Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENGELOLAAN AKTIVA TETAP PADA FAKULTAS EKONOMI

 BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Laju pertumbuhan ekonomi dalam suatu Negara umumnya akan mendorong unit-unit usaha yang terdapat dalam Negara yang bersangkutan untuk meningkatkan kegiatan usahanya. Dalam melaksanakan kegiatan operasi organisasi, ketika perusahaan/organisasi itu mulai didirikan, perusahaan memerlukan assets awal yang harus dimiliki agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Demi tercapainya setiap cita-cita perusahaan dalam perusahaan, pelaksanaan kegiatannya harus dilakukan melalui salah satu alat penunjang operasi perusahaan yaitu dengan adanya aktiva tetap dalam suatu organisasi. Aktiva tetap adalah kekayaan perusahaan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, dan diperoleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan, bukan untuk di jual kembali.

Perkiraan aktiva tetap merupakan salah satu unsur yang terdapat di dalam neraca yang sifatnya permanen dan dapat digunakan secara terus-menerus dalam proses produksi, selama taksiran umur ekonomis aktiva tetap. Aktiva tetap terdiri dari tanah, peralatan, kendaraan, mesin dan harta berwujud lainnya. Aktiva tetap merupakan faktor penunjang terjaminnya operasional perusahaan/organisasi dengan lancar. Jika aktiva tetap perusahaan mengalami kerusakan karena kurangnya perhatian dari pihak perusahaan/kurangnya pengawasan terhadap  aktiva tetap akan membawa pengaruh kepada jalannya kegiatan ekonomi perusahaan.
Untuk itu aktiva tetap yang ada pada suatu perusahaan/organisasi haruslah benar-benar diperhatikan karena bila ditinjau dari segi pengolahan dan pembuatannya memakan waktu yang cukup lama serta pengawasan rumit.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengelola aktiva tetap yang terdapat dalam perusahaan seperti kesalahan dalam penafsiran umur ekonomis ataupun pemeliharaan aktiva tetap yang tidak benar akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan/organisasi sehingga aktiva tetap yang dimiliki perusahaan perlu dibuat pengawasan intern yang benar sesuai dengan standar akuntansi yang diterima secara umum.
Atas dasar latar belakang pemikiran tersebut diatas, maka penulis merasa perlu agar penyusutan aktiva tetap berwujud mendapat perhatian khususnya ativa tetap berwujud mendapat perhatian khusus, sehingga dijadikan sebagai objek dalam tugas akhir yang berjudul “Pengelolaan Aktiva Tetap pada Fakultas Ekonomi ”.
B. Rumusan Permasalahan Dalam menjalankan setiap kegiatannya dalam perusahaan, tentu saja perusahaan memiliki masalah yang terkadang muncul dan sudah pasti harus dihadapi oleh perusahaan. Masalah merupakan faktor yang dapat membahayakan perusahaan jika tidak segera diselesaikan. Berdasarkan judul, maka identifikasi  1masalah dalam tugas akhir ini adalah apa sajakah aktiva tetap pada Fakultas Ekonomi  dan bagaimana penerapan pengelolaan aktiva tetap pada Fakultas Ekonomi .
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan penelitian yang dapat diperoleh setelah melakukan penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui sampai sejauh mana pengelolaan aktiva tetap yang diterapkan pada Fakultas Ekonomi .
2. Untuk mengetahui tingkat perubahan investasi Aktiva Tetap pada perusahaan selama operasionalisasi berjalan.
3. Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan Program Diploma III Fakultas Ekonomi USU Medan.
Manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini adalah: 1. Bagi peneliti, sebagai bahan masukan jika diminta pendapat mengenai pengelolaan aktiva tetap pada Fakultas Ekonomi .
2. Bagi instansi, dapat memberikan masukan kepada Fakultas Ekonomi .
3. Bagi peneliti selanjutnya, dapat digunakan sebagai pembanding untuk melakukan penelitian pada waktu yang akan datang.
 2. Rencana Isi Laporan penelitian terdiri dari empat bab, dimana setiap bab saling berkaitan. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pembuatan tugas akhir yang telah ditetapkan bahwa susunan tugas akhir harus praktis dan sistematis.
Oleh kerena itu, laporan penelitian tugas akhir ini disusun sebagai berikut :  1BAB I : PENDAHULUAN Pada bab ini, penulis akan menguraikan mengenai latar belakang masalah, permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian dan rencana penulisan.
BAB II : PROFIL PERUSAHAAN/INSTANSI Pada bab ini, penulis akan menguraikan mengenai sejarah ringkas, stuktur organisasi dan personalia, job description, jaringan usaha kegiatan, kinerja usaha terkini, serta rencana kegiatan Fakultas Ekonomi .
BAB III : TOPIK PENELITIAN Pada bab ini, penulis akan membahas mengenai aktiva tetap secara umum, metode-metode penyusutan secara umum, pengelolaan aktiva tetap pada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
BAB IV : PENUTUP Sebagaimana akhir dari tugas ini, maka penulis akan mengambil kesimpulan dari penelitian yang dilakukan pada Fakultas Ekonomi  dan beberapa saran yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi .


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi