BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup,
bahkan harus dapat terus berkembang.
Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan
pelanggan yang telah ada dan terus menggarap
pelanggan-pelanggan potensial baru.
Pembeli kini
memiliki tuntutan nilai yang jauh lebih besar dan beragam, karena pembeli dihadapkan pada berbagai
pilihan produk. Dalam hal ini produsen harus
memberikan kualitas produk yang dapat diterima, bermanfaat, harga bersaing, serta penyerahan produk yang
cepatdaripada para pesaingnya. Jangan sampai
pelanggan meninggalkan perusahaanmenjadi pelanggan perusahaan lain.
Dengan kata lain
perusahaan harus mampu mempertahankan kesetiaan pelanggan.
Merek memegang
peranan yang sangat penting dalam hal pemasaran.
Beberapa merek yang
memiliki kualitas relatif sama dapat memiliki kinerja yang berbeda-beda dipasar karena perbedaan persepsi
dari merek tersebut dibenak konsumen.
Merek yang memiliki persepsi baik umumnya akan lebih menarik calon konsumen karena mereka yakin bahwa merek
tersebut memiliki kualitas yang baik dan
dapat dipercaya. Menurut UU Merek No.15 Tahun 2001 pasal 1 ayat 1, merek adalah ”tanda yang berupa
gambar, nama, kata, huruf-huruf, angkaangka, susunan warna, atau kombinasi dari
unsur-unsur tersebut yang memiliki daya
pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa” (Tjiptono, 2005:2).
Menurut
Durianto dkk (2001:4) Brand equityadalah seperangkat asset dan liabilitas merek yang terkait dengan suatu
merek, nama, simbol, yang mampu menambah
atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa baik pada perusahaan maupun pada pelanggan.
Brand equityyang kuat dapat terbentuk
melalui kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas (perceived
quality), dan loyalitas merek (brand loyalty).
Kesadaran merek
(brand awareness)merupakan kesanggupan seorang pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali
bahwa suatu merek merupakan bagian dari
kategori atau produktertentu (Durianto dkk, 2001:54). Pembeli mengingat merek Karce sebagai yang pertama
kali muncul dipikiran saat berbicara
mengenai kategori merek kalkulator. Asosiasi merek (brand Association)mencerminkan pencitraan suatu
merek terhadap suatu kesan tertentu dalam
kaitannya dengan kebiasaan, gaya hidup, manfaat, atribut, produk, geografis, harga, pesaing, selebriti, dan
lain-lain (Durianto dkk, 2001:69). Kesan yang muncul dari pembeli terhadap kalkulator
Karce adalah harga yang relatif murah,
memiliki fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan para pembeli, dan dapat bersaing dengan merek kalkulator lain.
Persepsi kualitas
(perceived Quality) yakni persepsi konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau jasa layanan
berkenaan dengan maksud yang diharapkan
konsumen (Durianto dkk, 2001:96). Kalkulator Karce dapat diterima positif oleh pasar karena mengutamakan
kualitas dengan harga yang relatif murah,
karena produk ini dipersepsikan dengan baik sehingga lebih mudah mendistribusikan keberbagai pasar. Loyalitas
merek (brand Loyalty)merupakan ukuran
kedekatan pelanggan pada sebuah merek. Konsumen yang loyal pada umumnya akan melanjutkan penggunnaan merek
tersebut walaupun dihadapkan dengan
banyak alternatif merek produk pesaing yang menawarkan karakteristik produk yang lebih unggul. Apabila ketiga
elemen brand equitysudah terbentuk, maka
loyalitasatas merek langsung menempati
peringkat tertinggi, yaitu commited
buyer, dimana pembeli yang setia, mempunyai kebanggaan menjadi pelanggan dari merek. Pada tingkat ini salah
satu ciri loyalitaspembeli ditunjukkan
juga oleh tindakan merekomendasikan dan mempromosikan merek Karce kepada orang lain. Tingginya rata-rata
pembelian kembali terhadap merek kalkulator
Karce juga menunjukkan bahwa pembeli tersebut dapat dikatakan loyal terhadap merek kalkulator Karce.
Keputusan pembelian
dipengaruhi olehfaktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi dari pembeli. Semakin kuat brand
equitykalkulator Karce, semakin kuat
pula rasa percaya diri konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, sehingga mengantar perusahaan untuk
mendapatkan keuntungan dari waktu ke waktu.
Persaingan yang semakin meningkat diantara merek-merek yang beroperasi dipasar, hanya produk yang memiliki
brand equitykuat yang akan tetap mampu
bersaing, merebut dan menguasai pasar.
PT Total Access
Asia merupakan distributor tunggal untuk semua produk Karce di Indonesia. Walaupun masih termasuk
produk impor cina Karce dipasarkan
dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan merek kalkulator lainnya. Cara yang dapat dilakukan
untuk menguasai pasar adalah melalui
kepemilikan pasar dengan merek yang dominan dengan cara membangun merek dan meningkatkan ekuitas merek. Hal
inilah yang dilakukan PT. Total Access
Asia untuk menarik minat beli konsumen terhadap setiap produk yang ditawarkan. Untuk menjaga kualitaskalkulator
Karce maka dilakukan pemeriksaan mutu,
meluncurkan produk-produk inovatif dan unik serta harga yang terjangkau, serta memberikan garansi dua
tahun pada kalkulator Karce. Pada saat
ini kalkulator Karce memiliki berbagai jenis produk kalkulator yang dapat dipilih sehingga dapat memuaskan para pembeli
yang sesuai dengan keinginan, seperti
scientific calculator, financial calculator, handheld calculator, dekstop calculator, printing calculator. Dengan
demikian, kepercayaan konsumen terhadap
kalkulator Karce akan tetap terjaga dan konsumen akan melakukan pembelian ulang terhadap merek produk
tersebut. Kalkulator Karce juga sangat mudah
untuk dijumpai ditoko-toko terdekat. Bisnis kalkulator di Indonesia, mempunyai persaingan pasar yang begitupesat
ditunjukkan dengan gencarnya penayangan
iklan di media televisi. Tidak ada satupun iklan atau penjual yang akan mampu meyakinkan anda secara persuasif
tentang kualitas sebuah produk selain
teman, kenalan, pelanggan lama, atau ahli yang independen. Saat ini terdapat berbagai merek kalkulator yang dapat
ditemui dipasaran seperti Karce, Casio,
Citizen dan Sharp. Dari berbagai merek kalkulator tersebut, salah satu merek kalkulator yang akan diteliti adalah
kalkulator Karce sebab Karce mampu masuk
pada segmen pasar kalangan bawah-menengah-atas. Wilayah distribusi Karce telah sampai keberbagai negara seperti
UK, USA, Jerman, Turkey, Eropa, India,
Japan, Thailand, Singapore, Korea.Karce juga telah dikenal luas di Indonesia antara lain Sumatera Utara,
Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Jawa
Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali,
Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan.
Kalkulator Karce
merupakan kalkulator yang mampu mempertahankan image dan kualitas produknya hingga saat
sekarang ini. Banyak dikalangan pelajar,
mahasiswa, karyawan, dan para pengusaha yang menggunakan kalkulator Karce hal ini disebabkan karena kualitas yang
baik, mudah ditemukan ditoko-toko terdekat,
harga terjangkau, dan memiliki fitur yang lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan setiap masing-masing
profesi seperti pelajar/mahasiswa, karyawan,
dan sebagainya. Mahasiswa adalah salah satu segmen pasar dari kalkulator Karce. Para Mahasiswa yang
sehari-hari berada dikampus Fakultas Ekonomi
USU dalam mengikuti proses belajar, memerlukan alat bantu seperti kalkulator Karce dalam mengerjakan tugas-tugas
kuliahnya. Berdasarkan pra survey yang
dilakukan peneliti, Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU merupakan salah satu segmen pasar
dari kalkulator Karce, hal ini dapat
dilihat dari toko-toko yang berada disekitar kampus Fakultas Ekonomi USU menyediakan cukup banyak penjualan kalkulator
Karce yang menjadi langganan Mahasiswa
Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU. Berikut ini Tabel 1.1 yang memperlihatkan Jumlah Mahasiswa Manajemen
Ekstensi Fakultas Ekonomi USU dari
Stambuk 2008 Sampai Dengan Stambuk 2010.
Tabel 1.1 Jumlah Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Stambuk
Laki-laki Perempuan Jumlah Mahasiswa (Orang) 2008 32
70 102 2009 53
92 145 2010 44
110 154 Total 129
272 401 Sumber: Bagian Kemahasiswaan FE USU Perkembangan
Karce sejak tahun 1996 telah mendapatkan ISO 14001 tahun 1996; ISO 9001 tahun 2000, Top Brand
2008, Top Brand 2009, dan Top Brand 2010.
Sumber:
www.karceindonesia.com Gambar 1.1 Top Brand Indeks By Frontier Gambar 1.1 menunjukkan bahwa produk kalkulator
Karce meraih Top Brand Index yang lebih
besar dan terus meningkat pada setiap tahunnya dibandingkan dengan kalkulator Citizen dan
Sharp. Selama ini citra produk Cina sangat
melekat dengan image yang buruk harga murah namun kualitas rendah, dahulu tak banyak orang yang mengenal
kalkulator Karce. Di tahun 1980-an pasar kalkulator nasional sangat identik dengan
Casio. Sebelum Citizen datang, Casio seakan
bermain sendiri di pasar kalkulator dan alat-alat hitung dengan penguasaan pasar 65% lebih. Sampaiawal 1990-an Casio
masih sangat unggul. Seiring dengan
perkembangan zaman, konsumen semakin menyadari walaupun dengan harga yang murah kalkulator Karce juga
memiliki kualitas yang baik dibandingkan
dengan merek lainnya (http://produk kaki lima, penjualan bintang lima). Karce telah teruji dan diakui oleh konsumen, hal itu dilihat dari peningkatan awareness sejak tahun 2007 serta
diperolehnya penghargaan Top Brand 2007
dan 2008. Karce juga memiliki jaminan kualitas yang baik seperti kalkulator ternama lainnya yang sudah
diproduksi di China, Kualitas Karce diperkuat
dengan perolehan sertifikat ISO 9001 tahun 2000 dan 14001 tahun 1996 (www.karceindonesia.com). Berdasarkan fenomena
yang terjadi, peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian dengan judul ”Analisis Brand EquityKalkulator Karce Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Pada Mahasiswa Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi USU”.
1.2 Perumusan
Masalah Berdasarkan latar belakang yang
ada, maka perumusan masalah pada penelitian
ini adalah: ”Apakah brand equitykalkulator Karce yang terdiri dari kesadaran merek (brand awareness), asosiasi
merek (brand association), persepsi kualitas
(perceived quality)dan loyalitas merek (brand loyalty) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada Mahasiswa Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi ?”.
1.3 Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan permasalahan, maka
peneliti menetapkan tujuan penelitian
ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh brand equitykalkulator Karce yang
terdiri dari kesadaran merek (brand awareness),
asosiasi merek (brand association),
persepsi kualitas (perceived quality)dan loyalitas merek (brand loyalty)
terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa
Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi .
1.4 Manfaat
Penelitian 1. Bagi perusahaan Penelitian ini diharapkan dapat menjadi
masukan untuk mempertahankan citra merek
produk yang baik dan meningkatkankualitas produk agar pelanggan melakukan pembelian ulang dan menjadi sumber
informasi dan pengetahuan bagi para
pelaku bisnis yang bergerak dibidang produk kalkulator.
2. Bagi Peneliti Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi
peneliti untuk menerapkan teori-teori
yang diperoleh selama di bangku kuliah serta memperluas wawasan peneliti dibidang marketing strategyterutama
mengenai ekuitas merek dan pengaruhnya
terhadap tindakan pembelian.
3. Bagi pihak lain Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan
sebagai bahan referensi yang nantinya
dapat memberikan perbandingan dalam melakukan penelitian pada masa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi