BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai
dengan berbagai macam persaingan di
segala bidang. Salah satunyaadalah persaingan bisnis yang semakin ketat yang mengakibatkan perubahan perilaku
konsumen di dalam mengambil keputusan
untuk membeli suatu produk. Mengingat perkembangan teknologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat
dan tepat untuk bertindak agar tidak
kalah bersaing. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat
dalam memenuhi target volume penjualan.
Dengan demikian, setiap perusahaan harus memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya karena
kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai
organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku
konsumennya.
Seiring dengan
perkembangan jaman dan semakin meningkatnya kebutuhan alat transpotasi membawa angin segar bagi
perusahaan otomotif terutama di bidang
sepeda motor, yang mana sangat dibutuhkan oleh banyak orang selain harganya terjangkau dan mudah perawatannya.
Persaingan yang semakin ketat terjadi di
dalam dunia otomotif khususnya produk sepeda motor karena produk ini merupakan alat transportasi darat yang paling
dominan banyak dimiliki dan dibutuhkan
oleh masyarakat. Memang tidakmudah menjadi yang terbaik selain harus menyediakan kualitas terbaik jugaada
faktor pola perilaku konsumen yang tidak
mudah ditebak apalagi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, sehingga memiliki ragam pola perilaku yang berbeda pula.
Perilaku konsumen
(consumer behavior) merupakan tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam
mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan
produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan-tindakan
tersebut. Dari pengertian tersebut dapat
diketahui bahwa pemahaman terhadap perilaku konsumen bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi cukup sulit dan
kompleks, khususnya disebabkan oleh
banyaknya variabel yang mempengaruhi dan variabelvariabel tersebut saling berinteraksi.
Menurut Asosiasi
Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), saat ini terdapat 77 perusahaan assembling, manufaktur dan importir
sepeda motor di Indonesia yang tercatat
di Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag). Dari jumlah tersebut, 6 diantaranya anggota AISI yaitu
Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Kymco,
dan Piaggio, serta 71 perusahaanlainnya di luar keanggotaan AISI.
Tabel 1.1 Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Tahun 2010
(dalam Unit) Sumber :
http://www.aisi.or.id, 2010 Saat ini
penggunaan sepeda motor Honda dikalangan anak muda yang didominasi oleh mahasiswa semakin luas, bahkan
sudah menjadi suatu kebutuhan personal.
Hal ini disebabkan manfaat yang diperoleh dari sepeda motor tersebut seperti mempercepat perjalanan transportasi
apabila terjadi kemacetan, pemakaiannya
lebih efisien dalam melakukan perjalanan jauh maupun dekat, harganya terjangkau, dan sebagainya.
Di lihat dari
perilaku pembelian sepeda motor di kalangan mahasiswa sangat beraneka ragam motifnya dan sulit diamati yang
terdiri dari faktor motivasi, persepsi
dan sikap mahasiswa tersebut. Proses keputusan
yang diambil atau dilaksanakan
oleh individual lebih banyak melibatkan lingkungan sosial dan psikologikal yang terdiri dari faktor
motivasi, persepsi dan sikap dari pada bidang fisikal. Sehingga perilaku konsumen akan
dipengaruhi oleh lingkungan yang terus menerus
berubah.
Mahasiswa Fakultas
Isip merupakan salah satu diantara banyaknya mahasiswa yang menggunakan
sepeda motor honda. Alasan membeli sepeda
motor Honda karena kualitasnya yang sudah terjamin. Selain kualitasnya harganya juga terjangkau dariwaktu
ke waktu oleh semua masyarakat umum
terutama bagi para mahasiswa.
Setiadi (2003:94)
mendefinisikan motivasi konsumen adalah keadaan di dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan
individu untuk melakukan kegiatankegiatan guna mencapai suatu tujuan.Penggunaan
sepeda motor Honda pada kalangan
mahasiswa Fakultas Isip ini biasanya memiliki keterbatasan pada masalah dana,
tetapi mahasiswa tersebut mempunyai keinginan
terhadap sepeda motor yang benar-benar memiliki kemampuan kerja yang tinggi. Hal ini karena mahasiswa sifatnya
dinamis, efisien dan bergerak dari satu
tempat ke tempat yang lainnya. Model sepeda motor Honda yang digemari umumnya adalah tidak mahal, berbahan bakar
irit, memiliki bentuk dan warna yang
bagus, dan enak dipandang mata, terutama bagi mahasiswa yang memiliki minat atau hobi yang berhubungan memodifikasi
sepeda motor.
Disamping motivasi
mendasari seseorang untuk melakukan keputusan pembelian akan dipengaruhi juga oleh
persepsinya terhadap apa yang diinginkan..
ada kalanya untuk
melakukan keputusanpembelian, mahasiswa membutuhkan waktu yang lama untuk pencarian informasi dari
berbagai sumber, supaya dapat mengurangi
ketidakpuasan paska pembelian dan ada juga sebagian mahasiswa lainnya tidak membutuhkan waktu yang lama
dalam pencarian informasi tentang produk
sepeda motor tersebut.
Selain persepsi
akan muncul pula sikap seseorang dalam menilai suatu objek yang akan diminati dan untuk dimiliki. Sikap
sebagai suatu evaluasi yang menyeluruh
dan memungkinkan seseorang untuk merespon dengan cara yang menguntungkan atau tidak terhadap objek yang
dinilai.
Berdasarkan
pemaparan teori dan data tentang penurunan penjualan sepeda motor Honda dan meningkatnya persaingan
untuk merebut konsumen maka penelitian
ini mengambil judul “Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, dan Sikap Konsumen Terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda
pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Fakultas Isip ”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang
telah diuraikan maka perumusan masalah
dalam penelitian ini adalahApakah motivasi konsumen,persepsi kualitas,dan sikap konsumen berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian sepeda
motor Honda di Fakultas Isip ? 1.3
Tujuan dan Manfaat Penelitian A. Tujuan
Penelitian Untuk mengetahui bagaimana
pengaruh motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen terhadap keputusan
pembelian sepeda motor Honda pada konsumen
sepeda motor Honda di Fakultas Isip .
B. Manfaat Penelitian a. Bagi
Penulis Menambah khasanah pengetahuan
penulis mengenai manajemen pemasaran
khususnya yang terkait dengan keputusan pembelian.
b. Bagi Perusahaan Sebagai informasi dalam usaha untuk
meningkatkan volume penjualan melalui
perilaku konsumen.
c. Bagi Peneliti Lain Dapat mengembangkan ilmu pengetahuan baik
secara umum maupun khusus terhadap ilmu
pengetahuan yang dijadikan dasar penelitian ini.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi