Jumat, 21 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA



BAB I  PENDAHULUAN
  1.1 Latar Belakang  
 Setiap manusia mempunyai watak dan perilaku yang berbeda. Hal itu  disebabkan karena beberapa hal, misalnya latar belakang pendidikan,  keterampilan, watak dasar maupun faktor-faktor lainnya dari tenaga kerja itu  sendiri. Keberagaman perilaku tersebut akan mempengaruhi jalannya kegiatan  perusahaan. Hal ini tidak saja akan mempengaruhi hasil yang akan dicapai oleh  perusahaan, tetapi juga masyarakat yang menikmati hasil produksi tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, bagaimanapun majunya teknologi jika tidak ditunjang  oleh tenaga kerja yang cakap maka kemungkinan besar sasarandari perusahaan  tidak akan tercapai. Seorang pemimpin harus mampu memperhatikan dan berusaha untuk  mempengaruhi serta mendorong karyawannyaagar dapat menjalankan tugasnya  dengan baik. Seorang pemimpin atau manajer harus menerapkan pola  kepemimpinan yang tepat, sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi. Menurut  Heidjrahman dan Husnan (2000:225) berbagai perilaku pemimpin antara lain:  pertama the autocratic leaderatau pemimpin otokratik yaitu seorang pemimpin  yang otokratik menganggap bahwa semua kewajiban untuk mengambil keputusan,  untuk menjalankan tindakan, dan untuk mengarahkan, memberi motivasi dan  mengawasi bawahannya terpusat ditangannya, kedua the participative leaderatau  pemimpin partisipatif yaitu apabila seorang pemimpin menggunakan gaya  partisipatif ia menjalankan kepemimpinannya dengan konsultasi, dan ketiga the   free rein leaderyaitu apabila pemimpin menyerahkan tanggung jawab atas  pelaksanaan pekerjaan tersebut kepadapara bawahan, dalam artian pimpinan  menginginkan agar para bawahan bisa mengendalikan diri mereka sendiri di  dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Menurut Heidjrachman dan Husnan (2000:219) dalam hubungannya  dengan kinerja dijelaskan bahwa pola kepemimpinan seorang manajer  berpengaruh dalam pencapaian tujuan suatu organisasi, pemilihan gaya  kepemimpinan yang benar disertai motivasi eksternal yang diterapkan sesuai  dengan keinginan karyawan maka akan menghasilkan tingkat kinerja yang tinggi.
Menurut Rivai (2005: 309)kinerja merupakan suatu fungsi dari motivasi  dan kemampuan. Penilaian kinerja mengacu pada suatu sistem formal dan  terstruktur yang digunakan untuk mengukur, menilai dan mempengaruhi sifat-sifat  yang berkaitan dengan pekerjaan, perilaku dan hasil, termasuk tingkat ketidak  hadiran   PT. Bank Negara Indonesia Tbk senantiasa melakukan penilaian untuk  mengukur kinerja karyawannya dengan perilaku pemimpin tersebut menimbulkan  kekecewaan terhadap karyawannya sehingga dapat merusak kinerja karyawan.
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, maka fokus utamanya adalah  pelayanan. Gaya seorang pemimpin didalam melakukan kepemimpinan di PT.
Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama Medan, dengan mengatur para  bawahannya sesuai dengan keinginannya. Berikut pada Tabel 1.1 diperlihatkan  absensi karyawan PT. Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama Medan Tahun  2007 sampai dengan 2010 sebagai berikut:   Tabel 1.1  Absensi Karyawan PT. Bank Negara Indonesia Tbk  Cabang Utama Medan Tahun 2007  Sampai dengan Tahun 2010  Keterangan Izin  (Orang) Sakit  (Orang) Tanpa  Keterangan (Orang)  Cuti  (Orang)  2007 19 10 14  4  2008 22 12 16  6  2009 25 14 19  8  2010 23 17 -  9  Sumber : PT. Bank Negara Indonesia Tbk (2011), Data diolah   Berdasarkan pada Tabel 1.1 menunjukkan bahwa pada PT. Bank Negara  Indonesia Tbk Cabang Utama Medan tahun 2007 jumlah karyawan izin sebesar 19  orang, sakit sebesar 10 orang, tanpa keterangan 14 orang, dan cuti sebesar 4  orang. Jika dilihat secara terus menerus sampai dengan tahun 2010 mengalami  kenaikan setiap tahunnya apabila kenaikanini berlangsung secara terus menerus  dapat mengindikasikan bahwa kinerja karyawan tidak maksimal.
 Robbins (2006:32) menyatakan apabila dihubungkan dengan kinerja  karyawan, kepuasan karyawan dipengaruhi secara positif bila pemimpin itu  mengimbali (mengkompensasi) hal-hal yang kurang dalam diri karyawan atau  dalam kerja. Dengan demikian gaya kepemimpinan yang menjadi bagian dari  kepemimpinan itu sendiri berpengaruh terhadap kinerja karyawan   Berdasarkan latar belakang ini peneliti mengangkat judul penelitian yang  berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.
Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama Medan.
 1.2 Perumusan Masalah  Perumusan masalah didalam penelitian ini adalah: “Pengaruh  kepemimpinan yang terdiri dari otoriter, demokratis, dan laissezterhadap kinerja  karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama Medan?.
1.3 Tujuan Penelitian  Tujuan penelitian ini adalah “Untukmengetahui dan menganalisis pengaruh  kepemimpinan yang terdiri dari otoriter, demokratis, dan laissezterhadap  kinerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama  Medan”.
1.4 Manfaat Penelitian  Manfaat didalam penelitian ini adalah:  a. Bagi PT. Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama Medan  Sebagai masukan bagi perusahaan khususnya mengenai kepemimpinan  dan kinerja karyawan.
b. Bagi Penulis  Untuk menambah ilmu pengetahuan dibidang manajemen khususnya  manajemen sumber daya manusia mengenai kepemimpinan dan kinerja  karyawan.
c. Bagi Peneliti Selanjutnya  Sebagai bahan referensi yang dapat memberikan perbandingan dalam  melakukan penelitian selanjutnya, khususnya mengenai kepemimpinan  terhadap kinerja karyawan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi