Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI FAKULTAS ISIP



 BAB I  PENDAHULUAN
  1.1 Latar Belakang Masalah   
Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam  persaingan di segala bidang. Salah satunyaadalah persaingan bisnis yang semakin  ketat yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen di dalam mengambil  keputusan untuk membeli suatu produk. Mengingat perkembangan teknologi yang  makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk bertindak agar  tidak kalah bersaing. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin  dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume  penjualan. Dengan demikian, setiap perusahaan harus memahami perilaku  konsumen pada pasar sasarannya karena kelangsungan hidup perusahaan tersebut  sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para  konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya.

Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin meningkatnya kebutuhan  alat transpotasi membawa angin segar bagi perusahaan otomotif terutama di  bidang sepeda motor, yang mana sangat dibutuhkan oleh banyak orang selain  harganya terjangkau dan mudah perawatannya. Persaingan yang semakin ketat  terjadi di dalam dunia otomotif khususnya produk sepeda motor karena produk ini  merupakan alat transportasi darat yang paling dominan banyak dimiliki dan  dibutuhkan oleh masyarakat. Memang tidakmudah menjadi yang terbaik selain  harus menyediakan kualitas terbaik jugaada faktor pola perilaku konsumen yang     tidak mudah ditebak apalagi di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, sehingga  memiliki ragam pola perilaku yang berbeda pula.
Perilaku konsumen (consumer behavior) merupakan tindakan-tindakan  individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan  menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan yang  mendahului dan mengikuti tindakan-tindakan tersebut. Dari pengertian tersebut  dapat diketahui bahwa pemahaman terhadap perilaku konsumen bukanlah  pekerjaan yang mudah, tetapi cukup sulit dan kompleks, khususnya disebabkan  oleh banyaknya variabel yang mempengaruhi dan variabelvariabel tersebut saling  berinteraksi.
Menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), saat ini terdapat 77  perusahaan assembling, manufaktur dan importir sepeda motor di Indonesia yang  tercatat di Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag). Dari jumlah  tersebut, 6 diantaranya anggota AISI yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki,  Kymco, dan Piaggio, serta 71 perusahaanlainnya di luar keanggotaan AISI.
   Tabel 1.1  Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Tahun 2010 (dalam Unit)  Sumber : http://www.aisi.or.id, 2010  Saat ini penggunaan sepeda motor Honda dikalangan anak muda yang  didominasi oleh mahasiswa semakin luas, bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan  personal. Hal ini disebabkan manfaat yang diperoleh dari sepeda motor tersebut  seperti mempercepat perjalanan transportasi apabila terjadi kemacetan,  pemakaiannya lebih efisien dalam melakukan perjalanan jauh maupun dekat,  harganya terjangkau, dan sebagainya.
Di lihat dari perilaku pembelian sepeda motor di kalangan mahasiswa sangat  beraneka ragam motifnya dan sulit diamati yang terdiri dari faktor motivasi,  persepsi dan sikap mahasiswa tersebut. Proses keputusan  yang diambil atau  dilaksanakan oleh individual lebih banyak melibatkan lingkungan sosial dan  psikologikal yang terdiri dari faktor motivasi, persepsi dan sikap dari pada bidang     fisikal. Sehingga perilaku konsumen akan dipengaruhi oleh lingkungan yang terus  menerus berubah.
Mahasiswa Fakultas Isip  merupakan salah satu  diantara banyaknya mahasiswa yang menggunakan sepeda motor honda. Alasan  membeli sepeda motor Honda karena kualitasnya yang sudah terjamin. Selain  kualitasnya harganya juga terjangkau dariwaktu ke waktu oleh semua masyarakat  umum terutama bagi para mahasiswa.
Setiadi (2003:94) mendefinisikan motivasi konsumen adalah keadaan di dalam  pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatankegiatan guna mencapai suatu tujuan.Penggunaan sepeda motor Honda pada  kalangan mahasiswa Fakultas Isip  ini biasanya  memiliki keterbatasan pada masalah dana, tetapi mahasiswa tersebut mempunyai  keinginan terhadap sepeda motor yang benar-benar memiliki kemampuan kerja  yang tinggi. Hal ini karena mahasiswa sifatnya dinamis, efisien dan bergerak dari  satu tempat ke tempat yang lainnya. Model sepeda motor Honda yang digemari  umumnya adalah tidak mahal, berbahan bakar irit, memiliki bentuk dan warna  yang bagus, dan enak dipandang mata, terutama bagi mahasiswa yang memiliki  minat atau hobi yang berhubungan memodifikasi sepeda motor.
Disamping motivasi mendasari seseorang untuk melakukan keputusan  pembelian akan dipengaruhi juga oleh persepsinya terhadap apa yang diinginkan..
ada kalanya untuk melakukan keputusanpembelian, mahasiswa membutuhkan  waktu yang lama untuk pencarian informasi dari berbagai sumber, supaya dapat  mengurangi ketidakpuasan paska pembelian dan ada juga sebagian mahasiswa     lainnya tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pencarian informasi tentang  produk sepeda motor tersebut.
Selain persepsi akan muncul pula sikap seseorang dalam menilai suatu objek  yang akan diminati dan untuk dimiliki. Sikap sebagai suatu evaluasi yang  menyeluruh dan memungkinkan seseorang untuk merespon dengan cara yang  menguntungkan atau tidak terhadap objek yang dinilai.
Berdasarkan pemaparan teori dan data tentang penurunan penjualan  sepeda motor Honda dan meningkatnya persaingan untuk merebut konsumen  maka penelitian ini mengambil judul “Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen,  Persepsi Kualitas, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian  Sepeda Motor Honda pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Fakultas Isip  ”.
1.2 Rumusan Masalah  Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka perumusan  masalah dalam penelitian ini adalahApakah motivasi konsumen,persepsi  kualitas,dan sikap konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian  sepeda motor Honda di Fakultas Isip ?     1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian  A. Tujuan Penelitian  Untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi konsumen, persepsi kualitas,  dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada  konsumen sepeda motor Honda di Fakultas Isip .
B.  Manfaat Penelitian  a.  Bagi Penulis  Menambah khasanah pengetahuan penulis mengenai manajemen  pemasaran khususnya yang terkait dengan keputusan pembelian.
b.  Bagi Perusahaan  Sebagai informasi dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan  melalui perilaku konsumen.
c.  Bagi Peneliti Lain  Dapat mengembangkan ilmu pengetahuan baik secara umum maupun  khusus terhadap ilmu pengetahuan yang dijadikan dasar penelitian ini.

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi