Jumat, 21 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR



BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
 Di era globalisasi, berbagai jenis barang dan jasa membanjiri pasar  Indonesia. Persaingan yang kompetitif  ini  mendorong perusahaan untuk  bertindak praktis dan ekonomis dalam menguasai pangsa pasar. Untuk dapat  menguasai pangsa pasar, yang diperlukan adalah mengetahui dengan pasti apa  yang menjadi keinginan pelanggan dan berusaha untuk memuaskan pelanggan  tersebut.

Konsumen saat ini semakin peka dan lebih rasional serta bertindak  selektif terhadap pembelian barang yang dibutuhkan, mereka menilai dengan  membandingkan apa yang mereka terima dengan apa yang mereka harapkan.
Hanya konsumen yang puas akan melakukan pembelian ulang dan sebaliknya,  konsumen yang tidak merasa puas dengan mutu produk dan pelayanan akan  membuat konsumen berpaling. Konsumen tentu akan memilih produk yang  lebih berkualitas yang dapat memenuhi harapannya.
Perusahaan sangat perlu memperhatikan perilaku konsumennya  agar  dapat membantu manajemen dalam merumuskan strategi pemasaran.  Perilaku  konsumen menggambarkan bagaimana konsumen membuat keputusankeputusan pembelian dan bagaimana mereka menggunakan dan mengatur  pembelian barang maupun jasa dan juga menggambarkan faktor-faktor yang  mempengaruhi kaputusan pembelian dan penggunaan produk tersebut.
 Aktivitas manajemen dalam mempelajari perilaku pembelian konsumen  dilakukan melalui berbagai penelitian dan kajian sehingga dapat diketahui  bagaimana bauran pemasaran dapat mempengaruhi perilaku pembelian  tersebut.  Menurut Lamb, Hair & McDaniel (2001:55) menyatakan bauran pemasaran dapat mempengaruhi perilaku pembelian mengacu pada paduan  strategi produk, distribusi, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik  dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan pasar yang  dituju.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian merupakan bagian  dari bauran pemasaran yaitu produk, distribusi, promosi, dan harga. Produk  berkaitan dengan fisik produk, kemasan, garansi, pelayanan purna jual,  merek, nama baik perusahaan, dan juga nilai kepuasan konsumen.
Tempat merupakan tempat pelayanan bagi konsumen untuk mendapatkan  produk. Promosi merupakan usaha yang dilakukan pemasar untuk  memberikan informasi produk, membujuk, atau mengingatkan konsumen akan  manfaat produk. Harga merupakan faktor-faktor yang berkaitan dengan nilai  yang ditukarkan konsumen untuk suatu manfaat atas penggunaan produk.
Kotler(2003:88) juga menyatakan bauran pemasaran adalah seperangkat  alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai  pemasarannya di pasar sasaran. Bauran pemasaran terdiri dari segala sesuatu  hal yang dapat perusahaan lakukan untuk mempengaruhi permintaan akan  produknya. Bauran pemasaran meliputi unsur-unsur product, price, place,  dan promotion, yaitu perusahaan harus mampu menciptakan dan atau  menghasilkan produk maupun jasa yang baik dan bermutu, menetapkan harga   yang menarik bagi konsumen, mendistribusikan produk tersebut sehingga  dapat dijangkau oleh konsumen, serta harus dapat berkomunikasi dengan  konsumen mereka.
Bauran pemasaran di atas perlu dipelajari sebagai salah satu cara awal  bagi pemasar untuk dapat memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian  konsumen sehingga menimbulkan minat beli seseorang untuk menggunakan  sebuah produk maupun jasa.    Dengan mempelajari/melakukan penelitian  perilaku pembelian konsumen tersebut maka pemasar akan menerima  masukan yang berguna bagi pengembangan dan penyusunan strategi  perusahaan berikutnya.
Sariayu Martha Tilaar merupakan merek kosmetik yang telah  eksis  selama 32 tahun dengan konsep full range “top to toe” yang hingga kini telah  mengeluarkan 23 trend warna tata rias setiap tahunnya dengan konsisten pada  tema paduan antara warna trend dunia dengan mengangkat kekayaan alam dan  budaya Indonesia yang menjadi acuan bagi kalangan make up artist maupun  pengguna kosmetik pada umumnya.  Produk unggulan Sariayu pada tahun ini (2009) mengangkat tema Cantika Jawa Timur yang hadir dalam 2 koleksi  yaitu Marak Kasmaran dan Reog. Untuk eye shadow setiap koleksinya terdir i  dari   3 warna (merak kasmaran: tosca, ungu, dan kuning;  reog: cokelat  keemasan, emas, dan maroon). Untuk lipstick terdiri dari 6 koleksi warna  dengan aroma buah melon dan apel yang dilengkapi dengan 100% pelembab  alami, vitamin A dan E sebagai anti-oksidan, dan SPF 15. Liquid lip colour  double action  yaitu lipstick cair yang menciptakan dua efek dalam satu   kemasan yaitu kilau warna dan kilau pearly transparan.  Duo eye make up merupakan inovasi terbaru berupa mascara dan eye liner dalam satu kemasan.
Produk kosmetik Martha Tilaar Group dikenal sebagai salah satu produk  kosmetik hijau/ramah lingkungan (Green Product Cosmetics) di duniaterbukti  dari hasil uji laboratorium Paris yang menyatakan bahwa bahan yang  digunakan bebas dari bahan kimia berbahaya. Aktivitas promosi Sariayu  antara lain  melalui kegiatan beauty class trend  warna makeup 2009,  mengadakan consumer promo di counter-counter Sariayu seperti pemberian discount  10% maupun pemberian special gift, serta ikut  mensponsori  pemilihan Miss Indonesia. Sariayu menawarkan harga cukup terjangkau dan  bersaing sesuai dengan kualitas/manfaatnya.  Sariayu mendistribusikan  produknya melalui sales counter pada supermarket Carefour di Plaza Medan  Fair sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar di kota Medan, sehingga  konsumen mudah mendapatkan produk Sariayu.  Keempat faktor bauran  pemasaran di atas dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap keputusan  pembelian produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar.
Untuk mengukur keberhasilan merek produk maka majalah SWA dan  Mars melakukan survei Indonesia Best Brand. Dalam survei tersebut  termasuk menilai tingkat kepuasan konsumen. Tingkat kepuasan konsumen  terhadap produk Sariayu dan beberapa merek kosmetik lainnya dapat dilihat  pada tabel 1.1 berikut:   Tabel 1.1 Tingkat Kepuasan Konsumen Kategori  Merek Satisfaction  Score Pelembab  Muka  Pond’s  98,6 Sariayu  97,8 Viva   96,7 Oil of Olay  95,5 Citra Hazeline  93,7 Alas Bedak Pixy   100,0 Pond’s  100,0 La Tulipe  99,2 Viva   98,6 Sariayu   97,8 Bedak Wajah Sariayu   99,8 Pond’s   99,6 Pixy   99,2 Viva   99,1 Marcks   94,2 Lipstick Revlon   99,9 Sariayu   99,2 Pixy   97,4 Viva   97,3 Mirabella   97,3 Susu  Pembersih  Muka  Sariayu   100,0 Citra   100,0 Pond’s   99,1 Viva   98,8 Ovale   93,0 Face Tonic Sariayu   100,0 Mustika Ratu  100,0 Ovale   100,0 Viva   99,6 Pond’s  99,1 Sumber: http://cepeceng.com/swasembadamagazine2008 (data diolah penulis 2009)  Tabel 1.1 di atas menunjukkan produk Sariayu mencapai satisfaction  score  tertinggi untuk kategori bedak wajah, susu pembersih muka, dan  face tonic. Untuk kategori  produk lainnya Sariayu belum mencapai  satisfaction score  tertinggi tetapi masih dicapai oleh merek-merek kosmetik lainnya.
Dari hasil prasurvei, diketahui beberapa alasan konsumen lebih memilih  kosmetik Sariayu dibanding produk saingannya, yaitu dikarenakan variasi  warna, produk inovatif, dan produk aman di kulit. Produk aman di kulit, dikarenakan Sariayu Martha Tilaar merupakan  produk kosmetik ramah   lingkungan yang mengandung unsur bahan alami dan bebas dari bahan-bahan  kimia berbahaya sehingga menimbulkan rasa aman bagi konsumen.
Sariayu bekerja keras untuk terus mengharumkan nama baik bangsa  Indonesia di forum nasional maupun  internasional di bidang kosmetika.
Sariayu membuktikannya dengan meraih berbagai prestasi dan penghargaan  yang diberikan oleh lembaga-lembaga terpercaya seperti yang dapat dilihat  pada tabel 1.2 berikut: Tabel 1.2 Awards dan Pencapaian Prestasi Sariayu Martha Tilaar No.  Tahun Awards & Pencapaian  Prestasi Diberikan Oleh  Kategori  1.  Maret 2001  The Most Valuable  Brand 2001  Majalah SWA dan  Mars Moisturizer,  Foundationdan  Facemask  2.  September 2001  The Indonesia  Customer Satisfaction  Award 2001 Frontier   Body Cologne Belia dan Lipstick  Sariayu 3.  Juli 2002 – Juli 2005  (berturut-turut) Indonesian Best Brand  Award Majalah SWA dan  Mars Lipstick,  Moisturizer,  Foundation, Face  Powder dan Face  Cosmetics 4.  Juli 2004  Super Brands Award  Super Brands  CouncilIndonesia Martha Tilaar  Group of  Companies dalam  pencapaian merek  terkuat kosmetik  lokal Indonesia  5.  Juli 2005  Golden Indonesia Best  Brand Award  Majalah SWA dan  Mars Face moisturizer dan Foundation Sumber: www.marthatilaar.com (data diolah penulis 2009) Tabel 1.2 di atas menunjukkan awards dan pencapaian prestasi Sariayu  Martha Tilaar yang diberikan oleh majalah SWA dan Mars pada Maret 2001  sebagai The  Most Valuable Brand 2001, kemudian pada September 2001  lembaga  survei Frontier memberikan The Indonesia Customer Satisfaction  Award 2001, berikutnya Indonesian Best Brand Award diberikan oleh majalah  SWA dan Mars berturut-turut pada Juli 2002 – Juli 2005, kemudian Super  Brands Award diberikan oleh Super Brands Council Indonesia pada Juli 2004,   dan terakhir majalah SWA dan Mars kembali memberikan Golden Indonesia  Best Brand Award pada Juli 2005.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik melakukan  penelitian dengan judul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi  Minat Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik  Sariayu Martha Tilaar (Studi Kasus Pada Sales Counter Sariayu Martha  Tilaar Plaza Medan Fair)”.
B. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah, maka perumusan masalah dalam  penelitian ini adalah: 1.  Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi minat konsumen terhadap  keputusan pembelian produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar? 2. Faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi minat  konsumen dalam membuat keputusan pembelian produk kosmetik  Sariayu Martha Tilaar? C. Kerangka Konseptual Lamb, Hair & McDaniel (2001:55) menyebutkan bahwa bauran  pemasaran dapat mempengaruhi perilaku pembelian mengacu pada paduan  strategi produk, distribusi, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik  dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan pasar yang  dituju. Minat beli konsumen dipengaruhi oleh faktor produk, tempat, promosi,  dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen.
 Produk tidak hanya meliputi unit fisiknya saja, tetapi juga kemasan,  garansi, pelayanan purna jual, merek, nama baik perusahaan, maupun nilai  kepuasan konsumen. Tempat berkaitan dengan upaya membuat produk  tersedia kapan dan di mana konsumen membutuhkannya. Promosi berkaitan  dengan usaha yang dilakukan untuk memberikan informasi produk,  membujuk, atau mengingatkan konsumen akan manfaat produk. Harga  berkaitan dengan nilai yang ditukarkan konsumen untuk suatu manfaat atas  penggunaan produk. Faktor-faktor inilah yang dapat mempengaruhi minat  konsumen terhadap keputusan pembelian produk.
Berdasarkan bauran pemasaran di atas maka penulis membuat kerangka  konseptual sebagai berikut: Gambar 1.1 Kerangka Konseptual Sumber: Lamb, Hair & McDaniel (2001:55) (data diolah penulis 2009)  D. Hipotesis Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah  penelitian. Berdasarkan perumusan masalah dan kerangka konseptual maka  dirumuskan hipotesis sebagai berikut: Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen 1. Produk (Product)   (X1) 2. Tempat(Place)   (X2) 3. Promosi (Promotion)  (X3) 4. Harga (Price)   (X4) Keputusan Pembelian (Y)  1.  Faktor produk, tempat, promosi, dan harga berpengaruh positif dan  signifikan mempengaruhi minat konsumen dalam membuat  keputusan pembelian produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar, 2.  Faktor yang paling dominan mempengaruhi minat konsumen dalam  membuat keputusan pembelian produk kosmetik Sariayu Martha  Tilaar adalah faktor promosi.
E. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.  Tujuan Penelitian a.  Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi  minat konsumen terhadap keputusan pembelian produk kosmetik  Sariayu Martha Tilaar.
b.  Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan  dalam mempengaruhi minat konsumen terhadap keputusan pembelian  produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar.
2.  Manfaat Penelitian a.  Bagi Perusahaan Bagi perusahaan agar dapat menjadi bahan masukan untuk lebih  meningkatkan kualitas produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar dan  pelayanan pada sales counter Sariayu Martha Tilaar.
b.  Bagi Pihak Lain Sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya sehingga dapat dijadikan  perbandingan dalam melakukan pengembangan penelitian dimasa yang  akan datang.
 c.  Bagi Penulis Bagi penulis untuk memperdalam pengetahuan tentang strategi  pemasaran.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi