Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERANAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang

Menurut Daft (2002: 8) manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengendalian (controlling) sumber daya organisasi. Ada dua ide penting dalam defenisi ini: (1) empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian (2)pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien. Para manajer menggunakan banyak keterampilan untuk melakukan fungsi-fungsi ini. Keterampilan itu antara lain keterampilan konseptual, interpersonal dan teknis manajemen.

Manajemen diperlukan dan dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerja sama di dalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen dibutuhkan. Daft mengatakan (2002: 9) macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya (dalam hal ini fungsi manajemen) karena fungsi manajemen sifatnya universal, sama baik untuk perusahaan kecil, besar, maupun multinasional.
Menurut Masry (2004: 22) ada tiga hal penting mengapa manajemen diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan yaitu: (1) tujuan yang hendak dicapai baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi (2) mengembangkan antar
  
tujuan yang berbeda dan saling bertentangan (3) mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan.
Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem kerja sama dan kerja sama ini ada karna orang secara pribadi tidak dapat mencapai tujuan yang ditentukan semula. Tujuan ini dapat tercapai hanya bila dengan kerja sama, karena hasil yang dicapai lebih besar di bandingkan bila dilakukan secara individu. Untuk itu, manajer atau pimpinan harus mampu bekerja sama dan menjalin hubungan baik dengan para pegawainya agar dapat meningkatkan kinerja pegawainya.
Fakultas Ekonomi   merupakan salah satu bentuk organisasi yang mulai beroperasi sejak tahun 1961. Fakultas Ekonomi menawarkan dua program studi yaitu program Strata-1 Reguler, Ekstensi dan program diploma. Pada program Strata-1 terdapat tiga departemen yaitu Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Dan pada program Diploma terdapat juga tiga departemen yaitu Akuntansi, Keuangan dan Sekretaris.
Dengan adanya pembagian program studi, Fakultas Ekonomi terbagi dari beberapa kepala bagian dan masing-masing bagian memiliki jumlah pegawai dan staf pengajar yang cukup banyak. Setiap bagian memiliki tugas tertentu yang harus dilaksanakan agar tercapai tujuan bersama sesuai dengan visi, misi dan tujuan fakultas ekonomi.
Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menjadi salah satu Fakultas Ekonomi terkemuka sesuai dengan tujuan fakultas, dibutuhkan peranan manajemen dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dimana pihak manajemen
  
harus bersifat membimbing pegawai tersebut untuk meningkatkan kemampuannya dalam melakukan tugas-tugas yang dilaksanakannya. Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi.
Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada Fakultas Ekonomi ditujukan untuk mengetahui apakah kegiatan masing-masing bagian telah dilakukan mengarah pada tujuan yang ditentukan. Pengukuran kegiatan dapat dilihat dengan membandingkan tujuan yang diinginkan dengan prestasi yang yang telah dicapai setiap bagian.
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk mengetahui bagaimana peranan manajemen dalam meningkatkan kinerja pegawai dengan memilih judul “PERANAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS EKONOMI  ”.
B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka dirumuskan permasalahan yang menjadi objek dalam penelitian ini, yakni “ Bagaimana Peranan Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Fakultas Ekonomi  ?”
  

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan manajemen dalam meningkatkan kinerja pegawai Fakultas Ekonomi  .
D. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian yang ingin dicapai penulis adalah :
a. Bagi Penulis, Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapakan teori-teori yang penulis dapatkan baik dari bangku kuliah maupun dari luar dan memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan di bidang manajemen,
b. Bagi Instansi, Sebagai bahan pertimbangan dan tambahan informasi bagi instansi tentang manajemen sehingga pelaksanaan dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik.

c. Bagi Pembaca, Dapat digunakan sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan, serta dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan untuk melakukan penelitian dimasa yang akan datang. 
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi