BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dalam
era globalisasi ini, semakin banyak lulusan perguruan tinggi baik Sarjana
maupun Diploma,sedangkan penyediaan tenaga kerja tidak sepenuhnya dapat
menampung seluruh lulusan mahasiswa perguruan tinggi. Akibatnya terjadi
persaingan untuk mendapatkan lowongan kerja,sehingga para mahasiswa dituntut
untuk mampu membuat alternatif guna menghindari terjadinya pengangguran.
Alternatif yang sering dilakukan adalah dengan membuat suatu bisnis yaitu
membuka suatu usaha baru.
Menurut
Griffin dan Ebert (2007 : 4) bisnis merupakan organisasi yang menyediakan
barang dan jasa dengan maksud untuk mendapatkan laba. Bisnis yang sukses tidak
harus selalu diawali dengan modal yang sangat besar. Dalam menjalankan bisnis,
manajemen merupakan faktor terpenting yang harus dijalankan.
Menurut
Robins dan Coulter (2010 : 7) manajemen merupakan aktivitas kerja yang
melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap suatu pekerjaan sehingga
pekerjaan tersebut dapat dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.
Penggunaan bahan baku sampai kegiatan penjualan yang boros akan meningkatkan
pengeluaran dan akan mengurangi laba. Perencanaan manajemen yang perlu
diperhatikan adalah struktur organisasi, analisis pasar, aspek produksi, aspek
SDM, aspek keuangan, aspek teknologi informasi, dan aspek hukum.
Menurut
Helmi (2009 : 8) keberhasilan seorang pebisnis akan tercapai apabila berpikir
dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dilakukan dengan cara
yang baru. Hal ini berarti seorang pebisnis harus memiliki jiwa entrepreneur
yaitu memiliki inovasi dalam menjalankan bisnis. Inovasi ini sangat dibutuhkan
agar bisnis yang dijalankan dapat dipertahankan dan menjadikan bisnis memiliki
keunikan dibandingkan pesaing mengingat persaingan semakin ketat.
Bisnis ayam broiler ini tergolong usaha sulit dan
membutuhkan modal dan usaha yang besar. Terbilang sulit karena dari segi
pasaran harga itu ditentukan dengan jumlah permintaan dari konsumen. Walaupun
hampir setiap hari ada permintaan buat ayam broiler ini tetapi harga yang
ditawarkan slalu berbeda. Disini saya ingin menjelaskan tentang perincian biaya
yang dikeluarkan untuk membangun usaha ini (modal) dan laporan laba rugi
tergantung dari segi permintaan pasar.
B.
Rumusan Masalah
Sesuai
dengan masalah yang dipilih untuk diteliti, maka rumusan masalah adalah “Apakah
Produksi Ayam Broiler Berkualitas Organik mampu bersaing dan mendapatkan pasar
tersendiri dengan Produksi Ayam yang non-organik yang telah lama berkembang”
C.
Tujuan dan Manfaat Usaha
1. Tujuan Usaha
1.
Menambah pengetahuan dan wawasan pemikiran penulis mengenai cara pengembangan
suatu usaha
2.
Menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam diri penulis guna menciptakan usaha
baru secara profesional dan terlatih
3.
Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi rekan-rekan mahasiswa yang akan
membahas masalah dengan topik yang sama
4.
Menciptakan usaha kecil menengah yang efektif dan efisisen dalam rangka
meningkatkan perekonomian di sektor riil
5.
Menciptakan makanan yang terbuat dari bahan organik bukan dari bahan kimia yang
dapat merusak sistem organ tubuh.
2.
Manfaat Usaha
1.
Secara ekonomis, bisnis ini akan bermanfaat untuk menambah pendapatan
2. Secara sosial, bisnis ini dapat membuka lapangan
kerja baru sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia
3. Konsumsi produk ini diharapkan dapat memberikan
kepuasan bagi konsumen karena mengandung bahan organik yang tidak membahayakan
tubuh atau merusak kesehatan.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi