Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA KOLAM RENANG



BAB 1  PENDAHULUAN  
 A. Latar Belakang Masalah  
 Dewasa ini, persaingan dalam mendapatkan konsumen potensial antar  perusahaan semakin ketat, sehingga setiap perusahaan dituntut harus mampu  menghasilkan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dan inovatifserta  mampu bersaing di pasar. Tidak hanya itu, perusahaan juga harus mempunyai  strategi tersendiri untuk memperkenalkan keunggulan produk yang ditawarkan  untuk merebut konsumen potensial tersebut.

 Salah satu cara yang dilakukan perusahaan dalam menarik minat  konsumen terhadap suatu produk adalahdengan melakukan promosi, karena  promosi mempunyai peranan penting dalam mengkomunikasikan kebaikan dan  keunggulan suatu produk tertentu yang diperlukan dan dibutuhkan konsumen.
Bentuk-bentuk promosi yang dilakukan perusahaan-perusahaan dapat dijumpai  pada supermarket, kolam renang, bank, biro perjalanan, sampai kepada kios kecil  yang memberikan diskon atau hadiah terhadap konsumen yang berminat terhadap  barang atau jasa yang disediakan, dan promosi ini akan terus dilakukan sampai  perusahaan mendapatkan profityang sebelumnya telah ditargetkan perusahaan.
Pada perusahaan jasa seperti jasa perawatan, olahraga, perjalanan dan sebagainya  promosi merupakan strategi yang terpenting untuk memperkenalkan jasa yang  ditawarkan, karena sifat jasa tidak dapat diproduksi atau ditimbun didalam gudang  seperti perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk berupa barang.
 Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, maka konsumsi  akan barang-barang selain kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan  perumahan juga meningkat. Begitu juga dengan kebutuhan untuk mengkonsumsi  produk-produk jasa yang timbul dari kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan  kenyamanan dan kepuasan seperti tempat hiburan, restoran, penginapan,  komunikasi, kesehatan, dan sebagainya. Pada saat masyarakat merasakan  kejenuhan dengan berbagai rutinitas keseharian yang melelahkan, masyarakat  bisa mencoba mengalihkan rutinitas tersebut dengan berbagai aktivitas yang  menyenangkan, salah satunyaadalah dengan berenang.
Berenang menurut sebahagian orang merupakan hobi yang sangat  eksklusif, tetapi ternyata kesenangan yang satuini semakin banyak digemari oleh  berbagai kalangan terutama kalangan menengah kebawah. Kegemaran berenang  sering dilakukan dilaut lepas yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak  sedikit, karena itu alternatif lain adalah mengganti tempatnya.
Kolam renang merupakan tempat yang cocok untuk menjalankan hobi  renang. Perusahaan yang mengelola kolamrenang ini harus mempunyai strategi  pelayanan jasa yang khas yang membuat konsumen merasa betah dan nyaman.
Semakin gencarnya perusahaan dalam melakukan promosi dan pelayanan yang  baik, maka semakin besar pula keunggulan perusahaan dalam menghadapi  persaingan.
Promosi dalam hal ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit,  untuk itu, perusahaan diharapkan dapat merumuskan kebijakan promosinya  dengan harapan kebijakan tersebut mampu meningkatkan jumlah pengunjung.
 Meningkatkan jumlah pengunjung tidaklah mudah, karena dapat dipengaruhi oleh  beberapa variabel eksternal seperti: selera masyarakat, perkembangan sosial  politik, dan sebagainya yang terkadang tidakdapat teridentifikasi oleh perusahaan.
Peranan promosi sangat penting dalam usaha dan pencapaian tujuan  perusahaan, karena jika promosi dilakukan dengan baik dan efisien, maka akan  memberikan hasil yang baik yaitu memperoleh tingkat laba yang optimal bagi  perusahaan. Disamping itu, kelangsungan hidup perusahaan akanterjaga. Salah  satu pengelola kolam renang yang telah lama berkecimpung dalam bisnis jasa ini,  adalah Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Medan. Badan Usaha Milik  Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota Medan ini ditunjuk untuk mengelola  salah satu asset milik Pemerintah yaitu kolam renang Deli yang berlokasi di jalan  Sutomo no.4 Medan. Data jumlah pengunjung pada kolam renang Deli Medan  pada tahun 2003-2007, dapat dilihat pada tabel berikut:  Tabel 1.1  Jumlah pengunjung pada kolam renang Deli Medan Tahun 2003-2007  Tahun Masyarakat Umum  Anak Sekolah  2003  16.788 orang  23.984 orang  2004  28.675 orang  20.143 orang  2005  18.980 orang  25.786 orang  2006  31.674 orang  32.788 orang  2007  26.654 orang  34.098 orang  Sumber: KOLAM RENANG DELI MEDAN   Berdasarkan Tabel 1.1, pengunjung kolam renang Deli Medan  mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun, apakah kebijakan promosi yang  dilakukan perusahaan berpengaruh terhadap tingkat jumlah pengunjung pada  kolam renang Deli Medan? Oleh karenaitu, penulis tertarik untuk melakukan  penelitian pada salah satu perusahaan milik pemerintah ini. Dan judul yang dibuat  adalah: “Pengaruh Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung pada  Kolam Renang Deli Medan”.
B. Perumusan Masalah  Perumusan masalah yang disimpulkan dari judul tersebut adalah:  “Apakah promosi yang dilakukan perusahaan berpengaruh positif dan  signifikan terhadap jumlah pengunjung pada kolam renang Deli Medan?.
C. Kerangka Konseptual dan Hipotesis  Kerangka konseptual  Dan hipotesis dari penelitian ini adalah: Promosi yang dilakukan  perusahaan berpengaruh signifikan terhadap jumlah pengunjung pada kolam  renang Deli Medan.
Menurut Kotler (2006:358), Kegiatan promosi terdapat dalam bauran  pemasaran yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi,  publisitas dan pemasaran langsung. Dinamika persaingan bisnis yang semakin  ketat antara berbagai perusahaan dalam menghasilkan dan menjual produknya,  memberikan pengaruh bahwa perusahaan harus memberitahukan dan   memperkenalkan produknya kepada masyarakat agar terdorong untuk membeli  produk perusahaan melalui kegiatan promosi.
KEGIATAN  PROMOSI  Periklanan  X1  (Advertising)  Promosi Penjualan  X2   (Sales Promotion)  Publisitas X3  (Publicity)  Sumber: Kotler (2006:358)yang diolah penulis  Gambar 1.1 Kerangka Konseptual  D. Hipotesis  Tebakan pemecahan atau jawaban yang diusulkan biasa disebut dengan  istilah hipotesis (Arikunto, 2005:44). Berdasarkan perumusan masalah diatas  maka hipotesis yang peneliti kemukakan adalah “Promosi yang dilakukan  mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan  JUMLAH PENGUNJUNG PADA KOLAM RENANG DELI MEDAN ”.
E. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji biaya  promosi yang dilakukan terhadap peningkatan JUMLAH PENGUNJUNG PADA  KOLAM RENANG DELI MEDAN”.
Jumlah pengunjung  pada kolam renang  deli Medan   Manfaat penelitian untuk penulisan Skripsi ini adalah sebagai berikut:  1. Bagi penulis  Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapkan  teori-teori dan literatur yang penulis peroleh selama kuliah, dan menambah  pengetahuan dibidang manajemen pemasaran, khususnya pemasaran jasa.
2. Bagi Perusahaan  Diharapkan menjadi bahan masukan untuk menjalankan strategi pemasaran  jasa yang lebih baik lagi ke depan.
3. Bagi Pihak-pihak lain  Sebagai  bahan  referensi  yangnantinya bermanfaatsebagai perbandingan  untuk kegiatan penelitian selanjutnya di masa mendatang.
E. Metode Analisis Penelitian  1. Batasan Operasional  a. Jumlah pengunjung dari masyarakat umum dan anak sekolah pada tahun  2003-2007.
b. Biaya promosi selama lima tahun (2003-2007) yang terdiri dari periklanan,  promosi penjualan dan publisitas yangdinyatakan dalam satuan rupiah.
2. Identifikasi Variabel  Variabel-variabel dalam penelitian ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut:  a.  Jumlah pengunjung  = Y  b.  Promosi terdiri dari:  1. Periklanan = X1   2. Promosi Penjualan   = X2  3. Publisitas    = X3  Tabel 1.2  Defenisi Operasional Variabel  Variabel  DefenisiVariabel  Skala  Pengukuran  1.  Jumlah  pengunjung  (Y)  2. a. Periklanan  (X1).
b. Promosi  penjualan  (X2)  c. Publisitas  (X3).
Konsumen atau masyarakat  yang datang ke kolam renang  Deli Medan.
Kegiatan promosi yang  bertujuan untuk memberikan  informasi secara rutin tentang  kegiatan perusahaan serta  jasa-jasa yang tersedia antara  lain melalui media cetak.
Promosi yang dilakukan  perusahaan dengan  menawarkan potongan harga  atau insentif dalam  menggunakan jasa yang  ditawarkan.
Biaya yang dikeluarkan  perusahaan untuk melakukan  kegiatan promosi publisitas.
Jiwa  Rupiah  Rupiah  Rupiah  3. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian dilakukan penulis padakantor Perusahaan Daerah  Pembangunan Kota Medan yang berlokasi di Jl. Sutomo Ujung No.4  Medan 20235, pada bulan Juni2007 dan diperkirakanberakhir pada bulan  Maret 2008.
 . a. Data Primer  Data primer merupakan data yang dikumpulkan atau data yang diperoleh  langsung dari objek penelitian yang  masih harus diolah kembali oleh  penulis. Data primer tersebut antara lain biaya promosi dan jumlah  pengunjung pada kolam renang Deli Medan.
b. Data Sekunder  Data sekunder merupakan data yang diperoleh daribuku-buku, jurnal,  majalah yang digunakan sebagai referensi pendukung berupa teori-teori  dan informasi yang berkaitan dengan penelitian.
5. Teknik Pengumpulan Data  Dalam pengumpulan data penulis melakukan wawancara (interview) yaitu  mewawancarai langsung staff pada kolam renang Deli Medan mengenai biaya  promosi dan jumlah pengunjung.
6. Metode Analisa Data  a.  Metode Deskriptif yaitu metode yang digunakan dengan mengadakan  pengumpulan data antara lain biaya promosi dan jumlah pengunjung pada  KOLAM RENANG DELI MEDAN sehinggadiperoleh gambaran yang  jelas mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar variabel yang  diteliti.
b.  Metode  statistik merupakan metodekuantitatif digunakan untuk  mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan jumlah pengun  jung, maka digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan model  regresi linear berganda.
 Rumus regresi linear berganda (Sugiyono, 2003:221)  Y = a + b1x1 + b2x2 + b3X3 + e  Keterangan:  Y  = Jumlah pengunjung (Variabel dependen)  a  = Konstanta (tetap)  e = Standard error  b1,b2,b3 = Koefisien regresi  X1  = Promosi periklanan (Variabel Independen 1)  X2  = Promosi penjualan (Variabel Independen 2)  X3  = Publisitas (Variabel Independen 3)  Usaha untuk mencapai tujuan penelitian dan pengujian hipotesis, maka  data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan suatu analisis sesuai dengan  kebutuhan peneliti. Data diolah secarastatistik dengan menggunakan alat bantu  program SPSS (statistical product and service solution) versi 12.00. Pengujian  yang dilakukan (Nugroho, 2005).
1. Koefisien Determinan R2 (R Square)  Koefisien determinan digunakan untuk menghitung besarnya peranan atau  pengaruh variabel bebas (X1,X2,X3) terhadap variabel tidak bebas (Y). Nilai  R Square berkisar antara 0 -1, semakin kecil nilai R Square semakin lemah  hubungan antara dua variabel, sebaliknyajika R Square semakin mendekati 1,  maka hubungan antara kedua variabel semakin kuat.
2. Uji – f (serempak)  Uji - f (serempak) digunakan untuk melihat secara bersama-sama pengaruh  secara positif dan signifikan dari variabel independen (X1,X2,X3) terhadap   1variabel dependen (Y) melalui uji statistik dengan langkah-langkah sebagai  berikut:  Ho:b1=b2=b3=0 : Secara bersama-sama tidak terdapat pengaruh positif dan  signifikan dari variabel independen (X1,X2,X3) terhadap  variabel dependen (Y).
Ha:b1≠b2≠b3≠0 :  Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan  signifikan dari variabel independen (X1,X2,X3) terhadap  variabel dependen (Y).
Kriteria pengambilan keputusan dengan menggunakan alpha = 5% dan  derajat keabsahan (n-k), (k-1) kemudian dibandingkan dengan t hitung.
Ho diterima apabila f hitung ≤f tabel Ha diterima apabila f hitung ≥f tabel  3. Uji – t (Parsial)  Uji – t (Parsial) digunakan utnuk melihat secara parsial pengaruh secara positif  dan signifikan dari variabel independen (X1,X2,X3) terhadap variabel  dependen (Y), melalui uji parsial dengan menggunakan langkah-langkah  sebagai berikut:  Ho:b1=b2=b3=0 :  Secara parsial tidak terdapat pengaruh positif dan  signifikan dari variabel independen (X1,X2,X3) terhadap  variabel dependen (Y).
Ha:b1≠b2≠b3≠0 :  Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan  dari variabel independen (X1,X2,X3)  terhadap variabel  dependen (Y).
 1Kriteria pengambilan keputusan dengan menggunakan alpha = 5% dan  derajat keabsahan (n-k) kemudian dibandingkan dengan t hitung.
Ho diterima JIKA t hitung ≥t tabel Ha diterima JIKA t hitung ≤t tabel  Ha diterima JIKA t hitung ≥t tabel Ho diterima JIKA t hitung ≤t tabel    

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi