BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dalam era
globalisasi ini, semakin banyak lulusan perguruan tinggi baik sarjana maupun
diploma. Sedangkan penyediaan tenaga kerja tidak sepenuhnya dapat menampung
seluruh lulusan mahasiswa perguruan tinggi. Akibatnya terjadi persaingan untuk
mendapatkan lowongan kerja. Sehingga para mahasiswa dituntut untuk mampu
membuat alternatif guna menghindari terjadinya pengangguran. Alternatif yang
sering dilakukan adalah dengan membuat suatu bisnis atau membuka suatu usaha
baru.
Menurut Griffin
dan Ebert (2007:4). “Bisnis merupakan organisasi yang menyediakan barang dan
jasa dengan maksud untuk mendapatkan laba.” Bisnis yang sukses tidak harus
selalu diawali dengan modal yang sangat besar. Dalam menjalankan bisnis,
manajemen merupakan faktor terpenting yang harus dijalankan.
Menurut Robins
dan coulter (2010:7). “Manajemen merupakan aktivitas kerja yang melibatkan
koordinasi dan pengawasan terhadap suatu pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut
dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.” Penggunaan bahan baku sampai
kegiatan penjualan yang boros akan meningkatkan pengeluaran dan akan mengurangi
laba. Perencanaan manajemen yang perlu diperhatikan adalah struktur organisasi,
analisis pasar, aspek produksi, aspek SDM, aspek keuangan, aspek teknologi
informasi dan aspek hukum.
Menurut
Situmorang (2009:8).“Keberhasilan seseorang pebisnis akan tercapai apabila
berfikir dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dilakukan
dengan cara yang baru.”Hal ini berarti seseorang pebisnis harus memiliki jiwa
entrepreneur yaitu memiliki inovasi dalam menjalankan bisnis. Inovasi ini
sangat dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan dapat dipertahankan dan
menjadikan bisnis memiliki keunikan dibandingkan pesaing mengingat persaingan
semakin ketat.
Membuka Bisnis
Bolu Kukus Merupakan suatu bisnis yang menjanjikan karena tingginya kebutuhan
masyarakat terhadap makanan serta adanya keinginan masyarakat untuk menikmati
berbagai keunikan cita rasa, penyajian, serta bentuk makan-makanan yang mampu
bersaing, bertahan, mendapat tempat dihati masyarakat dan harga yang mudah
dijangkau.
Seiring dengan
perkembangan zaman, masyarakat saat ini cenderung memperhatikan rasa dan gizi
yang terkandung di dalam makanan tersebut. Oleh karena itu, bolu kukus dapat
menjadi pilihan bagi masyarakat yang hendak memilih makanan ringan yang enak
dan mengandung gizi yaitu karbohidrat dan protein. Makanan jenis Bolu kukus
merupakan jenis makanan yang biasanya diproduksi sendiri dan dijajakan dengan
cara dititip di outlet/cafe di kota Medan.
Dari keadaan
tersebut, penulis merasa akan menjadi suatu potensi kedepannya bila usaha bolu
kukus ini dapat dikembangkan, penulis juga ingin memberikan beberapa jenis
pilihan rasa dari bolu kukus seperti: Bolu Kukus Rasa Coklat, Bolu Kukus Rasa
Keju, Bolu Kukus Rasa Pisang, Bolu Kukus Rasa Pandan dan Bolu Kukus Rasa
Durian.
Inovasi yang
ingin dikembangkan oleh penulis merupakan inovasi yang nantinya akan dapat
menjadi menu andalan. Sedangkan tampilan yang akan disajikan nanti adalah
penyajian Bolu kukus yang sudah dikemas. Dengan demikian penulis ingin
mengangkat perencanaan bisnis tersebut dalam sebuah paper dengan judul “PERENCANAAN
BISNIS BOLU KUKUS ANEKA RASA”
1.2 Potensi Bisnis
Usaha ini sangat
potensial untuk dilakukan karena kualitas dan harganya yang terjangkau serta
dalam memproduksinya tidak terlalu rumit. Dengan kualitas yang baik, penulis
menawarkan harga yang terjangkau dibanding dengan bolu kukus pesaing dan
penulis juga memberikan pelayanan yang super ramah.
Modal yang
dibutuhkan untuk membuka usaha ini tidak terlalu besar. Sehingga bagi pebisnis
yang tidak mempunyai modal begitu besar, bisnis ini sangat potensial dengan
waktu pengembalian diperkirakan tidak terlalu lama dari mulai berjalanya usaha
ini.
Dalam
mengembangankan potensi bisnis, maka usaha ini akan mengadakan pengarahan untuk
meningkatkan kinerja karyawan sehingga para karyawan dapat bekerja dengan
maksimal. Usaha ini juga melakukan analisis penempatan lokasi, pengembangan
produk serta melakukan promosi kepada masyarakat guna menunjang peluang usaha
yang lebih luas. Dengan demikian, usaha bolu kukus ini diharapkan dapat
berkembang dengan baik.
1.3 Tujuan dan
Manfaat Prospek Usaha
1.3.1 Tujuan
Prospek Usaha
Tujuan utama
dari usaha/bisnis yang dijalankan adalah sebagai ladang untuk mendapatkan
keuntungan. Setiap usaha yang dijalankan pasti membutukan modal baik dari orang
lain, pinjaman, atau dari mereka sendiri dan tujuan akhirnya adalah untuk dapat
mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan dan diharapkan juga dapat memberikan
penghasilan dan keuntungan yang terus meningkat.
Tujuan lain
mengapa bisnis bolu kukus ini dijalankan antara lain:
a. Menciptakan
loyalitas rasa baru pelanggan terhadap produk yang ditawarkan
b. Menumbuhkan
semangat kewirausahaan dalam diri pengusaha guna menciptakan usaha baru secara
profesional dan terlati
c. Memperoleh
keuntungan
d. Memperluas
lapangan pekerjaan
1.3.2 Manfaat
Prospek Usaha
Adapun manfaat
membuat prospek usaha ini adalah sebagai berikut:
a. Diharapkan
perencanaan bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peneliti yang
berguna dimasa yang akan datang
b. Diharapkan
perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai referensi atau masukan untuk
kebijakan-kebijakan usaha pada periode-periode selanjutnya
c. Diharapkan
perencanaan bisnis ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan serta
menjadi referensi atau bahan masukan dalam penelitian serupa pada penelitian
pada masa yang akan datang
1.4 Sistematika
Pembahasan
Untuk
mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat sistematika
pembahasan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas beberapa sub-sub bab yang
sesuai dengan kebutuhan penulis.
BAB : I LATAR
BELAKANG
Dalam bab ini
penulis menguraikan tentang alasan pemilihan perencanaan bisnis bolu kukus
aneka rasa, latar belakang, tujuan dan manfaat perencanaan bisnis dan
sistematika pembahasan.
BAB : II PROFIL
PERUSAHAAN
Dalam bab ini
penulis akan menguraikan secara ringkas Profil Perusahaan, Pemilik Perusahaan,
Struktur perusahaan, Aspek Pasar, Produk yang dihasilkan,
Keunggulan, Gambaran Pasar, Target/Segmen Pasar, Trend Perkembangan pasar,
Proyeksi penjualan, Strategi Pemasaran, Analisis Pesaing, Saluran Distribusi,
Aspek Produksi, Analisis SDM, Rencana Perkembangan Usaha, Pemanfaatan IT,
Analisis Keuangan, dan Analisis Resiko.
BAB : III
KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab
akhir dari paper ini, penulis akan mengambil kesimpulan dari perencanaan yang
dilaksanakan dan beberapa saran yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi
produsen dan konsumen.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi