Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS KERJA KARYAWAN PADA KANTOR LPP RRI



1BAB I PENDAHULUAN
 1.1.  Latar Belakang Masalah 
Karyawan merupakan suatu aset yang penting bagi perusahaan untuk dapat mencapai tujuan yang telah di tentukan. Secara umum diperlukan adanya usaha  untuk meningkatkan pengetahuan, pendidikan atau keterampilan, disiplin dan  sikap mental para karyawannya pada tiap-tiap tingkatan secara terus menerus.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menimbulkan  perkembangan dan pertumbuhan disegala aspek kehidupan yang berkaitan dengan  adanya permasalahan baru yang sangat kompleks.
Pada hakikatnya setiap perkembangan itu mengacu pada usaha dan kepuasan  kerja untuk meningkatkan kehidupan organisasi atau perusahaan menjadi lebih  baik dengan meningkatkan kualitas kerja karyawan. Secara umum dapat dikatakan  tingkat pendidikan seorang karyawan dapat mencerminkan kemampuan  intelektual dan jenis keterampilan yang dimilikinya. Sudah menjadi kebiasaan dan  hal yang umum bahwa jenis dan tingkat pendidikan seorang karyawan biasa di  gunakan untuk mengukur dan menilai kemampuan seseorang. Kualitas kerja  karyawan mengacu pada kualitas karyawannya.  Untuk menunjang kualitas  pekerjaan  selain tingkat pendidikan diperlukan juga adanya pengembangan.
Pengembangan dapat dilihat sebagai pertumbuhan kemampuan yang terjadi  melampaui yang di tuntut dalam suatu pekerjaan, hal ini mewakili usaha-usaha  untuk meningkatkan kemampuan karyawan untuk menangani berbagai jenis tugas.
1Pengembangan karyawan akan menciptakan kondisi dinamis di dalam organisasi,  maka pada dasarnya karyawan yang telah mendapatkan kesempatan untuk  mengikuti program pengembangan tersebut akan lebih mudah menyesuaikan diri  pada perkembangan teknologi maupun sosial.
Matutina (2001:205) menyatakan Kualitas kerja karyawan mengacu pada  kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia mengacu pada  pengetahuan (knowledge)  yaitu kemauan  yang dimiliki karyawan yang lebih  berorientasi pada intelejensi dan daya pikir serta penguasaan ilmu yang luas yang  dimiliki karyawan, keterampilan (Skill) yaitu kemampuan dan penguasaan teknis  operasional dibidang tertentu yang dimiliki karyawan dan kemauan (abilities)  yang terbentuk dari sejumlah kompetensi yang dimiliki seorang karyawan yang  mencakup loyalitas, kedisiplinan, kerjasama dan tanggung jawab.
Hubungan kualitas kerja dihasilkan oleh perpaduan antara kemampuan  (ability)  dan kemauan (motivasi). Seorang karyawan yang mempunyai  kemampuan dan kemauan akan menghasilkan kualitas yang baik. Akan tetapi bila  salah satu di antara dua faktor tersebut tidak ada, bahkan apabila keduanya tidak  ada, maka kualitas kerja rendah, kemauan (ability) dapat di tingkatkan dengan  merekrut orang yang sudah mampu atau melatih karyawan yang sudah ada.
Setiap karyawan harus mempunyai keinginan dan kepuasan kerja yang kuat  untuk dapat berkembang dan mempunyai pengetahuan, kemampuan dan  keterampilan yang memadai guna mencapai kualitas kerja dan peningkatan karir  yang secara langsung akan memajukan perusahaan. Dengan  adanya  pengembangan karyawan ini dapat mempengaruhi prestasi kerja, sehingga akan  1meningkatkan produktifitas dan kualitas kerja karyawan yang bersangkutan, yang  pada akhirnya akan dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya  dengan tepat waktu.
Hasibuan (2007:69) menyatakan pengembangan adalah suatu usaha untuk  meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral karyawan sesuai  dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan latihan. Pendidikan  meningkatkan keahlian teoritis, konseptual dan moral karyawan sedangkan latihan  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis pelaksanaan pekerjaan  karyawan.
Saydam  (2005:496) menyatakan pengembangan sumber daya manusia  merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan agar pengetahuan  (knowledge), kemampuan (ability) dan keterampilan (skill) mereka sesuai dengan  tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan. Artinya dengan adanya pengembangan  karyawan dapat berpengaruh pada kualitas kerja karyawan.
Kepuasan kerja karyawan memiliki lima faktor yang mempengaruhi.
Pertama, pekerjaan dimana kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri memberikan  kesempatan bagi karyawan untuk belajar sesuai dengan minat serta kesempatan  untuk bertanggung jawab. Kedua, kompensasi atau imbalan dimana kepuasan  terhadap sejumlah uang yang diterima sesuai dengan beban kerja dan seimbang  dengan yang diterima karyawan lain pada organisasi tersebut. Ketiga, kesempatan  promosi merupakan kesempatan untuk meningkatkan posisi pada struktur  organisasi. Keempat, penyelia/supervisi dimana kepuasan terhadap supervisi  bergantung pada atasannya untuk memberikan bantuan teknis dalam memotivasi.
1Kelima, kepuasan atas seberapa besar rekan kerja memberikan bantuan teknis dan  dorongan sosial (Smith, Kendall, dan Hulin dalam Munandar,2004:74).
LPP RRI (Lembaga Penerangan dan Penyiaran Radio Republik Indonesia)  Medan adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerangan dan penyiaran yang berada di bawah naungan Kementrian informasi dan komunikasi, sangat  mendukung untuk meningkatkan kualitas  kerja karyawannya. Seperti yang  dilansir dari www.rri.co.id, pembangunan instalasi tenaga penerangan dan  penyiaran dari tahun ke tahun semakin kompleks sejalan dengan perkembangan  teknologi informasi dan komunikasi. Kini RRI adalah satu-satunya radio yang  menyandang nama negara, siarannya ditujukan untuk kepentingan seluruh lapisan  masyarakat diseluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. RRI yang  berdiri 24 hari setelah kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 11 September 1945,  mempunyai peran besar dalam perjuangan kemerdekaan dan dalam perjalanan  negeri ini, pendiri RRI adalah bapak-bapak dan Ibu-Ibu Pendiri Bangsa. Setelah  selama 32 tahun RRI menjadi corong pemerintah, maka berdasar UU No.32 tahun  2002, RRI berubah menjadi Lembaga Penyiaran Publik yang bersifat independen,  netral dan tidak bersifat komersial yang tugasnya adalah memberikan pelayanan  siaran informasi, pelestarian budaya, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol  sosial dan menjaga citra positif bangsa di dunia Internasional.
Karyawan LPP RRI Medan dituntut untuk lebih ahli dan terampil dalam  menggunakan dan menjalankan program komputer seperti microsoft office salah  satu diantaranya adalah aplikasi power point. Karyawan yang sudah lama dan  umumnya yang sudah relatif tua mereka kurang mampu dalam membuat dan  1mengoperasikan aplikasi power point sebagai bahan persentasi mereka. Melihat  kondisi seperti itu kiranya perlu diadakannya program pendidikan dan pelatihan  sehingga karyawan tersebut lebih mahir dan lebih produktif lagi bekerja untuk  menghasilkan kualitas kerja yang baik.
Kondisi pencapaian tujuan organisasi ini pastinya menciptakan kondisi  organisasi menjadi perusahaan yang sehat, dengan demikian kualitas kerja  karyawan akan mendapat perhatian khusus, hal ini nantinya akan menciptakan  kepuasan kerja tersendiri bagi karyawan. Karyawan yang merasa puas dengan  pekerjaannya akan dapat bekerja dengan maksimal. Karyawan yang puas  mengerjakan tugas dengan semangat sehingga memberikan hasil yang baik. Hasil  kerja yang baik berarti kualitas yang baik sehingga akan memberikan kepuasan  kepada karyawan. Hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi perusahaan atau  organisasi tersebut.
1Tabel 1.Jumlah Karyawan yang telah Mendapat Pengembangan Dari Tahun 2007 s.d 201Pada Kantor LPP RRI Medan No. Tahun Jumlah karyawan yang telah mengikuti  Pengembangan pada Kantor LPP RRI  Medan mengalami peningkatan per  tahun (Orang)  (Persentase) 1  2007  54  15% 2  2008  48  20% 3  2009  57  25% 4  2010  58  40% total persentase  100% Sumber: Bagian SDM Kantor LPP RRI Medan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dilihat betapa pentingnya suatu  pengembangan karyawan dan kepuasan kerja terhadap  kualitas kerja pada  perusahaan, sehingga penulis tertarik untuk lebih melakukan penelitian dengan  judul: “Pengaruh Pengembangan Karyawan dan Kepuasan kerja terhadap Kualitas Kerja pada kantor LPP RRI Medan” 1.2.   Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini dapat dirumuskan  sebagai berikut : “Apakah pengembangan karyawan dan Kepuasan  kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja pada kantor LPP RRI  Medan ?” 11.3.  Tujuan Penelitian Adalah mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaruh  pengembangan karyawan dan kepuasan kerja terhadap kualitas kerja karyawan  pada kantor LPP RRI Medan.
1.4.  Manfaat Penelitian Manfaat yang diharapkan dari penelitian antara lain : a.  Bagi Perusahaan  Sebagai saran dan masukan untuk melakukan penyesuaian kebijakan di pihak  manajemen kantor Lembaga Penyiaran dan Penerangan Radio Republik  Indonesia Medan.
b.  Bagi pembaca dan peneliti lain Untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan penelitian  lanjutan dan sekaligus bahan masukan informasi ilamiah untuk melanjutkan  penelitian tentang pengaruh pengembangan karyawan dan kepuasan kerja  terhadap kualitas kerja.
c.  Bagi penulis  Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi strata-1 jurusan  manajemen serta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh berupa teori dan  praktek langsung pada perusahaan.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi