BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Perguruan tinggi, sebagai salah
satu institusi sentral dalam pembangunan Indonesia, secara terus menerus
dihadapkan kepada berbagai perubahan yang bergerak sangat cepat dan menyentuh
berbagai aspek hidup bermasyarakat.
Dampak kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menimbulkan beragam tantangan baru
bagi Indonesia. Tantangan dan perkembangan tersebut mempersyaratkan perguruan
tinggi untuk menigkatkan mutu perguruan tinggi dan menghasilkan lulusan yang
berkualitas.
Mahasiswa merupakan
salah satu bagian dari perguruan tinggi. Mahasiswa bukan hanya dipandang
sebagai orang yang terdaftar sebagai pelajar diperguruan tinggi tetapi juga
diharapkan dapat muncul pemimpin negara yang unggul yang dapat membangun
indonesia dan mampu membawa masyarakatnya menuju kebahagiaan dan
kesejahteraan.Dengan kata lain mahasiswa memiliki peran sebagai pembaharu.
Orang-orang yang berasal dari universitas banyak melakukan pembaruan di banyak
bidang kehidupan.
Peran pembaharu yang
kelak akan dijalankan oleh mahasiswa ketika ia terjun ke masyarakat menuntut
mahasiswa untuk melatih dirinya sebagai pembaharu. Ia dituntut untuk memiliki
kepekaan terhadap berbagai hal yang membutuhkan pembaruan dan perbaikan di
berbagai bidang. Kepekaan itu harus dilatih
sejak awal ia masuk perguruan tinggi, dalam upaya mewujudkan mahasiswa yang
mampu membangun bangsa dan masyarakat Indonesia yang maju, Pendidikan Tinggi
melalui kegiatan penelitian dan keilmuan dapat menghasilkan berbagai pemikiran
dan konsepsi untuk memajukan harkat dan martabat manusia serta budaya bangsa
melalui kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan karya seni
yang bermutu sesuai dengan kebutuhan pembangunan.Untuk itu Pendidikan Tinggi
dituntut untuk secara terus menerus menjadi motor transformasi dalam dinamika
perubahan yang berlangsung sangat cepat. Pendidikan tinggi sebagai civitas
akademika pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, harus senantiasa
menunjukkan sikap kepedulian terhadap pengembangan diri mahasiswa dengan cara
memberikan ulur tangan dan sedikit mungkin campur tangan. Sebagai unsur
terpelajar dari generasi muda, mahasiswa diharapkan senantiasa peka terhadap
masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk
turut serta dalam pembangunan nasional.
Sebagai warga negara
yang telah dewasa mahasiswa memilki hak dan kewajiban yang sama dengan warga
negara yang lainnya.
Berdasarkan uraian diatas
terlihat jelas bahwa pelayanan kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat
penting dalam mendukung instansi pemerintah mencapai tujuannya. Oleh karena
itu, penulis terdorong untuk mengetahui mengenai sistem pelayanan
kemahasiswaan. Sehingga penulis menulis mengenai sistem pelayanan
kemahasiswaan. Adapun judul dari tugas akhir ini adalah “Sistem Pelayanan
Kemahasiswaan Pada Departemen Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi ”.
1.2.
Perumusan Masalah Masalah pokok yang dibahas dalam tugas
akhir ini adalah : “ Apakah pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen
Ekstensi Fakultas Ekonomi sudah
dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
1.3. Tujuan Penelitian Adapun
yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah : 1.
Menambah pengetahuan dan wawasan pemikiran penulis tentang sistem pelayanan
kemahasiswaan.
2. Sebagai pengalaman
yang sangat berharga bagi penulis karena dapat langsung terjun ke lapangan
untuk mendapatkan data dan informasi mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan
yang dijalankan oleh Departemen Manajemen Extensi Fakultas Ekonomi USU.
3. Dapat digunakan
sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi instansi agar dapat melaksanakan
aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan
keputusan demi kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
4. Sebagai bahan
masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti atau rekanrekan mahasiswa yang
akan membahas masalah dengan topik yang sama.
1.4.
Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang ingin dicapai dari
penelitian yang dilakukan oleh Penulis adalah : 1. Untuk mengetahui sejauh mana
pelayanan terhadap mahasiswa yang dibuat oleh Departemen Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi USU.
2. Untuk mengetahui
apakah pelayanan yang dibuat oleh Departemen Manajemen Ekstensi Fakultas
Ekonomi USU sudah berjalan dengan baik.
3. Agar dapat
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan penulis, khususnya mengenai
pelayanan mahasiswa 1.5. Sistematika Pembahasan Sistematika Pembahasan
merupakan suatu gambaran singkat untuk membedakan pembahasan, memudahkan
pembahasan dan perincian sehingga data – data yang relevan dalam skripsi minor
ini, maka penulis merinci sistematika penulisan seperti dibawah ini: BAB I :
PENDAHULUAN Pada bab ini diuraikan secara singkat latar belakang masalah,
tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II: PROFIL INSTANSI
Bab
ini menguraikan sejarah singkat Manajemen Ekstensi FE USU, Struktur organisasi,
visi, misi tujuan, sasaran, kekuatan, peluang, kelemaham,
ancaman,uraian tugas, kerja sama dan kemitraan Manajemen Ekstensi FE USU.
BAB III: PEMBAHASAN Dalam
bab ini penulis mencoba membahas tentang pengertian pelayanan, kualitas
pelayanan, prinsip kepelayanan bermutu, strategi layanan pelanggan, lembaga
kemahasiswaan, dan pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Ekstensi
FE USU.
BAB IV: KESIMPULAN DAN
SARAN Bab ini merupakan bab yang terakhir dari penulisan
tugas akhir ini.
Penulis akan memberikan
kesimpulan yang didasarkan dari penjelasan bab terdahulu dan mencoba memberikan
saran. Saran yang dirasakan perlu unutk efektivitas instansi dimasa yang akan
datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi