Sabtu, 08 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS PADA USAHA AYAM KREMES

BAB I PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang 
Membahas tentang perencanaan bisnis tidak lepas dari manajemen, karena perencanaan merupakan salah satu bagian dari empat fungsi manajemen. Manajemen (management) adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasi (Richard L. Daft, 2005) Ada dua ide penting dalam definisi dalam menajemen: (1) empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian dan (2) pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien.

Perencanaan adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan fakta, imajinasi dan asumsi untuk masa yang akan dating untuk memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima dan dugunakan dalam penyelesaian. Perencanaan dapat juga diartikan penentuan sasaran sebagai pedoman kenerja organisasi di masa depan dan penetapan tugas-tugas serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran organisasi.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menghasilkan dan menjual produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu. Jadi perencanaan bisnis adalah suatu langkah yang penting yang perlu di ambil oleh  pengusaha bijaksana tanpa memandang ukuran bisnis. Jika seseorang yang ingin memulai bisnis apapun baik yang kecil maupun yang skala besar harus memiliki perencanaan yang baik dan matang agar pada saat bisnisnya berjalan memiliki tujuan yang jelas untuk mencapai sasaran dari bisnis yang dijalaninya. Ada tiga hal yang sangat penting dalam bisnis, yaitu : 1. Semua bisnis menghasilkan barang atau jasa 2. Semua bisnis mencari keuntungan 3. Semua bisnis mencoba meneruskan keinginan Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha dan pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Adapun jenis usaha yang sedang marak saat ini yakni usaha di sektor industri kuliner, Karena manusia tidak akan terlepas dari segala macam kebutuhan hidup, terutama kebutuhan primer atau pokok. Kebutuhan tersebut dipredikasi akan terus meningkat karena tingkat konsumsi masyarakat khususnya masyarakat Indonesia yang semakin tinggi.
Dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga pada saat krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti saat ini diperlukan usaha usaha yang bersifat agresif, kreatif, penuh perhitungan dan berorientasi pasar.
Usaha tersebut juga diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat ini jumlahnya sangat melimpah baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja yang oleh karena kondisi perekonomian makro  terpaksa harus menganggur akibat tidak adanya kesempatan bekerja atau terkena PHK. Dengan demikian tujuan dari pengembangan proyek itu sendiri ada dua yaitu dari Aspek Ekonomi dan dari Aspek Sosial. Aspek Ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan sementara Aspek Sosial adalah untuk membantu masyarakat dalam mengatasi pengangguran.
Usaha dalam bidang makanan sangatlah menguntungkan dan mempunyai prospek yang cerah kedepannya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan zaman dimana laju pertumbuhan penduduk meningkat relatif besar serta besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap industri kuliner. Maka bisnis Ayam Kremes ini di anggap sangat bagus untuk dikembangkan mengingat pasar yang ada sangatlah mendukung. Apalagi inovasi yang akan disajikan oleh penulis memiliki banyak pilihan baru didalam pemilihan menu, yang pasti dapat menarik perhatian pencinta kuliner didaerah Medan khususnya.
Dengan rasa yang khas, gurih, renyah, tulangnya lunak dan terkesan elegan apabila membeli “Ayam Kremes” ini maka dapat dikatakan ayam goreng produk kita adalah produk mutu dari produk sejenis yang ada di pasar.
Dari pengamatan langsung dan dari data jumlah mobil dan sepeda motor yang melakukan parkir di Rumah Makan Ayam Goreng yang sudah cukup terkenal di Medan dimana rata rata pengunjung setiap hari mencapai lebih dari 100 orang maka dapat diambil kesimpulan sementara bahwa Ayam Goreng Kremes cukup laris dan memasyarakat serta dari segi ekonomi layak untuk dijadikan produk yang akan dipasarkan. Data tersebut diatas juga ditunjang oleh data dari Rumah Makan Ayam Goreng Kremes yang kurang terkenal yang  notabene adalah produk tiruan dari Rumah Makan Ayam Goreng Kremes terkenal di Medan dimana setiap hari rata-rata menjual lebih dari 250 potong ayam.
Dari keadaan tersebut dan berdasarkan pantauan penulis bahwa maraknya pilihan makanan yang enak dan bergizi sedikit ditemukan, maka penulis merasa akan menjadi suatu potensi kedepannya bila usaha Ayam Kremes ini dapat dikembangkan penulis. Maka dengan ini penulis ingin mengangkat perencanaan bisnis tersebut dalam sebuah tugas akhir dengan judul “PERENCANAAN BISNIS PADA USAHA AYAM KREMES”.
1.2 Target Pasar.
Yang menjadi target pemasaran usaha ini adalah masyarakat, pelajar dan mahasiswa daerah kampus, yaitu kampus  pada khususnya. Karena penulis berencana untuk membuka usaha Ayam Kremes ini, di Jalan Dr. Mansyur.
Bidikan pasar di area kampus tersebut telah direncanakan secara cermat dan matang karena menurut analisa pasar yang ada, area kampus merupakan ladang yang sangat subur untuk membuka bisnis baru khususnya dibidang makanan. Area kampus tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli Medan tetapi juga terdapat kaum pendatang yang biasanya kos ataupun mengontrak di daerah sekitar kampus. Kaum pendatang tersebut kebanyakan adalah kaum muda.
Peluang ini dapat kita manfaatkan karena rata-rata anak kos biasanya lebih suka membeli makanan dari pada memasak sendiri, dan dapat juga sebagai pilihan makanan yang baik, jika bosan terhadap menu sehari-hari.
 1.3 Manfaat Perencanaan Bisnis.
Adapun manfaat membuat perencanaan bisnis ini adalah sebagai berikut: a. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang akan datang.
b. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai referensi atau masukan untuk kebijakan kebijakan usaha pada periode-periode selanjutnya.
c. Diharapkan prencanaan bisnis ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan serta menjadi referensi atau bahan masukan dalam penelitian serupa pada penelitian yang akan datang.
1.4 Tujuan Perencanaan Bisnis.
a. Untuk mengembangkan jiwa enterpreneurship bagi penulis.
b. Menyajikan beragam menu dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat baik berupa makanan atau minuman.
c. Menarik minat bagi orang yang menyukai ayam kremes.
1.5 Prospek Usaha Ayam Kremes.
Usaha dalam bidang makanan dan minuman sangatlah menguntungkan dan mempunyai prospek yang cerah dikedepannya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan zaman dimana laju pertumbuhan penduduk meningkat relatif besar serta masuknya berbagai kebudayaan asing khususnya makanan yang mampu menghipnotis masyarakat Indonesia. Bisnis makanan dan minuman ini dirasa sangat bagus untuk dikembangkan karena keadaan pasar yang sangat mendukung.
 Dengan demikian besar harapan penulis agar usaha “Ayam Kremes” ini berkembang dengan sangat pesat mengingat banyaknya masyarakat sebagai konsumen yang menginginkan gaya hidup sehat dan gaya hidup sehat dapat dimulai dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.
Di sini pemilik juga berjanji akan memenuhi segala kebutuhan masyarakat yang menginginkan makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat sehingga masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yang membawa keluarganya bisa terpuaskan dengan adanya “Ayam Kremes” ini dan kami akan selalu membuat yang terbaik untuk usaha kami sehingga masyarakat tersebut tidak ragu untuk memilih “Ayam Kremes” sebagai pilihan kulinernya.

 Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi