BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perencanaan
bisnis adalah suatu cetak-biru tertulis (blue print) yang berisikan
tentang misi usaha, usulan usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan
kemampuan serta ketrampilan pengelolaannya. Perencanaan bisnis sebagai
persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu : sebagai pedoman untuk mencapai
keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan
permodalan yang bersumber dari luar. Untuk memulai sebuah usaha memang harus
didahului dengan taktik dan strategi. Membuat usaha yang besar tidak selalu
membutuhkan modal yang besar. Mengawalinya dengan modal kecil pun sebuah usaha
bisa tumbuh menjadi besar.
Seorang
wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru
dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan
pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan
menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya
itu bisa dikapitalisasikan.
Dengan
demikian wirausahawan harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi tercipta
suatu hal yang berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup.
Pada
awalnya kegiatan merangkai manik-manik menjadi aksesoris dan barang-barang
lainnya seperti toples, keranjang buah, tempat tissue, bros, serta tempat
permen. Semua kegiatan itu hanyalah sebagai kegiatan penyaluran hobi
yang ditujukan untuk mengisi waktu
luang yang ada. Ternyata aksesoris dan barang-barang lainnya yang telah
dihasilkan menarik perhatian beberapa sanak saudara dan para kenalan. Mereka
mulai memesan beberapa jenis variasi produk dan kombinasi warna. Keunikan dari
produk Kreasi Manik ini adalah dari model dan bentuk barangnya yang di desain
secara khusus dengan menggunakan manik-manik aklirik yang memiliki berbagai
macam warna dan bentuk mulai dari model manik-manik dari yang memiliki dimensi
tiga warna, serta corak manik yang memiliki kilauan seperti permata. Usaha ini
sangat menarik untuk dijalankan karena dilihat dari banyaknya orang yang
tertarik pada produk yang telah dihasilkan dan dilihat dari peluang bisnis yang
ada, maka kami berniat untuk melakukan suatu perencanaan bisnis dengan membuka
usaha yang bernama Kreasi Manik, unik, dan cantik.
Bisnis Kreasi Manik ini jika dikembangkan memiliki potensi
dan peluang bisnis dimasa depan yaitu pada saat ini pengunaan aksesoris di
masyarakat telah menjadi suatu hal umum yang dikenakan oleh setiap orang,
khususnya para anak remaja, anak kuliah dan ibu-ibu rumah tangga yang menyukai
keindahan pernak-pernik dan aksesoris yang ada. Dari segi desain Kreasi Manik
memberikan produk inovasi baru, yaitu dengan cara mengkreasikan dan merangkai
manik-manik menjadi suatu produk yang benar-benar merupakan inovasi baru yang
di desain dan dibuat khusus untuk menarik perhatian calon pembeli.
Dalam usaha ini Kreasi Manik menargetkan pasar pada anak-anak
remaja, anak kuliah, para ibu-ibu rumah tangga ataupun kantoran yang memilki
hobi
mengoleksi barang aksesoris. Pesaing
yang akan dihadapi oleh Kreasi Manik adalah para toko-toko aksesoris lainnya
yang menjual produk yang sama dengan Kreasi Manik. Dalam menghadapi para
pesaingnya, Kreasi Manik telah menyiapkan strategi khusus, yaitu dengan membuat
dan menciptakan produk inovasi baru dan menarik.
Para staf yang memilki peranan penting dalam menjalankan
usaha Kreasi Manik ini adalah tidak memilki keahlian khusus dalam mengelola
bisnis, namun mereka tetap yakin untuk bisa mengelola dan mengembangkan usaha
bisnis Kreasi Manik ini hingga sukses ke masa yang akan datang. Kreasi manik
ini pada awalnya adalah kegiatan merangkai dan membentuk manik-manik menjadi
sebuah benda yang berbentuk souvenir dan aksesoris lainnya.
Dengan melihat begitu baiknya pertumbuhan bisnis wirausaha
ini, mulai dari perencanaan usaha sampai dengan proses realisasi usaha ini.
Maka dengan ini penulis ingin membahas masalah tersebut dalam sebuah Tugas
Akhir dengan judul “PERENCANAAN BISNIS “AKSESORIS MANIK, UNIK, DAN CANTIK”.
B. Perumusan Masalah
Dalam menjalankan setiap kegiatan dalam bisnis usaha, tentu
saja memiliki masalah yang terkadang muncul dan sudah pasti harus dihadapi oleh
pengusaha. Masalah merupakan faktor yang dapat membahayakan bisnis usaha jika
tidak segera diselesaikan.
Penulis merumuskan masalah untuk penelitian ini adalah :
“Bagaimana menjadi entrepreneur
sukses dengan Wirausaha Aksesoris Manik, Unik, Dan Cantik ?”.
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah yang ingin di teliti oleh
peneliti maka yang menjadi tujuan dari penelitian adalah :
“Untuk mengetahui langkah menjadi entrepreneur sukses dengan
Wirausaha Aksesoris Manik, Unik, Dan Cantik”.
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Bagi penulis, diharapkan penelitian ini dapat menambah
pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang akan datang.
2. Bagi perusahaan yang bersangkutan, diharapkan
penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi atau masukan untuk kebijakan
kebijakan perusahaan pada periode-periode selanjutnya.
3. Bagi
pihak-pihak lain, diharapkan hasil penelitian dapat bermanfaat untuk menambah
pengetahuan serta menjadi referensi atau bahan masukan dalam penelitian serupa
pada penelitian yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi