Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PERIKLANAN DI TELEVISI TERHADAP CITRA MEREK SEPEDA MOTOR HONDA PADA MAHASISWA



BAB I PENDAHULUAN
 I.1 Latar Belakang Masalah 
Kehidupan dunia pemasaran tidak terlepas dari periklanan. Tanpa iklan,  para produsen maupun distributor tidak akan mampu menjual produknya kepada  konsumen, dan disisi lain konsumen tidak akan memiliki informasi yang cukup  lengkap tentang produk dan jasa yang ditawarkan oleh konsumen.

Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi khusus untuk  memenuhi fungsi pemasaran, maka apa yang harus dilakukan dalam kegiatan  periklanan tentu saja harus lebih dari sekedar memberikan informasi yang  dibutuhkan oleh konsumen. Iklan juga menyebabkan banyak perusahaan berusaha  memenangkan pasar lewat iklan.
Iklan bertujuan untuk mempengaruhi afeksi dan kognisi konsumen,  evaluasi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra yang  berkaitan dengan produk dan merek. Dalam prakteknya, iklan telah dianggap  sebagai manajemen citra yang berfungsi untuk menciptakan dan memelihara citra  dan makna dalam benak konsumen (Peter & Olson, 2000:179).
Pada akhirnya iklan dapat mempengaruhi persepsi masyarakat tentang  produk merupakan hal penting bagi produsen saat ini. Banyaknya iklan yang  ditampilkan oleh pihak produsen baik melalui media cetak maupun media  elektronik lambat laun akan membentuk suatu persepsi tersendiri di benak  masyarakat dan akan membentuk suatu gambaran tersendiri bagi produk yang  diiklankan.
1  Televisi merupakan salah satu media yang paling efektif untuk  mempengaruhi calon konsumen karena selain hampir semua masyarakat memiliki  pesawat televisi, dengan televisi informasi yang divisualisasikan dapat ditangkap  lebih efektif oleh calon konsumen. Salah satu merek yang juga melakukan  periklanan sebagai satu cara untuk mempengaruhi persepsi konsumen terhadap  mereknya ialah Honda. Merek Honda dikenal sebagai produsen kendaraan  bermotor di Indonesia dan di dunia.
Merupakan hal yang menarik jika kita dapat mengetahui seberapa besar  pengaruh periklanan mempengaruhi benak masyarakat tentang citra merek Honda,  khususnya kaum mahasiswa yang mempunyai pola pikir yang berbeda dengan  masyarakat lain pada umumnya. Selain itu juga banyaknya mahasiswa yang  menggunakan sepeda motor Honda sebagai alat transportasi untuk kuliah semakin  membuat peneliti tertarik dalam melakukan penelitian ini.
Oleh karena itu penulis menentukan judul pada skripsi ini : “ANALISIS  PERIKLANAN TERHADAP CITRA MEREK SEPEDA MOTOR HONDA  PADA MAHASISWA FE-UNIVERSITAS METHODIST”.
B. Perumusan Masalah Perumusan masalah yang dikemukakan peneliti berdasarkan latar belakang  penelitian adalah “Apakah periklanan di televisi mempunyai pengaruh yang  positif dan signifikan terhadap citra merek Honda pada mahasiswa S-1 di  Fakultas Ekonomi Universitas Methodist?”.
C. Kerangka Konseptual Keberhasilan suatu iklan dalam mempengaruhi afeksi dan kognisi  konsumen merupakan suatu tujuan utama dari iklan itu sendiri sehingga tercipta  suatu pemikiran yang positif terhadap suatu merek. Seperti diterangkan oleh Lamb  (2000:205) periklanan juga mendorong sikap positif terhadap suatu merek, ketika  konsumen memiliki kerangka acuan yang netral atau baik terhadap suatu merek  atau produk, mereka seringkali dipengaruhi secara positif oleh iklan tersebut.
Media televisi merupakan salah satu media iklan yang paling efektif untuk  mempengaruhi calon konsumen karena disamping hamper semua masyarakat  memiliki pesawat televisi, dengan televisi iklan lebih dapat divisualisasikan  sehingga lebih dapat mempengaruhi calon konsumen.
Berdasarkan pendapat diatas maka penulis merumuskan kerangka  konseptual yang menggambarkan pengaruh periklanan terhadap citra merek dalam  penelitian ini sebagai berikut : Gambar I.1: Kerangka Konseptual.
Sumber : Lamb (2001:205) diolah oleh peneliti D. Hipotesis Berdasarkan perumusan masalah yang diberikan, maka hipotesis yang  dibuat peneliti adalah “Periklanan di televisi mempunyai pengaruh yang  positif dan signifikan terhadap citra merek Honda pada mahasiswa S-1 di  Fakultas Ekonomi-Universitas Methodist”.
Periklanan di  Televisi Citra Merek  Honda  E. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.  Tujuan Penelitian Mengetahui besarnya pengaruh periklanan di televisi terhadap citra merek  Honda pada mahasiswa FE-Universitas Methodist.
2.  Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah: a.  Memperdalam pengetahuan peneliti tentang periklanan dan citra  merek.
b.  Refrensi bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk  memperdalam penelitian ini.
c.  Bagi perusahaan Honda, agar dapat menjadi bahan pertimbangan  untuk meningkatkan citra merek Honda melalui periklanan di  televisi yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat.
E. Metode Penelitian 1.  Batasan Operasional a.  Penelitian ini dibatasi hanya pada mahasiswa ekonomi (S1) jurusan  manajemen Universitas Methodist Medan.
b.  Objek penelitian ini ialah mahasiswa manajemen angkatan 2004-2006  yang aktif mengikuti perkuliahan selama penelitian ini berlangsung.
2.  Definisi Operasional a.  Variabel Periklanan (X) Yaitu persepsi mahasiswa terhadap iklan sepeda motor Honda yang ada di  media televisi.
b.  Variabel Citra Merek Honda (Y) Yaitu bagaimana mahasiswa memberikan persepsinya terhadap citra  merek dari sepeda motor Honda.
Berdasarkan definisi operasional yang diterangkan maka penulis  merumuskan mekanisme penganalisaan variabel sebagai berikut: Tabel 1.Operasional Variabel No  Variabel  Indikator Variabel  Skala 1  Periklanan (X)    Daya tarik iklan   Pesan iklan Likert  2  Citra Merek (Y)    Identitas tersendiri dari  merek   Persepsi konsumen  terhadap produk tersebut   Keyakinan terhadap  kualitas produk Likert 3.  Skala Pengukuran Variabel Pada penelitian ini, peneliti menggunakan skala Likert sebagai alat untuk  mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, dimana  responden akan memilih jawaban yang ada. Dalam setiap jawaban yang akan  diberikan skor dalam menilai persepsi dari variabel-variabel yang akan diuji.
Pedoman dalam pemberian skor sebagai berikut : Tabel 1.Pedoman Pemberian Skor  No  Pernyataan  Skor 1  Sangat tidak setuju  2  Tidak setuju  3  Kurang setuju  4  Setuju  5  Sangat setuju  Sumber : Sugiyono 2004. Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Methodist, yang  berlokasi di Jl. Hang Tuah No. 15, waktu penelitian dimulai Desember 2007  sampai Februari 2007.
5. Populasi dan Sampel Populasi pada penelitian yakni mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi  Universitas Methodist, angkatan 2004-2006 yang berjumlah 448 mahasiswa,  sedangkan sampel yang diambil sebesar 20% dari jumlah populasi tiap angkatan.
Jumlah tersebut sudah cukup mewakili menurut Arikunto (2002:115).
Metode penarikan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random  Sampling yaitu metode penarikan sampel acak secara proporsional untuk setiap  kelompok strata di dalam populasi.
Tabel 1.Spesifikasi responden penelitian Jurusan Angkatan  Jumlah 2004  2005  200Manajemen  105  152  178  4320 %  21  30  36  8Sumber: data diolah dari bagian administrasi FE Universitas Methodist 6. Sumber Data a.  Data primer yaitu data yang diperoleh atau dengan survei lapangan yang  menggunakan semua metode pengumpulan data original. Dalam penelitian  ini peneliti menggunakan kuisioner untuk memperoleh data dari para  responden.
b.  Data skunder yaitu data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul  data dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna data. Untuk  memperoleh data skunder peneliti melakukan studi pustaka, penelaahan  majalah-majalah dan jurnal-jurnal.
7. Teknik Pengumpulan Data.
Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mendapatkan data adalah  dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara tertulis kepada mahasiswa  yaitu dalam bentuk kuisioner yang telah disusun juga diberikan alternatif jawaban  bagi responden untuk menjawabnya.
8. Metode Analisis Data a.  Metode Deskriptif Merupakan cara merumuskan dan menafsirkan data yang ada sehingga  memberikan gambaran yang jelas melalui pengumpulan, menyusun dan  menganalisi data, sehingga dapat diketahui gambaran umum instansi yang  sedang diteliti.
b.  Metode Analisis Statistik Yaitu untuk mengetahui pengaruh periklanan di televisi terhadap citra  merek.
1. Analisis Regresi Linear Sederhana Analisis regresi yang digunakan oleh peneliti adalah analisis  regeresi sederhana untuk mengetahui pengaruh dari variabel periklanan  (X) terhadap variabel citra merek Honda (Y).
Rumusnya sebagai berikut : Y = a + bX Dimana : Y = citra merek a = konstanta X = skor iklan b = koefisien regresi  c.  Uji validitas dan reliabilitas Uji validitas dilakukan untuk mengukur apakah data yang telah didapat  setelah penelitian merupakan data yang valid dengan alat ukur yang  digunakan (kuisioner). Uji reliabilitas digunakan untuk melihat apakah alat  ukur yang digunakan (kuisioner) menunjukkan konsistensi di dalam  mengukur gejala yang sama.
d.  Uji t Untuk melihat pengaruh variabel periklanan (X) terhadap variabel citra  merek (Y), maka dalam hal ini peneliti menggunakan uji t.
Sedangkan bentuk pengujiannya adalah sebagai berikut : Ho : b1 = Artinya tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel  periklanan (X) terhadap variabel citra merek Honda(Y).
Ho : b1 ≠ Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel  periklanan (X) terhadap variabel citra merek Honda(Y).
Kriteria pengambilan keputusan dengan tingkat kesalahan sebesar 5% (α): Ho diterima apabila t-ratio < t-tabel (α) Ho ditolak apabila t-ratio > t-tabel (α) e.  Koefisien Determinasi (r ) Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui besarnya konstribusi  variabel periklanan (X) terhadap variabel citra merek Honda (Y). Jika nilai  r mendekati (1) maka semakin kuat pengaruhnya, sebaliknya jika  mendekati nol (0) maka pengaruhnya semakin lemah.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi