Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH IKLAN TELEVISI MOLTO ULTRA SEKALI BILAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA MANAJEMEN



BAB I  PENDAHULUAN
 1.1. Latar belakang 
Pada zaman sekarang ini persaingan dalam dunia perdagangan semakin  ketat dikarenakan banyaknya barang dan jasa yang ditawarkan dipasaran, oleh  karena itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memasarkan produk  barang atau jasa. Setiap perusahaan akan selalu berusaha agar melalui produk atau  jasa yang dihasilkan dapat mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Tujuan setiap  perusahaan adalah untuk mendapatkan laba dari usahanya. Berbagai macam usaha  yang dilakukan untuk mendapatkan laba, tetapi yang mutlak harus dipenuhi  adalah dengan terjualnya hasil produksi kepada sejumlah pelanggan. Terjualnya  hasil produksi atau banyaknya jumlah pelanggan tidak lepas dari pemasaran  produk dan dalam memasarkan produk harus didukung oleh komunikasi yang  efektif. Komunikasi dinilai efektif bila mampu menyampaikan manfaat dan hasil  dari produk yang dipasarkan bagi konsumen bila membeli produk tersebut.

Untuk memasarkan produknya, maka perusahaan membutuhkan promosi. Dengan promosi akan menarik minat konsumen untuk membeli produk atau jasa  yang ditawarkan, sehingga perusahaan dapat memperoleh laba yang diharapkan. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan  periklanan.
 Televisi merupakan media periklanan yang sangat tepat dilakukan saat ini untuk  mempromosikan berbagai produk atau jasa kepada sasaran-sasaran konsumen  yang dituju. Iklan telah merambah kesetiap lorong waktu dalam kehidupan  manusia.  Iklan  sendiri semakin banyak   terutama dimedia massa, layar kaca seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan atau perkembangan media massa.
Masing-masing perusahaan berusaha membuat program acara yang baik dan  semenarik mungkin. Iklan juga dipandang sebagai media hiburan dan media  komunikasi yang efektif terutama jika ditayangkan ditelevisi.
Dengan menayangkan iklan suatu produk ditelevisi dapat mempengarui  konsumen sehinggah konsumen tertarik untuk melakukan pembelian terhadap  produk tersebut. Meskipun biaya yang ditayangkan perusahaan untuk  menayangkan produkya ditelevisi cukup mahal, tetapi sangat efektif untuk  meningkatkan jumlah penjualan produknya.
Penyisipan iklan dalam setiap acara yang menarik menjadikan iklan  semakin sulit dipisahkan dalam kehidupan pertelevisian kita walaupun kadang  menjengkelkan namun sering kali berhasil mempengaruhi masyarakat untuk  berpikir bahkan bertindak sesuai dengan yang diinginkan pemasng iklan.
Periklanan merupakan salah satu usaha pemasaran yang cukup penting dilakukan  perusahaan, lembaga, ataupun instansi untuk meningkatkan nilai dari penjualan.
Bagi dunia usaha, periklanan merupakan suatu kekuatan ekonomi sosial yang  penting. Hal ini disebabkan karena masyarakat atau calon konsumen  mengganggap periklanan sebagai sumber informasi tentang produk yang baru.
 Pengiklan yang cerdik akan menahan pelanggan dengan memelihara agar  merk selalu mereka ingat. Iklan pada tahapan ini biasanya berupa Reminder Ad.
yaitu  iklan yang sekadar mengingatkan konsumen akan keberadaan merk  tersebut. Biasanya iklan hanya bersifat visual, hanya memuat nama/brand dengan  illustrasi yang dominan. Atau bermain dengan warna brand yang khas. Kalaupun  ada Copy umumnya memuat sedikit kata yang ditulis dengan huruf besar atau  tanpa teks sama sekali karena tidak perlu lagi banyak bicara. Ketika konsumen  telah menerima, menghargai, dan menggunakan produk, periklanan kompetitif  tidak perlu dilakukan karena tidak ada gunanya. Sasaran iklan pada tahap ini  untuk mempertahankan pangsa pasar dan mencegah percobaan konsumen  terhadap produk pesaing. Produk-produk dalam tahap kedewasaan berada pada  tahap paling menguntungkan. Tingkat pembelian berada pada puncaknya, biaya  periklanan dapat ditekan karena hanya pengingatan, saluran distribusi telah  tercipta. Itu sebabnya perusahaan suka mempertahankan selama mungkin. (www.
Republika.co.id Hemat Air Molto :2010).
Iklan gaya baru Molto ini  dibuat karena untuk menjaga positioning karena  produk Molto berada pada tahap dewasa. Iklan pada Molto ini berada pada tahap  retentif. Tahap Retentif adalah tahap periklanan ketika kegunaan produk yang  umum dikenal di mana-mana dan kualitasnya sepenuhnya dihargai. Tahap ini  adalah  tahapan dimana produk mencapai kedewasaan dan memberikan  keuntungan yang paling memuaskan. Tidak banyak produk yang bisa mencapai  tahap ini. Oleh sebab itu iklan lebih diarahkan untuk berupaya menahan  perlindungan terhadap kekuatan prestasi yang telah dicapai. ( Http. Ggkarir. com).
 Molto ultra sebagai penggagas lahirnya sosok Andi, melihat bahwa tema  musik yang diangkat Andi bisa diterima oleh khalayak luas diindonesia serta  didorong oleh keinginan Andy untuk merilis album diindonesia, Molto ultra  bersama warner musik Indonesia meluncurkan Andy & Friend love album  kepada masyarakat Indonesia khususnya bagi pecinta musik. (Http. Ggkarir.
com).
Musik yang sebagai bahasa universal dipercaya mampu membuat orang  terhanyut dan mendalami pesan komunikasi dari suatu merek. Berangkat dari  kepercayaan inilah Molto dengan komunikasi baru negeri kain mengambil pendekatan  jalur musik untuk membawa karakter Andy pria jeans yang juga adalah Pop Star dari  Negeri Kain dan Lily- wanita Katun Sutra lebih jauh kedalam hati konsumen kain.
Negeri kain adalah pendekatan imajiner dengan mempersonifikasikan pakaian  sebagai mahluk yang hidup sementara Molto Ultra adalah produk yang digunakan oleh  berbagai jenis pakaian itu untuk tetap menjaga bentuk, warna, dan kesegaran sehinggah  pakaian ini selalu tampil menarik. Diceritakan bahwa Andy si pria Jeans dan Lily  pasangannya adalah selebriti dinegeri kain, dan karena kesetiaannya pakai Molto Ultra,  mereka pun selalu tampil menjadi mahluk kain paling indah dan menawan.  (Http.
Ggkarir. com).
Penayangan iklan Molto Ultra merupakan salah satu produk terbaru dari merek  perendam Molto lainnya. Molto ultra menciptakan iklan yang berbeda dari iklan  sebelumnya yang dapat dilihat dari beberapa atribut iklan disajikan dengan baik.
Diantaranya bahasa dan narasi yang mudah dimengerti, model yang ditampilkan unik  sehingga pemirsa tertarik untuk menontonnya. Logo yang menarik , gaya iklan yang  modern, serta motto iklan yang mudah diingat. Pesan iklan yang terkandung dalam cerita   mudah diserap dan dicerna oleh pemirsa televisi. Dengan demikian pemirsa tertarik dan  melakukan keputusan pembelian atas produk Molto Ultra.
Tabel 1.1 Jenis & rangking penjualan PT. Unilever pada kategori pewangi dan  pelembut cucian 2010 : Tabel1.1  Jenis & rangking penjualan No  Jenis Molto  Harga  Kelompok 1  Molto pewangi Lily & rose 450ml  6000  Pembersih 2  Molto Pewangi Lavender & Jasmine  450ml 6000  Pembersih 3  Molto Pewangi Violet 450ml  6000  Pembersih 4  Molto Ultra Pewangi Pakaian 15ml  500  Pembersih 5  Molto Ultraconcentrate 300ml  -Pewangi Pakaian 7500  Pembersih 6  Molto Ultra Pink 300ml -  Pewangi  Pakaian 8000  Pembersih 7  Molto Softener Spring Blue 450ml  6500  Pembersih 8  Molto Softener Blossom Pink 30ml  500  Pembersih 9  Molto Softener Pure 450ml  6500  Pembersih 10  Molto Trika 450ml Blue-Pelicin Pakaian  4500  Pembersih Sumber : Http ggkarir.com  Menghemat air sebenarnya bisa menjadi cara sederhana untuk memelihara  lingkungan, kita bisa melakukannya lewat  hal-hal kecil di rumah, seperti  menghemat air saat mencuci pakaian. Mencuci merupakan salah satu pekerjaan  rumah tangga yang melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pemilahan pakaian,  perendaman, hingga pembilasan. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang terbaik,  proses pembilasan dilakukan berulang kali. Tanpa disadari, proses pembilasan  seperti itu tak hanya menyita waktu tapi juga menghabiskan banyak air.
 Padahal, seperti diketahui saat ini dunia terancam krisis air bersih. Agar  proses mencuci berlangsung efisien dan hemat air, maka PT.Unilever Tbk  menciptakan sebuah produk yang tidak hanya sebagai perendam dan pewangi  pakaian tetapi Molto Ultra juga lahir sebagai sebuah produk yang juga  peduli  terhadap lingkungan  (Http: Nasional. Kompas. Com  Yuk Hemat Air Saat  Mencuci).
Molto ultra sekali bilas mengusung teknologi baru yaitu bahan penghilang  busa yang dapat menghilangkan busa seketika hanya dalam sekali bilas. Bahan  penghilang deterjen yang dapat menghilangkan residu deterjen dari pakaian dan  anti redoposisi yang mencegah kotoran menempel kembali kepakaian (www.
Docstoc.com ).
Mahasiswa S-1 Departemen Manajemen Regular Fakultas Ekonomi  Universitas Sumatra Utara merupakan salah satu pasar potensial untuk menjadi  objek dalam riset pemasaran karena setiap Mahasiswa Ekonomi penampilan  adalah hal yang paling diperhatikan disamping perkuliahan, pakaian yang bersih,  rapi, menarik dan wangi adalah kebutuhan dari setiap orang termasuk Mahasiswa  Ekonomi USU.
Berdasarkan penjelasan dan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk  meneliti, ”Pengaruh Periklanan TV Molto Ultra Sekali Bilas Terhadap Keputusan  Pembelian Pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi   di Medan”.
 1.2 . Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah, maka perumusan masalahnya adalah  sebagai berikut:  ”Apakah Penayangan Iklan Molto Ultra di Televisi  Berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa  Departemen Manajemen Fakultas Ukonomi  di  Medan” ?.
1.3.  Tujuan Penelitian Untuk mengetahui dan menganalisis iklan Molto Ultra sekali bilas di  Televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada  Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara.
1.4. Manfaat Penelitian a. Bagi Perusahaan Sebagai bahan masukan dalam proses pembuatan iklan untuk dapat  menaikkan tingkat penjualan konsumen.
b.  Bagi Penulis Untuk memperluas wawasan pengetahuan penulis tentang periklanan dan  keputusan pembelian.
 c.  Bagi Pihak Lain Sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya sehinggah dapat dijadikan  perbandingan dalam melakukan penelitian yang sama dimasa yang akan  datang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi