BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kehidupan manusia baik dalam kehidupan sosial maupun kehidupan
usahanya dalam usaha mencapai tujuannya
selalu menghadapi risiko-risiko yang timbul akibat adanya ketidakpastian dimasa mendatang,
dan sebagian besar risiko-risiko ini
terjadi dapat menimbulkan kerugian finansial maupun kerugian fhisik yang dapat mengganggu bahkan menggagalkan
pencapaian tujuan. Dalam hal ini, yang menjadi
salah satu kebutuhan pokok adalah kebutuhan akan rasa aman, rasa aman dalam hal
ini menyangkut diri maupun harta benda yang dimiliki.
Dengan kondisi
tersebut, dapat dikatakan kebutuhan akan rasa aman merupakan salah satu kebutuhan yang harus
dipenuhi demi menghindari ataupun meminimalkan
resiko yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari ataupun
meminimalkan resiko kerugian adalah
dengan cara mengasuransikan diri ataupun harta benda pada perusahaan asuransi. Hal ini disebabkan perusahaan
asuransi merupakan perusahaan yang melakukan
usaha pertanggungan terhadap resiko yang akan dihadapi oleh nasabahnya.
Usaha persuransian
sebagai salah satu lembaga keuangan non bank menjadi semakin penting peranannya, kerana
dari kegiatan usahanya disamping memberikan
proteksi kepada masyarakat juga merupakan lembaga penghimpun dana yang bersumber dari penerimaan premi asuransi dari masyarakat
dimana dana ini dapat diinvestasikan
pada sektor sektor yang produktif dan aman serta diharapkan industri asuransi ini dapat semakin
meningkatkan pengerahan dana masyarakat.
Melihat fenomena
akan kebutuhan rasa aman pada diri masyarakat, maka pertumbuhan bisnis asuransi juga semakin
meningkat. Seperti kita lihat pada era globalisasi
saat ini, sangat banyak berdiri perusahaan-perusahaan asuransi yang menawarkan produk-poduk tertentu dengan
komunikasi pemasaran yang semakin kompetitif
untuk menarik minat konsumen.
Asuransi ASPAN
sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengelola risiko selalu dituntut kinerja yang
professional guna meningkatkan pertumbuhan
yang mengacu kepada kepuasan pelanggan. Dalam menghadapi berbagai tantangan baik perekonomian dunia,
pola perubahan hidup masyarakat tingkat
persaingan yang semakin ketat maupun tingkat kepuasan pelanggan manajemen asuransi ASPAN telah melakukan
kebijakan global, strategis dan dilaksanakan
secara prudent dan berkesinambungan.
Seiring dengan
perjalanan waktu dan semakin tingginya tingkat kompetisi, asuransi ASPAN senantiasa meningkatkan
pelayanan yang terbaik untuk para nasabahnya
secara berkesinambungan, meningkatkan setiap lini sumberdaya baik sumberdaya manusia, pemodalan maupun perluasan
jaringan antara lain merekrut lebih
banyak tenaga ahli serta melakukan pengembangan potensi bagi sumberdaya manusia yang ada dan menambah pemodalan.
Adapun jenis-jenis
asuransi yang ditawarkan oleh asuransi ASPAN antara lain: Asuransi Kebakaran, Asuransi Kendaraan,
Asuransi Penawaran, Asuransi Cargo,
Asuransi Alat Berat, Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Uang, Asuransi Kecelakaan (Personal Accident), Asuransi
Parkir, Asuransi Harta Benda Lainnya dan
Asuransi Lainnya.
Berdasararkan
penjajakan yang penulis lakukan pada PT. ASPAN Cabang Medan dapat dilihat jumlah nasabah selama
tahun 2010 pada tabel berikut: Tabel 1.1 Jumlah Nasabah Pada PT ASPAN Tahun
Cabang Medan Tahun 2010 Dalam Triwulan
Jumlah Nasabah (Orang) Triwulan I
2.600 Triwulan II 3.200 Triwulan
III 3.500 Triwulan IV
4.000 Sumber : PT ASPAN Cabang
Medan, 2011 (Data Diolah) Dari tabel 1.1 menunjukkan jumlah nasabah asuransi
ASPAN selama tahun 2010 dalam triwulan,
dimana pada triwulan I berjumlah 2.600 nasabah, dan pada triwulan II bertambah 600 nasabah menjadi
3.200 nasabah. Pada triwulan III bertambah
300 nasabah menjadi 3.500 nasabah, dan pada triwulan IV bertambah sebanyak 500 nasabah menjadi 4.000 nasabah.
Maka total jumlah nasabah asuransi ASPAN
selama tahun 2010 menjadi 4.000 nasabah.
Keberhasilan PT.
ASPAN untuk menarik minat konsumen (nasabah) tidak terlepas dari bauran promosi yang diterapkan.
Adapun bauran promosi yang diterapkan
oleh asuransi aspan antara lain periklanan, promosi penjualan dan penjualan pribadi. Promosi dengan menggunakan
periklanan yaitu dengan menggunakan
media elektronik yaitu radio, dan media cetak seperti brosur-brosur.
Pada promosi
penjualan yaitu dengan mengadakan pameran/stan yang bertempat di mall seperti Plaza Medan Fair, memberikan
hadih kepada nasabah si akhir tahun, dan
pemberian diskon khusus.
Salah satu kendala
dalam menjalankan kegiatan promosi pada perusahaan asuransi ASPAN adalah tingginya biaya yang
harus dikeluarkan untuk melakukan suatu
promosi, seperti membuat suatu papan iklan (billboard) ataupun melalui media elektronik seperti radio. Oleh karena
itu sangatlah penting untuk mengetahui
dan menganalisis bagaimana pengaruh dari kegiatan promosi yang dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat
agar dapat menentukan kegiatan promosi
yang lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pengaruh strategi promosi
yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi
terhadap minat konsumen pada jasa asuransi
PT. ASPAN cabang medan? 1.3 Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk
mengetahui dan menganalisis strategi promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi
terhadap minat konsumen pada asuransi PT.
ASPAN dan mengetahui faktor mana yang
paling dominan yang mempengaruhi minat
konsumen.
1.4 Manfaat
Penelitian a. Bagi Perusahaan,
penelitian ini dapat menghasilkan suatu masukan penilaian yang bermanfaat bagi PT. ASPAN dalam
menyelesaikan masalah strategi promosi b. Bagi Masyarakat, sebagai bahan pertimbangan
pengetahuan tentang keberadaan asuransi
PT. ASPAN dalam memilih tempat untuk mengasuransikan
diri maupun usaha dan harta bendanya.
c. Departemen Manajemen, sebagai tambahan bahan
bacaan ataupun perluasan pengetahuan
bagi mahasiswa departemen manajemen mengenai startegi promosi.
d. Bagi Penulis, penelitian ini dapat menambah
wawasan dan pengetahuan penulis dalam
bidang pemasaran khususnya kegiatan promosi.
e. Bagi Peneliti Selanjutnya, sebagai bahan
perbandingan bagi penulis lain dalam
melakukan penelitian objek maupun masalah yang sama.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi