Kamis, 13 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL SANTIKA


 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah.

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang terbukti memberi kontribusi besar bagi suatu perekonomian suatu daerah, tidak terkecuali Provinsi Sumatera Utara. Potensi yang sangat besar dan tersebar dibeberapa wilayah Kabupaten/Kota, sektor pariwisata berkembang sangat pesat dan menyerap banyak tenaga kerja. Di Sumatera Utara pariwisata mengusung tema Alam (Nature), budaya (Culture), warga yang ramah (people), kuliner (food) dan money.

Sektor pariwisata berkembang karena didukung dan terintegrasi dengan sektor lain seperti biro perjalanan, penerbangan, perhotelan serta industri makanan, di Sumatera Utara kunjungan wisata turis asing mencapai 18 ribu orang per bulan. Berdasarkan perkiraan Smith Travel Research ditahun 2011 industri pariwisata yang akan mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi adalah Industri perhotelan, di Medan misalnya pada bulan Maret 2013 tingkat penghunian kamar sebesar 43,71 persen naik 0,53 poin dibanding dengan tingkat penghunian kamar di bulan Februari 2013 yang sebesar 43,18 persen .
Perkembangan akomodasi perhotelan di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan yang cukup tinggi ditandai dengan munculnya hotel berbintang yang baru, pada tahun 2012 setidaknya ada enam hotel yang akan beroperasi diantaranya Hermes Palace, Grand City, Hotel Sultan Hotel Sasha, Hotel Santika Premiere Dyandra dan satu lagi hotel yang dikendalikan oleh Group Lippo. Total

kamar yang akan bertambah diperkirakan sekitar 600 kamar untuk menambah 2500 kamar yang sudah beroperasi sebelumnya. Keadaan ini menyebabkan pihak perhotelan dituntut untuk segera melakukan langkah-langkah penyesuaian kebijakan dan strategi dengan upaya terobosan dan antisipasi untuk menguasai perubahan selanjutnya. Persaingan dalam dunia perhotelan bukan hanya berasal dari pesaing dalam negeri tetapi juga pesaing dari luar negeri sehingga jajaran perhotelan perlu lebih tangkas dan tanggap dalam menghadapinya. Banyaknya hotel yang berdiri, konsumen akan dihadapkan pada banyak pilihan akan produk hotel yang ditawarkan.
Kualitas pelayanan menjadi komponen utama karena produk-produk utama hotel merupakan suatu penawaran yang tidak berbeda dan pelayanan hotel juga mudah ditiru”. Oleh karena itu persaingan akan dipengaruhi oleh kemampuan hotel memberikan pelayanan terbaik yang bermutu dibandingkan pesaingnya. Era sekarang ini yang ditandai oleh revolusi teknologi komunikasi dan informasi mengakibatkan terjadinya perubahan (change) yang luar biasa.
Adanya kemudahan yang diperoleh dari komunikasi dan informasi muncul kompetisi yang sangat ketat yang berakibat pelanggan (customer) semakin banyak pilihan dan sangat sulit untuk dipuaskan karena telah terjadi pergeseran yang semula hanya untuk memenuhi kebutuhan, meningkat menjadi harapan (expectation) untuk memenuhi kepuasan. Sehingga bagi perusahaan, kunci kearah profitabilitas bukan lagi volume penjualan melainkan kepuasan jangka panjang bagi pelanggan. Pelanggan yang merasa puas akan pelayanan jasa suatu perusahaan jasa akan menggunakan jasa perusahaan tersebut dimasa yang akan

datang, mereka bisa saja menjadi pelaku promosi mulut ke mulut (mounth to mounth) yaitu dengan menyarakan kerabat atau rekan yang dikenalnya untuk menggunakan jasa perusahaan yang sama.
Bagaimana perusahaan mengetahui kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukur kepuasan nasabah, yang mencakup Sistem keluhan dan saran, Survey Kepuasan Pelanggan, Ghost Shopping yaitu mempekerjakan beberapa orang (ghost shopper) untuk bersikap sebagai pelanggan atau pembeli potensial dan lost costumer analys yaitu menghubungi pelanggan yang berhenti menggunakan jasa perusahaan atau beralih ke perusahaan lain.
Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian pelanggan terhadap tingkat kepuasan yang diperoleh dari jasa yang diberikan. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan yang diterima (perceived service) dengan tingkat layanan yang diharapkan (expected service). Kepuasan pelanggan dalam bidang jasa merupakan elemen penting dan menentukan dalam menumbuh kembangkan perusahaan agar tetap eksis dalam menghadapi persaingan. Demikian pula dengan bisnis perhotelan, merupakan bisnis penyedia jasa penginapan, masalah kualitas layanan (service quality) menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan bisnis ini. Hal itu juga terjadi di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, kualitas pelayanan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Sesuai dengan brand value-nya, yaitu Indonesian Homedan motto pelayanannya, yaitu Hospitality from the Heart, selalu menonjolkan nilai kebudayaan Indonesia, termasuk sisi keramah-tamahannya kepada seluruh tamunya.

Hotel Santika Premiere Dyandra Medan memiliki 324 kamar dan suites serta dilengkapi dengan 8 ruang meeting, Ballroom dengan kapasitas 1.000 orang, dan Convention Hall dengan kapasitas 3.000 orang yang merupakan convention terbesar di kota Medan.
Hotel Santika Premiere Dyandra Medan memiliki fasilitas seperti kolam renang, fitness, dan Spa serta dilengkapi dengan 4 outlet Food and Beverage yakni Benteng Restaurant dengan segmen keluarga, corporate dan goverment yang dapat menampung hingga 250 tempat duduk, Ulos Cafe untuk segmen anak muda yang menjual aneka kopi dan snack, The Vintage and Wine Cellar untuk segmen pecinta wine dan pastry, serta Club Premiere Sky Lounge untuk segmen Executive. Di tahun pertamanya, Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan sudah memiliki portfolio event besar seperti Pameran Otomotif Medan, Mega Bazzar Computer, Mukernas Partai Keadilan Sejahtera, Palmex 2012, ICMITM, Sumatera International Travel Fair, Konser Agnes Monica, Konser Rick Price dan Kahitna, serta masih banyak lagi.
Hotel Santika Premiere Dyandra Medan merupakan hotel berbintang empat yang terletak di jantung pusat kota medan. Pesaing Hotel Santika Premiere Dyandra Medan seperti Hotel Inna Dharma Deli, Hotel Grand Antares, Hotel Madani, Hotel Danau Toba International, Hotel Tiara, Hotel Emerald Garden. Karena itu Hotel Santika Premiere Dyandra Medan dituntut untuk bisa bersaing dengan hotel pesaing lainnya yang sebelumnya sudah dikenal oleh masyarakat dengan citra hotel yang baik dan telah memiliki pelanggan tetap. Hotel Santika

Premiere Dyandra Medan harus mampu memberikan kualitas pelayanan terbaik, penawaran terbaik untuk bertahan di dunia bisnis perhotelan.

Berikut ini adalah Tabel 1.1. yang memperlihatkan jumlah tamu yang menginap dan menggunakan jasa event organizer pada Hotel Santika Premiere Dyandra dan Convention Medan. Jumlah tamu yang menginap dan pengguna jasa event organizer pada convention mengalami naik turun dari tahun Februari 2012 hingga Januari 2013.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi