BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Pada zaman
sekarang ini persaingan dalam dunia perdagangan semakin ketat dikarenakan banyaknya barang dan jasa
yang ditawarkan dipasaran, oleh karena
itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memasarkan produk barang atau jasa. Setiap perusahaan akan
selalu berusaha agar melalui produk atau jasa yang dihasilkan dapat mencapai tujuan dan
sasaran perusahaan. Tujuan setiap perusahaan
adalah untuk mendapatkan laba dari usahanya. Berbagai macam usaha yang dilakukan untuk mendapatkan laba, tetapi
yang mutlak harus dipenuhi adalah dengan
terjualnya hasil produksi kepada sejumlah pelanggan. Terjualnya hasil produksi atau banyaknya jumlah pelanggan
tidak lepas dari pemasaran produk dan
dalam memasarkan produk harus didukung oleh komunikasi yang efektif. Komunikasi dinilai efektif bila mampu
menyampaikan manfaat dan hasil dari
produk yang dipasarkan bagi konsumen bila membeli produk tersebut.
Untuk memasarkan
produknya, maka perusahaan membutuhkan promosi. Dengan promosi akan
menarik minat konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga perusahaan dapat
memperoleh laba yang diharapkan. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh
perusahaan adalah dengan periklanan.
Televisi merupakan media periklanan yang
sangat tepat dilakukan saat ini untuk mempromosikan
berbagai produk atau jasa kepada sasaran-sasaran konsumen yang dituju. Iklan telah merambah kesetiap
lorong waktu dalam kehidupan manusia. Iklan
sendiri semakin banyak terutama
dimedia massa, layar kaca seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan atau
perkembangan media massa.
Masing-masing
perusahaan berusaha membuat program acara yang baik dan semenarik mungkin. Iklan juga dipandang
sebagai media hiburan dan media komunikasi
yang efektif terutama jika ditayangkan ditelevisi.
Dengan menayangkan
iklan suatu produk ditelevisi dapat mempengarui konsumen sehinggah konsumen tertarik untuk
melakukan pembelian terhadap produk
tersebut. Meskipun biaya yang ditayangkan perusahaan untuk menayangkan produkya ditelevisi cukup mahal,
tetapi sangat efektif untuk meningkatkan
jumlah penjualan produknya.
Penyisipan iklan
dalam setiap acara yang menarik menjadikan iklan semakin sulit dipisahkan dalam kehidupan
pertelevisian kita walaupun kadang menjengkelkan
namun sering kali berhasil mempengaruhi masyarakat untuk berpikir bahkan bertindak sesuai dengan yang
diinginkan pemasng iklan.
Periklanan
merupakan salah satu usaha pemasaran yang cukup penting dilakukan perusahaan, lembaga, ataupun instansi untuk
meningkatkan nilai dari penjualan.
Bagi dunia usaha,
periklanan merupakan suatu kekuatan ekonomi sosial yang penting. Hal ini disebabkan karena masyarakat
atau calon konsumen mengganggap
periklanan sebagai sumber informasi tentang produk yang baru.
Pengiklan yang cerdik akan menahan pelanggan
dengan memelihara agar merk selalu
mereka ingat. Iklan pada tahapan ini biasanya berupa Reminder Ad.
yaitu iklan yang sekadar mengingatkan konsumen akan
keberadaan merk tersebut. Biasanya iklan
hanya bersifat visual, hanya memuat nama/brand dengan illustrasi yang dominan. Atau bermain dengan
warna brand yang khas. Kalaupun ada Copy
umumnya memuat sedikit kata yang ditulis dengan huruf besar atau tanpa teks sama sekali karena tidak perlu lagi
banyak bicara. Ketika konsumen telah
menerima, menghargai, dan menggunakan produk, periklanan kompetitif tidak perlu dilakukan karena tidak ada
gunanya. Sasaran iklan pada tahap ini untuk
mempertahankan pangsa pasar dan mencegah percobaan konsumen terhadap produk pesaing. Produk-produk dalam
tahap kedewasaan berada pada tahap
paling menguntungkan. Tingkat pembelian berada pada puncaknya, biaya periklanan dapat ditekan karena hanya
pengingatan, saluran distribusi telah tercipta.
Itu sebabnya perusahaan suka mempertahankan selama mungkin. (www.
Republika.co.id
Hemat Air Molto :2010).
Iklan gaya baru
Molto ini dibuat karena untuk menjaga
positioning karena produk Molto berada
pada tahap dewasa. Iklan pada Molto ini berada pada tahap retentif. Tahap Retentif adalah tahap
periklanan ketika kegunaan produk yang umum
dikenal di mana-mana dan kualitasnya sepenuhnya dihargai. Tahap ini adalah
tahapan dimana produk mencapai kedewasaan dan memberikan keuntungan yang paling memuaskan. Tidak banyak
produk yang bisa mencapai tahap ini. Oleh
sebab itu iklan lebih diarahkan untuk berupaya menahan perlindungan terhadap kekuatan prestasi yang
telah dicapai. ( Http. Ggkarir. com).
Molto ultra sebagai penggagas lahirnya sosok
Andi, melihat bahwa tema musik yang
diangkat Andi bisa diterima oleh khalayak luas diindonesia serta didorong oleh keinginan Andy untuk merilis
album diindonesia, Molto ultra bersama
warner musik Indonesia meluncurkan Andy & Friend love album kepada masyarakat Indonesia khususnya bagi
pecinta musik. (Http. Ggkarir.
com).
Musik yang sebagai
bahasa universal dipercaya mampu membuat orang terhanyut dan mendalami pesan komunikasi dari
suatu merek. Berangkat dari kepercayaan
inilah Molto dengan komunikasi baru negeri kain mengambil pendekatan jalur musik untuk membawa karakter Andy pria
jeans yang juga adalah Pop Star dari Negeri
Kain dan Lily- wanita Katun Sutra lebih jauh kedalam hati konsumen kain.
Negeri kain adalah
pendekatan imajiner dengan mempersonifikasikan pakaian sebagai mahluk yang hidup sementara Molto
Ultra adalah produk yang digunakan oleh berbagai
jenis pakaian itu untuk tetap menjaga bentuk, warna, dan kesegaran sehinggah pakaian ini selalu tampil menarik. Diceritakan
bahwa Andy si pria Jeans dan Lily pasangannya
adalah selebriti dinegeri kain, dan karena kesetiaannya pakai Molto Ultra, mereka pun selalu tampil menjadi mahluk kain
paling indah dan menawan. (Http.
Ggkarir. com).
Penayangan iklan
Molto Ultra merupakan salah satu produk terbaru dari merek perendam Molto lainnya. Molto ultra
menciptakan iklan yang berbeda dari iklan sebelumnya yang dapat dilihat dari beberapa
atribut iklan disajikan dengan baik.
Diantaranya bahasa
dan narasi yang mudah dimengerti, model yang ditampilkan unik sehingga pemirsa tertarik untuk menontonnya.
Logo yang menarik , gaya iklan yang modern,
serta motto iklan yang mudah diingat. Pesan iklan yang terkandung dalam cerita mudah diserap dan dicerna oleh pemirsa
televisi. Dengan demikian pemirsa tertarik dan melakukan keputusan pembelian atas produk
Molto Ultra.
Tabel 1.1 Jenis
& rangking penjualan PT. Unilever pada kategori pewangi dan pelembut cucian 2010 : Tabel1.1 Jenis & rangking penjualan No Jenis Molto
Harga Kelompok 1 Molto pewangi Lily & rose 450ml 6000
Pembersih 2 Molto Pewangi
Lavender & Jasmine 450ml 6000 Pembersih 3
Molto Pewangi Violet 450ml
6000 Pembersih 4 Molto Ultra Pewangi Pakaian 15ml 500
Pembersih 5 Molto
Ultraconcentrate 300ml -Pewangi Pakaian 7500 Pembersih 6
Molto Ultra Pink 300ml - Pewangi Pakaian 8000
Pembersih 7 Molto Softener Spring
Blue 450ml 6500 Pembersih 8
Molto Softener Blossom Pink 30ml
500 Pembersih 9 Molto Softener Pure 450ml 6500
Pembersih 10 Molto Trika 450ml
Blue-Pelicin Pakaian 4500 Pembersih Sumber : Http ggkarir.com Menghemat air sebenarnya bisa menjadi cara
sederhana untuk memelihara lingkungan,
kita bisa melakukannya lewat hal-hal
kecil di rumah, seperti menghemat air
saat mencuci pakaian. Mencuci merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang melibatkan berbagai tahapan,
mulai dari pemilahan pakaian, perendaman,
hingga pembilasan. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, proses pembilasan dilakukan berulang kali.
Tanpa disadari, proses pembilasan seperti
itu tak hanya menyita waktu tapi juga menghabiskan banyak air.
Padahal, seperti diketahui saat ini dunia
terancam krisis air bersih. Agar proses
mencuci berlangsung efisien dan hemat air, maka PT.Unilever Tbk menciptakan sebuah produk yang tidak hanya
sebagai perendam dan pewangi pakaian
tetapi Molto Ultra juga lahir sebagai sebuah produk yang juga peduli terhadap lingkungan (Http: Nasional. Kompas. Com Yuk Hemat Air Saat Mencuci).
Molto ultra sekali
bilas mengusung teknologi baru yaitu bahan penghilang busa yang dapat menghilangkan busa seketika
hanya dalam sekali bilas. Bahan penghilang
deterjen yang dapat menghilangkan residu deterjen dari pakaian dan anti redoposisi yang mencegah kotoran menempel
kembali kepakaian (www.
Docstoc.com ).
Mahasiswa S-1
Departemen Manajemen Regular Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara merupakan salah satu
pasar potensial untuk menjadi objek
dalam riset pemasaran karena setiap Mahasiswa Ekonomi penampilan adalah hal yang paling diperhatikan disamping
perkuliahan, pakaian yang bersih, rapi,
menarik dan wangi adalah kebutuhan dari setiap orang termasuk Mahasiswa Ekonomi USU.
Berdasarkan
penjelasan dan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti, ”Pengaruh Periklanan TV Molto Ultra
Sekali Bilas Terhadap Keputusan Pembelian
Pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi di
Medan”.
1.2 . Perumusan Masalah Berdasarkan latar
belakang masalah, maka perumusan masalahnya adalah sebagai berikut: ”Apakah Penayangan Iklan Molto Ultra di
Televisi Berpengaruh Positif dan
Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ukonomi di Medan”
?.
1.3. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui dan
menganalisis iklan Molto Ultra sekali bilas di Televisi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa
Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
1.4. Manfaat
Penelitian a. Bagi Perusahaan Sebagai bahan masukan dalam proses pembuatan
iklan untuk dapat menaikkan tingkat
penjualan konsumen.
b. Bagi Penulis Untuk memperluas wawasan pengetahuan
penulis tentang periklanan dan keputusan
pembelian.
c. Bagi
Pihak Lain Sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya sehinggah dapat
dijadikan perbandingan dalam melakukan
penelitian yang sama dimasa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi