Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LAPTOP MEREK TOSHIBA PADA MAHASISWA



BAB I PENDAHULUAN
 1.1  Latar Belakang Masalah 
Perilaku pembelian konsumen pada dasarnya merupakan proses memilih,  membeli dan menggunakan produk untuk memenuhi kebutuhan. Perusahaan  dalam menjalankan usahanya harus selalu memantau perubahan perilaku  konsumen sehingga dapat mengantisipasi perubahan perilaku konsumen tersebut  untuk memperbaiki strategi pemasarannya, karena pada hakekatnya tujuan dari  pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami sifat konsumen dengan baik  sehingga produk yang ditawarkan dapat laku terjual dan konsumen loyal terhadap  produk  yang dihasilkan. Perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan  dalam membuat keputusan membeli dan menggunakan serta mengatur barang dan  jasa yang dibeli.

Keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk dipengaruhi oleh  banyak faktor, baik faktor sosial, pribadi ataupun psikologis. Keputusan membeli  seseorang merupakan hasil suatu hubungan yang saling mempengaruhi dan rumit  antara faktor-faktor sosial, pribadi, dan psikologis. Kepribadian mempunyai sifat  unik karena kepribadian merupakan hakekat individual yang membedakan antara  seseorang dengan yang lainnya dan tidak ada seorang pun yang mempunyai  kepribadian yang sama  sehingga akan mempengaruhi perilaku pembeliannya.
Kepribadian juga dapat menjadi suatu variabel yang bermanfaat dalam  menganalisa perilaku konsumen, memberikan tipe kepribadian yang dapat  diklasifikasi dan korelasi yang kuat terdapat antara jenis kepribadian tertentu dan  pilihan produk atau merek.
Faktor sosial seperti halnya kelompok referensi, keluarga, peran dan status  sosial konsumen juga mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan  keputusan pembelian. Kelompok referensi halnya yang mempunyai pengaruh  langsung ( tatap muka ) atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku  konsumen tersebut. Dalam hal pengambilan keputusan juga dominasi seorang  anggota keluarga adalah tidak sama terhadap sub-keputusan di dalam suatu jenis  produk. Faktor psikologis yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan  konsumen mencakup persepsi, memori, kebutuhan, kepercayaan, pengetahuan dan  sikap. Pengaruh sikap terhadap perilaku pembelian secara umum bergantung pada  keterlibatan konsumen dalam pembelian. Keterlibatan yang tinggi dari konsumen  dalam pembelian akan dipengaruhi oleh tingginya hubungan antara kepercayaan  terhadap merek. Ketika konsumen mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap  suatu merek, maka ia akan sangat terlibat dan sangat selektif dalam keputusan  pembeliannya.
Perusahaan yang berorientasi pada konsumen, akan selalu beradaptasi dan  bereaksi terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen yang selalu berubah,  dengan cara menerapkan perencanaan strategi pemasaran. Produk laptop adalah  produk komputer portable ( kecil dan dapat dibawa kemana-mana dengan mudah  ) yang mempermudah konsumen dalam melakukan aktivitasnya. Terdapat  berbagai macam merek dan variasi dari laptop antara lain : Toshiba, Acer, Asus,  dan lain sebagainya. Banyaknya laptop yang ada dipasaran memberikan  kebebasan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan keinginan  mereka. Pengetahuan perusahaan dalam menilai sejauhmana faktor sosial, pribadi  dan psikologis yang mendorong seseorang dalam melakukan pembelian akan  berguna dalam penentuan inovasi dan modifikasi yang diperlukan baik dalam  penyusunan strategi pemasaran, maupun pengembangan produk sesuai dengan  keinginan konsumen. Berikut dapat dilihat perbandingan harga dari berbagai  macam jenis laptop dalam tabel 1.1.
Tabel 1.1 Daftar Harga Laptop  No  Produk  Harga 1  Toshiba Netbook Toshiba Nb505   Rp 3.580.000,-Satellite C640-1021U  Rp 4.800.000,-Satellite C640-1022U  Rp 5.450.000,-Satellite L630-1078U  Rp 5.850.000,-Satellite L640 Series  Rp 6.590.000,-Satellite L745-1009U  Rp 6.700.000,-Portege T210-P1012UB/14UR  Rp 6.990.000,-Satellite L645-1044X/1078  Rp 7.450.000,-2  Acer Aspire one-AOD255  Rp 3.499.000,-Aspire one Happy N570  Rp 3.399.000,-Aspire 4523-E351G32Mn  Rp 4.099.000,-Aspire 4738Z-P622G32Mn  Rp 4.799.000,-Aspire 4738-382G50Mn  Rp 5.599.000,-Aspire 4741-5452G50Mn  Rp 6.499.000,-Aspire 4745G-5452G64Mn  Rp 6.799.000,-3  Asus Asus eeePC 1015B  Rp 2.499.000,-Asus eeePC 1015PW  Rp 2.949.000,-Asus eeePC 10105PEM  Rp 3.149.000,-Asus eeePC 1008P  Rp 3.999.000,-Asus K42F-VX332D  Rp 4.299.000,-Asus A42F-VX085D  Rp 4.399.000,-Asus K42JE-VX308D  Rp 5.299.000,-Asus K42JA-VX039D  Rp 7.449.000,-Sumber: Fomikom Plaza Medan Fair, 2010.
Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen menggunakan  produk  laptop merek Toshiba perlu direncanakan dengan strategis untuk dapat  memenangkan persaingan bisnis. Dengan mengetahui berbagai faktor sosial,  pribadi dan psikologi yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen  terhadap produk laptop merek Toshiba, maka inovasi yang dilakukan terhadap  produk laptop merek Toshiba dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen,  sehingga strategi pemasaran yang direncanakan akan mencapai sasaran.
Kemampuan karakteristik laptop merek Toshiba yang unik dapat mengakomodasi  kepribadian konsumen sehingga menciptakan peluang laptop merek Toshiba  mendapat tempat di hati konsumen akan semakin besar.
Berarti jika konsumen yakin bahwa laptop merek Toshiba sebagai merek  yang berkualitas, maka tipe apapun yang diproduksi oleh laptop merek Toshiba  maka dia yakin pasti juga berkualitas.
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara merupakan  salah satu pangsa pasar yang potensial dalam menggunakan laptop Toshiba.
Mahasiswa FK –  USU yang menyakini kualitas dan fasiltas laptop Toshiba  tidaklah ragu-ragu dalam mengambil keputusan dalam pembelian laptop Toshiba.
Hasil pra survei menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas  Sumatera Utara salah satu konsumen laptop Toshiba dengan tingkat pemakaian  yang cukup tinggi dibandingkan dengan produk laptop lainnya.
Berdasarkan uraian diatas, penulis melakukan penelitian yang berjudul : “Analisis Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap  Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Laptop Merek Toshiba Pada  Mahasiswa FK - USU” 1.2   Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat ditarik perumusan masalah  sebagai berikut: 1.  Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan  keputusan pembelian laptop merek Toshiba  dari  mahasiswa Fakultas  Kedokteran Universitas Sumatera Utara? 2.  Faktor-faktor manakah (sosial,  pribadi  dan psikologis) yang memiliki  pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian laptop  merek Toshiba  pada mahasiswa Fakultas  Kedokteran  Universitas  Sumatera Utara? 1.3   Tujuan Penelitian Tujuan dalam penelitian ini untuk: a.  Mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi konsumen  dalam pengambilan keputusan pembelian laptop merek Toshiba pada  mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.
b.  Mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan  mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian  laptop merek Toshiba.
1.4   Manfaat Penelitian Manfaat dalam penelitian ini adalah: a.  Bagi Penulis Menambah  pengetahuan penulis mengenai manajemen pemasaran  khususnya mengenai perilaku konsumen dalam pengambilan  keputusan pembelian.
b.  Bagi Peneliti Selanjutnya Sebagai masukan atau referensi bagi para peneliti lain yang tertarik  meneliti mengenai perilaku konsumen, yang diharapkan dapat  memperkaya kajian penelitian di Fakultas Kedokteran  Universitas  Sumatera Utara.
c.  Bagi Perusahaan Sebagai masukan dalam membuat strategi pemasaran dalam rangka  memenuhi harapan konsumen.   

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi