Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PRA BAYAR SIMPATI PADA CALL CENTER PT. TELKOMSEL



BABI  PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang 
Bisnis kita tergantung pada konsumen (pelanggan), kita harus menyadari bahwa  pelanggan tidak perduli dan tidak mau tahu tentang masalah sehari-hari di dalam  perusahaan kita. Yang mereka pikirkan adalah apa yang mereka butuhkan harus terpenuhi.

Pelanggan juga tidak mau tahu apakah kita bekerja keras atau tidak, mereka hanya ingin  masalah mereka terpecahkan. Sederhana karena pelanggan bukan orang yang tidak ada  sangkut pautnya dengan bisnis kita, mereka adalah bagian dari perusahaan kita; pelanggan  adalah orang yang menciptakan pandangan tentang perusahaan kita, tentang baik atau  buruk pelayanan kita; pelanggan adalah penyampai berita terbaik apabila mereka puas  dengan apa yang kita berikan (Wira Sutedja, 2007:1). Oleh karena itu beberapa perusahaan  mengeluarkan biaya  yang sangat besar untuk iklan/promosi dalam rangka menarik  konsumen(pelanggan). Usaha tersebut sangat mungkin gagal karena layanan konsumen yang buruk. Dengan kata lain, iklan/promosi menjadi tidak berguna apabila pelayanan yang diberikan  kepada pelanggan sangat buruk.
Menarik dan mempertahankan pelanggan pada zaman sekarang ini membutuhkan  pendekatan berbeda. Layanan pelanggan harus memiliki strategi pemasaran. Perusahaan  yang menyediakan pelayanan menyeluruh dan berkualitas, akan memperoleh keuntungan  lebih besar seperti halnya dengan strategi pemasaran lain.
1  Inti dari pendekatan baru ini adalah mengerti keinginan pelanggan, kebutuhan  mereka, dan apa yang didapat pelanggan dari kita.  Kualitas dan kepuasan pelanggan  menjadi pedoman bagi setiap orang yang berhubungan dengan pelayanan. Pelanggan pada  zaman sekarang ini lebih penuntut dan seringkali mengharapkan dukungan dan kualitas  layanan yang lebih baik. Maka memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan  pelanggan menjadi tantangan besar bagi banyak perusahaan.
Tantangan ini membutuhkan  biaya yang tidak sedikit.  Tetapi, hal itu harus  dilakukan bila ingin bisnis perusahaan lancar.  Untuk memperolehnya, kita harus  mengorganisasikan bagian pelayanan kita dengan baik, menambah pelayanan baru bila  diperlukan, secara berkesinambungan mengontrol bagian servis, dan pada saat yang sama  menganalisis apakah dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk pekerjaan tersebut.
Yang terpenting adalah mengetahui dengan baik kualitas seperti apa yang disebut layanan  konsumen (pelanggan)  itu. Cara terbaik untuk mengkomunikasikan dan menciptakan  pedoman atau komitmen mutu pelayanan kita kepada semua karyawan adalah dengan  memiliki buku panduan pelayanan.   Hal tersebut sangat efektif sebagai rencana jangka  panjang yang digunakan sebagai pedoman kegiatan-kegiatan pemasaran untuk memuaskan  kebutuhan pelanggan.
Melihat kenyataan ini, penulis  merasa tertarik untuk mengadakan penelitian  terhadap peranan Call Center pada salah satu provider telepon selular dalam meningkatkan  kepuasaan pelanggan, yang merupakan suatu strategi perusahaan dalam pemasaran. Maka  didasarkan hal ini penulis mengadakan penelitian pada Call Center PT Telkomsel Medan,  yang bergerak dibidang jasa komunikasi telepon selular. Adapun judul yang dipilih oleh  penulis adalah “Faktor-Faktor Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan  Pra Bayar SIMPATI Pada Call Center  PT Telkomsel Medan” (studi kasus pada  Mahasiswa Fakultas Ekonomi Ekstension Jurusan Manajemen Universitas Sumatera  Utara).  Masalah ini dipilih oleh penulis untuk menjadi bahan penelitian karena diketahui betapa pentingnya faktor-faktor pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam  suatu perusahaan untuk menjawab kebutuhan pelanggan  sehingga dapat meningkatkan  volume penjualan produk guna menjamin kelangsungan hidup usahanya.
Alasan penulis memilih perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa komunikasi  sebagai objek penelitian, dikarenakan bidang usaha jasa komunikasi adalah salah satu jenis  usaha yang memiliki masa depan pengembangan usaha yang sangat cerah dan selalu  melakukan perubahan. Selain itu penulis juga ingin mengetahui bagaimana pihak  manajemen menerapkan strategi pemasaran dalam menghadapi perubahan teknologi yang  sangat cepat dan persaingan yang sangat ketat dari perusahaan pesaing. Dan ditambah lagi,  pada masa sekarang ini di era globalisasi, kebutuhan akan media komunikasi yang bermutu  tinggi dan mampu mendukung setiap bentuk kegiatan usaha maupun keperluan pribadi  semakin dirasakan penting.
B. Perumusan Masalah Sesuai dengan fungsinya Call Center berperan memberikan bantuan layanan kepada  para pelanggan dalam hal ini sebagai pusat informasi bagi para pengguna jasa komunikasi  Telkomsel, dari uraian latar belakang di atas penulis dapat merumuskan permasalahan  adalah: 1.   Apakah Faktor-Faktor Pelayanan yang terdiri dari Reliability (Kehandalan),   Responsivenees (ketanggapan), Assurance (jaminan dan kepastian), dan Emphaty (perhatian) berpengaruh secara signifikan terhadapKepuasaan Pelanggan Pra Bayar  SIMPATI pada Call Center PT Telkomsel Medan? (studi kasus pada Mahasiswa  Fakultas Ekonomi Ekstension Jurusan Manajemen ).
2.  Apakah faktor yang lebih dominan mempengaruhi kepuasaan pelanggan Pra Bayar  SIMPATI pada Call Center PT Telkomsel Medan?” C. Kerangka Konseptual Kepuasan adalah seberapa jauh perbedaan antara kenyataaan dan harapan  pelanggan atas pelayanan yang mereka terima atau peroleh, sehingga dalam mengevaluasi  kepuasan atas kualitas pelayanan pelanggan pengguna pada umumnya mengacu pada  berbagai faktor atau dimensi. Menurut Parasuraman, et. al dalam Tjiptono (2005:273)  terdapat lima dimensi utama kualitas pelayananpelanggan yakni kehandalan(reliability),  daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), bukti fisik  (tangibles).
Dari kelima dimensi kualitas pelayanan jasa, terdapat empat faktor yang sangat  mempengaruhi pelayanan jasa  yang dipakai oleh Telkomsel untuk menilai kepuasan  pelanggan.  Adapun keempat  faktor tersebut antara lain :  kehandalan (Reliability),  ketanggapan (Responsivenees), jaminan dan kepastian(Assurance), memberikan perhatian (Emphaty).
 Sumber: Tjiptono (2005:273) Gambar 1.1 Kerangka Konseptual D. Hipotesis Hipotesis penulis dalam hal ini adalah  1. Faktor-Faktor Pelayanan yang terdiri dari Reliability (kehandalan), Responsivenees (ketanggapan), Assurance (jaminan dan kepastian), dan Emphaty (perhatian)  berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Pelanggan Pra Bayar SIMPATI pada Call Center PT Telko msel Medan” (studi kasus pada Mahasiswa Fakultas  Ekonomi Ekstension Jurusan Manajemen ).
2. Faktor Emphaty (perhatian) merupakan faktor yang dominan kepuasan Pelanggan  Pra Bayar SIMPATI pada Call Center PT Telkomsel Medan.
Kepuasan Pelanggan (Y) Daya tanggap (responsiveness) (X2) Jaminan (assurance) (X3) Empati (emphaty) (X4) Kehandalan (reliability) (X1)  E.  Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk menganalisis Faktor-Faktor  Pelayanan kehandalan (Reliability), daya tanggap (Responsivenees), jaminan  (Assurance), dan perhatian (Emphaty) yang mempengaruhi kepuasan Pelanggan Pra  Bayar SIMPATI Pada Call Center PT Telko msel Medan (studi kasus pada  Mahasiswa Fakultas Ekonomi Ekstension Jurusan Manajemen Universitas  Sumatera Utara).
2.Manfaat Penelitian  Manfaat yang penulis harapkan dapat diperoleh dari skripsi ini adalah: a. Memberikanmasukan khususnya yang berkaitan dengan pelayanan dan kepuasan  pelanggan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Ekstension   Pada Call Center Pra Bayar SIMPATI PT Telkomsel Medan”  b.  Bagi peneliti lain, sebagai bahan referensi yang dapat menjadi bahan perbandingan    dalam melakukan penelitian dimasa yang akan datang, khususnya penelitian yang  berkaitan dengan kepuasan pelanggan.
c. Untuk diri sendiri, memberikan kesempatan bagi penulis untuk menambah  wawasan serta mengetahui faktor-faktor pelayanan yang mempengaruhi kepuasan   pelanggan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Ekstension   Pada Call Center Pra Bayar SIMPATI PT Telkomsel Medan”  F.  Metode Penelitian 1.  Lokasi dan Waktu Penelitian Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara, Jalan Prof. Dr. T. Hanafiah, SH Medan. Waktu penelitian direncanakan  setelah selesai mengikuti seminar proposal penelitian pada bulan Juni  sampai  dengan Agustus 2008.
2.  Populasi dan Sampel a. Populasi  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Strata-1 Fakultas  Ekonomi Ekstension  USU jurusan Manajemen  dengan pertimbangan bahwa  mahasiswa adalah pangsa pasar yang potensial untuk pemasaran jasa Call Center  PT Telko msel Medan.  Populasi dalam  penelitian ini berjumlah 564 orang  mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Ekstension USU Jurusan Manajemen untuk  tahun akademik 2007/2008.
b. Sampel Berdasarkan populasi pengguna Operator Seluler secara keseluruhan yang diambil  datanya pada bulan April 2008 di dalam internet (www.google.com) dan dalam  penelitian sebelumnya bahwa pengguna Operator Seluler Telkomsel memimpin  pangsa pasar (market leader) adalah 48% maka dapat dihitung populasi targetnya: 48% x 564 = 270,72 responden atau digenapkan menjadi 271 responden Menurut Arikunto (1990: 125) bahwa ada beberapa rumus yang dapat digunakan  oleh peneliti untuk menentukan jumlah anggota sampel oleh karena itu diambil  ancer-ancer (perkiraan), jika peneliti mempunyai beberapa ratus subjek dalam   populasi, dapat ditentukan kurang lebih 30% dari jumlah subjek tersebut. Maka  dapat diambil kesimpulan bahwa pengguna Operator Seluler Telkomsel pada  Mahasiswa Ekstensi Fakultas Ekonomi  adalah 30% x 271 = 81,216 atau digenapkan menjadi 82 responden.
Oleh karena itu untuk jumlah sampelnya dibulatkan menjadi 85 responden 3.  Batasan Operasional dan Identifikasi Variabel Penelitian Batasan operasional dalam penelitian ini adalah: a. Variabel Independen (X) terdiri dari variable, Reliability(X1) Responsiveness  (X2), Assurance (X3), Emphaty (X4 kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya  )  b. Variabel dependen (Y) yaitu kepuasan pelanggan.
4.  Defenisi Operasional Variabel.
a. Variabel Bebas (independent Variable)  Sebagai variabel bebas (independent variabel) dalam penelitian ini adalah: 1. Kehandalan(Reliability), yaitu kemampuan perusahaan untuk  memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan  terpercaya. Yang meliputi ketepatan waktu, pelayanan yang sama untuk  semua  pelanggan, sikap yang simpatik,dan dengan akurasi yang tinggi.
2. Ketanggapan (Responsiveness), yaitu suatu kemauan untuk membantu dan  memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada   pelanggan, dengan penyampaian infomasi yang jelas.
3. Jaminan (Assurance), yaitu pengetahuan, kesopansantunan dan   para pelanggan kepada perusahaan. Yang meliputi komunikasi, kredibilitas, keamanan, dan sopan santun.
4.  Empati (Emphaty), yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat  individual atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan dengan  berupaya memahami keinginan konsumen.
b. Variabel Terikat (dependent variabel)  Kepuasan konsumen (Y) ialah tingkat perasaan seseorang setelah  membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan  harapannya (Kotler, 2001:52).
 Tabel 1.1 Operasionalisasi Variabel Variabel  Defenisi  Indikator  Dimensi Reliability  (kehandalan) Kemampuan perusahaan  untuk memberikan  pelayanan sesuai yang  dijanjikan secara akurat  dan terpercaya a.  Perusahaan menepati janji  yang diberikan kepada  pelanggan b.  Perusahaan mampu  menyelesaikan masalah  /keluhan pelanggan c.  Tingkat kesalahan  perusahaan dalam memberi  layanan kepada pelanggan  relatif kecil Likert Responsiveness (daya tanggap) Kemauan untuk  membantu dan  memberikan pelayanan  yang cepat (responsif)  dan tepat kepada  pelanggan.
a.  Karyawan memberikan  informasi yang akurat kepada  pelanggan tentang layanannya b.  Karyawan memberikan  informasi yang akurat kepada  pelanggan tentang layanannya  c.  Karyawan mudah dihubungi  oleh pelanggan untuk  menyampaikan keluhan Likert Emphaty (perhatian) Memberikan perhatian  yang tulus dan bersifat  individual atau pribadi  yang diberikan kepada  para para pelanggan  dengan berupaya  memahami keinginan  konsumen.
a.  Karyawan mengerti kebutuhan  spesifik pelanggan b.  Karyawan memberikan  perhatian  individual  kepada  pelanggan c.  Karyawan memiliki  kesungguhan dalam merespon  permintaan pelanggan.
d.   Pelayanan yang sama tanpa  memandang status sosial Likert Assurance  (jaminan) Pengetahuan ,  kesopansantunan dan  kemampuan para  pegawai perusahaan  untuk menumbuhkan  rasa percaya para  pelanggan.
a.  Pengetahuan karyawan yang  terpercaya  b.  Pelayanan yang sopan dan  sabar c.  Jaminan keamanan dan  kepercayaan terhadap  perusahaan  d.  Kinerja karyawan memberikan  keyakinan kepada pelanggan Likert  Kepuasan  Pelanggan Tingkat perasaan  seseorang setelah  membandingkan kinerja  atau hasil yang dia  rasakan dibandingkan  dengan harapannya  (Kotler, 2001:52)  a.  Kecepatan, ketepatan serta  kehandalan penyampaian jasa  membuat kepuasan kepada  pelanggan  b.  Karyawan cepat tanggap  menyelesaikan keluhan  pelanggan c.  Pelayanan yang sopan dan  sabar membuat pelanggan  puas d.  Kesabaran, keramahan dan  perhatian terhadap pelayanan  yang diberikan karyawan  membuat pelanggan puas Likert Sumber: Lupiyoadi (2001:197) 5.  Pengukuran Variabel Mengukur variabel dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dimana pada  setiap jawaban akan diberikan skor.
Tabel 1.2 Instrument Skala Likert NO  Pernyataan  Skor 1  Sangat Setuju  5 2  Setuju  4 3  Kurang Setuju  3 4  Tidak Setuju  2 5  Sangat tidak setuju  1 Sumber: Sugiyono (2004:86)  6. Jenis Data Dalam penelitian ini digunakan dua jenis data yaitu: a.  Data Primer adalah data yang diperoleh dari Responden dalam hal ini  Mahasiswa Fakultas Ekonomi Ekstension Jurusan Manajemen Universitas  Sumatera Utara untuk tahun akademik 2007/2008.
b.  Data Sekunder adalah data yang dari penelitian kepustakaan, yaitu data yang  dikumpulkan dari laporan/dokumen PT Telkomsel dan tulisan-tulisan ilmiah  lainnya.
7.  Teknik Pengumpulan Data a. Dengan menggunakan kuesioner.
Kuesioner merupakan bentuk lain dari wawancara (interview) dimana  merupakan wawancara tak langsung dan para responden diharapkan untuk  memberikan jawaban dari sejumlah pertanyaan yang diberikan.Teknik ini  dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan untuk dijawab secara  tertulis oleh Responden.
b. Studi dokumen, yaitu pengumpulan data dan informasi dari buku-buku,  jurnal, majalah dan internet yang berkaitan dengan penelitian.
8. Metode Analisis Data.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: a.  Metode Analisis Deskriptif Metode analisis deskriptif merupakan cara merumuskan dan menafsirkan data  yang ada sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai persepsi   mahasiswa Fakultas Ekonomi Ekstension  terhadap  Call Center Pra Bayar Simpati PT Telkomsel Medan. Analisis deskriptif  dilakukan peneliti yaitu dengan mendistribusikan jawaban responden dalam  bentuk tabel sehingga memperoleh gambaran yang jelas tentang distribusi  jawaban responden.
1. Uji Validitas  Uji Validitas bertujuan untuk menguji apakah kuisioner layak untuk  digunakan sebagai instrument penelitian. Uji Reliabilitas dilakukan untuk  melihat apakah alat ukur yang digunakan (kuesioner) menunjukkan  konsistensi dalam mengukur gejala yang sama (Sugiyono, 2005 : 110).
2.  Uji Reliabilitas Uji Reliabilitas dilakukan untuk melihat apakah alat ukur yang  digunakan (kuisioner) menunjukkan konsistensi dalam mengukur  gejala yang sama (Sugiyono, 2005 ; 110). Suatu instrument pertanyaan  dikatakan reliabel apabila memiliki Cronbach Alpa= 0.60, jika  instrument pertanyaan dibawah 0.60 maka instrument pertanyaan  tersebut tidak baik. Uji validitas dan reliabilitas kuisioner dalam  penelitian ini menggunakann software SPSS 12.00 For windows.
b. Metode Analisis Regresi Linear Berganda Metode analisis Regresi Linear Berganda digunakan menganalisis, melihat  seberapa besar pengaruh variabel independent (X1,X2,X3,X4) berupa variabel  kehandalan, variabel ketanggapan, variabel empati dan variabel jaminan    terhadap variabel dependen (Y)berupa  kepuasan pelanggan Call Center PT  Telkomsel.
Persamaannya adalah sebagai berikut : Y = bo + b1X1 + b2X2 +bnXn ….. e  Dimana :  Y  : Skor dimensi Kepuasan Pelanggan bo  :  Konstanta b1- b2  :  Koefisien Regresi    X1  : variabel kehandalan    X2  :  variabel ketanggapan      X3  :  variabel empati     X4  :  variabel jaminan e    :   Standar error.
1. Uji Fhitung (Uji serentak) Uji-F (uji serentak ) digunakan untuk melihat secara bersama-sama   (serentak) dari variabel-variabel independent yaitu (X1,X2,X3,X4) berupa  variabel kehandalan, variabel ketanggapan, variabel empati dan variabel  jaminan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel  dependen (Y) berupa kepuasan pelanggan Call Center PT Telko msel.
Melalui Uji Statistik dengan menggunakan langkah-langkah sebagai   berikut: Ho : b1 = b2 (X = 0 Artinya secara bersama-sama (serempak) tidak terdapat pengaruh yang  positif dan signifikan dari variabel-variabel independent yaitu  1,X2,X3,X4) berupa variabel kehandalan, variabel ketanggapan, variabel   empati dan variabel jaminan berpengaruh secara positif dan signifikan  terhadap variabel dependen (Y) berupa kepuasan Call Center PT  Telkomsel. Ha : b1 ≠ b2 ≠ 0 Artinya secara bersama-sama (serempak) terdapat pengaruh yang positif  dan signifikan dari variabel-variabel independent yaitu (X1,X2,X3,X4)  berupa variabel kehandalan, variabel ketanggapan, variabel empati dan  variabel jaminan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap  variabel dependen (Y) berupa kepuasan pelanggan Call Center PT  Telkomsel. Pengujian dengan uji t dua sisi pada tingkat pengujian (α) =  5% atau confidence internal tingkat keyakinan) = 95 %.
Kriteria Pengambilan Keputusan (KPK) : Ho diterima, apabila F-ratio <F-tabel Hoditolak, apabila F-ratio <F-tabel  2.  Uji – t (uji parsial) Uji parsial dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai   berikut:  Ho : b1 = 0 Artinya secara parsial tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  dari variabel-variabel independent yaitu (X1,X2,X3,X4 H ) berupa variabel  kehandalan, variabel ketanggapan, variabel empati dan variabel jaminan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen (Y)  berupa kepuasan pelanggan Call Center PT Telkomsel.
a : b1 ≠ 0  Artinya secara parsial tedapat pengaruh yang positif dan signifikan dari  variabel-variabel-variabel independent (X1,X2,X3,X4 ) berupa variabel  kehandalan, variabel ketanggapan, variabel empati dan variabel  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen  (Y1) berupa kepuasan pelanggan Call Center PT Telko msel.
Kriteria Pengambilan Keputusan (KPK) : Ho diterima, apabila F-ratio <F-tabel Ho ditolak, apabila F-ratio <F-tabel 3. Pengujian Koefisien Determinan (R 2 )  Pengujian Koefisien Determinan (R 2 ) digunakan untuk melihat seberapa  besar pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen.
Dengan kata lain koefesien determinan berganda digunakan untuk  mengukur besarnya pengaruh variabel-variabel independent (X1,X2,X3,X4 )  berupa variabel kehandalan, variabel ketanggapan,variabel empati dan  variabel jaminan berpengaruh secara positif dan signifikan  terhadap variabel dependen (Y) berupa kepuasan pelanggan Call Center  PT Telkomsel Medan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi