Jumat, 21 Maret 2014

Skripsi Manajemen: Analisis Pengaruh Penyajian Paket Attack Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken Gajah Mada



  BAB I  PENDAHULUAN
  1.1  Latar Belakang  
 Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan untuk memperoleh laba serta  mampu bertahan dalam dunia bisnis. Tujuan ini hanya dapat dicapai dengan  memiliki strategi bisnis yang terencana dengan baik. Dalam melakukan bisnis,  banyak aspek yang perlu menjadi pusat perhatian setiap perusahaan karena  merupakan penunjang untuk mampu bertahan dalam bisnis, dengan  memperhatikan strategi bisnis, perusahaan akan dapat memenuhi daya saing.

Pendekatan bisnis melalui sistem waralaba (franchise) merupakan salah  satu strategi alternatifbagi perusahaan untuk mengembangkan ekonomi dan usaha  di masa mendatang. Melalui proses kemitraan waralaba yang saling  menguntungkan antara perusahaan (selaku penerima waralaba  franchising)  dengan pemberi waralaba, akan dapat memajukan suatu bisnis.
Di Indonesia usaha waralaba ini sudah mulai berkembang sejak tahun  1985 pada berbagai skala usaha terutama bisnis makanan seperti : Pizza Hut,  Kentucky Fried Chicken, Mc Donalddan di dalam bisnis eceran seperti :  Carrefour, AlfaMart,Indomaret. Saat ini terdapat 42 perusahaan waralaba lokal  jauh lebih sedikit jumlahnya dari waralaba asing yang jumlahnya mencapai 4perusahaan, di dalamnya sudah termasuk waralaba di kota Medan sebanyak waralaba lokal dan 25 waralaba asing. Bisnis waralaba sangat berkembang pesat  di Indonesia, keadaan ini didukung oleh penduduk Indonesia yang berjumlah 2juta jiwa pada tahun 2011.
   Penduduk ini merupakan peluang pasar bagipara pebisnis waralaba. Para  investor juga menganggap bahwa bisnis waralaba lebih mudah karena pebisnis  tidak lagi memulai dari nol, melainkan hanya mengembangkan bisnis yang sudah  ada. Menurut ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar,  perkembangan bisnis waralaba di Indonesia memiliki tingkat keberhasilan yang  tinggi, sekitar 65% pembeli lisensi waralaba mampu mengembangkan usahanya  dengan pesat. Berikut dapat dilihat perkembangan waralaba di Indonesia dalam  Tabel 1.2 berikut :  Tabel 1.
Perkembangan Waralaba di Indonesia  Tahun Jumlah Waralaba  Asing  Jumlah Waralaba  Lokal  Total  202020202020222223223233Sumber data : International Business Strategy  Bisnis waralaba dalam bisnis makanan juga sangat meningkat di  Indonesia. Perkembangan bisnis saat ini sangat pesat, khususnya bisnis yang  bergerak dalam bidang makanan cepat saji. Bisnis makanan cepat saji merupakan  trend yang disambut oleh semua kalangan karena restoran cepat saji menjanjikan     kepraktisan, dapat diprediksi,dan yang pasti cepat dalam penyajiannya. Makanan  tidak hanya menjadi kebutuhan manusia tetapi sudah menjadi bagian dari life  style. Tuntutan zaman yang serba cepatdan instan mempengaruhi gaya hidup  masyarakat. Makanan cepat saji mampu menjawab gaya hidup masyarakat  tersebut. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan makanan cepat saji sangat  meningkat. (www.sinarharapan.com)  Seiring dengan perkembangan dunia bisnis makanan cepat saji, persaingan  antar perusahaan juga semakin meningkat,baik bisnis lokal maupun asing. Oleh  sebab itu setiap perusahaan dituntutuntuk mampu menciptakan keunggulan  bersaing dengan sebaik mungkin. Untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing,  yang mampu membuat perusahaan berkembang bahkan bertahan tentunya setiap  perusahaan harus dapat memperluas pangsa pasar yang dituju. Hal ini tidak  terlepas dari perusahaan harus mampu menciptakan strategi bersaing yang tepat  bagi perusahaan.
Saat ini semakin banyak dijumpai restoran cepat saji yang bersifat  waralaba lokal maupun asing. Di Indonesia salah satu restoran cepat saji yang  berkembang di Indonesia adalah Kentucky Fried Chicken yang didirikan oleh PT.
Fastfood Indonesia Tbk, padabulan Oktober tahun 1979. Kentucky Fried Chicken merupakan market leaderdari bisnis waralaba makanan cepat saji yang ada di  Indonesia dengan produk andalan daging ayam goreng. Dapat dipahami jika  produk unggulan Kentucky Fried Chickenini dapat diterima baik di Indonesia,  karena Indonesia merupakan suatu negara dengan konsumsi daging ayam jauh  lebih tinggi daripada daging jenis lain.
   Bisnis waralaba yang bergerak dalam bidang makanan cepat saji dengan  menu andalan ayam goreng saat ini cukup banyak berkembang, selain dari KFC  terdapat juga usaha pesaing yang sama yaitu Mc Donal, A&W, Texas Chicken,  CFC. Pesaing ini merupakan pesaing KFC yang juga sudah cukup dikenal  masyarakat luas karena merupakan bisnis waralaba yang memiliki cakupan yang  luas untuk menjangkau masyarakat.
KFC sudah memiliki 400 outlet di Indonesia sampai akhir tahun 20yang lalu. General Manager Business Development PT Fast Food Indonesia Tbk  Gandhi Lie menuturkan kinerja KFC Indonesia menjadi salah satu yang terbaik  diantara KFC lainnya di dunia, bahkan secara kinerja menempati posisi kedua  setelah KFC China. KFC Sudah menyebar diberbagai kota di Indonesia, termasuk  di kota Medan. Saat ini KFC di kota Medan ada sejumlah 18 outlet yang tersebar  di berbagai daerah. Adapun lokasi KFC di daerah Medan dapat dilihat pada tabel  1.3 berikut  Tabel 1.
Data Mengenai KFC di Medan  Tempat Alamat  Telepon  Plaza Millenium  Jl Kapten Muslim Komplek  Millenium No 10A  (061) 45565Medan Mall  Jl. M.T. Haryono No. 8 – 9  (061) 41575Perisai Plaza  Jl. Pemuda 7  (061) 45670Ramayana Jl.Sisingamangaraja  (061) 73322Simpang Mataram  Jl. Gajah Mada 14, Mataram  (061) 41535Simpang  Sutomo/Nomensen  Jl. Perintis Kemerdekaan  (061) 45546Walikota Medan  Jl. Mongonsidi  (061) 45127Sun Plaza  Jl. KH. Zainul Arifin No. 7  (061) 45010Medan Fair Plaza  Jl.GatotSubroto No.30  (061) 41406KFC Bandara  Polonia  Bandara Polonia  (061) 778857Petronas Setiabudi  Jl. RingRoad Setia Budi  (061) 82123   Tanjung morawa  Jl Medan – Lubuk Pakam Km  17- (061) 79417Petronas Imam  Bonjol  Jl Imam Bonjol  (061) 45252Taman Lily Suheri  Jl Palang Merah No 1  (061) 45275Brayan Trade  Center  Jl Veteran Simpang Jipur  (061) 84458Cemara Asri  Jl Komplek Cemara Asri  (061) 66184Adam Malik  Jl. Adam Malik No. 5 / 7  (061) 45201Titi Kuning  Jl. Jend A.H Nasution No. 58  (061) 772385Sumber : Manajer KFC Gajah Mada  KFC Gajahmada merupakan salah satu bisnis waralaba KFC yang berada  di kota Medan. Saat ini KFC Gajahmada merupakan pusat outlet seluruh KFC  yang ada di kota Medan dan bukan hanya KFC kota Medan, tetapi seluruh KFC  yang ada di Sumatera , karena itu dapat dilihat bahwa KFC Gajahmada memiliki  tempat yang paling luas dibandingkan dengan seluruh outlet KFC di kota Medan.
Selain sebagai pusat outlet KFC di kota Medan, KFC Gajahmada Medan juga  memiliki tempat yang sangat strategis karena dekat dengan sekolah, toko buku  gramedia dan juga beberapa kantor dan termasuk pusat kota.
KFC harus mampu bersaing dengan pesaingnya dalam mempertahankan  konsumen untuk itu KFC perlu mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
KFC perlu mempelajari lebih dalam bagaimana seorang konsumen pada akhirnya  melakukan keputusan pembelian. Menurut Setiadi (2003 : 415) pengambilan  keputusan konsumen (consumen decision making) adalah proses penginteraksian  yang mengkombinasi pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku  alternatif dan memilih salah satu diantaranya. Hasil proses penginteraksian ini  adalah suatu pilihan, yang disajikan secara pengetahuan sebagai keinginan  berperilaku.
   KFC selalu berusaha memenuhi kebutuhan tersebut melalui promo  penjualan produk yaitu menyediakan paket – paket pembelian. Salah satu promo  penjualan paket yang dilakukan oleh perusahaan KFC adalah penyajian paket attack. KFC paketattack adalah salah satu menu paket yang paling bertahan dari  setiap paket – paket yang disajikan oleh pihak KFC. Saat ini paketattack merupakan satu- satunya sistem penjualan bersifat paket dengan tujuan promosi  dan paket- paket yang disediakan oleh pihak KFC seperti paket superpuas, combo  double, combo superpanas bukan merupakan promosi melainkan strategi  penjualan mereka. PaketAttackmerupakan promosi penjualan dengan menu  sayap ayam goreng crispy, nasi dan segelas pepsi ukuran kecil. Faktor seseorang  melakukan keputusan pembelian untuk produk paket adalah harga dan produk  dalam paket itu sendiri. Harga yang ditawarkan pada paket attacksetiap  pembelian paket adalah Rp 9.000 (Sesudah pajak), sedangkan jika dibandingkan  dengan pembelian masing – masing dapat diperoleh harga sayap ayamCrispyRp  11.500, Pepsi ukuran kecil Rp 5.500 dan nasi Rp 5.500, maka dapat dihitung  harga totalnya Rp 22.500 (sesudah pajak). Produk yang dijual dalam bentuk paket  dengan produk yang dijual dengan terpisah memiliki perbedaan dari ukuran sayap  ayam, untuk produk sayap ayam paket Attackperusahaan menggunakan bahan  baku dari seekor ayam yang mempunyai berat sebesar 700 gram sedangkan untuk  penjualan terpisah perusahaan menggunakan bahan bahan baku dari seekor ayam  yang mempunyai berat 1000 gram, namun suhu menggoreng serta bumbu yang  digunakan sama saja, sedangkan untuk produk nasi putih dan pepsi tidak ada  perbedaan dijual secarapaket maupun terpisah.
   Berdasarkan uraian tersebut peneliti tertarik untuk memilih judul “Analisis  Pengaruh Penyajian Paket Attack Terhadap Keputusan Pembelian Pada  Kentucky Fried Chicken, Gajah Mada Medan“  1.2  Perumusan Masalah  Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka  perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :  
1.  Apakah variabel harga dan produk berpengaruh signifikan terhadap  keputusan pembelian konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada  Medan?
  2.  Variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan  pembelian konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada Medan?
 1.3  Tujuan Penelitian  
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
 1.  Mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap  keputusan pembelian konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada  Medan
 2.  Mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan  pembelian konsumen pada Paket AttackKFC Gajah Mada Medan  
1.4  Manfaat Penelitian
1)  Bagi Peneliti  Penelitian ini merupakan kesempatan bagi peneliti untuk dapat  menerapkan teori – teori dan literatur yang sudah peneliti dapatkan selama belajar  di bangku perkuliahan dan mengasah  daya analisis peneliti dalam     membandingkan teori yang didapat dengan praktik yang terjadi di lapangan.
Dengan demikian pemahaman peneliti dalam bidang manajemen khususnya  bidang pemasaran akan bertambah.
2)  Bagi Perusahaan  Sebagai sumber informasi bagi pihak KFC Gajah Mada Medan untuk  mengenal kebutuhan konsumen.
3)  Bagi Pihak lain  Sebagai sumber informasi bagi pembaca dan referensi bagi peneliti lain.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi