Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PENGARUH NILAI IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIZONE PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM



BAB I PENDAHULUAN
 1.1.  Latar Belakang
Pada era globalisasi dan pasar bebas diwarnai dengan munculnya berbagai  jenis produk dengan berbagai merek yang bersaing merebut konsumen. Dalam hal  ini konsumen bebas memilih produk dan merek apa yang akan dibelinya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama yang berkaitan dengan  informasi telah membawa perubahan tersendiri pada perilaku konsumen saat ini. Semakin mudahnya mengakses informasi membuat konsumen semakin berpikir  dan bersikap kritis, praktis, namun lebih realistis. Hal ini perlu dipahami betul  oleh perusahaan dalam menentukan strategi yang tepat untuk melayani konsumen  yang cukup potensial ini.
Perusahaan harus mampu mengenal apa yang menjadi kebutuhan dan harapan  konsumen saat ini maupun yang akan datang. Konsumen sebagai individu dalam  mendapatkan atau membeli barang telah melalui proses-proses atau tahapantahapan terlebih dahulu seperti mendapat informasi baik melalui iklan  atau  referensi dari orang lain kemudian membandingkan produk satu dengan produk  lain sampai akhirnya pada keputusan membeli produk itu. Perilaku konsumen  tersebut merupakan fenomena yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran  perusahaan, yaitu perilaku konsumen dalam melakukan pembelian.  Keputusan  pembelian merupakan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk setelah  sebelumnya memikirkan tentang layak tidaknya membeli produk itu dengan   mempertimbangkan informasi – informasi yang ia ketahui dengan realitas tentang  produk itu setelah ia menyaksikannya.
Perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi  konsumen dalam memilih barang atau jasa, salah satunya melalui media iklan  untuk memperkenalkan produknya dan memberikan informasi pada konsumen.
Perusahan yang mampu memberikan nilai iklan tertinggilah yang nanti akan  dipilih dan dibeli oleh konsumen.
Faktor yang menyebabkan iklan menjadi bernilai  dan berharga di mata  konsumen yaitu nilai iklan. Nilai iklan dapat dilihat dari sikap konsumen yang  berbeda. Hubungan antara iklan dan nilai iklan serta ukuran aktual untuk  mencapai pasar nyata akan diperlukan untuk menentukan apakah suatu iklan  bernilai atau tidak dan memungkinkan untuk mempengaruhi konsumen agar  melakukan pembelian. Nilai iklan merupakan salah satu faktor yang berperan  penting dalam efisiensi pemasaran sebuah produk dan nilai iklan bagi konsumen  serta dapat mempengaruhi strategi yang akan digunakan sebuah perusahaan dalam  mempromosikan produknya baik itu barang atau jasa.
Dewasa ini perkembangan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) semakin  meningkat, seiring dengan kesibukan dan mobilitas masyarakat Indonesia yang  semakin tinggi, sehingga semua dituntut untuk serba cepat dan praktis. Salah satu  perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang terkenal adalah aqua,  yang memproduksi air minum mineral. Dalam perkembangan selanjutnya, bentuk  murni dari air sendiri kemudian berkembang, bisa ditambahkan sirup atau essens dengan berbagai rasa. Konsep inilah yang dikembangkan oleh PT. Tirta   Investama (Aqua  Group) dari Danone ketika memperluas lini produk Aqua  dengan meluncurkan produk minuman isotonik bernutrisi yaitu Mizone. Bahwa  langkah ini dibuat karena ada peluang dalam diferensiasi produk minuman  isotonik di Indonesia. Mizone melakukan usaha untuk memenangkan persaingan  dan merebut hati konsumen dengan memberikan informasi yang dibutuhkan dan  tetap persuasif yaitu melalui iklan.
Namun pemilihan media juga akan memengaruhi ketertarikan konsumen, dan  media televisi dianggap media yang memiliki prestise tersendiri, selain itu juga  mampu lebih banyak dalam menjangkau konsumen. Melalui media televisi iklan  tampil lebih menarik karena dapat menimbulkan suasana yang hampir sama  dengan aslinya. Media televisi mampu mempengaruhi dua indera sekaligus, yaitu  penglihatan dan pendengaran, sehingga efek yang diciptakan lebih bisa dirasakan  pemirsa iklan tersebut. Iklan diciptakan semata-mata untuk melakukan suatu  tugas, yaitu memancing reaksi atau menggugah simpati sasaran terhadap produk  atau jasa yang diiklankan. Agar iklan bisa melakukan tugas ini, maka harus bisa  melibatkan sasarannya dalam satu interaksi yang aktif, iklan harus cukup  provokatif atau simpatik sehingga calon pembeli tertarik dan terpancing untuk  terlibat dalam suatu dialog interaksi. Iklan juga perlu memberikan stimulus yang  kuat agar pemirsa iklan atau calon pembeli memberi respon atau sikap positif.
Dalam menyampaikan iklannya, Mizone memberikan informasi yang jelas  mengenai produk yang ditawarkannya. Di dalam iklan tersebut Mizone  memberikan informasi bahwa dalam satu botol Mizone mengandung Hydromaxx,  Vitamin C, dan juga Elektrolit yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dari informasi   yang disampaikan dalam iklan tersebut, konsumen dapat mengetahui bahwa  Mizone merupakan produk minuman isotonik yang berguna untuk tubuh dan  aman dikonsumsi oleh masyarakat.
Mizone sebagai perusahaan minuman isotonik yang sedang berkembang saat  ini telah menyadari adanya persaingan. Mizone senantiasa memberikan keyakinan  dan harapan kepada para pelanggannya untuk terus memberikan kepuasan kepada konsumen, khususnya mahasiswa Fakultas Hukum USU Medan. Mizone sering  melakukan pemasaran produk melalui sponsor berbagai acara atau kegiatan di  Fakultas Hukum USU Medan seperti acara musik, futsal, basket dan lain-lain.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan  penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Nilai Iklan Terhadap Keputusan  Pembelian Mizone padaMahasiswa Fakultas Hukum USU Medan”.
1.2.  Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas maka peneliti  merumuskan masalah “Apakah variabel nilai iklan berpengaruh positif dan  signifikan terhadap keputusan pembelian Mizone pada mahasiswa Fakultas  Hukum USU Medan?”.
1.3.  Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  variabel  nilai iklan  terhadap keputusan pembelian Mizone dikalangan  mahasiswa Fakultas Hukum USU Medan.
 1.4.  Manfaat Penelitian Manfaat yang diharapkan dalam melakukan penelitian ini adalah : 1.4.1 Bagi Dunia Periklanan  Untuk memberikan saran dan masukan mengenai nilai iklan yang  nantinya dapat menjadi alternatif bagi perusahaan atau pemasar dalam  membuat iklan produknya.
1.4.2 Bagi Pihak Lain Sebagai masukan konsep dan pengetahuan sehingga dapat digunakan  sebagai referensi bagi pihak  lain yang ingin mengetahui tentang  periklanan.
1.4.3 Bagi Peneliti Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi peneliti untuk  menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari bangku kuliah dan  memperluas wawasan serta pola pikir dalam bidang pemasaran  khususnya tentang periklanan maupun hasil-hasil penelitian terdahulu  yang sejenis dengan penelitian ini .
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi