bagi Penulis, berguna untuk mengetahui perbedaan yang ada antara praktek yang dilakukan oleh perusahaan dengan teori bangku perkuliahan dan melalui buku- buku perpustakaan 3. Bagi Peneliti lain, sebagai masukkan atau referensi bagi pembaca untuk membantu penulisan tugas akhir.
 E. Sistematika Penelitian 1. Jadwal Penelitian Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi  yang terletak di jalan Prof. M.T. Hanafiah kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya, jadwal kegiatan ini dapat dilihat pada tabel 1.1.
Tabel 1.1.
Jadwal Kegiatan Dalam kegiatan pengumpulan data, penulis melakukan penelitian selama beberapa minggu mulai tanggal 15 Februari s/d 27 Februari 2010 di bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi .
F. Sistematika Pembahasan Sistematika pembahasan merupakan suatu gambaran singkat untuk membedakan pembahasan, memudahkan pembahasan dan perincian sehingga data- data yang relevan dalam skripsi minor ini, maka penulis merinci sistematika penulisan seperti di bawah ini : NO. KEGIATAN MINGGU KE 1 2 3 1. Persiapan 2. Pengumpulan Data 3. Penulisan Laporan  BAB I PENDAHULUAN Bab ini menyajikan latar belakang masalah, rumusan masalah, maksud dan tujuan, dan rencana penulisan.

BAB II PROFIL FE USU Dalam bab ini akan diuraikan sejarah singkat, struktur organisasi, job description pada FE USU, jaringan usaha atau kegiatan, kinerja usaha terkini, serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan BAB III PEMBAHASAN Dalam bab ini akan diuraikan mengenai pengaruh pemberian gaji, upah, dan insentif terhadap kinerja karyawan FE USU BAB IV PENUTUP Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran   
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi