BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Usaha Kecil
Menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi
negara, baik negara berkembang maupun negara maju. Pada saat krisis ekonomi
berlangsung di Indonesia, UKM merupakan sektor ekonomi yang memiliki ketahanan
paling baik. Kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara terus
menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM, sehingga mampu
memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan kesejahteraan
masyarakat (Sutaryo, 2004).
Usaha Kecil
Menengah ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang
akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil
dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar. Terdapat dua
aspek yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar, aspek tersebut
adalah :
1. Membangun
sistem promosi untuk penetrasi pasar
2. Merawat
jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar.
Seorang
wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis
baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan
pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan
menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya
itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008). Dengan
demikian
wirausahawan harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi tercipta suatu hal
yang berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup.
Dunia usaha dan
dunia industri saat ini sedang mengalami perkembangan yang kian pesat ,
terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam
usaha mereka yang menarik, dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk
meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut .
Adapun jenis
usaha yang sedang marak saat ini yakni usaha di sektor industri, salah satu
industri yang banyak diminati ialah industri makanan ringan, dan faktanya dapat
kita lihat di sepanjang jalan besar di kota Medan banyak outlet yang menjual
makanan ringan dengan berbagai rasa dan bahan dasar. Perkembangan ini
disebabkan mulai dari tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan ringan dan
keinginan masyarakat untuk menikmati rasa-rasa yang berbeda yang ditawarkan
oleh produsen pada makanan, dengan penampilan dan warna yang menarik serta
harga yang terjangkau oleh masyrakat, maka satu keputusan yang tepat untuk
turut meramaikan dunia industri makanan.
Salah satu
kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi oleh tiap manusia adalah kebutuhan primer
atau pokok yang meliputi sandang, pangan, dan papan. Dalam hal ini, yang akan
dibahas lebih mendalam adalah kebutuhan akan pangan, karena kita semua tahu
bahwa kebutuhan tersebut sangat penting dan manusia tidak akan bertahan hidup
tanpa pangan.
Makanan jenis
Hamburger tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Tidak hanya di
kota-kota besar tetapi di berbagai tempat kita bisa menjumpai makanan tersebut.
Hamburger merupakan jenis ‘fast food’ yang berasal dari negara Amerika.
Makanan ini banyak digemari karena tampilannya yang unik karena memadukan
berbagai macam bahan seperti roti, sayuran segar, daging panggang dan berbagai
saus yang menghasilkan cita rasa lain yang enak. Awalnya makanan ini merupakan
makanan mahal tetapi seiring dengan perkembangan zaman maka makanan ini bisa
kita dapatkan dengan harga yang sangat miring.
Yang menjadi
target pemasaran usaha ini adalah masyarakat, pelajar dan mahasiswa daerah
kampus. Bidikan pasar di area kampus tersebut telah direncanakan secara cermat
dan matang karena menurut analisa pasar yang ada, area kampus merupakan ladang
yang sangat subur untuk membuka bisnis baru khususnya dibidang makanan. Area
kampus tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli Medan tetapi juga terdapat
kaum pendatang yang biasanya kos ataupun mengontrak di daerah sekitar kampus.
Kaum pendatang tersebut kebanyakan adalah kaum muda. Peluang ini dapat kita
manfaatkan karena rata-rata anak kos biasanya lebih suka membeli makanan
daripada memasak sendiri dan dapat pula sebagai alternatif makanan lain jika
bosan terhadap menu sehari-hari.
Segmentasi pasar
khususnya makanan erat kaitannya dengan penilaian konsumen terhadap keamanan
produk dan nilai fungsionalnya untuk kesehatan. Burger ini merupakan salah satu
alternatif olahan pangan yang sehat karena
menggunakan
bahan-bahan alami. Selain itu usaha burger ini memiliki konsep yang baru di
kalangan masyarakat dan memiliki ciri khas tersendiri.
Pembukaan usaha
dalam bidang makanan sangat menguntungkan dan mempunyai prospek yang cerah ke
depannya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan zaman dimana laju pertumbuhan
penduduk meningkat relatif besar serta besarnya minat masyarakat Indonesia
terhadap industri kuliner. Maka usaha Burger ini dianggap sangat bagus untuk
dikembangkan mengingat pasar yang ada sangatlah mendukung. Apalagi inovasi yang
akan disajikan oleh penulis memiliki banyak pilihan baru di dalam pemilihan
menu dan dapat menarik perhatian pencinta kulliner di daerah Medan khususnya.
Untuk tahap awal
usaha burger ini hanya dimiliki oleh satu orang sebagai pemilik yaitu saya
sendiri. Untuk berbelanja keperluan dagang pemilik dibantu oleh karyawan.
Manajemen diatur oleh pemilik usaha mulai dari modal, biaya belanja bahan
makanan dan minuman, gaji karyawan, pengaturan menu dan lainnya. Bentuk badan
usaha merupakan badan usaha milik pribadi dengan modal milik pribadi.
Dari keadaan
tersebut, dan berdasarkan pantauan saya bahwa maraknya pilihan makanan yang
enak dan bergizi sedikit ditemukan. Maka saya merasa akan menjadi suatu potensi
ke depannya apabila usaha Burger ini dapat dikembangkan penulis. Maka dengan
ini penulis ingin membahas masalah tersebut dalam sebuah Tugas Akhir dengan
judul “PERENCANAAN BISNIS GREEN BURGER LEZZATO”.
B. Tujuan
Prospek Usaha
Adapun tujuan
yang ingin dicapai dari prospek usaha yang dilakukan penulis adalah :
1. Dapat
digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi organisasi agar dapat
melaksanakan aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana
dalam pengambilan keputusan demi kelancaran organisasi dalam mencapai
tujuannya.
2. Sebagai bahan
masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti atau rekan-rekan mahasiswa yang
akan membahas masalah dengan topik yang sama.
3. Menumbuhkan
semangat kewirausahaan dalam diri pengusaha guna menciptakan usaha baru secara
profesional dan terlatih.
4. Menciptakan
usaha kecil menengah yang efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan
perekonomian di sektor riil.
C. Manfaat Prospek
Usaha
a. Bagi Penulis,
untuk memperoleh pengetahuan tentang bagaimana membuat perencanaan bisnis
dengan baik dan untuk menjadi pedoman bagi penulis dalam upaya merealisasikan
perencanaan bisnisnya.
b. Bagi Pembaca,
hasil tugas akhir ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan untuk memulai suatu
bisnis dan dapat dijadikan sumber atau titik tolak sebagai bahan perbandingan
bagi perencaan bisnis selanjutnya.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi