BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Menurut
Daft (2002: 8) manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan
cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan (planning),
pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan
pengendalian (controlling) sumber daya organisasi. Ada dua ide penting
dalam defenisi ini: (1) empat fungsi manajemen yaitu perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian (2)pencapaian sasaran-sasaran
organisasi dengan cara yang efektif dan efisien. Para manajer menggunakan
banyak keterampilan untuk melakukan fungsi-fungsi ini. Keterampilan itu antara
lain keterampilan konseptual, interpersonal dan teknis manajemen.
Manajemen
diperlukan dan dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam
semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerja sama di dalam
mencapai suatu tujuan disitulah manajemen dibutuhkan. Daft mengatakan (2002: 9)
macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya
(dalam hal ini fungsi manajemen) karena fungsi manajemen sifatnya universal,
sama baik untuk perusahaan kecil, besar, maupun multinasional.
Menurut
Masry (2004: 22) ada tiga hal penting mengapa manajemen diperlukan dalam suatu
organisasi atau perusahaan yaitu: (1) tujuan yang hendak dicapai baik tujuan
organisasi maupun tujuan pribadi (2) mengembangkan antar
tujuan yang berbeda dan saling
bertentangan (3) mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan.
Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem kerja sama
dan kerja sama ini ada karna orang secara pribadi tidak dapat mencapai tujuan
yang ditentukan semula. Tujuan ini dapat tercapai hanya bila dengan kerja sama,
karena hasil yang dicapai lebih besar di bandingkan bila dilakukan secara
individu. Untuk itu, manajer atau pimpinan harus mampu bekerja sama dan
menjalin hubungan baik dengan para pegawainya agar dapat meningkatkan kinerja
pegawainya.
Fakultas Ekonomi merupakan salah satu bentuk organisasi yang
mulai beroperasi sejak tahun 1961. Fakultas Ekonomi menawarkan dua program
studi yaitu program Strata-1 Reguler, Ekstensi dan program diploma. Pada
program Strata-1 terdapat tiga departemen yaitu Akuntansi, Manajemen dan
Ekonomi Pembangunan. Dan pada program Diploma terdapat juga tiga departemen
yaitu Akuntansi, Keuangan dan Sekretaris.
Dengan adanya pembagian program studi, Fakultas Ekonomi
terbagi dari beberapa kepala bagian dan masing-masing bagian memiliki jumlah
pegawai dan staf pengajar yang cukup banyak. Setiap bagian memiliki tugas
tertentu yang harus dilaksanakan agar tercapai tujuan bersama sesuai dengan
visi, misi dan tujuan fakultas ekonomi.
Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menjadi salah
satu Fakultas Ekonomi terkemuka sesuai dengan tujuan fakultas, dibutuhkan
peranan manajemen dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dimana pihak manajemen
harus bersifat membimbing pegawai
tersebut untuk meningkatkan kemampuannya dalam melakukan tugas-tugas yang
dilaksanakannya. Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi
dan kondisi pada perusahaan atau organisasi.
Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada Fakultas Ekonomi
ditujukan untuk mengetahui apakah kegiatan masing-masing bagian telah dilakukan
mengarah pada tujuan yang ditentukan. Pengukuran kegiatan dapat dilihat dengan
membandingkan tujuan yang diinginkan dengan prestasi yang yang telah dicapai
setiap bagian.
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka penulis merasa tertarik
untuk mengetahui bagaimana peranan manajemen dalam meningkatkan kinerja pegawai
dengan memilih judul “PERANAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI
PADA FAKULTAS EKONOMI ”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka
dirumuskan permasalahan yang menjadi objek dalam penelitian ini, yakni “
Bagaimana Peranan Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Fakultas
Ekonomi ?”
C. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan
manajemen dalam meningkatkan kinerja pegawai Fakultas Ekonomi .
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian yang ingin dicapai penulis adalah :
a. Bagi Penulis, Penelitian ini
merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapakan teori-teori yang
penulis dapatkan baik dari bangku kuliah maupun dari luar dan memperdalam
pengetahuan serta menambah wawasan di bidang manajemen,
b. Bagi Instansi, Sebagai bahan
pertimbangan dan tambahan informasi bagi instansi tentang manajemen sehingga
pelaksanaan dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik.
c. Bagi Pembaca, Dapat digunakan
sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan, serta dapat dijadikan sebagai bahan
perbandingan untuk melakukan penelitian dimasa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi