Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA JASA ASURANSI PT. ASPAN



BAB I PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang
 Kehidupan manusia baik dalam kehidupan sosial maupun kehidupan usahanya  dalam usaha mencapai tujuannya selalu menghadapi risiko-risiko yang timbul  akibat adanya ketidakpastian dimasa mendatang, dan sebagian besar risiko-risiko  ini terjadi dapat menimbulkan kerugian finansial maupun kerugian fhisik yang  dapat mengganggu bahkan menggagalkan pencapaian tujuan. Dalam hal ini, yang  menjadi salah satu kebutuhan pokok adalah kebutuhan akan rasa aman, rasa aman dalam hal ini menyangkut diri maupun harta benda yang dimiliki.

Dengan kondisi tersebut, dapat dikatakan kebutuhan akan rasa aman  merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi demi menghindari ataupun  meminimalkan resiko yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Oleh karena  itu, salah satu cara untuk menghindari ataupun meminimalkan resiko kerugian  adalah dengan cara mengasuransikan diri ataupun harta benda pada perusahaan  asuransi. Hal ini disebabkan perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang  melakukan usaha pertanggungan terhadap resiko yang akan dihadapi oleh  nasabahnya.
Usaha persuransian sebagai salah satu lembaga keuangan non bank  menjadi semakin penting peranannya, kerana dari kegiatan usahanya disamping  memberikan proteksi kepada masyarakat juga merupakan lembaga penghimpun  dana yang bersumber dari  penerimaan premi asuransi dari masyarakat dimana  dana ini dapat diinvestasikan pada sektor sektor yang produktif dan aman serta  diharapkan industri asuransi ini dapat semakin meningkatkan pengerahan dana  masyarakat.
Melihat fenomena akan kebutuhan rasa aman pada diri masyarakat, maka  pertumbuhan bisnis asuransi juga semakin meningkat. Seperti kita lihat pada era  globalisasi saat ini, sangat banyak berdiri perusahaan-perusahaan asuransi yang  menawarkan produk-poduk tertentu dengan komunikasi pemasaran yang semakin  kompetitif untuk menarik minat konsumen.
Asuransi ASPAN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa  pengelola risiko selalu dituntut kinerja yang professional guna meningkatkan  pertumbuhan yang mengacu kepada kepuasan pelanggan. Dalam menghadapi  berbagai tantangan baik perekonomian dunia, pola perubahan hidup masyarakat  tingkat persaingan yang semakin ketat maupun tingkat kepuasan pelanggan  manajemen asuransi ASPAN telah melakukan kebijakan global, strategis dan  dilaksanakan secara prudent dan berkesinambungan.
Seiring dengan perjalanan waktu dan semakin tingginya tingkat kompetisi,  asuransi ASPAN senantiasa meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk para  nasabahnya secara berkesinambungan, meningkatkan setiap lini sumberdaya baik  sumberdaya manusia, pemodalan maupun perluasan jaringan antara lain merekrut  lebih banyak tenaga ahli serta melakukan pengembangan potensi bagi sumberdaya  manusia yang ada dan menambah pemodalan.
Adapun jenis-jenis asuransi yang ditawarkan oleh asuransi ASPAN antara  lain: Asuransi Kebakaran, Asuransi Kendaraan, Asuransi Penawaran, Asuransi  Cargo, Asuransi Alat Berat, Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Uang, Asuransi  Kecelakaan (Personal Accident), Asuransi Parkir, Asuransi Harta Benda Lainnya  dan Asuransi Lainnya.
Berdasararkan penjajakan yang penulis lakukan pada PT. ASPAN Cabang  Medan dapat dilihat jumlah nasabah selama tahun 2010 pada tabel berikut: Tabel 1.1 Jumlah Nasabah Pada PT ASPAN Tahun Cabang Medan Tahun 2010 Dalam Triwulan  Jumlah Nasabah (Orang) Triwulan I  2.600  Triwulan II  3.200  Triwulan III  3.500  Triwulan IV  4.000  Sumber : PT ASPAN Cabang Medan, 2011 (Data Diolah) Dari tabel 1.1 menunjukkan jumlah nasabah asuransi ASPAN selama  tahun 2010 dalam triwulan, dimana pada triwulan I berjumlah 2.600 nasabah, dan  pada triwulan II bertambah 600 nasabah menjadi 3.200 nasabah. Pada triwulan III  bertambah 300 nasabah menjadi 3.500 nasabah, dan pada triwulan IV bertambah  sebanyak 500 nasabah menjadi 4.000 nasabah. Maka total jumlah nasabah  asuransi ASPAN selama tahun 2010 menjadi 4.000 nasabah.
Keberhasilan PT. ASPAN untuk menarik minat konsumen (nasabah) tidak  terlepas dari bauran promosi yang diterapkan. Adapun bauran promosi yang  diterapkan oleh asuransi aspan antara lain periklanan, promosi penjualan dan  penjualan pribadi. Promosi dengan menggunakan periklanan yaitu dengan  menggunakan media elektronik yaitu radio, dan media cetak seperti brosur-brosur.
Pada promosi penjualan yaitu dengan mengadakan pameran/stan yang bertempat  di mall seperti Plaza Medan Fair, memberikan hadih kepada nasabah si akhir  tahun, dan pemberian diskon khusus.
Salah satu kendala dalam menjalankan kegiatan promosi pada perusahaan  asuransi ASPAN adalah tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan  suatu promosi, seperti membuat suatu papan iklan (billboard) ataupun melalui  media elektronik seperti radio. Oleh karena itu sangatlah penting untuk  mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh dari kegiatan promosi yang  dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat agar dapat menentukan kegiatan  promosi yang lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan.
1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah sebagai  berikut: Bagaimana pengaruh strategi promosi yang terdiri dari  periklanan,  promosi penjualan, dan penjualan pribadi terhadap minat konsumen pada jasa  asuransi PT. ASPAN cabang medan? 1.3 Tujuan Penelitian  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi yang terdiri dari periklanan,  promosi penjualan, dan penjualan pribadi terhadap minat konsumen pada asuransi  PT. ASPAN dan   mengetahui faktor mana yang paling dominan yang  mempengaruhi minat konsumen.
1.4 Manfaat Penelitian a.  Bagi Perusahaan, penelitian ini dapat menghasilkan suatu masukan penilaian  yang bermanfaat bagi PT. ASPAN dalam menyelesaikan masalah strategi  promosi b.  Bagi Masyarakat, sebagai bahan pertimbangan pengetahuan tentang  keberadaan asuransi PT. ASPAN dalam memilih tempat untuk  mengasuransikan diri maupun usaha dan harta bendanya.
c.  Departemen Manajemen, sebagai tambahan bahan bacaan ataupun perluasan  pengetahuan bagi mahasiswa departemen manajemen mengenai startegi  promosi.
d.  Bagi Penulis, penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan  penulis dalam bidang pemasaran khususnya kegiatan promosi.
e.  Bagi Peneliti Selanjutnya, sebagai bahan perbandingan bagi penulis lain  dalam melakukan penelitian objek maupun masalah yang sama.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi