Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PEMBERIAN KREDIT PADA PT BANK NISP



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah 
Bank merupakan lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan  (financial intermediaries), sebagai prasarana pendukung yang sangat vital untuk  menunjang kelancaran perekonomian, dalam fungsinya mentransfer dana-dana  (loanable funds) dari penabung (lenders) kepada peminjam (borrowers).

Mengkaji peranan bank sebagai lembaga intermediasi, bank memiliki  fungsi sebagai perantara keuangan yang didalam peranannya terdapat hubungan  antara bank dan nasabah didasarkan pada dua unsur yang saling terkait, yaitu  hukum dan kepercayaan. Bank hanya dapat melakukan kegiatan dan  mengembangkan banknya apabila masyarakat percaya untuk menempatkan  uangnya dalam produk-produk perbankan yang ada pada bank tersebut.
Berdasarkan kepercayaan masyarkat tersebut, bank dapat memobilisasi dana dari  masyarakat untuk ditempatkan di banknya dan menyalurkan kembali dalam  bentuk kredit serta memberikan jasa-jasa perbankan lainnya Kredit merupakan bagian terbesar harta bank sekaligus merupakan sumber penghasilan dan resiko bisnis yang terbesardan oleh karena itu, stabilitas dan  perkembangan kehidupan bank banyak dipengaruhi oleh keberhasilan pihak bank  dalam mengolah kredit. Proses pemberian kredit membutuhkan pertimbangan dan  analisis dari pihak manajemen kredit berdasarkan peraturan dan kebijakan bank  yang prosedurnya tidak bertentangan dengan peraturan Bank Sentral. Kebijakan  pemberian kredit terletak pada pemeliharaan keseimbangan yang tepat antara   keinginan untuk memperoleh keuntungan dalam bentuk tingkat bunga dengan  tujuan likuiditas dan solvabilitas bank. Bank harus mempunyai kebijakan kredit  yang benar agar dapat mengelola kredit secara profesional.  Kebijakan  kredit  dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan situasi dan  kondisi ekonomi dan untuk itu bank harus  tetap memperhatikan kebijakan umum,  prosedur pemberian dan pengawasan kredit serta pedoman khusus untuk jenisjenis kredit tertentu.
PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan merupakan salah satu  lembaga  keuangan yang mengumpulkan dana dari pihak ketiga atau nasabah  berupa tabungan, deposito, dan giro dan menyalurkan kembali dana tersebut  kepada pihak ketiga dalam bentuk fasilitas pinjaman atau kredit. Fasilitas kredit  yang diberikan dapat berupa Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi, dan Kredit  Konsumtif yang terdiri dari berbagai jenis dan jangka waktu.
Pemberian kredit oleh pihak bank akan menimbulkan utang bagi  nasabahnya. Penagihan piutang atau pelunasan pinjaman dari debitur yang tidak  tertagih sesuai jadwal yang ditentukan akan berakibat buruk bagi bank. Berbagai  faktor dapat menyebabkannya, seperti kondisi usaha debitur yang memburuk atau  kondisi ekonomi makro yang berubah sehingga mempengaruhi kondisi ekonomi  debitur, ketidakmampuan bank dalam menganalisa kelayakan permintaan kredit  yang masuk, kurangnya pengawasan atas perkembangan mutu kredit dan debitur,  serta kurangnya kemampuan pihak bank dalam mendeteksi kemungkinan akan  timbulnya kredit bermasalah.
Besarnya jumlah kredit yang disalurkan oleh PT Bank NISP, Tbk Cabang  Imam Bonjol Medan tidak selalu sama tiap tahunnya. Berikut adalah Laporan   Realisasi Kredit pada PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan mulai  tahun 2002 sampai dengan tahun 2006.
Tabel 1.1.
Realisasi Kredit & Kredit Macet PT Bank NISP, Tbk  Cabang Imam Bonjol Medan (dlm Milyaran Rupiah) Tahun  Realisasi Kredit  Kredit Macet 2002  2003  2004  2005  2006  85.510.159.165  128.495.110.755  198.675.785.899  218.177.600.072  238.574.548.852  0.2 % 0.2 % 0.7 % 1.3 % 2.3 % Sumber: PT Bank NISP, Tbk Bagian Kredit (data diolah) Tabel 1.1. di atas menunjukkan penyaluran kredit dari tahun 2002 sampai  dengan tahun 2006 mengalami peningkatan.  Peningkatan ini menunjukkan hal  yang baik namun kemungkinan memiliki dampak yang tidak selalu baik karena  semakin banyak dana yang disalurkan untuk kredit semakin besar pula resiko  yang mungkin diterima. Resiko tersebut terlihat pada peningkatan kredit macet  yang terjadi antara tahun 2002 – 2006. Peningkatan tersebut terjadi karena tidak  semua nasabah tergolong ke dalam kredit lancar, kemungkinan dapat juga terjadi  kredit macet.
Pengalaman beberapa bank termasuk PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam  Bonjol Medan karena adanya kredit macet akhir-akhir ini telah memacu kalangan  perbankan untuk lebih berhati-hati dalam mengatur alokasi dana kredit. Rencana  kredit disusun lebih matang, analisis atas permohonan kredit lebih terarah dan  pengamanan kredit lebih digalakkan melalui peningkatan sistem penagihan   piutang baik secara langsung maupun melalui proses hukum.  Rencana-rencana  kredit ini adalah untuk meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan pembiayaan  masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan  penelitian tentang bagaimana sistem pemberian kredit yang dilakukan oleh PT  Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan.
B.  Perumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi  rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:  1.  Bagaimana perkembangan kredit yang disalurkan dan perkembangan kredit  macet pada PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan? 2.  Bagaimana prosedur pemberian kredit pada PT Bank NISP, Tbk Cabang  Imam Bonjol Medan? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.  Tujuan Penelitian  a.  Untuk mengetahui perkembangan kredit yang disalurkan dan perkembangan  kredit macet pada PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan.
b.  Untuk mengetahui prosedur pemberian kredit pada PT Bank NISP, Tbk  Cabang Imam Bonjol Medan.
 2.  Manfaat Penelitian  a.  Memperluas pengetahuan dan wawasan penulis dalam hal kredit khususnya  mengenai prosedur pemberian kredit, b.  Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak bank dalam hal prosedur pemberian  kredit untuk meminimalisasi resiko di masa yang akan datang.
c.  Sebagai bahan referensi bagi pihak lain terutama mahasiswa dalam melakukan  penelitian selanjutnya khususnya mengenai penilaian pemberian kredit.
D. Metodologi Penelitian 1.  Batasan Operasional Penulis membatasi analisis penelitian ini dengan menggunakan data dari  tahun 2002 sampai dengan tahun 2006 yang meliputi: a.  Perkembangan kredit yang disalurkan dan perkembangan kredit macet pada  PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan.
b.  Sistem penilaian kredit pada PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan  yaitu dengan menggunakan Analisis 5 C.
c.  Proses pemberian kredit pada PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol  Medan.
d.  Hubungan keterkaitan antara sistem pemberian kredit dengan munculnya  kredit macet pada PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan.
 2.  Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan pada PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol  Medan yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 15 Medan. Penelitian ini  dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2008.
3.  Jenis Data Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan  keuangan PT Bank NISP, Tbk Cabang Imam Bonjol Medan, laporan kredit macet,  peraturan internal perusahaan, dan dari berbagai informasi lainnya yang diperoleh  dengan cara menelaah buku-buku referensi, arsip-arsip, literatur, dan bahan-bahan  perkuliahan yang berhubungan dengan penelitian.
4.  Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang Penulis gunakan dalam penelitian ini adalah:  a.  Studi Dokumentasi, dilakukan dengan meneliti dokumen-dokumen berupa  laporan mengenai kredit perusahaan dan bahan tulisan dari perusahaan serta  sumber-sumber lain yang berhubungan dengan penelitian.
b.  Wawancara (interview), yaitu melakukan wawancara langsung dengan pihak  perusahaan seperti staff dan karyawan yang dianggap berwenang memberikan  keterangan yang dibutuhkan.
 5.  Metode Analisis Data Data yang diperoleh dan dikumpulkan dari PT Bank NISP, Tbk Cabang  Imam Bonjol Medan yaitu perkembangan kredit macet dan prosedur pemberian  kredit akan dianalisis dengan metode deskriptif, yaitu cara merumuskan dan  menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang nyata mengenai  keadaan perusahaan melalui pengumpulan, penyusunan, dan menganalisis data  sehingga diketahui gambaran umum perusahaan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi