Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOPHIE MARTIN PADA MAHASISWA LEMBAGA PENDIDIKAN POLITEKNIK



BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang 
Perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak  langsung telah memberikan pengaruh yang besar dalam bidang perekonomian. Hal ini juga memberikan dampak yang signifikan bagi perusahaan, baik  perusahaan yang bergerak dibidang jasa maupun dibidang manufaktur. Perkembangan tersebut akan mendorong perusahaan untuk mengelola bisnisnya  agar mampu bertahan dalam persaingan serta tetap memperoleh keuntungan yang  optimal.

Dalam usahanya untuk memenangkan sebuah persaingan, maka  perusahaan harus mampu menetapkan strategi pemasaran yang tepat untuk produk  yang dihasilkan. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena seiring berjalannya waktu  maka terdapat beragam produk baru yang beredar dipasar, baik produk yang baru  melalui proses produksi maupun produk baru hasil daur ulang (Recycle). Maka  perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang memiliki ciri khas tersendiri  baik dari segi kemasan dan cita rasa yang ditawarkan. Fenomena persaingan ini  menuntut para pemasar untuk selalu menginovasi strategi bisnisnya.
Salah satu aset untuk mencapai hal tersebut adalah melalui manajemen  merek. Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari  hal-hal tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari  seseorang atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dengan produk  pesaing (Kothler, 2007 : 332). Merek bukan saja mampu menciptakan daya tarik,  tetapi juga sebagai alat untuk memenangkan persaingan. Dengan demikian,  pemasar harus mampu membangun misi untuk merek tersebut dan visi harus  menjadi seperti apa sebuah merek tersebut dan apa yang harus dilakukannya  terhadap merek tersebut.
Menurut Setiadi (2003:179), Citra (Image)  merupakan total persepsi  terhadap suatu objek, yang dibentuk dengan memproses informasi dari berbagai  sumber di setiap waktu. Persepsi yang positif setiap waktu akan membentuk  brand image yang positif pula. Konsumen cenderung menjadikan brand image suatu produk sebagai acuan sebelum melakukan pembelian suatu produk. Maka,  perusahaan harus dapat menciptakan merek yang menarik sekaligus  menggambarkan manfaat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan  konsumen sehingga dengan demikian konsumen memiliki  citra yang positif  terhadap merek. Brand Image yang baik merupakan salah satu aset perusahaan,  karena brand akan mempengaruhi setiap persepsi konsumen dan hal ini juga akan  memberi kesan positif terhadap perusahaan.
Pengelolaan Brand Image ini sangat penting dalam setiap bidang usaha. Salah  satunya adalah dalam Industri Pemasaran Jaringan (Multi Level Marketing), karena  Industri Pemasaran Jaringan (Multi Level Marketing) merupakan fenomena yang  cukup menarik di Indonesia. Istilah Pemasaran Jaringan (Multi Level Marketing) menunjuk pada metode atau sistem pemasaran dengan menggunakan jaringan  kerja. Pemasaran jaringan adalah organisasi yang terdiri dari sekelompok orang  distributor dimana setiap orangnya melakukan sedikit penjualan eceran kepada  diri sendiri atau orang lain. Pemasaran jaringan ini sangat berkembang pesat  diindonesia. Semakin berkembangnya pemasaran jaringan tentunya akan  menambah tingkat persaingan baik antara perusahaan sejenis maupun dengan  perusahaan yang berbeda.
Indikasi yang paling kuat ditunjukkan oleh pertumbuhan industri  pemasaran jaringan (Multi Level Marketing) yang semakin pesat. Terdapat ratusan  lebih perusahaan yang berkecimpung di Industri ini. Data terakhir yang diperoleh  penulis, terdapat 62 Industri Pemasaran jaringan yang terdaftar di APLI (Asosiasi  Penjual Langsung Indonesia), dan masih banyak perusahaan sejenis yang belum  terdaftar. Perusahaan MLM yang dikategorikan memiliki prospek yang cukup  baik yaitu seperti ditunjukkan pada tabel 1.1 berikut: Tabel 1.1 Daftar Perusahaan MLM di Indonesia Tahun 2010 No ID  Nama Perusahaan  Produk  Jenis Produk 0002/06/93  PT Matolindo Primantara  Matol  Food Suplement 0003/06/93  PT Citra Nusa Insan  Cemerlang CNI  food Suplement,  Beauty Care,Home  Care, Child Care,  Educational Toys,  Food & Drink 0005/06/93  PT Amway Indonesia  Amway  Food Suplement,  Beauty care,  cosmetics 0008/06/93  PT Multicare Mitra Sejahtera  Multicare  Food Suplement,  beauty care 0011/06/93  PT Orindo Alam Ayu  Oriflame  Beauty Care,Home  Care, fashion.
0013/11/95  PT Viva Merindo Mitra  Sejahtera Viva Life  Cosmetics, beauty  care 0014/01/96  PT Tara Prima Megah  Tara  Food Suplement  0015/01/96  PT Berjaya Cosway Indonesia  Cosway  Health care, Beauty  Care,Home Care, Car  Care, House hold  care, Food & Drink 0016/05/96  PT Nugra Aloeverindo  Health Food  Food Suplement 0017/05/96  PT Tianshi Indonesia  Tianshi  Food Suplement,  beauty care,  medichine.
0025/09/98  PT Sophie Marthin Indonesia  Sophie  Marthin Fashion. Accessories,  Beauty care.
0027/11/98  PT Herbalife indonesia  Herbalife   food Suplement 0028/11/98  PT. Solaraja Persada Jaya  (Prime & First Ind.) Prime & First  New World Skin Care, cosmetics,  Food Suplement 0029/11/98  PT. Capriasi Multinasional  Sejahtera Capriasi  Fashion, Parfume,  Watches Sumber: http://www.apli.or.id Februari 2011 Salah satu perusahaan Multi Level Marketing yang berusaha menciptakan  Brand Image yang positif adalah PT Sophie Martin Indonesia. PT Sophie Martin  Indonesia adalah perintis industri pemasaran jaringan (MLM) di Indonesia.
Visinya adalah menjadi terkenal diseluruh Asia dan tetap menjadi Leader di  Bidang MLM dengan membangun member yang berkelanjutan. Mengingat  pentingnya pengelolaan sebuah merek, Shopie Martin berfokus pada merek  Sophie Marthin sebagai major bisnisnya. Sophie Martin Indonesia senantiasa  memperbaharui 30% produk sebelumnya, selalu mengedepankan inovasi dan  kreativitas, melakukan quality Control serta tetap menjaga image produk agar  tetap unggul dalam persaingan dan dapat mempertahankan kepuasan dan loyalitas  pelanggannya. Ditengah-tengah banyaknya perusahaan yang sejenis yang  menawarkan produknya dipasar, merek Sophie Marthin tetap memiliki tempat  tersendiri bagi konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei majalah swa tahun  2010, seperti yang terdapat pada tabel 1.2 : Tabel 1.2 Jumlah peminat Produk Multi Level Marketing di Indonesia  Tahun 2010 No  Nama Perusahaan  Jumlah peminat 1  CNI  33% 2  Oriflame  25% 3  Sophie Marthin  15% 4  Amway  13% 5  Tianshi  6% 6  Lain-lain  8% Sumber: http://swaonline.com Februari 2011 Mahasiswa juga merupakan pangsa pasar yang potensial bagi pemasaran  produk Multi Level marketing (MLM) khususnya merek Sophie Martin, karena  selain menjadi sarana dalam memenuhi kebutuhan fashion, accessories  dan  cosmetics  bagi mahasiswa, MLM ini juga sering menawarkan berbagai  keuntungan melalui pembelian produknya.
Ditengah banyaknya merek produk MLM yang memberikan penawaran  bagi mahasiswa Lembaga Pendidikan politeknik MBP Medan, merek Sophie  Martin memiliki tempat tersendiri bagi pelanggan dikalangan mahasiswa  dibandingkan produk MLM yang lain. Terdapat berbagai merek MLM yang  beredar di kalangan mahasiswa ini, antara lain: Tianshi, Taskita, oriflamme,  capriasi dan sophie marthin. Dari berbagai merek MLM tersebut, mahasiswa  Lembaga Pendidikan Politeknik MBP masih menempatkan merek Sophie Martin  sebagai merek MLM favorit. Hal ini juga terlihat dari seringnya perusahaan  sophie martin mensponsori kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di Lembaga  Politeknik MBP Medan.
Sophie Martin memiliki image yang positif dikalangan mahasiswa, selain  karena kualitas produknya yang bagus, memakai produk Sophie Martin juga  menimbulkan kesan tersendiri bagi pemakainya. Sebagai konsumen dari kalangan  anak muda, memakai produk Sophie Martin menimbulkan kesan modern dan  menimbulkan prestise bagi mereka. Maka seiring dengan adanya respon yang baik  dari mahasiswa maka terdapat juga kecocokan antara konsumen dan asosiasi  merek yang tercipta, dari beberapa asosiasi merek yang ada, variabel atribut,  manfaat, nilai dan kepribadian adalah asosiasi yang yang paling banyak muncul  dari hasil prasurvei yag sudah dilakukan oleh peneliti. Hal ini dapat dibuktikan  dari hasil Prasurvei yang dilakukan peneliti pada Mahasiswa Jurusan akuntansi  Politeknik MBP stambuk  2010, dari 27 orang mahasiswa 14 orang pernah  melakukan pembelian produk Sophie Martin untuk berbagai jenis produk.
Berdasarkan alasan-alasan tersebut, serta didukung oleh data yang ada,  maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : “Pengaruh  Citra Merek (Brand Image) terhadap Keputusan Pembelian Produk Sophie  Martin pada Mahasiswa Lembaga Pendidikan Politeknik MBP Medan.” 1.2  Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang penelitian ini dapat dirumuskan masalah  penelitian sebagai berikut : “ Apakah Citra Merek (Brand Image) yang terdiri dari : Atribut, Manfaat, Nilai,  dan Kepribadian, berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa  Lembaga Pendidikan Politeknik MBP Medan.
1. 3 Tujuan Penelitian Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis  pengaruh Brand Image yang terdiri dari atribut, manfaat, nilai, dan kepribadian  produk Sophie Martin terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Lembaga  Pendidikan Politeknik MBP Medan.
1.4  Manfaat Penelitian Manfaat peneilitian ini adalah, sebagai berikut : a.  Bagi perusahaan, sebagai informasi dan bahan masukan untuk dapat  dijadikan landasan dalam menentukan kebijakan pemasaran perusahaan selanjutnya,  dan sebagai bahan masukan dalam mengambil keputusan  perusahaan yang berkaitan dengan upaya mempertahankan Citra Merek  (Brand Image) produk.
b.  Bagi peneliti, untuk memberikan kontribusi bagi pemikiran guna  memperluas cakrawala wawasan peneliti dalam bidang manajemen  pemasaran  khususnya mengenai brand Image  yang merupakan suatu atribut yang abstrak namun sangat mempengaruhi perilaku konsumen dan  membandingkan teori yang telah dipelajari dengan aplikasinya dalam  masyarakat.
c.  Bagi peneliti lain, sebagai bahan referensi nantinya akan memberikan  perbandingan dalam melakukan peneilitian pada bidang yang sama dimasa  yang akan datang.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi