Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS BOLU KUKUS ANEKA RASA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini, semakin banyak lulusan perguruan tinggi baik sarjana maupun diploma. Sedangkan penyediaan tenaga kerja tidak sepenuhnya dapat menampung seluruh lulusan mahasiswa perguruan tinggi. Akibatnya terjadi persaingan untuk mendapatkan lowongan kerja. Sehingga para mahasiswa dituntut untuk mampu membuat alternatif guna menghindari terjadinya pengangguran. Alternatif yang sering dilakukan adalah dengan membuat suatu bisnis atau membuka suatu usaha baru.

Menurut Griffin dan Ebert (2007:4). “Bisnis merupakan organisasi yang menyediakan barang dan jasa dengan maksud untuk mendapatkan laba.” Bisnis yang sukses tidak harus selalu diawali dengan modal yang sangat besar. Dalam menjalankan bisnis, manajemen merupakan faktor terpenting yang harus dijalankan.
Menurut Robins dan coulter (2010:7). “Manajemen merupakan aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap suatu pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.” Penggunaan bahan baku sampai kegiatan penjualan yang boros akan meningkatkan pengeluaran dan akan mengurangi laba. Perencanaan manajemen yang perlu diperhatikan adalah struktur organisasi, analisis pasar, aspek produksi, aspek SDM, aspek keuangan, aspek teknologi informasi dan aspek hukum.

Menurut Situmorang (2009:8).“Keberhasilan seseorang pebisnis akan tercapai apabila berfikir dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dilakukan dengan cara yang baru.”Hal ini berarti seseorang pebisnis harus memiliki jiwa entrepreneur yaitu memiliki inovasi dalam menjalankan bisnis. Inovasi ini sangat dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan dapat dipertahankan dan menjadikan bisnis memiliki keunikan dibandingkan pesaing mengingat persaingan semakin ketat.
Membuka Bisnis Bolu Kukus Merupakan suatu bisnis yang menjanjikan karena tingginya kebutuhan masyarakat terhadap makanan serta adanya keinginan masyarakat untuk menikmati berbagai keunikan cita rasa, penyajian, serta bentuk makan-makanan yang mampu bersaing, bertahan, mendapat tempat dihati masyarakat dan harga yang mudah dijangkau.
Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat saat ini cenderung memperhatikan rasa dan gizi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Oleh karena itu, bolu kukus dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang hendak memilih makanan ringan yang enak dan mengandung gizi yaitu karbohidrat dan protein. Makanan jenis Bolu kukus merupakan jenis makanan yang biasanya diproduksi sendiri dan dijajakan dengan cara dititip di outlet/cafe di kota Medan.
Dari keadaan tersebut, penulis merasa akan menjadi suatu potensi kedepannya bila usaha bolu kukus ini dapat dikembangkan, penulis juga ingin memberikan beberapa jenis pilihan rasa dari bolu kukus seperti: Bolu Kukus Rasa Coklat, Bolu Kukus Rasa Keju, Bolu Kukus Rasa Pisang, Bolu Kukus Rasa Pandan dan Bolu Kukus Rasa Durian.
Inovasi yang ingin dikembangkan oleh penulis merupakan inovasi yang nantinya akan dapat menjadi menu andalan. Sedangkan tampilan yang akan disajikan nanti adalah penyajian Bolu kukus yang sudah dikemas. Dengan demikian penulis ingin mengangkat perencanaan bisnis tersebut dalam sebuah paper dengan judul “PERENCANAAN BISNIS BOLU KUKUS ANEKA RASA”
1.2 Potensi Bisnis
Usaha ini sangat potensial untuk dilakukan karena kualitas dan harganya yang terjangkau serta dalam memproduksinya tidak terlalu rumit. Dengan kualitas yang baik, penulis menawarkan harga yang terjangkau dibanding dengan bolu kukus pesaing dan penulis juga memberikan pelayanan yang super ramah.
Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini tidak terlalu besar. Sehingga bagi pebisnis yang tidak mempunyai modal begitu besar, bisnis ini sangat potensial dengan waktu pengembalian diperkirakan tidak terlalu lama dari mulai berjalanya usaha ini.
Dalam mengembangankan potensi bisnis, maka usaha ini akan mengadakan pengarahan untuk meningkatkan kinerja karyawan sehingga para karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Usaha ini juga melakukan analisis penempatan lokasi, pengembangan produk serta melakukan promosi kepada masyarakat guna menunjang peluang usaha yang lebih luas. Dengan demikian, usaha bolu kukus ini diharapkan dapat berkembang dengan baik.

1.3 Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha
1.3.1 Tujuan Prospek Usaha
Tujuan utama dari usaha/bisnis yang dijalankan adalah sebagai ladang untuk mendapatkan keuntungan. Setiap usaha yang dijalankan pasti membutukan modal baik dari orang lain, pinjaman, atau dari mereka sendiri dan tujuan akhirnya adalah untuk dapat mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan dan diharapkan juga dapat memberikan penghasilan dan keuntungan yang terus meningkat.
Tujuan lain mengapa bisnis bolu kukus ini dijalankan antara lain:
a. Menciptakan loyalitas rasa baru pelanggan terhadap produk yang ditawarkan
b. Menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam diri pengusaha guna menciptakan usaha baru secara profesional dan terlati
c. Memperoleh keuntungan
d. Memperluas lapangan pekerjaan
1.3.2 Manfaat Prospek Usaha
Adapun manfaat membuat prospek usaha ini adalah sebagai berikut:
a. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peneliti yang berguna dimasa yang akan datang
b. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai referensi atau masukan untuk kebijakan-kebijakan usaha pada periode-periode selanjutnya

c. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan serta menjadi referensi atau bahan masukan dalam penelitian serupa pada penelitian pada masa yang akan datang
1.4 Sistematika Pembahasan
Untuk mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat sistematika pembahasan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas beberapa sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis.
BAB : I LATAR BELAKANG
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan perencanaan bisnis bolu kukus aneka rasa, latar belakang, tujuan dan manfaat perencanaan bisnis dan sistematika pembahasan.
BAB : II PROFIL PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis akan menguraikan secara ringkas Profil Perusahaan, Pemilik Perusahaan, Struktur perusahaan, Aspek Pasar, Produk yang dihasilkan, Keunggulan, Gambaran Pasar, Target/Segmen Pasar, Trend Perkembangan pasar, Proyeksi penjualan, Strategi Pemasaran, Analisis Pesaing, Saluran Distribusi, Aspek Produksi, Analisis SDM, Rencana Perkembangan Usaha, Pemanfaatan IT, Analisis Keuangan, dan Analisis Resiko.

BAB : III KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab akhir dari paper ini, penulis akan mengambil kesimpulan dari perencanaan yang dilaksanakan dan beberapa saran yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi produsen dan konsumen.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi