BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Setiap perusahaan
pasti memiliki tujuan untuk memperoleh laba serta mampu bertahan dalam dunia bisnis. Tujuan ini
hanya dapat dicapai dengan memiliki
strategi bisnis yang terencana dengan baik. Dalam melakukan bisnis, banyak aspek yang perlu menjadi pusat
perhatian setiap perusahaan karena merupakan
penunjang untuk mampu bertahan dalam bisnis, dengan memperhatikan strategi bisnis, perusahaan akan
dapat memenuhi daya saing.
Pendekatan bisnis
melalui sistem waralaba (franchise) merupakan salah satu strategi alternatifbagi perusahaan untuk
mengembangkan ekonomi dan usaha di masa
mendatang. Melalui proses kemitraan waralaba yang saling menguntungkan antara perusahaan (selaku
penerima waralaba franchising) dengan pemberi waralaba, akan dapat memajukan
suatu bisnis.
Di Indonesia usaha
waralaba ini sudah mulai berkembang sejak tahun 1985 pada berbagai skala usaha terutama bisnis
makanan seperti : Pizza Hut, Kentucky
Fried Chicken, Mc Donalddan di dalam bisnis eceran seperti : Carrefour, AlfaMart,Indomaret. Saat ini
terdapat 42 perusahaan waralaba lokal jauh
lebih sedikit jumlahnya dari waralaba asing yang jumlahnya mencapai 4perusahaan,
di dalamnya sudah termasuk waralaba di kota Medan sebanyak waralaba lokal dan
25 waralaba asing. Bisnis waralaba sangat berkembang pesat di Indonesia, keadaan ini didukung oleh
penduduk Indonesia yang berjumlah 2juta jiwa pada tahun 2011.
Penduduk ini merupakan peluang pasar bagipara
pebisnis waralaba. Para investor juga
menganggap bahwa bisnis waralaba lebih mudah karena pebisnis tidak lagi memulai dari nol, melainkan hanya
mengembangkan bisnis yang sudah ada.
Menurut ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar, perkembangan bisnis waralaba di Indonesia
memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi,
sekitar 65% pembeli lisensi waralaba mampu mengembangkan usahanya dengan pesat. Berikut dapat dilihat
perkembangan waralaba di Indonesia dalam Tabel 1.2 berikut : Tabel 1.
Perkembangan
Waralaba di Indonesia Tahun Jumlah
Waralaba Asing Jumlah Waralaba Lokal Total
202020202020222223223233Sumber data :
International Business Strategy Bisnis
waralaba dalam bisnis makanan juga sangat meningkat di Indonesia. Perkembangan bisnis saat ini sangat
pesat, khususnya bisnis yang bergerak
dalam bidang makanan cepat saji. Bisnis makanan cepat saji merupakan trend yang disambut oleh semua kalangan karena
restoran cepat saji menjanjikan kepraktisan,
dapat diprediksi,dan yang pasti cepat dalam penyajiannya. Makanan tidak hanya menjadi kebutuhan manusia tetapi
sudah menjadi bagian dari life style.
Tuntutan zaman yang serba cepatdan instan mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Makanan cepat saji mampu menjawab
gaya hidup masyarakat tersebut. Hal ini
menyebabkan kebutuhan akan makanan cepat saji sangat meningkat. (www.sinarharapan.com) Seiring dengan perkembangan dunia bisnis
makanan cepat saji, persaingan antar
perusahaan juga semakin meningkat,baik bisnis lokal maupun asing. Oleh sebab itu setiap perusahaan dituntutuntuk
mampu menciptakan keunggulan bersaing
dengan sebaik mungkin. Untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing, yang mampu membuat perusahaan berkembang
bahkan bertahan tentunya setiap perusahaan
harus dapat memperluas pangsa pasar yang dituju. Hal ini tidak terlepas dari perusahaan harus mampu
menciptakan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan.
Saat ini semakin
banyak dijumpai restoran cepat saji yang bersifat waralaba lokal maupun asing. Di Indonesia
salah satu restoran cepat saji yang berkembang
di Indonesia adalah Kentucky Fried Chicken yang didirikan oleh PT.
Fastfood Indonesia
Tbk, padabulan Oktober tahun 1979. Kentucky Fried Chicken merupakan market
leaderdari bisnis waralaba makanan cepat saji yang ada di Indonesia dengan produk andalan daging ayam
goreng. Dapat dipahami jika produk
unggulan Kentucky Fried Chickenini dapat diterima baik di Indonesia, karena Indonesia merupakan suatu negara dengan
konsumsi daging ayam jauh lebih tinggi
daripada daging jenis lain.
Bisnis waralaba yang bergerak dalam bidang
makanan cepat saji dengan menu andalan
ayam goreng saat ini cukup banyak berkembang, selain dari KFC terdapat juga usaha pesaing yang sama yaitu Mc
Donal, A&W, Texas Chicken, CFC.
Pesaing ini merupakan pesaing KFC yang juga sudah cukup dikenal masyarakat luas karena merupakan bisnis
waralaba yang memiliki cakupan yang luas
untuk menjangkau masyarakat.
KFC sudah memiliki
400 outlet di Indonesia sampai akhir tahun 20yang lalu. General Manager
Business Development PT Fast Food Indonesia Tbk Gandhi Lie menuturkan kinerja KFC Indonesia
menjadi salah satu yang terbaik diantara
KFC lainnya di dunia, bahkan secara kinerja menempati posisi kedua setelah KFC China. KFC Sudah menyebar
diberbagai kota di Indonesia, termasuk di
kota Medan. Saat ini KFC di kota Medan ada sejumlah 18 outlet yang tersebar di berbagai daerah. Adapun lokasi KFC di
daerah Medan dapat dilihat pada tabel 1.3
berikut Tabel 1.
Data Mengenai KFC
di Medan Tempat Alamat Telepon Plaza Millenium Jl Kapten Muslim Komplek Millenium No 10A (061) 45565Medan Mall Jl. M.T. Haryono No. 8 – 9 (061) 41575Perisai Plaza Jl. Pemuda 7
(061) 45670Ramayana Jl.Sisingamangaraja
(061) 73322Simpang Mataram Jl.
Gajah Mada 14, Mataram (061) 41535Simpang
Sutomo/Nomensen Jl. Perintis Kemerdekaan (061) 45546Walikota Medan Jl. Mongonsidi (061) 45127Sun Plaza Jl. KH. Zainul Arifin No. 7 (061) 45010Medan Fair Plaza Jl.GatotSubroto No.30 (061) 41406KFC Bandara Polonia Bandara Polonia (061) 778857Petronas Setiabudi Jl. RingRoad Setia Budi (061) 82123 Tanjung
morawa Jl Medan – Lubuk Pakam Km 17- (061) 79417Petronas Imam Bonjol Jl
Imam Bonjol (061) 45252Taman Lily
Suheri Jl Palang Merah No 1 (061) 45275Brayan Trade Center Jl
Veteran Simpang Jipur (061) 84458Cemara
Asri Jl Komplek Cemara Asri (061) 66184Adam Malik Jl. Adam Malik No. 5 / 7 (061) 45201Titi Kuning Jl. Jend A.H Nasution No. 58 (061) 772385Sumber : Manajer KFC Gajah Mada KFC Gajahmada merupakan salah satu bisnis
waralaba KFC yang berada di kota Medan.
Saat ini KFC Gajahmada merupakan pusat outlet seluruh KFC yang ada di kota Medan dan bukan hanya KFC
kota Medan, tetapi seluruh KFC yang ada
di Sumatera , karena itu dapat dilihat bahwa KFC Gajahmada memiliki tempat yang paling luas dibandingkan dengan
seluruh outlet KFC di kota Medan.
Selain sebagai
pusat outlet KFC di kota Medan, KFC Gajahmada Medan juga memiliki tempat yang sangat strategis karena
dekat dengan sekolah, toko buku gramedia
dan juga beberapa kantor dan termasuk pusat kota.
KFC harus mampu
bersaing dengan pesaingnya dalam mempertahankan konsumen untuk itu KFC perlu mengetahui apa
yang dibutuhkan oleh konsumen.
KFC perlu
mempelajari lebih dalam bagaimana seorang konsumen pada akhirnya melakukan keputusan pembelian. Menurut Setiadi
(2003 : 415) pengambilan keputusan
konsumen (consumen decision making) adalah proses penginteraksian yang mengkombinasi pengetahuan untuk
mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif
dan memilih salah satu diantaranya. Hasil proses penginteraksian ini adalah suatu pilihan, yang disajikan secara
pengetahuan sebagai keinginan berperilaku.
KFC selalu berusaha memenuhi kebutuhan
tersebut melalui promo penjualan produk
yaitu menyediakan paket – paket pembelian. Salah satu promo penjualan paket yang dilakukan oleh perusahaan
KFC adalah penyajian paket attack. KFC paketattack adalah salah satu menu paket
yang paling bertahan dari setiap paket –
paket yang disajikan oleh pihak KFC. Saat ini paketattack merupakan satu-
satunya sistem penjualan bersifat paket dengan tujuan promosi dan paket- paket yang disediakan oleh pihak
KFC seperti paket superpuas, combo double,
combo superpanas bukan merupakan promosi melainkan strategi penjualan mereka. PaketAttackmerupakan promosi
penjualan dengan menu sayap ayam goreng
crispy, nasi dan segelas pepsi ukuran kecil. Faktor seseorang melakukan keputusan pembelian untuk produk
paket adalah harga dan produk dalam
paket itu sendiri. Harga yang ditawarkan pada paket attacksetiap pembelian paket adalah Rp 9.000 (Sesudah
pajak), sedangkan jika dibandingkan dengan
pembelian masing – masing dapat diperoleh harga sayap ayamCrispyRp 11.500, Pepsi ukuran kecil Rp 5.500 dan nasi
Rp 5.500, maka dapat dihitung harga
totalnya Rp 22.500 (sesudah pajak). Produk yang dijual dalam bentuk paket dengan produk yang dijual dengan terpisah
memiliki perbedaan dari ukuran sayap ayam,
untuk produk sayap ayam paket Attackperusahaan menggunakan bahan baku dari seekor ayam yang mempunyai berat
sebesar 700 gram sedangkan untuk penjualan
terpisah perusahaan menggunakan bahan bahan baku dari seekor ayam yang mempunyai berat 1000 gram, namun suhu
menggoreng serta bumbu yang digunakan
sama saja, sedangkan untuk produk nasi putih dan pepsi tidak ada perbedaan dijual secarapaket maupun terpisah.
Berdasarkan uraian tersebut peneliti tertarik
untuk memilih judul “Analisis Pengaruh
Penyajian Paket Attack Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken, Gajah Mada Medan“ 1.2
Perumusan Masalah Berdasarkan
latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah
:
1. Apakah variabel harga dan produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada Medan?
2. Variabel manakah yang paling
dominan mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada Medan?
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah :
1. Mengetahui dan menganalisis pengaruh harga
dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada Medan
2. Mengetahui variabel yang paling dominan
mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada Medan
1.4 Manfaat Penelitian
1) Bagi Peneliti Penelitian ini merupakan kesempatan bagi
peneliti untuk dapat menerapkan teori –
teori dan literatur yang sudah peneliti dapatkan selama belajar di bangku perkuliahan dan mengasah daya analisis peneliti dalam membandingkan teori yang didapat dengan
praktik yang terjadi di lapangan.
Dengan demikian
pemahaman peneliti dalam bidang manajemen khususnya bidang pemasaran akan bertambah.
2) Bagi Perusahaan Sebagai sumber informasi bagi pihak KFC Gajah
Mada Medan untuk mengenal kebutuhan
konsumen.
3) Bagi Pihak lain Sebagai sumber informasi bagi pembaca dan
referensi bagi peneliti lain.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi