BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perilaku pembelian
konsumen pada dasarnya merupakan proses memilih, membeli dan menggunakan produk untuk memenuhi
kebutuhan. Perusahaan dalam menjalankan
usahanya harus selalu memantau perubahan perilaku konsumen sehingga dapat mengantisipasi
perubahan perilaku konsumen tersebut untuk
memperbaiki strategi pemasarannya, karena pada hakekatnya tujuan dari pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami
sifat konsumen dengan baik sehingga
produk yang ditawarkan dapat laku terjual dan konsumen loyal terhadap produk
yang dihasilkan. Perilaku konsumen adalah proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan membeli dan
menggunakan serta mengatur barang dan jasa
yang dibeli.
Keputusan konsumen
dalam membeli sebuah produk dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor sosial, pribadi
ataupun psikologis. Keputusan membeli seseorang
merupakan hasil suatu hubungan yang saling mempengaruhi dan rumit antara faktor-faktor sosial, pribadi, dan
psikologis. Kepribadian mempunyai sifat unik
karena kepribadian merupakan hakekat individual yang membedakan antara seseorang dengan yang lainnya dan tidak ada
seorang pun yang mempunyai kepribadian
yang sama sehingga akan mempengaruhi
perilaku pembeliannya.
Kepribadian juga
dapat menjadi suatu variabel yang bermanfaat dalam menganalisa perilaku konsumen, memberikan tipe
kepribadian yang dapat diklasifikasi dan
korelasi yang kuat terdapat antara jenis kepribadian tertentu dan pilihan produk atau merek.
Faktor sosial
seperti halnya kelompok referensi, keluarga, peran dan status sosial konsumen juga mempengaruhi perilaku
konsumen dalam pengambilan keputusan
pembelian. Kelompok referensi halnya yang mempunyai pengaruh langsung ( tatap muka ) atau tidak langsung
terhadap sikap dan perilaku konsumen
tersebut. Dalam hal pengambilan keputusan juga dominasi seorang anggota keluarga adalah tidak sama terhadap
sub-keputusan di dalam suatu jenis produk.
Faktor psikologis yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen mencakup persepsi, memori, kebutuhan,
kepercayaan, pengetahuan dan sikap.
Pengaruh sikap terhadap perilaku pembelian secara umum bergantung pada keterlibatan konsumen dalam pembelian.
Keterlibatan yang tinggi dari konsumen dalam
pembelian akan dipengaruhi oleh tingginya hubungan antara kepercayaan terhadap merek. Ketika konsumen mempunyai
kepercayaan yang tinggi terhadap suatu
merek, maka ia akan sangat terlibat dan sangat selektif dalam keputusan pembeliannya.
Perusahaan yang
berorientasi pada konsumen, akan selalu beradaptasi dan bereaksi terhadap kebutuhan dan keinginan
konsumen yang selalu berubah, dengan
cara menerapkan perencanaan strategi pemasaran. Produk laptop adalah produk komputer portable ( kecil dan dapat
dibawa kemana-mana dengan mudah ) yang
mempermudah konsumen dalam melakukan aktivitasnya. Terdapat berbagai macam merek dan variasi dari laptop
antara lain : Toshiba, Acer, Asus, dan
lain sebagainya. Banyaknya laptop yang ada dipasaran memberikan kebebasan bagi konsumen untuk memilih merek
yang sesuai dengan keinginan mereka.
Pengetahuan perusahaan dalam menilai sejauhmana faktor sosial, pribadi dan psikologis yang mendorong seseorang dalam
melakukan pembelian akan berguna dalam
penentuan inovasi dan modifikasi yang diperlukan baik dalam penyusunan strategi pemasaran, maupun
pengembangan produk sesuai dengan keinginan
konsumen. Berikut dapat dilihat perbandingan harga dari berbagai macam jenis laptop dalam tabel 1.1.
Tabel 1.1 Daftar
Harga Laptop No Produk
Harga 1 Toshiba Netbook Toshiba
Nb505 Rp 3.580.000,-Satellite
C640-1021U Rp 4.800.000,-Satellite
C640-1022U Rp 5.450.000,-Satellite
L630-1078U Rp 5.850.000,-Satellite L640
Series Rp 6.590.000,-Satellite
L745-1009U Rp 6.700.000,-Portege
T210-P1012UB/14UR Rp 6.990.000,-Satellite
L645-1044X/1078 Rp 7.450.000,-2 Acer Aspire one-AOD255 Rp 3.499.000,-Aspire one Happy N570 Rp 3.399.000,-Aspire 4523-E351G32Mn Rp 4.099.000,-Aspire 4738Z-P622G32Mn Rp 4.799.000,-Aspire 4738-382G50Mn Rp 5.599.000,-Aspire 4741-5452G50Mn Rp 6.499.000,-Aspire 4745G-5452G64Mn Rp 6.799.000,-3 Asus Asus eeePC 1015B Rp 2.499.000,-Asus eeePC 1015PW Rp 2.949.000,-Asus eeePC 10105PEM Rp 3.149.000,-Asus eeePC 1008P Rp 3.999.000,-Asus K42F-VX332D Rp 4.299.000,-Asus A42F-VX085D Rp 4.399.000,-Asus K42JE-VX308D Rp 5.299.000,-Asus K42JA-VX039D Rp 7.449.000,-Sumber: Fomikom Plaza Medan
Fair, 2010.
Pemenuhan kebutuhan
dan keinginan konsumen menggunakan
produk laptop merek Toshiba perlu
direncanakan dengan strategis untuk dapat memenangkan persaingan bisnis. Dengan
mengetahui berbagai faktor sosial, pribadi
dan psikologi yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk laptop merek Toshiba, maka
inovasi yang dilakukan terhadap produk
laptop merek Toshiba dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen, sehingga strategi pemasaran yang direncanakan
akan mencapai sasaran.
Kemampuan
karakteristik laptop merek Toshiba yang unik dapat mengakomodasi kepribadian konsumen sehingga menciptakan
peluang laptop merek Toshiba mendapat
tempat di hati konsumen akan semakin besar.
Berarti jika
konsumen yakin bahwa laptop merek Toshiba sebagai merek yang berkualitas, maka tipe apapun yang
diproduksi oleh laptop merek Toshiba maka
dia yakin pasti juga berkualitas.
Mahasiswa Fakultas
Kedokteran Universitas Sumatera Utara merupakan salah satu pangsa pasar yang potensial dalam
menggunakan laptop Toshiba.
Mahasiswa FK – USU yang menyakini kualitas dan fasiltas
laptop Toshiba tidaklah ragu-ragu dalam
mengambil keputusan dalam pembelian laptop Toshiba.
Hasil pra survei
menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara salah satu konsumen laptop
Toshiba dengan tingkat pemakaian yang
cukup tinggi dibandingkan dengan produk laptop lainnya.
Berdasarkan uraian
diatas, penulis melakukan penelitian yang berjudul : “Analisis Pengaruh Faktor
Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Laptop
Merek Toshiba Pada Mahasiswa FK - USU” 1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang
masalah di atas dapat ditarik perumusan masalah sebagai berikut: 1. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi
konsumen dalam pengambilan keputusan
pembelian laptop merek Toshiba dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara? 2. Faktor-faktor manakah (sosial, pribadi
dan psikologis) yang memiliki pengaruh
dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian laptop merek Toshiba
pada mahasiswa Fakultas
Kedokteran Universitas Sumatera Utara? 1.3 Tujuan Penelitian Tujuan dalam penelitian
ini untuk: a. Mengetahui dan
menganalisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian laptop
merek Toshiba pada mahasiswa Fakultas
Kedokteran Universitas Sumatera Utara.
b. Mengetahui dan menganalisis faktor yang
paling dominan mempengaruhi konsumen
dalam pengambilan keputusan pembelian laptop
merek Toshiba.
1.4 Manfaat Penelitian Manfaat dalam penelitian
ini adalah: a. Bagi Penulis Menambah pengetahuan penulis mengenai manajemen
pemasaran khususnya mengenai perilaku
konsumen dalam pengambilan keputusan
pembelian.
b. Bagi Peneliti Selanjutnya Sebagai masukan
atau referensi bagi para peneliti lain yang tertarik meneliti mengenai perilaku konsumen, yang
diharapkan dapat memperkaya kajian penelitian
di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.
c. Bagi Perusahaan Sebagai masukan dalam membuat
strategi pemasaran dalam rangka memenuhi
harapan konsumen.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi