Jumat, 21 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS BRAND EQUITY KALKULATOR KARCE YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA MANAJEMEN EKSTENSI FAKULTAS EKONOMI



BAB I  PENDAHULUAN
  1.1 Latar Belakang   
Setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus  berkembang. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh  setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada dan terus  menggarap pelanggan-pelanggan potensial baru.

Pembeli kini memiliki tuntutan nilai yang jauh lebih besar dan beragam,  karena pembeli dihadapkan pada berbagai pilihan produk. Dalam hal ini produsen  harus memberikan kualitas produk yang dapat diterima, bermanfaat, harga  bersaing, serta penyerahan produk yang cepatdaripada para pesaingnya. Jangan  sampai pelanggan meninggalkan perusahaanmenjadi pelanggan perusahaan lain.
Dengan kata lain perusahaan harus mampu mempertahankan kesetiaan pelanggan.
Merek memegang peranan yang sangat penting dalam hal pemasaran.
Beberapa merek yang memiliki kualitas relatif sama dapat memiliki kinerja yang  berbeda-beda dipasar karena perbedaan persepsi dari merek tersebut dibenak  konsumen. Merek yang memiliki persepsi baik umumnya akan lebih menarik  calon konsumen karena mereka yakin bahwa merek tersebut memiliki kualitas  yang baik dan dapat dipercaya. Menurut UU Merek No.15 Tahun 2001 pasal 1  ayat 1, merek adalah ”tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angkaangka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki  daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa”  (Tjiptono, 2005:2).
  Menurut Durianto dkk (2001:4) Brand equityadalah seperangkat asset dan  liabilitas merek yang terkait dengan suatu merek, nama, simbol, yang mampu  menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa  baik pada perusahaan maupun pada pelanggan. Brand equityyang kuat dapat  terbentuk melalui kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand  association), persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand  loyalty).
Kesadaran merek (brand awareness)merupakan kesanggupan seorang  pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan  bagian dari kategori atau produktertentu (Durianto dkk, 2001:54).  Pembeli  mengingat merek Karce sebagai yang pertama kali muncul dipikiran saat  berbicara mengenai kategori merek kalkulator. Asosiasi merek  (brand  Association)mencerminkan pencitraan suatu merek terhadap suatu kesan tertentu  dalam kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut, produk,  geografis, harga, pesaing, selebriti, dan lain-lain (Durianto dkk, 2001:69). Kesan  yang muncul dari pembeli terhadap kalkulator Karce adalah harga yang relatif  murah, memiliki fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan para pembeli, dan  dapat bersaing dengan merek kalkulator lain.
Persepsi kualitas (perceived Quality) yakni persepsi konsumen terhadap  keseluruhan kualitas atau jasa layanan berkenaan dengan maksud yang  diharapkan konsumen (Durianto dkk, 2001:96). Kalkulator Karce dapat diterima  positif oleh pasar karena mengutamakan kualitas dengan harga yang relatif  murah, karena produk ini dipersepsikan dengan baik sehingga lebih mudah   mendistribusikan keberbagai pasar. Loyalitas merek (brand Loyalty)merupakan  ukuran kedekatan pelanggan pada sebuah merek. Konsumen yang loyal pada  umumnya akan melanjutkan penggunnaan merek tersebut walaupun dihadapkan  dengan banyak alternatif merek produk pesaing yang menawarkan karakteristik  produk yang lebih unggul. Apabila ketiga elemen brand equitysudah terbentuk,  maka loyalitasatas merek langsung menempati  peringkat tertinggi, yaitu  commited buyer, dimana pembeli yang setia, mempunyai kebanggaan menjadi  pelanggan dari merek. Pada tingkat ini salah satu ciri loyalitaspembeli  ditunjukkan juga oleh tindakan merekomendasikan dan mempromosikan merek  Karce kepada orang lain. Tingginya rata-rata pembelian kembali terhadap merek  kalkulator Karce juga menunjukkan bahwa pembeli tersebut dapat dikatakan loyal  terhadap merek kalkulator Karce.
Keputusan pembelian dipengaruhi olehfaktor kebudayaan, sosial, pribadi  dan psikologi dari pembeli. Semakin kuat brand equitykalkulator Karce, semakin  kuat pula rasa percaya diri konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian,  sehingga mengantar perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari waktu ke  waktu. Persaingan yang semakin meningkat diantara merek-merek yang  beroperasi dipasar, hanya produk yang memiliki brand equitykuat yang akan  tetap mampu bersaing, merebut dan menguasai pasar.
PT Total Access Asia merupakan distributor tunggal untuk semua produk  Karce di Indonesia. Walaupun masih termasuk produk impor cina Karce  dipasarkan dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan merek  kalkulator lainnya. Cara yang dapat dilakukan untuk menguasai pasar adalah   melalui kepemilikan pasar dengan merek yang dominan dengan cara membangun  merek dan meningkatkan ekuitas merek. Hal inilah yang dilakukan PT. Total  Access Asia untuk menarik minat beli konsumen terhadap setiap produk yang  ditawarkan. Untuk menjaga kualitaskalkulator Karce maka dilakukan  pemeriksaan mutu, meluncurkan produk-produk inovatif dan unik serta harga  yang terjangkau, serta memberikan garansi dua tahun pada kalkulator Karce. Pada  saat ini kalkulator Karce memiliki berbagai jenis produk kalkulator yang dapat  dipilih sehingga dapat memuaskan para pembeli yang sesuai dengan keinginan,  seperti scientific calculator, financial calculator, handheld calculator, dekstop  calculator, printing calculator. Dengan demikian, kepercayaan konsumen  terhadap kalkulator Karce akan tetap terjaga dan konsumen akan melakukan  pembelian ulang terhadap merek produk tersebut. Kalkulator Karce juga sangat  mudah untuk dijumpai ditoko-toko terdekat. Bisnis kalkulator di Indonesia,  mempunyai persaingan pasar yang begitupesat ditunjukkan dengan gencarnya  penayangan iklan di media televisi. Tidak ada satupun iklan atau penjual yang  akan mampu meyakinkan anda secara persuasif tentang kualitas sebuah produk  selain teman, kenalan, pelanggan lama, atau ahli yang independen. Saat ini  terdapat berbagai merek kalkulator yang dapat ditemui dipasaran seperti Karce,  Casio, Citizen dan Sharp. Dari berbagai merek kalkulator tersebut, salah satu  merek kalkulator yang akan diteliti adalah kalkulator Karce sebab Karce mampu  masuk pada segmen pasar kalangan bawah-menengah-atas. Wilayah distribusi  Karce telah sampai keberbagai negara seperti UK, USA, Jerman, Turkey, Eropa,  India, Japan, Thailand, Singapore, Korea.Karce juga telah dikenal luas di   Indonesia antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka  Belitung, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,  Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan.
Kalkulator Karce merupakan kalkulator yang mampu mempertahankan  image dan kualitas produknya hingga saat sekarang ini. Banyak dikalangan  pelajar, mahasiswa, karyawan, dan para pengusaha yang menggunakan kalkulator  Karce hal ini disebabkan karena kualitas yang baik, mudah ditemukan ditoko-toko  terdekat, harga terjangkau, dan memiliki fitur yang lengkap sehingga dapat  memenuhi kebutuhan setiap masing-masing profesi seperti pelajar/mahasiswa,  karyawan, dan sebagainya. Mahasiswa adalah salah satu segmen pasar dari  kalkulator Karce. Para Mahasiswa yang sehari-hari berada dikampus Fakultas  Ekonomi USU dalam mengikuti proses belajar, memerlukan alat bantu seperti  kalkulator Karce dalam mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. Berdasarkan pra  survey yang dilakukan peneliti, Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas  Ekonomi USU merupakan salah satu segmen pasar dari kalkulator Karce, hal ini  dapat dilihat dari toko-toko yang berada disekitar kampus Fakultas Ekonomi USU  menyediakan cukup banyak penjualan kalkulator Karce yang menjadi langganan  Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU. Berikut ini Tabel 1.1  yang memperlihatkan Jumlah Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi  USU dari Stambuk 2008 Sampai Dengan Stambuk 2010.
 Tabel 1.1  Jumlah Mahasiswa Manajemen Ekstensi  Fakultas Ekonomi   Stambuk Laki-laki Perempuan  Jumlah  Mahasiswa  (Orang)  2008 32  70  102  2009 53  92  145  2010 44  110  154  Total 129  272  401  Sumber: Bagian Kemahasiswaan FE USU Perkembangan Karce sejak tahun 1996 telah mendapatkan ISO 14001  tahun 1996; ISO 9001 tahun 2000, Top Brand 2008, Top Brand 2009, dan Top  Brand 2010.
Sumber: www.karceindonesia.com  Gambar 1.1  Top Brand Indeks By Frontier  Gambar 1.1 menunjukkan bahwa produk kalkulator Karce meraih Top  Brand Index yang lebih besar dan terus meningkat pada setiap tahunnya  dibandingkan dengan kalkulator Citizen dan Sharp. Selama ini citra produk Cina  sangat melekat dengan image yang buruk harga murah namun kualitas rendah,  dahulu tak banyak orang yang mengenal kalkulator Karce. Di tahun 1980-an pasar   kalkulator nasional sangat identik dengan Casio. Sebelum Citizen datang, Casio  seakan bermain sendiri di pasar kalkulator dan alat-alat hitung dengan penguasaan  pasar 65% lebih. Sampaiawal 1990-an Casio masih sangat unggul. Seiring  dengan perkembangan zaman, konsumen semakin menyadari walaupun dengan  harga yang murah kalkulator Karce juga memiliki kualitas yang baik  dibandingkan dengan merek lainnya (http://produk kaki lima, penjualan bintang  lima). Karce telah teruji dan diakui  oleh konsumen, hal itu dilihat dari  peningkatan awareness sejak tahun 2007 serta diperolehnya penghargaan Top  Brand 2007 dan 2008. Karce juga memiliki jaminan kualitas yang baik seperti  kalkulator ternama lainnya yang sudah diproduksi di China, Kualitas Karce  diperkuat dengan perolehan sertifikat ISO 9001 tahun 2000 dan 14001 tahun 1996  (www.karceindonesia.com). Berdasarkan fenomena yang terjadi, peneliti tertarik  untuk melakukan penelitian dengan judul ”Analisis Brand EquityKalkulator  Karce Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa  Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU”.
1.2 Perumusan Masalah  Berdasarkan latar belakang yang ada, maka perumusan masalah pada  penelitian ini adalah: ”Apakah brand equitykalkulator Karce yang terdiri dari  kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi  kualitas (perceived quality)dan loyalitas merek (brand loyalty) berpengaruh  positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Manajemen  Ekstensi Fakultas Ekonomi ?”.
 1.3 Tujuan Penelitian   Berdasarkan rumusan permasalahan, maka peneliti menetapkan tujuan  penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar  pengaruh brand equitykalkulator Karce yang terdiri dari kesadaran merek (brand  awareness), asosiasi merek  (brand association), persepsi kualitas  (perceived  quality)dan loyalitas merek (brand loyalty) terhadap keputusan pembelian pada  Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi .
1.4 Manfaat Penelitian  1.  Bagi perusahaan  Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk mempertahankan citra  merek produk yang baik dan meningkatkankualitas produk agar pelanggan  melakukan pembelian ulang dan menjadi sumber informasi dan pengetahuan  bagi para pelaku bisnis yang bergerak dibidang produk kalkulator.
2.  Bagi Peneliti  Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi peneliti untuk menerapkan  teori-teori yang diperoleh selama di bangku kuliah serta memperluas wawasan  peneliti dibidang marketing strategyterutama mengenai ekuitas merek dan  pengaruhnya terhadap tindakan pembelian.
3.  Bagi pihak lain  Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi yang  nantinya dapat memberikan perbandingan dalam melakukan penelitian pada  masa yang akan datang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi