BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pendidikan berperanan penting
terhadap kemajuan suatu bangsa. Program pembangunan
nasional pendidikan tinggi bertujuan untuk melakukan penataan sistem pendidikan tinggi; meningkatkan
kualitas dan relevansi pendidikan tinggi dengan dunia kerja; dan meningkatkan
pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan
tinggi, khususnya bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu.
Sumber Daya Manusia
(SDM) merupakan asset yang sangat penting bagi suatu Negara. Hal ini sejalan dengan arus
globalisasi yang ditandai dengan perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat dalam berbagai bidang, mengharuskan setiap Universitas mampu mengatasi
dan mengantisipasi kinerja Mahasiswa
(Murni, 2007; 114).
Dalam rangka
melanjutkan studi ke perguruan tinggi calon mahasiswa dihadapkan pada situasi
memilih dari berbagai program yang dipromosikan oleh berbagai perguruan tinggi. Penentuan perguruan tinggi mana yang akan
dipilih oleh calon mahasiswa dapat
diibaratkan sebagai seorang pembeli yang
akan membeli suatu barang atau produk.
Dengan demikian, lembaga pendidikan dapat dikategorikan sebagai lembaga pemberi jasa
pada para konsumen, dalam hal ini mahasiswa.
Oleh karena itu mereka adalah pihak yang
berhak memberikan penilaian menarik
tidaknya suatu lembaga pendidikan. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan
sebelum seorang calon mahasiswa menjatuhkan pilihannya kepada salah satu perguruan tinggi yang
diminati.
Faktor yang menjadi
ukuran dalam pemilihan perguruan tinggi bagi konsumen yaitu mahasiswa adalah uang kuliah
yang dinilai sangat berperanan penting.
Selain itu jurusan ataupun jasa pendidikan yang ditawarkan perguruan tinggi tersebut, apakah jurusan yang
ditawarkan memiliki keunggulan yang akan digunakan di dalam dunia usaha. Dan
pertimbangan lain gedung perkuliahan yang
ada apakah memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi yang dipilih.
Proses pengambilan
keputusan mungkin akan dimulai dengan penetapan tujuan lalu mengembangkan alternatif dan
akhirnya menentukan pilihan terbaik.
Sebagian orang
mungkin akan melakukan pilihan secara spontan
tanpa perencanaan, baik karena
tergiur oleh promosi, pelayanan, fasilitas gedung dan lain-lain tanpa melakukan skala prioritas mana
yang lebih dulu dilakukan. Tentu dalam
menentukan pilihan kuliah memerlukan proses rasional yang sedapat mungkin objektif, karena akan berakibat jangka
panjang dan terkait dengan pengorbanan
yang besar, mulai dari waktu, persiapan, dana dan sikap mental dari mahasiswa tersebut. Melanjutkan studi diperguruan tinggi adalah
seperti investasi jangka panjang,
sebelum keputusan diambil banyak hal
yang terlibat, seperti pemakai (user)
penggagas (initiator), fihak yang mempengaruhi (influencer), pengambil putusan
(decider), dan tentu saja faktor kepercayaan (trust).
Para calon
mahasiswa telah memiliki kumpulan-kumpulan harapan (expectations) mengenai bagaimana mereka
memenuhi kebutuhan dan keinginannya
tersebut. Setiap mahasiswa memiliki harapan yang berbeda mengenai bidang yang ditekuni, karena harapan
kepada universitas yang dipilih merupakan
harapan masa depan, seperti harapan dapat di terima di perusahaan.
Sesuai
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi dapat berbentuk
universitas, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan akademi. Universitas negeri di
Indonesia berjumlah yang lebih kurang 48
(www.ensiklopedia.com).
Universitas
Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang banyak diminati khususnya di
wilayah Sumatera Utara. USU dikatakan
banyak mencetak mahasiswa yang berkualitas dan berkembang di dalam masyarakat. Salah satu fakultas yang ada
di USU adalah Fakultas Ekonomi yang
memiliki beberapa program studi,salah satunya adalah jurusan Manajemen.
Program studi ini
juga tidak luput dari persaingan dalam dunia Pendidikan tinggi.
Akan tetapi,
program ini banyak di minati oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan program sarjananya.
Setiap tahunnya
mahasiswa yang ingin melanjutkan program sarjana pada Fakultas Ekonomi USU Jurusan Manajemen semakin
bertambah, seperti dalam Tabel 1.1
berikut: Tabel:1.Data Mahasiswa Departemen Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi USU.
NO. TAHUN JUMLAH
MAHASISWA 1 2007 122
2008 103 2009 8Sumber
Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi USU, Maret 201Tabel 1.1 menunjukkan bahwa
banyaknya mahasiswa yang berminat melanjutkan
pendidikan di program strata 1 Departemen Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara,
maka penulis tertarik untuk melakukan
penelitian dengan mengambil judul “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Melanjutkan Pendidikan di
Program Strata 1 Ekstensi di Departemen
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas
Sumatera Utara”.
1.2 PERUMUSAN
MASALAH Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan sebelumnya maka penulis merumuskan masalah penelitian
yaitu “ Apakah Produk, Harga, Bukti
Fisik, Promosi, Pelaku, Tempat dan Proses Berpengaruh Terhadap Keputusan Dalam Melanjutkan Pendidikan di
Program Strata 1 Ekstensi di Departemen
Manajemen Fakultas Ekonomi USU.
1.3 TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui dan
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan dalam melanjutkan pendidikan di program Strata 1 ekstensi di Departemen Manajemen Fakultas
Ekonomi USU.
1.4 MANFAAT PENELITIAN a. Bagi Fakultas Ekonomi USU Departemen
Manajemen Sebagai bahan masukan untuk dapat dijadikan landasan dalam menentukan kebijaksanaan Departemen
selanjutnya, sebagai upaya untuk lebih
meningkatkan kualitas sumber daya yang dihasilkan Departemen Manajemen.
b. Bagi Peneliti Penelitian ini dapat
memperluas wawasan peneliti dalam bidang manajemen pemasaran khususnya analisis
mengenai keputusan dalam melanjutkan
pendidikan yang lebih tinggi.
c. Bagi Peneliti lain Sebagai bahan referensi yang nantinya akan memberikan
perbandingan dalam melakukan penelitian
pada bidang yang sama di masa yang akan
datang.
5
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi