Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP BRAND IMAGE NOKIA Nseries PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT



BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang Penelitian
 Perkembangan dunia pertelekomunikasian sangat pesat terjadi dalam 10  tahun terakhir, khususnya dalam dunia telepon seluler atau yang di kenal dengan  sebutan handphone. Jumlah pelanggan ponsel terus tumbuh secara signifikan. Dari sebuah studi terbaru lembaga penelitian ROA (Research On Asia) Group  mengungkapkan perkembangan pasar ponsel Indonesia yang terus tumbuh pesat..

Pengguna ponsel di Indonesia tercatat sebanyak 68 juta pada akhir tahun 2006 dan  tumbuh menjadi 94,7 juta pada tahun 2007. Pada tahun 2010, angka pengguna  ponsel di Indonesia pun mencapai angka 133 juta. (www.detikinet.com) Perkembangan teknologi telepon genggam menciptakan perubahan gaya  hidup yang sangat cepat, batas geografis baik daratan dan lautan, bukan menjadi  sebuah hambatan lagi dalam melaksanakan komunikasi. Jika di tahun 1998  penggunan telepon selular di Indonesia masih memiliki kemampuan dan fitur  yang terbatas dengan layanan voice call  dan short massage service, saat ini  dengan pengembangan teknologi pesat yang sedang terjadi telah merubah  handphone menjadi sebuah alat yang tak terbatas fungsinya.
Perkembangan dunia telekomunikasi yang sangat cepat merangsang  persaingan dalam dunia bisnis handphone. Persaingan antar produsen handphone saat ini semakin ketat dilihat dari perusahaan yang saling berlomba untuk  mendapatkan pangsa pasar paling banyak dan berusaha untuk memenangkan  persaingan dalam menjual produk-produknya. Dalam menghadapi persaingan ini   maka semua produsen handphone memacu segala sumber daya yang ada di dalam  perusahaannya agar dapat tetap bertahan dalam peta persaingan usaha.
Maraknya persaingan dalam dunia bisnis handphoneakhir-akhir ini telah  menunjukkan suatu gejala, yaitu semakin banyak dan beragamnya handphone yang ditawarkan oleh perusahaan dan perkembangan handphone yang begitu  cepat. Handphone telah menjadi sebuah alat multiguna yang menawarkan fiturfitur yang sangat beragam, seperti fitur fotography, menjadi walkman phone,  games, menjadi pembantu dalam urusan kantor dengan aplikasi yang beragam,  menjadi penuntun jalan dengan fasilitas GPS (Global Positioning System) dan  masih banyak lagi.
Brand image produk memegang peranan penting dalam perusahaan untuk  dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat dalam bisnis handphone.
Brand image yang positif akan membuat konsumen menyukai suatu produk  dengan merek yang bersangkutan, bahkan merangsang konsumen untuk loyal  terhadap merek perusahaan, sedangkan bagi produsen brand image yang baik  akan menghambat kegiatan pemasaran pesaing. Kondisi ini sangat  menguntungka n bagi perusahaan. Brand image mempresentasikan keseluruhan  persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu  terhadap merek itu. Brand image adalah jumlah dari gambaran-gambaran, kesankesan, dan keyakinan-keyakinan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu  produk. Citra terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan  dan preferensi terhadap suatu merek, yang akan merangsang konsumen untuk  melakukan pembelian. (Setiadi,2003:108).
 Diferensiasi produk merupakan salah satu atribut penting dalam  pembentukan brand image  yang positif dalam benak konsumen. Diferensiasi  produk sebagai suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan dalam  memenangkan persaingan di pasar dengan menetapkan sekumpulan perbedaanperbedaan yang berarti, pada produk yang ditawarkan untuk membedakan produk  dengan produk pesaingnya, sehingga dapat dipandang atau dipersepsikan  konsumen bahwa produk tersebut mempunyai nilai tambah yang diharapkan  konsumen.
Pelaksanaan diferensiasi produk akan membuat konsumen melihat suatu  produk dengan merek yang paling mampu memenuhi kebutuhannya, sehingga  kemudian akan sampai pada tahap seorang konsumen memilih untuk  mengkonsumsi suatu produk tidak hanya berdasarkan fungsi dasarnya saja, tetapi  berkembang menjadi keinginan sekunder yaitu keinginan untuk mengkonsumsi  suatu produk dengan merek tertentu yang dapat memenuhi kebutuhannya paling  baik, sehingga kemudian akan muncul pertanyaan tentang dasar pemikiran  konsumen tersebut dalam membuat keputusan pembeliannya ketika konsumen  tersebut diperhadapkan pada sejumlah besar alternatif produk dengan merek  berbeda dan saling bersaing. Keadaan ini yang mendorong timbulnya persaingan  yang ketat dalam dunia usaha dan memaksa perusahaan untuk lebih tanggap  perubahan-perubahan yang terjadi dengan sangat cepat.
Nokia merupakan perusahaan yang mempunyai brand image yang positif  di benak konsumen, dan hal ini tidak terlepas dari diferensiasi produk yang  dilakukan oleh Nokia. Sebagai pendorong utama pertumbuhan pasar ponsel, yaitu   smartphone, perusahaan Nokia dapat mengandalkan smartphone seperti Nokia  Nseries berhasil memimpin pasar global dibanding perusahaan lainnya. Hasil dari  penelitian Gartner Inc pada kuartal kedua 2010, dari 40,9 juta unit total penjualan  smartphone di dunia, perusahaan Nokia berhasil merebut pangsa pasar sebesar  45% dengan total penjualan sebesar 18,4 juta unit dengan produk Nseries,  kemudian disusul dengan perusahaan RIM dengan produk Blackberry nya sebesar  18,7% dengan total penjualan 7,6 juta unit, dan pada posisi ketiga diduduki oleh  perusahaan Apple dengan produk Iphone 3G S-nya menguasai pangsa pasar  13,3% dengan total penjualan 5,4 juta unit.
Tabel 1.1 Pangsa pasar dan total penjualan smartphone di dunia dari 2008-2010  Produk Pangsa Pasar  Total Penjualan (dalam unit) 2008  2009  2010  2008  2009  2010  Nokia Nseries  42,2%  43,4%  45%  15,4 juta  16,8 juta  18,4 juta Blackberry  15,9%  17,2%  18,7%  5,8 juta  6,8 juta  7,6 juta Iphone 3G  12,9%  13,1%  13,3%  4,7 juta  5 juta  5,4 juta Merek lainnya  28%  26.30%  23%  10,2 juta  10 juta  9,4 juta Sumber : Gartner Inc 2010, (diolah) Pada Tabel 1.1 kita bisa melihat bahwa penjualan Nokia Nseries dari tahun  2008-2010 mengalami kenaikan yang cukup besar yaitu dari 15,4 juta unit pada  2008 menjadi 18,4 juta unit pada 2010. Akan tetapi Nokia diikuti oleh pesaingnya  yang juga mengalami kenaikan yang cukup besar, bisa kita lihat penjualan  Blackberry pada 2008 sebesar 5,8 juta unit menjadi 7,6 juta unit pada 2010. Selain  itu Iphone juga mengalami kenaikan meskipun tidak sebesar Nokia dan  Blackberry.
 Nokia Nseries adalah sekelompok produk telepon genggam dari Nokia  yang mendukung berbagai perangkat digital multimedia seperti pemutar musik,  pembuatan video, fotografi, mobile gaming dan layanan Internet. Semua Nokia  seri N ini mempunyai setidaknya satu teknologi nirkabel dengan kecepatan tinggi  seperti 3G, HSDPA atau LAN wireles. Nokia seri N ini berusaha merangkum  semua fitur yang dibutuhkan oleh para konsumen. Fitur utama Nokia seri N  adalah kamera yang bertaraf 2 MP ke atas, pengambilan video dengan handphone yang lebih lama dengan koalitas baik, fitur game yang Sangay digemari, dan yang  terakhir konektivitas dengan kecepatan tinggi seperti 3G, HSDPA dan LAN  wireles. Nokia Nseries di lihat dari segi diferensiasi produk, terdiri dari bentuk  yang ramping, mudah dalam pengoperasian, lebih dingin, mutu yang dijanjikan,  usia pakai (daya tahan), mesin yang kuat, mudah diperbaiki, dan ketersediaan  suku cadangnya, gaya yang menarik, rancangan yang dapat disesuaikan dengan  keadaan.
Pada dasarnya konsumen ingin mendapatkan produk yang sesuai dengan  harapan keinginannya yaitu untuk mendapatkan kepuasan dalam melakukan  pembelian. Setelah ia mendapatkan yang diinginkannya, maka akan timbul sebuah  persepsi atau kesan dibenak konsumen. Persepsi yang ada di benak konsumen  akan dijadikan sebuah acuan untuk melakukan pembelian ulang, pertanda  konsumen puas dan disinilah timbul citra yang mengangkat nama baik  perusahaan.
Fakultas Kesehatan Masyarakat USU merupakan salah satu fakultas di  USU dimana mahasiswanya mengikuti perkembangan teknologi seperti halnya   perkembangan handphone  Nokia Nseries. Dari hasil pra survey yang telah  dilakukan penulis, 7 dari 10 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat USU  pernah atau masih menggunakan Nokia Nseries. Hal ini membuat Fakultas  Kesehatan Masyarakat USU layak untuk diteliti.
Dari uraian tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian  dalam rangka menyusun skripsi dengan judul, “Pengaruh Diferensiasi Produk  Terhadap Brand Image Nokia Nseries pada Mahasiswa FKM USU”.
1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka perumusan  masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah diferensiasi produk berpengaruh  positif dan signifikan terhadap Brand Image Nokia Nseries pada mahasiswa  FKM USU?”.
1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi  produk terhadap brand image Nokia pada mahasiswa FKM USU.
1.4 Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan menfaat sebagai berikut: a.  Bagi Perusahaan Sebagai informasi dan bahan pertimbangan untuk meningkatkan citra  Nokia melalui diferensiasi yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat.
 b.  Bagi penulis Penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan penulis dalam  bidang pemasaran terutama dalam bidang perilaku konsumen.
c.  Bagi pihak lain Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan  referensi dalam melakukan penelitian dengan objek ataupun masalah yang sama  dimasa yang akan datang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi