1BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perilaku keputusan keuangan
seseorang sangat menentukan dalam perjalanan kehidupan perekonomian baik untuk
diri sendiri, keluarga, maupun perusahaan yang dimilikinya. Sebab uang adalah
benda yang sangat berguna dan berpengaruh di dalam kehidupan modern seperti
sekarang ini yang harus memerlukan perhitungan ketika menggunakannya. Menurut
hasil penelitian yang dilakukan oleh Foster (2001), perilaku terhadap
penggunaan uang sering diartikan sebagai motivasi terhadap uang yang dimilikinya.
Uang yang berada di tangan seseorang akan mempunyai perlakuan berbeda antara
satu dengan yang lain. Hal ini
disebabkan karena keinginan setiap individu
untuk membelanjakan uang yang dimiliki berbeda antara satu dengan yang lainnya Hampir
setiap orang membutuhkan uang untuk keberlangsungan hidupnya. Artinya uang
memiliki peran dan fungsi yang sangat menentukan bagi kehidupan manusia.
Menurut Mankiw (2007) ada tiga (3) fungsi utama uang, yaitu: (1) sebagai unit
penyimpan nilai atau Store
of Value, (2) sebagai unit hitung atau Unit of Account, dan (3) sebagai media pertukaran
atau Medium of Exchange.
Dalam fungsinya sebagai alat
penyimpan nilai atau Store
of Value, uang dapat digunakan oleh setiap individu untuk mengubah daya beli dari
masa ke masa dan bahkan mampu merubah masa itu sendiri. Dengan uang seseorang 1dapat menentukan perilakunya
dalam mengambil suatu keputusan, seperti, bagaimana ia membelanjakan uangnya,
apakah ia akan membelanjakan uang tersebut pada saat itu juga atau tidak atau
apakah uang tersebut diberikan dengan cuma-cuma kepada orang lain.
Jika seseorang lebih tertarik akan
benda yang diinginkan, maka ia akan membelanjakannya untuk mendapatkan benda
dimaksud dan sebaliknya jika uang tersebut masih lebih penting untuk disimpan,
diinvestasikan, atau menunggu agar cukup untuk mendapatkan sesuatu yang lebih
memuaskan, maka ia akan menyimpannya di bank atau tempat yang dianggap aman
lainnya untuk selanjutnya di kemudian hari baru ia belanjakan.
Ada juga orang yang menjadikan
uang sebagai penambah modal perusahaan guna meningkatkan produksi
perusahaannya. Perusahaan harus dapat merumuskan
bauran pemasaran dengan tepat, oleh karena itu perusahaan tidak dapat mengabaikan
pendapat atau masukan dari konsumen. Para pemasar telah mengenal empat komponen
dasar atau unsur-unsur dalam bauran pemasaran, yaitu produk, harga, promosi dan
distribusi atau yang biasa disebut dengan 4p (product, price, promotion dan place) (Tjiptono, 1997).
Produk adalah sesuatu yang
diadakan untuk memenuhi keinginan orang banyak. Itulah sebabnya Kotler dan
Amstrong (2008) menyebut produk sebagai semua hal yang dapat ditawarkan kepada
pasar untuk menarik perhatian, akuisisi, penggunaan atau konsumsi yang dapat
memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan. Produk adalah sesuatu yang dihasilkan
usaha atau perusahaan. Setiap perusahaan dalam mengeluarkan produknya sebaiknya
terlebih dahulu menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar atau
konsumen. Selain itu 1produk juga harus mampu bersaing
di pasaran, mampu menjadikan konsumen menjadi tertarik dan mampu menentukan
sikap konsumen sebelum mengambil keputusan untuk membeli suatu produk yang
ditawarkan. Selain itu setiap usaha yang menghasilkan produk harus memiliki
keunggulan khusus yang mampu menarik perhatian konsumen paling tidak untuk
mencoba dan kemudian akan mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut.
Pemahaman perusahaan berawal dari
produk, selanjutnya disesuaikan dengan harga, promosi dan tempat. Pemikiran
yang berorientasi pada pasar dan konsumen merupakan kebutuhan yang tidak dapat
dielakkan lagi di era persaingan bisnis yang hypercompetition. Era ini diyakini pula sebagai
era dengan ketidakpastian yang dibarengi dengan munculnya fase pertumbuhan yang
tidak menentu. Salah satu penyebabnya adalah tingginya tingkat persaingan di
dunia baik bisnis lokal maupun global. Tingkat persaingan yang ketat antara
perusahaan menyebabkan perusahaan harus benar-benar memikirkan strategi yang
tepat dalam menghadapi persaingan tersebut.
Promosi merupakan salah satu
variabel di dalam marketing
mix yang penting
dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya.
Menurut Basu Swasta dan Irawan
(1981) promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk
mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan
pertukaran dalam pemasaran.
Harga merupakan unsur bauran
pemasaran yang bersifat fleksibel, artinya dapat diubah dengan cepat. Menurut
(Tjiptono, 1997) Harga juga dapat menjadi indikator kualitas dimana suatu
produk dengan kualitas tinggi akan berani dipatok 2dengan harga yang tinggi pula.
Harga dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan
pembelian suatu produk.
Faktor tempat berpengaruh terhadap
keputusan yang diambil konsumen untuk membeli suatu produk. Lokasi yang menarik
dan diharapkan mampu memuaskan keinginan serta dapat dijangkau oleh konsumen
sesuai kemampuan keuangan yang dimiliki seperti Draco Waterpark Medan akan
mampu menentukan perilaku keuangan konsumen untuk mengunjungi atau tidak.
Selain keempat faktor bauran
pemasaran, faktor motivasi juga memegang peranan penting dalam perilaku
keputusan keuangan. Motivasi adalah kebutuhan dengan
tekanan kuat yang mendorong seseorang untuk mencari kepuasan atas kebutuhan
tersebut (Kotler dan Amstrong, 2008). Motivasi konsumen adalah kekuatan
penggerak dalam diri konsumen yang memaksa bertindak untuk memenuhi apa yang
diinginkan atau dibutuhkan.
Draco Waterpark Medan sebagai
Industri waterpark yang didirikan tanggal 10 Januari 2011 telah menghasilkan track record yang sangat baik, sebab hanya
dalam kurun waktu singkat Draco Waterpark Medan telah mampu memberikan
kenyamanan berrekreasi terhadap keluarga khususnya di Kota Medan. Bahkan, kini,
kunjungan ke Draco Waterpark adalah cara paling aman bagi keluarga untuk
berlibur.
Menjembatani misi Pemerintah
Daerah dalam mewujudkan percepatan pembangunan Wilayah lingkar luar, untuk
mengimbangi pertumbuhan ekonomi kota di Kota Medan. HERMESREALTY INDONESIA
hadir sebagai pengembang mendirikan Mall Pertama dan terbesar dengan Konsep gaya hidup Modern yang
menakjubkan. Berdiri di atas lahan seluas 2 hektar, dengan 2fasilitas terlengkap yaitu:
Rekreasi air keluarga (Waterpark),
Pusat Hiburan (entertainment), Pusat makanan (Culinary Center) dan Pusat Acara
dan Pameran (Event
& Exhibition) dengan kapasitas lahan parkir luas
dan dekat dari bandara Polonia Medan. Dalam mewujudkan visi Kota Medan yang
Modern menjadikan Kota Jasa, Perdagangan dan keuangan dalam bersaing secara Regional
dan Global.
HERMESREALTY INDONESIA memberikan
DRACO Waterpark yang merupakan theme park dengan Wahana Rekreasi Air bertema “Naga Biru dan sebuah Istana” yang akan
memberi pengunjung petualangan wisata air bersama keluarga dan teman, dengan
kolam arus (Lazy River pool), Kolam Ombak (Wave pool), Kolam anak-anak (Kiddy pool), 6 Sliding dewasa dan 2 Sliding anak-anak
(Slide Funs: Spiral
slide/Waterboom, Racer slide, Matras slide), Sliding Pipe, dan Slide Tornado. yang pasti belum pernah ada di
Kota Medan.
Untuk mencapai hasil yang baik
suatu Perusahaan, dibutuhkan perencanaan Management yang kuat, dedikasi dan
kerja sama yang solid.
Melalui program - program kerja
yang berkaitan dengan budget, target marketingan, acara bulanan, operasional,
sumber daya manusia, pemeliharaan wahana dan pelatihan karyawan secara
periodik. Selain itu, standar kerja dan pelayanan yang meliputi bidang-bidang
seperti operasional, kualitas air dan staf.
Beberapa hal yang sangat mendasar
adalah bahwa sektor waterpark
adalah industri
jasa, bertanggung jawab profesional, tunduk pada Standard Operasional Prosedur
Perusahaan dan terfokus pada keselamatan pengunjung.
Bagi perusahaan ini pengunjung
adalah raja sehingga pengunjung ke tempat rekreasi Draco Waterpark setiap tahun
meningkat.
2Keadaan pengunjung Waterpark
Medan berfluktuasi dari bulan ke bulan bahkan dari tahun ke tahun. Adapun data
pengunjung dua tahun terakhir pada Draco Eaterpark Medan adalah sebagaimana
Tabel 1.1.
Tabel 1.Data Pengunjung Water Park Medan Tahun Kunjungan 2011-201No
Bulan Tahun 2011 Tahun 2011 Januari 13.650 orang 14.334
orang 2 Pebruari 10.006 orang 13.234 orang 3 Maret 9.916 orang 12.456 orang 4
April 12.002 orang 11.501 orang 5 Mei 11.256 orang 12.980 orang 6 Juni 14.805
orang 14.800 orang 7 Juli 12.123 orang 12.127 orang 8 Agustus 11.234 orang
13.234 orang 9 September 11.200 orang 12.443 orang 10 Oktober 10.560 orang
11.564 orang 11 Nopember 9.008 orang 12.856 orang 12 Desember 14.344 orang
15.004 orang Total 140.104 orang 156.533 orang Sumber: Manajer Draco Waterpark
Medan, 201Keunikan DRACO Waterpark dilihat dari bentuk temanya yaitu: anak Naga
biru dan Istananya, dengan Maskot Naga yang unik, lucu, lincah, bersahabat akan
menjadi teman buat pengunjung, khususnya anak-anak dan keluarga dapat dalam
bentuk Badut atau Boneka sebagai souvenir.
Draco waterpark di setiap fasilitas
wahananya akan di beri nama, seperti: (1) Wave Pool / Draco legend beach. Fasilitas yang dapat digunakan
bersama dengan keluarga bermain ombak buatan dengan gelombang diatur per 30
menit dengan masa gelombang 10–15 menit, gelombang terbesar yaitu Diamond.
Pengunjung akan menikmati kolam
ombak, bersantai dan berjemur dengan suasana pantai, dilengkapi kursi pantai (lazy chair) dan payung. Alat bantu 2pelampung (tube), Luas Kolam + 900 M2, kebutuhan air
kolam 2.000 Kb, dan kedalaman muka 2,8 meter. (2) Draco Lazy River.
Demikian juga dengan sungai yang
dirancang khusus untuk membuat pengunjung yang datang menjadi semakin akrab
dengan keluarganya, sungai buatan sepanjang +600 meter ini akan membawa
pengunjung untuk mengelilingi, menjelajahi cerita sang Naga memasuki lorong
ornamen di tengah riaknya gelombang arus, layaknya arum jeram di Draco
LazyRiver. Alat bantu pelampung (tube), kedalaman 1,2 meter. Luas ± 1800 m2, kebutuhan air
kolam 20.000 Kb. (3) Sliding
Pipe / Roc tower.
Ada juga menara seluncur lurus
setinggi 12 meter ini penuh dengan ketegangan dan membuat tantangan. Dengan
desain terowongan yang dapat meluncur dengan kecepatan tinggi ini dapat memacu
adrenalin. Body slide Pipe, Panjang Pipa slide 14 meter, kedalaman kolam 1,2
meter. Kebutuhan Air kolam sejalur dengan (River pool). (4) Sliding Water Swirl Bowl. Menara seluncur
setinggi 15 meter ini penuh dengan ketegangan dan membuat tantangan. Dengan
desain terowongan yang dapat meluncur dengan kecepatan tinggi ini dapat memacu
adrenalin, lalu masuk ke mangkuk besar dan berputar dan jatuh di pusaran air. Body slide pipe, panjang 18 meter, kedalaman
kolam 1,2 meter. kebutuhan air kolam sejalur dengan (Lazy River pool). (5) Sliding Spiral, 2 Sliding Spiral (WaterBoom) Body Slide dan Tube Slide dengan track spiral dari tower dengan ketinggian 10 meter,
membawa pengunjung meluncur dan berkelok lalu masuk ke kolam. Body slide / Tube Slide. Alat bantu
pelampung (tube), kedalaman kolam yaitu 1,2 cm, 2kebutuhan air kolam sejalur (Lazy River pool). (6) Sliding Racer. 2 Slide racer dengan track
lurus dari ketinggian 10 meter, Slide menggunakan matras dan Body Slide, meluncur cepat dan berhenti di
landasan slide.
Matras slide, Kebutuhan Air kolam sejalur
dengan (Lazy River pool). (7) Kiddy Pool. Sarana bermain untuk anak-anak
yang dilengkapi dengan permainan Kiddy slide, Water Cannons, Sliding Frog, Spraying Pencil, Spraying
Flower, Spraying Pipe, Spraying Clown, Spraying Bunny, Aqua Bucket.
Di tempat ini anak-anak dapat
memiliki kesempatan untuk berkumpul, bersenda gurau, belajar bersosialisasi dan
mencari teman baru melalui imajinatif yang mereka miliki di body slide, kedalaman kolam 80 cm. luas +
500 m2, kebutuhan air
kolam 600 Kb’.
Kenyataan menunjukkan bahwa grafik
jumlah pengunjung selalu meningkat walaupun Draco Waterpark menetapkan tiket
masuk yang relatif tinggi. Tetapi hingga saat ini belum diketahui bagaimana
bauran pemasaran (produk, promosi, harga, tempat), dan motivasi dapat mempengaruhi
perilaku pengunjung dalam penggunaan keuangannya untuk berekreasi di Draco Waterpark.
Oleh sebab itu peneliti ingin menganalisis factor apa sebenarnya yang
mempengaruhi pengunjung untuk mengarahkan perilaku penggunaan keuangannya
mengarah ke Draco Waterpark dengan menetapkan judul penelitian ini sebagai
berikut: “Pengaruh Bauran Pemasaran dan Motivasi Terhadap Perilaku Keuangan
Pengunjung Draco Waterpark Medan”.
21.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang
masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
Apakah terdapat pengaruh faktor produk, promosi, harga, tempat dan motivasi
secara bersama-sama dan secara parsial terhadap perilaku keputusan keuangan
pengunjung Draco Waterpark Medan?
1.3. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis pengaruh faktor produk, promosi, harga, tempat dan motivasi secara
bersama-sama dan secara parsial terhadap perilaku keputusan keuangan pengunjung
Draco Waterpark Medan.
1.4 Manfaat Penelitian Manfaat Penelitian ini adalah
sebagai berikut: a. Bagi perusahaan, sebagai informasi dan bahan masukan bagi
manajer perusahaan untuk dapat dijadikan landasan dalam menentukan strategi pemasaran
perusahaan dan sebagai bahan masukan dalam mengambil keputusan perusahaan yang
berkaitan dengan perilaku keputusan keuangan pengunjung.
b. Bagi peneliti, untuk memberikan
kontribusi bagi pemikiran guna memperluas cakrawala wawasan peneliti dalam
bidang manajemen pemasaran khususnya mengenai perilaku keputusan keuangan pengunjung
yang merupakan strategi pemasaran perusahaan yang 2sangat mempengaruhi perilaku
konsumen dan membandingkan teori yang telah dipelajari dengan aplikasi dalam
masyarakat.
c. Bagi peneliti lain, sebagai
bahan referensi yang nantinya akan memberikan perbandingan dalam melakukan
penelitian pada bidang yang sama di masa mendatang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi