Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH BRAND CHARACTERISTIC TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN MCDONALD’S SETIA BUDI



BAB I PENDAHULUAN
 1. 1 Latar Belakang 
Persaingan bisnis antar perusahaan semakin ketat di pasar domestik  maupun internasional. Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan  keunggulan kompetitif harus mampu memberikan produk yang berkualitas,  mengelola  manajemen yang baik, kecermatan strategi oleh  para pengambil  keputusan dan kinerja perusahaan yang maksimal. Strategi adalah kunci dari  kesuksesan perusahaan. Kemampuan perusahaan dalam menyelaraskan antara  strategi dan kinerja perusahaan akan mempengaruhi konsumen dalam membuat  keputusan untuk membeli produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Berbagai macam pilihan produk baik barang atau jasa yang ditawarkan  oleh produsen, memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengkonsumsi produk  dengan berbagai pilihan merek. Beragamnya merek produk yang  ditawarkan kepada konsumen membuat konsumen memiliki kesempatan untuk  beralih dari satu merek ke merek lainnya. Oleh karena itu, produsen perlu  melakukan berbagai macam langkah dalam hal mempertahankan dan  meningkatkan loyalitas merek yang sudah dibangun sebelumnya. Mowen dan  Minor (2002) mengatakan bahwa loyalitas merek mempunyai arti yaitu kondisi  dimana konsumen mempunyai sikap positif terhadap sebuah merek, mempunyai  komitmen pada merek tersebut dan bermaksud meneruskan pembeliannya dimasa  mendatang.
Persaingan perusahaan menarik konsumen untuk mengkonsumsi produk  yang diproduksi tidak lagi hanya terbatas pada fungsi awal produk tersebut bagi  konsumen, tetapi sudah dikaitkan dengan merek yang dapat memberikan citra  khusus bagi konsumen. Kekuatan merek suatu produk yang dimiliki suatu  perusahaan  merupakan hasil dari penerapan strategi yang baik dalam  pembentukan merek. Produk yang berkualitas akan memberikan nilai kepuasan  yang tinggi bagi konsumen. Apabila suatu produk telah memiliki nilai kepuasan di  mata konsumen, maka salah satu yang paling diingat oleh konsumen adalah merek  dari suatu produk tersebut.
Merek adalah suatu nama, istilah, tanda, lambang, atau desain, atau  gabungan, semua yang diharapkan mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang  penjual atau sekelompok penjual, dan diharapkan akan membedakan barang atau  jasa dari produk-produk milik pesaing (Kotler,2008:79) . Merek merupakan salah  satu faktor yang sangat penting bagi suatu produk barang ataupun jasa, karena  merek dapat menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan. Merek yang baik  adalah merek yang dapat membedakan dirinya dengan merek dari perusahaan  yang lain.
Merek sangat penting bagi keberhasilan produk. Hermawan Kartajaya (2004:17) mengatakan bahwa merek lebih penting dari produk itu sendiri. Ia  mengatakan bahwa pada saat  membeli produk, orang cenderung membeli  mereknya. Contohnya, saat membeli mobil Kijang, yang terdapat dalam pikiran  pembeli adalah nama Kijangnya, bukan sosok produknya secara fisik.   Brand characteristic memainkan peranan yang penting dalam menentukan  keputusan konsumen dalam mempercayai suatu merek. Pertimbangan konsumen  dalam pemilihan suatu merek akan menentukan apakah konsumen akan  membangun hubungan terhadap merek tersebut. Lau dan Lee (1999) menyatakan  bahwa karakteristik merek terdiri atas tiga elemen yaitu: Reputasi Merek (Brand Reputation), Kecakapan Memprediksi Merek (Brand Predictability), dan  Kompetensi Merek (Brand Competence).
Reputasi Merek (Brand Reputation) berkenaan dengan opini dari orang  lain bahwa merek itu baik dan dapat diandalkan (reliable). Reputasi merek dapat  dikembangkan bukan saja melalaui advertising dan public relation, tetapi juga  dipengaruhi oleh kualitas dan kinerja produk. Pelanggan akan mempersepsikan  bahwa sebuah merek memiliki reputasi baik, jika sebuah merek dapat memenuhi  harapan mereka, maka reputasi merek yang baik tersebut akan memperkuat  kepercayaan pelanggan (Lau dan Lee, 1999).
Kecakapan Memprediksi Merek (Brand Predictability) berkenaan dengan  kemampuan suatu kelompok untuk memprediksi perilaku dari kelompok lain  (Doney dan Cannon, 1997).  Brand predictability  adalah merek yang  memungkinkan pelanggan untuk mengharapkan bagaimana sebuah merek akan  memiliki performance  pada setiap pemakaian.  Brand predictability  dapat  meningkatkan keyakinan konsumen karena konsumen mengetahui bahwa tidak  ada sesuatu yang tidak diharapkan akan terjadi ketika mengunakan merek  tersebut. Karena itu,  brand predictability  akan meningkatkan kepercayaan  terhadap merek karena predictability menciptakan ekspektasi positif (Kasperson  et al.,1992, dalam Lau dan Lee, 1999).
Kompetensi Merek (Brand Competence) adalah merek yang memiliki  kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan,  dan dapat memenuhi kebutuhannya. Kemampuan berkaitan dengan keahlian dan  karakteristik yang memungkinkan suatu kelompok memiliki pengaruh dalam  suatu wilayah tertentu (Butler dan Cantrell, 1984, dalam Lau dan Lee, 1999).
Ketika diyakini bahwa sebuah merek itu mampu untuk menyelesaikan  permasalahan dalam diri pelanggan, maka pelanggan tersebut mungkin  berkeinginan untuk meyakini merek tersebut.
Salah satu strategi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya adalah  dengan membuka bisnis dengan model bisnis waralaba. Model bisnis waralaba  adalah model bisnis yang memiliki peluang besar untuk berkembang, teruji oleh  pasar, atau memiliki merek yang sudah dikenal masyarakat.  Waralaba yang  memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia adalah jenis waralaba restoran  cepat saji, hal ini didukung dengan pertumbuhan penduduk Indonesia yang cukup  tinggi, mobilitas, masyarakat terutama di kawasan perkotaan yang dinamis  sehingga semakin dibutuhkannya ketersediaan makanan cepat saji. Didukung juga  kecenderungan gaya hidup masyarakat yang semakin mengarah ke pada hal-hal  praktis. Tidak terkecuali pada pola makan yang gemar menyantap sajian yang  serba instant.
McDonald's Corporation  NYSE:  MCD  (di  Indonesia  terkenal dengan  sebutan McD, dibaca Mek-di) adalah rangkaian rumah makan siap saji terbesar di  dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah  hamburger,  disamping itu mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng, dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada.
McDonald’s dikenal sebagai salah satu restoran cepat saji terbesar yang  banyak terdapat diberbagai negara dan banyak dipilih oleh setiap orang yang suka  menyantap makanan cepat saji. Hal ini dapat dibuktikan dengan masuknya  McDonald’s masuk kedalam sepuluh Best Global Brands yang menempati posisi  ke 6 di dunia (www.interbrand.com diakses pada tanggal 20 januari 2011). Data  ini ditunjukkan oleh Tabel 1.1.
Tabel 1.1 10 Best Global Brands Peringkat  Merek  Negara 1 United State 2 United State 3 United State 4 United State 5 United State 6 United State 7 United State 8 Finlandia 9 Unite State 10 United State Sumber: www.interbrand.com, (diolah) McDonald’s juga masuk ke dalam sepuluh besar franchise  paling top  secara global 2011, berdasarkan survey di www.enterpreneur.com (diakses pada  tanggal 25 januari 2011). Seperti ditunjuk pada tabel 1.2.  Dapat dilihat  Mcdonald’s memasuki posisi ketiga dan termasuk dalam sepuluh Top Global  Franchise  pada tahun 2011. Hal ini menunjukan bahwa McDonald’s mampu  bersaing dengan baik dan mampu membuktikan produktifitasnya di tengah  persaingan pasar yang semakin ketat.
Tabel 1.2 Peringkat Top 10 Global Franchise Tahun 2011 Nama Waralaba 1  Hampton Hotels 2  ampm 3  McDonald's 4  7-Eleven Inc.
5  Supercuts 6  Days Inn 7  VanguardCleaning Systems 8  Servpro 9  Subway 10  Denny's Inc.
Sumber: www.entrepreneur.com Saat ini McDonald's telah  memiliki lima  outlet  di Medan  yaitu  McDonald's  Merdeka Walk,  McDonald's  Thamrin Plaza,  McDonald's  Yuki  Simpang Raya, McDonald’s Milenium Plaza dan McDonald’s  Setiabudi.
Berdasarkan hasil pengamatan  yang telah dilakukan, banyak konsumen  McDonald's membeli makanan dengan sistem paket karena selain harganya lebih  murah,  pilihan  makanan  juga lebih beragam. Disamping itu, tempatnya juga  nyaman dan tersedia berbagai fasilitas yang mendukung seperti wifi dan komputer sehingga konsumen McDonald's  merasa nyaman dan tertarik untuk memilih  McDonald’s sebagai restoran cepat saji yang baik.
Salah satu outlet  McDonald’s yang hadir di kota Medan berlokasi di  Setiabudi. McDonald’s Setiabudi telah mampu menerapkan prinsip manajemen  franchise yang baik. McDonald’s memiliki lokasi strategis yaitu berada dekat  dengan perumahan, berada di jalan lintas yang cukup ramai dilalui masyarakat,  sarana seperti mushola, toilet, tempat parkir yang cukup luas dan aman  mendukung keinginan konsumen untuk mengunjungi outlet  McDonald’s  Setiabudi melakukan pembelian bahkan merekomendasikan McDonald’s kepada  orang lain sebagai restoran cepat saji yang baik. Berdasarkan uraian dan  penjelasan yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis tertarik untuk  melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Brand Characteristic Terhadap  Brand Loyalty Pada Konsumen McDonald’s Setiabudi  Medan”.
1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka penulis  merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah Brand Characteristic berpengaruh secara positif signifikan terhadap  Brand Loyalty pada konsumen McDonald’s Setiabudi Medan?.
1.3 Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah:  Mengetahui pengaruh Brand Characteristic pada konsumen McDonald’s  Setiabudi Medan.
1.4 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi: a.  Bagi Penulis Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk melihat dan  memahami penerapan teori-teori dan literatur yang penulis peroleh di  bangku perkuliahan, dan mencoba membandingkannya dengan praktik  yang ada di lapangan. Dengan demikian akan menambah pemahaman  penulisan dalam bidang manajemen khususnya dibidang pemasaran.
b.  Bagi Pihak Lain Diharapkan penelitian ini dapat memperluas pengetahuan serta dapat  menambah wawasan mengenai manajemen pemasaran pada umumnya dan  brand loyalty khususnya  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi