BAB I PENDAHULUAN
I.1
Latar Belakang Masalah
Kehidupan dunia pemasaran tidak terlepas dari
periklanan. Tanpa iklan, para produsen
maupun distributor tidak akan mampu menjual produknya kepada konsumen, dan disisi lain konsumen tidak akan
memiliki informasi yang cukup lengkap
tentang produk dan jasa yang ditawarkan oleh konsumen.
Periklanan
merupakan salah satu bentuk komunikasi khusus untuk memenuhi fungsi pemasaran, maka apa yang harus
dilakukan dalam kegiatan periklanan
tentu saja harus lebih dari sekedar memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Iklan juga
menyebabkan banyak perusahaan berusaha memenangkan
pasar lewat iklan.
Iklan bertujuan
untuk mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumen, evaluasi perasaan, pengetahuan, makna,
kepercayaan, sikap dan citra yang berkaitan
dengan produk dan merek. Dalam prakteknya, iklan telah dianggap sebagai manajemen citra yang berfungsi untuk
menciptakan dan memelihara citra dan
makna dalam benak konsumen (Peter & Olson, 2000:179).
Pada akhirnya iklan
dapat mempengaruhi persepsi masyarakat tentang produk merupakan hal penting bagi produsen
saat ini. Banyaknya iklan yang ditampilkan
oleh pihak produsen baik melalui media cetak maupun media elektronik lambat laun akan membentuk suatu
persepsi tersendiri di benak masyarakat
dan akan membentuk suatu gambaran tersendiri bagi produk yang diiklankan.
1 Televisi merupakan salah satu media yang
paling efektif untuk mempengaruhi calon
konsumen karena selain hampir semua masyarakat memiliki pesawat televisi, dengan televisi informasi
yang divisualisasikan dapat ditangkap lebih
efektif oleh calon konsumen. Salah satu merek yang juga melakukan periklanan sebagai satu cara untuk
mempengaruhi persepsi konsumen terhadap mereknya
ialah Honda. Merek Honda dikenal sebagai produsen kendaraan bermotor di Indonesia dan di dunia.
Merupakan hal yang
menarik jika kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh periklanan mempengaruhi benak
masyarakat tentang citra merek Honda, khususnya
kaum mahasiswa yang mempunyai pola pikir yang berbeda dengan masyarakat lain pada umumnya. Selain itu juga
banyaknya mahasiswa yang menggunakan
sepeda motor Honda sebagai alat transportasi untuk kuliah semakin membuat peneliti tertarik dalam melakukan
penelitian ini.
Oleh karena itu
penulis menentukan judul pada skripsi ini : “ANALISIS PERIKLANAN TERHADAP CITRA MEREK SEPEDA MOTOR
HONDA PADA MAHASISWA FE-UNIVERSITAS
METHODIST”.
B. Perumusan
Masalah Perumusan masalah yang dikemukakan peneliti berdasarkan latar belakang penelitian adalah “Apakah periklanan di
televisi mempunyai pengaruh yang positif
dan signifikan terhadap citra merek Honda pada mahasiswa S-1 di Fakultas Ekonomi Universitas Methodist?”.
C. Kerangka
Konseptual Keberhasilan suatu iklan dalam mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumen merupakan suatu tujuan utama dari
iklan itu sendiri sehingga tercipta suatu
pemikiran yang positif terhadap suatu merek. Seperti diterangkan oleh Lamb (2000:205) periklanan juga mendorong sikap
positif terhadap suatu merek, ketika konsumen
memiliki kerangka acuan yang netral atau baik terhadap suatu merek atau produk, mereka seringkali dipengaruhi
secara positif oleh iklan tersebut.
Media televisi merupakan
salah satu media iklan yang paling efektif untuk mempengaruhi calon konsumen karena disamping
hamper semua masyarakat memiliki pesawat
televisi, dengan televisi iklan lebih dapat divisualisasikan sehingga lebih dapat mempengaruhi calon
konsumen.
Berdasarkan
pendapat diatas maka penulis merumuskan kerangka konseptual yang menggambarkan pengaruh
periklanan terhadap citra merek dalam penelitian
ini sebagai berikut : Gambar I.1: Kerangka Konseptual.
Sumber : Lamb
(2001:205) diolah oleh peneliti D. Hipotesis Berdasarkan perumusan masalah yang
diberikan, maka hipotesis yang dibuat
peneliti adalah “Periklanan di televisi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap citra merek
Honda pada mahasiswa S-1 di Fakultas
Ekonomi-Universitas Methodist”.
Periklanan di Televisi Citra Merek Honda E.
Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan
Penelitian Mengetahui besarnya pengaruh periklanan di televisi terhadap citra
merek Honda pada mahasiswa
FE-Universitas Methodist.
2. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian
ini adalah: a. Memperdalam pengetahuan
peneliti tentang periklanan dan citra merek.
b. Refrensi bagi peneliti selanjutnya yang
tertarik untuk memperdalam penelitian
ini.
c. Bagi perusahaan Honda, agar dapat menjadi
bahan pertimbangan untuk meningkatkan
citra merek Honda melalui periklanan di televisi
yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat.
E. Metode
Penelitian 1. Batasan Operasional a. Penelitian ini dibatasi hanya pada mahasiswa
ekonomi (S1) jurusan manajemen Universitas
Methodist Medan.
b. Objek penelitian ini ialah mahasiswa
manajemen angkatan 2004-2006 yang aktif
mengikuti perkuliahan selama penelitian ini berlangsung.
2. Definisi Operasional a. Variabel Periklanan (X) Yaitu persepsi
mahasiswa terhadap iklan sepeda motor Honda yang ada di media televisi.
b. Variabel Citra Merek Honda (Y) Yaitu
bagaimana mahasiswa memberikan persepsinya terhadap citra merek dari sepeda motor Honda.
Berdasarkan
definisi operasional yang diterangkan maka penulis merumuskan mekanisme penganalisaan variabel
sebagai berikut: Tabel 1.Operasional Variabel No Variabel
Indikator Variabel Skala 1 Periklanan (X) Daya tarik iklan Pesan
iklan Likert 2 Citra Merek (Y) Identitas tersendiri dari merek Persepsi
konsumen terhadap produk tersebut
Keyakinan terhadap kualitas produk Likert 3. Skala Pengukuran Variabel Pada penelitian
ini, peneliti menggunakan skala Likert sebagai alat untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap
variabel dependen, dimana responden akan
memilih jawaban yang ada. Dalam setiap jawaban yang akan diberikan skor dalam menilai persepsi dari
variabel-variabel yang akan diuji.
Pedoman dalam
pemberian skor sebagai berikut : Tabel 1.Pedoman Pemberian Skor No
Pernyataan Skor 1 Sangat tidak setuju 2
Tidak setuju 3 Kurang setuju
4 Setuju 5
Sangat setuju Sumber : Sugiyono
2004. Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi
Universitas Methodist, yang berlokasi di
Jl. Hang Tuah No. 15, waktu penelitian dimulai Desember 2007 sampai Februari 2007.
5. Populasi dan
Sampel Populasi pada penelitian yakni mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist, angkatan 2004-2006 yang
berjumlah 448 mahasiswa, sedangkan
sampel yang diambil sebesar 20% dari jumlah populasi tiap angkatan.
Jumlah tersebut
sudah cukup mewakili menurut Arikunto (2002:115).
Metode penarikan
sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling yaitu metode penarikan sampel acak
secara proporsional untuk setiap kelompok
strata di dalam populasi.
Tabel 1.Spesifikasi
responden penelitian Jurusan Angkatan Jumlah
2004 2005 200Manajemen
105 152 178 4320
% 21
30 36 8Sumber: data diolah dari bagian administrasi
FE Universitas Methodist 6. Sumber Data a.
Data primer yaitu data yang diperoleh atau dengan survei lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data
original. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan kuisioner untuk memperoleh data dari para responden.
b. Data skunder yaitu data yang telah
dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data
dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna data. Untuk memperoleh data skunder peneliti melakukan
studi pustaka, penelaahan majalah-majalah
dan jurnal-jurnal.
7. Teknik
Pengumpulan Data.
Pada penelitian ini
teknik yang digunakan untuk mendapatkan data adalah dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan
secara tertulis kepada mahasiswa yaitu
dalam bentuk kuisioner yang telah disusun juga diberikan alternatif jawaban bagi responden untuk menjawabnya.
8. Metode Analisis
Data a. Metode Deskriptif Merupakan cara
merumuskan dan menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang jelas melalui
pengumpulan, menyusun dan menganalisi
data, sehingga dapat diketahui gambaran umum instansi yang sedang diteliti.
b. Metode Analisis Statistik Yaitu untuk
mengetahui pengaruh periklanan di televisi terhadap citra merek.
1. Analisis Regresi
Linear Sederhana Analisis regresi yang digunakan oleh peneliti adalah analisis regeresi sederhana untuk mengetahui pengaruh
dari variabel periklanan (X) terhadap
variabel citra merek Honda (Y).
Rumusnya sebagai
berikut : Y = a + bX Dimana : Y = citra merek a = konstanta X = skor iklan b =
koefisien regresi c. Uji validitas dan reliabilitas Uji validitas
dilakukan untuk mengukur apakah data yang telah didapat setelah penelitian merupakan data yang valid
dengan alat ukur yang digunakan
(kuisioner). Uji reliabilitas digunakan untuk melihat apakah alat ukur yang digunakan (kuisioner) menunjukkan
konsistensi di dalam mengukur gejala
yang sama.
d. Uji t Untuk melihat pengaruh variabel
periklanan (X) terhadap variabel citra merek
(Y), maka dalam hal ini peneliti menggunakan uji t.
Sedangkan bentuk
pengujiannya adalah sebagai berikut : Ho : b1 = Artinya tidak terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan dari variabel periklanan (X) terhadap variabel citra merek
Honda(Y).
Ho : b1 ≠ Artinya
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel periklanan (X) terhadap variabel citra merek
Honda(Y).
Kriteria
pengambilan keputusan dengan tingkat kesalahan sebesar 5% (α): Ho diterima
apabila t-ratio < t-tabel (α) Ho ditolak apabila t-ratio > t-tabel (α) e. Koefisien Determinasi (r ) Koefisien
determinasi digunakan untuk mengetahui besarnya konstribusi variabel periklanan (X) terhadap variabel
citra merek Honda (Y). Jika nilai r mendekati
(1) maka semakin kuat pengaruhnya, sebaliknya jika mendekati nol (0) maka pengaruhnya semakin
lemah.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi