Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN DI PROGRAM STRATA 1 EKSTENSI DEPARTEMEN MANAJEMEN



BAB I PENDAHULUAN 
1.1   LATAR BELAKANG
 Pendidikan berperanan penting terhadap kemajuan suatu bangsa. Program  pembangunan nasional pendidikan tinggi bertujuan untuk melakukan penataan  sistem pendidikan tinggi; meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi  dengan dunia kerja; dan meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh  pendidikan tinggi, khususnya bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga  kurang mampu.

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan asset yang sangat penting bagi  suatu Negara. Hal ini sejalan dengan arus globalisasi yang ditandai dengan  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat dalam berbagai  bidang, mengharuskan setiap Universitas mampu mengatasi dan mengantisipasi  kinerja Mahasiswa (Murni, 2007; 114).
Dalam rangka melanjutkan studi ke perguruan tinggi calon mahasiswa dihadapkan pada situasi memilih dari berbagai program yang dipromosikan oleh  berbagai perguruan tinggi.  Penentuan perguruan tinggi mana yang akan dipilih  oleh calon mahasiswa dapat diibaratkan sebagai seorang  pembeli yang akan  membeli suatu barang atau produk. Dengan demikian, lembaga pendidikan dapat  dikategorikan sebagai lembaga pemberi jasa pada para konsumen, dalam hal ini  mahasiswa. Oleh karena itu mereka adalah pihak  yang berhak memberikan  penilaian menarik tidaknya suatu lembaga pendidikan. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum seorang calon mahasiswa menjatuhkan pilihannya  kepada salah satu perguruan tinggi yang diminati.
Faktor yang menjadi ukuran dalam pemilihan perguruan tinggi bagi  konsumen yaitu mahasiswa adalah uang kuliah yang dinilai sangat berperanan  penting. Selain itu jurusan ataupun jasa pendidikan yang ditawarkan perguruan  tinggi tersebut, apakah jurusan yang ditawarkan memiliki keunggulan yang akan  digunakan di dalam dunia usaha. Dan pertimbangan lain gedung perkuliahan  yang ada apakah memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam menuntut ilmu  di perguruan tinggi yang dipilih.
Proses pengambilan keputusan mungkin akan dimulai dengan penetapan  tujuan lalu mengembangkan alternatif dan akhirnya menentukan pilihan terbaik.
Sebagian orang mungkin akan melakukan pilihan secara spontan  tanpa  perencanaan, baik karena tergiur oleh promosi, pelayanan, fasilitas gedung dan  lain-lain tanpa melakukan skala prioritas mana yang lebih dulu dilakukan. Tentu  dalam menentukan pilihan kuliah memerlukan proses rasional  yang sedapat  mungkin objektif, karena akan berakibat jangka panjang dan terkait dengan  pengorbanan yang besar, mulai dari waktu, persiapan, dana dan sikap mental dari  mahasiswa tersebut.  Melanjutkan studi diperguruan tinggi adalah seperti investasi  jangka panjang, sebelum keputusan diambil  banyak hal yang terlibat, seperti  pemakai (user) penggagas (initiator), fihak yang mempengaruhi (influencer), pengambil putusan (decider), dan tentu saja faktor kepercayaan (trust).
Para calon mahasiswa telah memiliki kumpulan-kumpulan harapan  (expectations) mengenai bagaimana mereka memenuhi kebutuhan dan  keinginannya tersebut. Setiap mahasiswa memiliki harapan yang berbeda  mengenai bidang yang ditekuni, karena harapan kepada universitas yang dipilih  merupakan harapan masa depan, seperti harapan dapat di terima di perusahaan.
Sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional, perguruan tinggi dapat berbentuk universitas, politeknik, sekolah tinggi,  institut, dan akademi. Universitas negeri di Indonesia berjumlah yang lebih  kurang 48 (www.ensiklopedia.com).
Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu lembaga  pendidikan yang banyak diminati khususnya di wilayah Sumatera Utara. USU  dikatakan banyak mencetak mahasiswa yang berkualitas dan berkembang di  dalam masyarakat. Salah satu fakultas yang ada di USU adalah Fakultas Ekonomi  yang memiliki beberapa program studi,salah satunya adalah jurusan Manajemen.
Program studi ini juga tidak luput dari persaingan dalam dunia Pendidikan tinggi.
Akan tetapi, program ini banyak di minati oleh calon mahasiswa yang ingin  melanjutkan program sarjananya.
Setiap tahunnya mahasiswa yang ingin melanjutkan program sarjana pada  Fakultas Ekonomi USU Jurusan Manajemen semakin bertambah, seperti dalam  Tabel 1.1 berikut: Tabel:1.Data Mahasiswa Departemen Manajemen Ekstensi  Fakultas Ekonomi USU.
NO. TAHUN JUMLAH MAHASISWA 1  2007  122  2008  103  2009  8Sumber Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi USU, Maret 201Tabel 1.1 menunjukkan bahwa banyaknya mahasiswa yang berminat  melanjutkan pendidikan di program strata 1 Departemen Manajemen Ekstensi  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, maka penulis tertarik untuk  melakukan penelitian dengan mengambil judul “Pengaruh Bauran Pemasaran  Terhadap Keputusan Melanjutkan Pendidikan di Program Strata 1 Ekstensi  di Departemen Manajemen   Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara”.
1.2 PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan sebelumnya  maka penulis merumuskan masalah penelitian yaitu “ Apakah Produk, Harga,  Bukti Fisik, Promosi, Pelaku, Tempat dan Proses Berpengaruh Terhadap  Keputusan Dalam Melanjutkan Pendidikan di Program Strata 1 Ekstensi di  Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU.
1.3   TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang  mempengaruhi keputusan dalam melanjutkan pendidikan di program Strata  1 ekstensi di Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU.
1.4  MANFAAT PENELITIAN a.   Bagi Fakultas Ekonomi USU Departemen Manajemen Sebagai bahan masukan untuk dapat dijadikan landasan dalam  menentukan kebijaksanaan Departemen selanjutnya, sebagai upaya  untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya yang dihasilkan  Departemen Manajemen.
b.   Bagi Peneliti Penelitian ini dapat memperluas wawasan peneliti dalam bidang  manajemen pemasaran khususnya analisis mengenai keputusan dalam  melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
c.  Bagi Peneliti lain Sebagai  bahan referensi yang nantinya akan memberikan  perbandingan dalam melakukan penelitian pada bidang yang sama di  masa yang akan datang.
5   

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi