BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan
teknologi yang semakin maju menuntut manusia untuk bertindak semakin cepat
dengan memperhatikan efisiensi disegala bidang, dalam menghadapi perkembangan
tersebut tentu saja diperlukan fasilitas dan peralatan dalam kesiapan
sarananya. Kalangan dunia usaha baik instansi pemerintah maupun instansi swasta
dalam melakukan usaha sangat mengandalkan fasilitas atau peralatan kerja untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efisien dan hasil kerja yang optimal.
Dengan itu, diperlukan Sumber Daya Manusia dalam mengoperasikan fasilitas atau
peralatan kerja tersebut.Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat meningkatkan
efektivitas kerja pegawai, sehingga dapat membentuk tenaga kerja yang
produktif, terampil, dan profesional yang bekerja secara efektif dan efesien.
Efektivitas
adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat
dari serangkaian alternatif suatu kegiatan tertentu untuk untuk meningkatkan
mutu kerja pegawai (Anoraga, 2000 : 178). Efektivitas sering pula dikaitkan
dengan cara sistem yang efisien, sehingga proses produksi berlangsung tepat
waktu dan dengan demikian tidak diperlukan kerja lembur dengan segala
implikasinya, terutama biaya. Efisiensi proses kerja, tingkat efektivitas
penggunaan teknologi perkantoran, dan kenyamanan lingkungan tempat mereka
bekerja secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi kinerja pegawai
dalam menyelesaikan tugas yang dibebankan. Disamping hal tersebut terdapat pula
berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja, diantaranya adalah : Sikap
mental, pendidikan, keterampilan, manajemen,
hubungan industrial pancasila,
tingkat penghasilan, jaminan sosial, lingkungan dan iklim kerja, sarana
produksi, teknologi dan kesempatan berprestasi.
Dan merupakan hal yang logis dan tepat apabila peningkatan
efektivitas dijadikan salah satu sasaran jangka panjang Perguruan Tinggi Negeri
dalam rangka pelaksanaan strateginya.
Fasilitas adalah sarana dan prasarana untuk melancarkan dan
memberikan kemudahan suatu pekerjaan. Kerja adalah kegiatan melakukan sesuatu.
Fasilitas kerja adalah segala sesuatu berupa sarana dan prasarana yang dapat
membantu memudahkan suatu kegiatan atau aktivitas. Sebuah lembaga perusahaan
atau instansi, harus menyediakan fasilitas kerja yang lengkap.
Suatu Perguruan Tinggi Negeri harus membuat perencanaan
fasilitas dengan baik, agar fasilitas yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Perencanaan fasilitas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan sebelum dan
sesudah operasi. Secara umum perencanaan fasilitas mempunyai beberapa fungsi
seperti menunjang kegiatan produksi, menggunakan tenaga kerja, peralatan dan
ruang serta energi secara efektif, meminimalkan investasi modal, mempermudah
pemeliharaan, meningkatkan keselamatan dan kepuasan kerja.
Penggunaan fasilitas yang efisien dan efektif akan mampu
mempermudah pelaksanaan pekerjaan pegawai, sehingga kinerja Perguruan Tinggi
Negeri akan dapat mewujudkan tujuannya.
Secara umum, tujuan perencanaan fasilitas (Situmorang, 2007 :
114)
yaitu :
1. Menunjang tujuan organisasi melalui peningkatan material
handling dan penyimpanan.
2. Menggunakan tenaga kerja,
peralatan, ruang, dan energi secara efektif.
3. Meminimalkan investasi modal.
4. Mempermudah pemeliharaan.
5. Meningkatkan keselamatan dan kepuasan kerja
Pada Fakultas Ekonomi khususnya pada bagian Program Diploma III,
menggunakan berbagai macam fasilitas kerja untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas kerja dan ketepatan waktu pengerjaan tugas oleh pegawai. Dengan
tersedianya fasilitas kerja yang terdapat pada Program Diploma III Fakultas
Ekonomi menyebabkan peningkatan
efektivitas kerja secara terus – menerus. Fasilitas kerja yang terdapat pada
Program Diploma III Fakultas Ekonomi adalah sarana kantor, yang terdiri dari
komputer, in foccus, printer, mesin tik, lemari, filling cabinet.
Dengan adanya fasilitas kerja yang lengkap pada Program
Diploma III Fakultas Ekonomi dapat
meningkatkan efektivitas kerja pegawai. Dengan meningkatnya efektivitas kerja
pegawai menyebabkan kinerja Perguruan Tinggi Negeri meningkat. Kinerja pegawai
yang meningkat dapat dilihat dari cara kerja atau prosedur yang cepat. Prosedur
yang cepat karena pegawai memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik
dari pegawai didukung oleh adanya fasilitas kerja.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis memilih judul “PERANAN
FASILITAS KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PROGRAM DIPLOMA III PADA
FAKULTAS EKONOMI ”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di
atas maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut, “Apakah
fasilitas yang tersedia pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi dapat mempengaruhi efektivitas kerja pegawai”.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini, antara lain :
1. Untuk mengetahui peranan fasilitas
kerja yang tersedia, dapat meningkatkan efektivitas kerja pegawai Program
Diploma III Fakultas Ekonomi .
2. Mengidentifikasi fasilitas – fasilitas dominan yang
mempengaruhi kerja pegawai Program Diploma III Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian
Manfaat penulisan Tugas Akhir dari penelitian yang penulis
lakukan adalah :
1. Bagi Fakultas Ekonomi
Sebagai bahan masukan untuk meningkatkan efektivitas kerja
pegawai dengan lebih efektif dan efisien pada masa yang akan datang, serta
sebagai pertimbangan untuk perbaikan-perbaikan fasilitas yang ada di Program
Diploma III Fakultas Ekonomi .
2. Bagi Penulis
Menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai peranan
fasilitas kerja dalam meningkatkan efektivitas kerja pegawai.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi