Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SUPERMARKET MADINAH SYARIAH



BAB I PENDAHULUAN
 1.1.  Latar Belakang Masalah 
Globalisasi dan kondisi ekonomi serta kebutuhan masyarakat yang terus  meningkat beberapa tahun terakhir di kota – kota besar di Indonesia menyebabkan  bisnis ritel / eceran mengalami perkembangan yang sangat pesat ditandai dengan  banyaknya bisnis ritel tradisional yang mulai berbenah diri menjadi bisnis ritel  modern, dan munculnya bisnis ritel baru baik lokal maupun franchise seperti  carefour dan indomart. Lembaga survey AC Nielsen menyebutkan posisi ritel di  Indonesia menempati posisi nomor 2 di Asia Pasifik setelah China (Info BCA  Edisi Maret 2007).

Medan sebagai salah satu kota besar di Indonesia sangat berpotensi sebagai  pusat pertumbuhan ritel di Indonesia. Pesatnya pertumbuhan itu dapat dilihat dari  banyaknya usaha ritel modern yang dibuka beberapa tahun terakhir ini. Ketatnya  persaingan antar ritel bukan hanya dilihat dari banyaknya bisnis ritel yang muncul  tapi karena konsumen saat ini sudah semakin cerdas dalam memilih kualitas  produk, sadar harga,  dan memiliki harapan yang tinggi atas pelayanan yang  diinginkan,  hingga usaha ritel harus memberikan kepuasan kepada konsumen  sebagai syarat minimal untuk mengembangkan bisnis ritel.
Hubungan antara fokus pada pelanggan dan tingkat kepuasan juga disadari  oleh sebahagian besar perusahaan. Oleh sebab itu, banyak perusahaan saat ini  sangat concern dengan pencapaian kepuasan pelanggan (Info BCA Edisi Maret  2007).
Agar perusahaan dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan akan  kualitas produk dan pelayanan yang diinginkan, perusahaan harus menciptakan sebuah strategi agar mampu bertahan dalam persaingan antar perusahaan yang  semakin ketat, apalagi dalam bisnis ritel saat ini yang memiliki banyak pesaing.
Banyaknya bisnis ritel yang berkembang memberi kesempatan kepada konsumen  untuk memilih ritel mana yang sesuai dengan apa yang diinginkan dan  memberikan pelayanan yang terbaik Bisnis ritel harus dapat menciptakan sebuah strategi dengan memberikan  pengalaman pada konsumen saat menikmati / mengkonsumsi produk atau jasa  yang diberikan. Kepuasan konsumen dapat dicapai jika perusahaan tidak  membiarkan produk atau layanan terjadi dengan sendirinya. Oleh sebab itu, perlu  disain produk dan pelayanan secara terintegrasi sehingga menimbulkan  pengalaman konsumen yang di sebut sebagai customer experience (pengalaman  konsumen).
Berdasarkan penelitian Schmitt (Majalah Marketing 01/V/Januari, 2006)  Holistic Experience (pengalaman keseluruhan) merupakan tujuan dari pemasaran  yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, yang artinya bahwa kepuasan  akhir konsumen atau pelanggan akan diperoleh jika konsumen mampu merasakan  keseluruhan pengalaman yang dibentuk. Itulah sebabnya, Schmitt menggagas  experiental marketing  sebagai pendekatan baru yang lebih tepat untuk  memberikan kepuasan maksimal pada konsumen.
Customer experience (pengalaman konsumen) adalah sebuah strategi yang  hadir pada zaman revolusi industri, di mana sektor agrikultur tergeser oleh sektor  manufaktur, seiring dengan meningkatnya keadaan ekonomi masyarakat dan  proses otomatisasi, sehingga penghasilan masyarakat bertambah dan memiliki  lebih banyak waktu luang sehingga masyarakat lebih memilih untuk membeli  pelayanan (services) di banding hanya memperoleh kebutuhan yang di harapkan  baik barang maupun jasa. Dalam hal ini pengukuran kepuasan pada customer  experience dengan menggunakan lima variabel yaitu sense, feel, think, act dan  relate.
Pengalaman ini dapat dilihat dari sisi bagaimana konsumen mengkonsumsi  atau menggunakan produk itu Dalam situasi apa konsumen mengkonsumsinya Bagaimana keterlibatan konsumen dalam proses konsumsi atau penggunaan  produk.
Supermarket Madinah Syariah adalah salah satu supermarket yang sangat  concern terhadap pelayanan yang diberikan kepada konsumen dan bertekad untuk  selalu memberikan pelayanan yang berkualitas dan kenyamanan kepada  konsumennya.  Dimana supermarket ini adalah satu satunya yang memiliki  manajemen syariah yang dapat dilihat dari penghargaan yang diterimanya dari  MURI (Museum Rekor Indonesia) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia) sebagai  supermarket berbasis syariah pertama di Indonesia (Majalah SWA, Edisi April  2008).  Madinah Syariah juga memberikan pengalaman berbelanja yang  menyenangkan kepada konsumennya yang dapat dilihat dari dekorasi ruangan dan penantaan serta kelengkapan produk. Hingga saat berbelanja konsumen tetap  merasakan kenyamanan yang memberikan pengalaman bagi pelanggan. Salah satu  keunikan madinah syariah yang tidak dimiliki supermarket lain adalah tersedianya  sarana ibadah dalam supermarket hingga konsumen dapat melaksanakan ibadah  meskipun sedang berbelanja.
Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian  dengan judul “Analisis Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan  pada Supermarket Madinah Syariah Medan 1.2.  Perumusan masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, penulis merumuskan  masalah sebagai berikut : 1.  Bagaimana pengaruh customer experience yang terdiri dari sense, feel,  think, act  dan relate terhadap kepuasan konsumen pada  Supermarket  Madinah Syariah Medan (Uji secara simultan) 2.  Variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap  kepuasan konsumen pada Supermarket Madinah Syariah Medan (Uji  secara parsial).
1.3.  Tujuan Penelitian a.  Mengetahui pengaruh customer experience terhadap kepuasan pelanggan  pada Supermarket Madinah Syariah Medan  b.  Mengetahui variabel  customer experience  manakah yang paling  berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Supermarket Madinah  Syariah Medan.
1.4.  Manfaat Penelitian  a.  Bagi Supermarket Madinah Syariah Medan Sebagai informasi dan masukan bagi Supermaket Madinah Syariah Medan  untuk dapat dijadikan landasan dalam menentukan kebijakan selanjutnya,  sebagai upaya mempertahankan konsumen dan usahanya.
b.  Bagi Peneliti Penelitian ini merupakan kesempatan bagi peneliti untuk dapat  menerapkan teori –  teori yang telah di dapat di bangku kuliah serta  menambah wawasan penulis dalam bidang pemasaran, khususnya tentang  pengaruh  customer experience  terhadap kepuasan pelanggan pada  Supermarket Madinah Syariah Medan.
c.  Bagi Peneliti Selanjutnya Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi peneliti lain  yang akan melakukan penelitian terhadap objek dan masalah yang sama di  masa yang akan datang.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi