Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH IKLAN TELEVISI COCA COLA VERSI RAMADHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA MANAJEMEN EKSTENSI FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
 1.1.Latar Belakang Penelitian 
Persaingan bisnis dalam dunia pemasaran telah berkembang semakin pesat  di era globalisasi saat ini. Hal ini menyebabkan munculnya suatu peluang dan  tantangan bisnis yang baru bagi setiap perusahaan. Fenomena tersebut secara  nyata dapat disaksikan setiap hari yakni semakin gencarnya perusahaanperusahaan memasarkan produknya melalui iklan di media massa. Perusahaan  dalam menayangkan iklannya menggunakan media elektronik seperti televisi  sebab jangkauannya luas dan ada unsur hiburan yang sangat mendukung  pembentukan persepsi konsumen terhadap suatu produk yang pada gilirannya  dapat mengarah pada tindakan pertukaran juga memuaskan berbagai pihak yang  terlibat dalam aktivitas pemasaran.

Televisi merupakan kombinasi dari gambar bergerak, suara, dan kesegaran  yang mengalami peralihan fungsi, awalnya sebagai media periklanan kemudian  menjadi bidang permintaan penjualan perseorangan. Iklan dipandang sebagai  media hiburan dan media komunikasi yang efektif terutama jika ditayangkan di  televisi. Dengan menayangkan iklan suatu produk di televisi dapat mempengaruhi  konsumen sehingga konsumen tertarik untuk melakukan pembelian terhadap  produk tersebut. Walaupun biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk  menayangkan produknya di televisi cukup mahal, tetapi sangat efektif untuk  meningkatkan jumlah penjualan produknya. Televisi disukai masyarakat atau  1  pemirsa, karena mampu membangkitkan emosi dan perasaan pemirsa terhadap  acara atau iklan yang ditayangkan. Iklan di media televisi menyajikan suara,  musik, kata-kata,  gambar, warna, dan gerak. Hal inilah yang membuat iklan di  televisi relatif mudah dicerna oleh masyarakat terutama melalui mata dan  pendengaran.
Melalui iklan di televisi versi Ramadhan telah menarik perhatian  konsumen untuk mengkonsumsi Coca Cola ketika berbuka puasa. Dengan tema  iklan versi Ramadhan yang menggambarkan orang-orang yang sedang lemas  menunggu berbuka puasa baik anak-anak, para remaja, orang tua yang sedang  berkumpul menanti berbuka puasa tidak sabar lagi untuk menunggu berbuka  puasa. Ketika beduk di pukul menandakan berbuka puasa semua orang  bersemangat dan menikmatin berbuka puasa dengan minuman Coca Cola  sehingga menggambarkan keceriaan dan memberi semangat baru dalam  menjalankan aktivitas selanjutnya.
Berikut beberapa versi dari iklan Coca Cola yang tayang di televisi sampai  dengan Oktober 2010.
Iklan TV Versi Iklan TV Versi Iklan TV Versi “Tahun Baru” “Happiness Factory” “Semangat Baru” Iklan TV Versi Iklan TV Versi  “Kulit Hitam ” “Coke Ramadhan” Gambar 1.1 Iklan Coca Cola di Televisi            Sumber : www.Coca Colabottling.co.id, November 2010 (data diolah).
Produk minuman Coca Cola sering dijumpai di toko eceran, kantin  sekolah, kantin kampus, supermarket, restoran. Coca Cola adalah minuman  bersoda yang memberikan kesegaran ketika diminum setelah beraktivitas seharian  yang dapat mengembalikan semangat dan lebih fresh ketika akan melakukan  berbagai aktivitas kembali. Minuman Coca Cola bisa dikonsumsi siapa saja baik  anak muda maupun orang tua dalam keadaan kumpul-kumpul bareng keluarga,  teman, istirahat makan siang, liburan dan sebagainya. Dengan memahami  kebutuhan dan perilaku konsumen, serta potensi kekayaan alam indonesia. Coca  Cola berinovasi dengan menciptakan produk baru dengan rasa dan pilihan yang  beragam. Selain berinovasi dengan produk-produk baru Coca Cola juga mencoba  mengembangkan desain dan kemasan minuman serta meningkatkan kualitasnya.
Dengan adanya inovasi tersebut tujuannya untuk menjadikan Coca Cola Indonesia  sebagai perusahaan minuman ringan yang lengkap.
Salah satu perusahaan yang menggunakan iklan televisi sebagai suatu cara  untuk  mempengaruhi  persepsi  konsumen  terhadap  mereknya  adalah  PT. Coca Cola Distributions Indonesia dengan produknya Coca Cola. Coca Cola  merupakan merek produk yang berada pada peringkat pertama untuk kategori  merek paling bernilai di dunia. Hal ini dapat diketahui dari Tabel 1.Tabel 1.10 Merek Paling Bernilai Didunia Tahun 200Peringkat  Merek Nilai Merek 200( $ miliar ) Perubahan 1  Coca Cola  72,5  -12  Microsoft  70,2  +23  IBM  53,2  +24  Intel  39.0  +35  Nokia  38,5  +86  General Electric  38,1  +17  Ford  36,4  +18  Disney  33,6  +4  9  McDonald’s  27,9  +10  AT&T  25,5  +Sumber : Financial Time Annual Brand-Value Report Ranks, 200Permasalahan yang dihadapi Coca Cola saat ini adalah bertahan di tengah  peralihan konsumen dunia dan Indonesia yang mulai meninggalkan minuman  berkarbonasi dan bersoda beralih kejenis minuman lain yang menjaga kesehatan  seperti minuman teh, susu, jus, isotonik dan air mineral. Oleh karena menurut  masyarakat minuman bersoda dan berkarbonasi kandungan gulanya tinggi, tingkat  keasaman (pH) sekitar 3,4 yang beresiko menggerogoti gigi dan tulang jika  dikonsumsi terus-menerus dalam jangka waktu lama. Selain itu kandungan gula  yang tinggi dalam soft drink  membuat proses penyerapannya membutuhkan  banyak air. Sehingga justru tubuh menjadi kekurangan cairan. Sedangkan  minuman seperti susu selain menambah cairan tubuh, susu sebagai sumber protein  hewani (susu sapi) atau protein nabati (susu kedelai) bermanfaat untuk  pertumbuhan sel-sel organ dan kekebalan tubuh, sedangkan jus kandungan gizi  dalam ekstrak cairan sayur dan buah ini bermanfaat bagi sistem pencernaan dan  penyerapan zat gizi. Tetapi sebagian masyarakat masih mengkonsumsi minuman  Coca Cola sesekali walaupun tidak sering tergantung pada masyarakat yang  menilai baik buruknya minuman yang akan dikonsumsinya dan cara menjaga  kesehatannya. Tetapi walau begitu perusahaan Coca Cola dapat melewati masa  krisis tersebut dengan strategi promosi yang sistematik dan lebih menonjolkan  pendekatan lokal. Akhirnya, Coca Cola berhasil bangkit. Sehingga, menjadi  sebuah brand soft drink yang paling diminati. Guna menembus pasar lokal, Coca  Cola sudah melakukan penetrasi ekspansi ke produk-produk lokal menggunakan  strategi pemasaran yang diluncurkan Coca Cola pada 2000, “Think Global, Act  Local”. Strategi berpikir secara global dan berlaku secara global ini dibuktikan  telah mengangkat brand Coca Cola pada posisi saat ini (www.Coca Colabottling.co.id).
Mahasiswa S-1 Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara merupakan salah satu pasar potensial untuk menjadi subjek dalam  riset pemasaran karena kebanyakan mahasiswa mengkonsumsi minuman Coca  Cola di waktu senggang dan saat istirahat makan siang karena alasan mereka  minuman Coca Cola membuat mereka fresh kembali setelah letih mengikuti  perkuliahan. Menurut prasurvei yang dilakukan peneliti, dimana survei tersebut  dilakukan pada 30 mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara diperoleh bahwa banyak mahasiswa mengkonsumsi minuman  Coca Cola karena melihat penayangan iklan di televisi sehingga mereka tertarik  dan membeli produk Coca Cola.
Berdasarkan alasan-alasan tersebut penulis tertarik mengambil judul  penelitian “Pengaruh Iklan Televisi Coca Cola Versi Ramadhan Terhadap  Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Manajemen Ekstensi Fakultas  Ekonomi Universitas Sumatera Utara di Medan”.
1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang penelitian, maka penulis merumuskan masalah  sebagai berikut: “Apakah Iklan Televisi Coca Cola Versi Ramadhan berpengaruh  positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Manajemen  Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara di Medan?” 1.3. Tujuan Penelitian Mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan televisi Coca Cola versi  Ramadhan terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Manajemen Ekstensi  Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara di Medan.
1.4. Manfaat Penelitian a. Memperluas wawasan pengetahuan peneliti tentang  periklanan dan  keputusan pembelian.
b. Bagi perusahaan, sebagai bahan masukan dalam proses pembuatan iklan  untuk dapat menaikkan tingkat penjualan konsumen.
c.  Referensi bagi peneliti selanjutnya untuk pengembangan penelitian  lanjutan khususnya dibidang pemasaran.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi