BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya manusia berusaha ,baik melalui aktivitas sendiri,
maupun secara tidak langsung melalui aktivitas orang lain. Aktivitas adalah
suatu proses penggunaan akal, pikiran, panca indera dan anggota badan dengan
atau tanpa alat bantu yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan sesuatu
yang diinginkan baik dalam bentuk barang maupun jasa. Proses pemenuhan
kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang berlangsung inilah yang dinamakan pelayanan.
Secara
kodrati manusia dalam rangka mempertahankan hidupnya sangat memerlukan
pelayanan baik dari diri sendiri maupun melalui karya orang lain. Jenis layanan
yang diperlukan manusia pada dasarnya ada 2 jenis, yaitu layanan fisik yang
sifatnya pribadi sebagai manusia dan layanan administratif yang diberikan oleh
orang lain selaku anggota organisasi. Sebagai unsur terpelajar dari generasi
muda, mahasiswa diharapkan senantiasa peka terhadap masalah yang berkembang di
tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk turut serta dalam pembangunan
nasional. Adanya kerja sama dan komunikasi dua arah antara mahasiswa dan staf
petugas dapat lebih mempermudah adanya suatu hubungan yang sejalan seperti
sistem pelayanan kemahasiswaan yang baik.
Pelayanan kemahasiswaan mempunyai
peranan yang sangat penting dalam mendukung instansi pemerintah mencapai
tujuannya. Tapi hal ini belum sesuai dengan apa yang diharapkan dari sistem
pelayanan yang baik bagi mahasiswa.
Dalam catatan sejarah bangsa Indonesia memperlihatkan pada
kita bahwa mahasiswa sebagai generasi muda yang setidaknya mempunyai dua
kedudukan yang penting di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertama,
mahasiswa sebagai generasi muda intelektual. Kedudukan ini memberikan mahasiswa
dalam posisi penting dan terhormat di dalam kehidupan masyarakat, sebab
bagaimana pun juga mahasiswa sebagai mahluk yang terpelajar dan diharapkan
mampu memberikan sumbangsih yang nyata sesuai dengan kemampuan akademisnya.
Kedudukan yang kedua, yaitu mahasiswa sebagai agent of change yang mana
menjadi kunci pokok dalam pelaksanaan pengawasan kegiatan roda pemerintahan.
Kedudukan yang kedua ini menempatkan mahasiswa sebagai bagian dari proses
perubahan dan stabilitator sosial suatu wilayah dimana dia berada. Mahasiswa
adalah agent of change yang merupakan salah satu kunci dari pola
kehidupan suatu masyarakat.
Selain pemusatan masalah tentang pelayanan kemahasiswaan,
penulis juga membahas tentang pelayanan terhadap staf pengajar yang difokuskan
pada bagian ruang absensi atau ruang piket Fakultas Ekonomi .
Dari hasil survei penulis pada ruang
piket atau ruang absensi terlihat kinerja pegawai dan fasilitas pendukung yang
ada di ruangan tersebut masih belum menunjukkan hasil yang optimal.
Pelayanan kemahasiswaan dan staf pengajar yang diberikan para
pegawai ruang absensi antara lain :
1. menyusun absensi dosen dan
mahasiswa sesuai hari dan jamnya
2. Memberikan absensi kepada dosen
sesuai hari dan jamnya
3. Memberikan informasi tentang kehadiran
dosen kepada mahasiswa yang membutuhkan
4. Disetiap awal semester para pegawai Ruang Absen membuat
daftar nama dosen dan jadwal kuliahnya serta kelasnya
Beberapa masalah yang menjadi tolok ukur kita dalam
meningkatkan pelayanan kemahasiswaan yaitu diawali dengan fungsi organisasi,
lemahnya pemahaman fungsionaris terhadap aturan organisasi. Dengan adanya
reformasi yang terus berkembang, lembaga kemahasiswaan sendiri kurang
memberikan respon yang dalam menjawab tuntutan reformasi tersebut. Dapat
dilihat juga program yang dicanangkan, lembaga kemasiswaan lemah dalam hal
pengembangan kreativitas dan tidak memiliki tolok ukur yang jelas dalam menilai
suatu keberhasilan sebuah program. Anggaran juga menjadi masalah dalam sistem
pelayanan kemahasiswaan dimana minimnya anggaran untuk lembaga kemasiswaan dan
hal ini juga tidak terlepas dari peranan lembaga kemahasiswaan itu sendiri yang
belum independen dalam mengelola
anggaranya. Sehingga perlunya
kesadaran yang tinggi dari para staf petugas untuk meningkatkan pelayanan bagi
mahasiswa.
Oleh karena itu, penulis terdorong untuk mengetahui mengenai
sistem pelayanan kemahasiswaan. Sehingga penulis menulis mengenai sistem
pelayanan kemahasiswaan. Adapun judul dari tugas akhir ini adalah ”Sistem
Pelayanan Kemahasiswaan dan Staf Pengajar pada Ruang Absensi (Ruang Piket)
Fakultas Ekonomi ”.
B. Permasalahan
Masalah pokok yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : “
Apakah pelayanan kemahasiswaan dan staf pengajar pada ruang absensi (ruang
piket) Fakultas Ekonomi sudah
dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
C. Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan
oleh penulis adalah :
1. Menambah pengetahuan dan wawasan
pemikiran penulis tentang sistem pelayanan kemahasiswaan pada Fakultas Ekonomi
USU.
2. Sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi penulis
karena dapat langsung terjun ke lapangan untuk mendapatkan data dan informasi
mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan yang dijalankan oleh Fakultas Ekonomi
USU.
3. Dapat digunakan sebagai bahan
masukan dan pertimbangan bagi instansi agar dapat melaksanakan aktivitas dengan
lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi
kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
4. Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti
atau rekan-rekan mahasiswa yang akan membahas masalah dengan topik yang sama.
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penelitian yang
dilakukan oleh Penulis adalah :
1. Bagi peneliti, dapat melatih dan
berfikir secara ilmiah serta menambah wawasan pengetahuan di bidang manajemen
pelayanan.
2. Bagi Fakultas Ekonomi, dapat
memberikan informasi dan sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi yang
bermanfaat dalam Sistem Pelayanan selanjutnya guna peningkatan kwalitas
pelayanan dimasa datang.
3. Bagi kalangan akademis, dapat
memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang kwalitas
pelayanan, di Fakultas Ekonomi .
4. Untuk mengetahui apakah pelayanan yang dibuat oleh ruang
absensi (ruang piket) Fakultas Ekonomi USU sudah berjalan dengan baik.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi