BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Masalah Fashion dimulai dari tahun 1920, karena di dekade inilah
awal dunia fashion. Tahun ini merupakan
awal kebangkitan kaum perempuan mencapai kebebasan dan kemerdekaannya. Di dekade
sebelumnya, baju-baju ala Cinderella dengan
rok super megar dengan pinggang ekstra ketat, menyiksa kaum perempuan, karena itulah mulai tahun ’20-an
baju tersebut ditinggalkan.
Selama beberapa
dasawarsa, individu atau masyarakat telah menggunakan pakaian dan perhiasan tubuh lainnya sebagai
bentuk komunikasi nonverbal untuk menunjukkan
pekerjaan, pangkat, jenis kelamin, kelas/derajat, serta kekayaan.
Fashion adalah
bentuk kebebasan berbicara. Tidak hanya meliputi pakaian, tetapi juga aksesori, perhiasan, gaya rambut,
keindahan dan seni tubuh.
Keanekaragaman
konsumen dalam memenui kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang
berasal dari diri konsumen maupun luar
konsumen. Proses pengambilan keputusan seorang untuk membeli suatu produk biasanya dipengaruhi oleh beberapa
faktor. Menurut Kotler (2002: 183), beberapa
faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor pribadi dan psikologis. Salah satu dari
faktor tersebut dapat memberikan pengaruh
lebih besar dari faktor yang lain. Mengetahui faktor mana saja yang berpengaruh dan bentuk pengaruh yang
diberikan, akan sangat membantu manajemen
dalam melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran terutama 1 strategi
promosi yang sudah dijalankan, dan kemudian dapat menyusun strategi pemasaran atau strategi promosi yang lebih
efektif dari sebelumnya.
Tabel 1.1 Data
pendapatan Distro Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan dari tahun 2006-2010 No
Tahun Pendapatan Persentase 1.
2006 256.290.950,00 100% 2.
2007 224.634.200,00 -12,35% 3.
2008 295.425.550,00 31,51% 4.
2009 310.383.200,00 5,06% 5.
2010 325.545.000,00 4,88% Sumber : Data Pendapatan Distro
Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan (Data Diolah) Pada Tabel 1.1 dapat dilihat bahwa
pendapatan Distro Innocent Jl. Setia Budi
No. 78F Medan menurun sebanyak -12,35% pada tahun 2007, kemudian pada tahun 2008 pendapatannya meningkat
sebesar 31,51%, pada tahun 2009 juga meningkat
sebesar 5,06% hingga tahun 2010 pendapatannya terus meningkat sebesar 4,88%.
Pada umumnya
perusahaan mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan menganalisis perilaku konsumen
dan adanya perbedaan perilaku untuk
masing-masing individu. Dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat memantau perubahan-perubahan perilaku
konsumennya, termasuk perilaku konsumen
untuk mendapatkan atau memilih produk.
Banyaknya Distro
yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan konsumen melalui berbagai
strategi yang tepat. Lebih jauh lagi
produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen harus senantiasa berusaha agar produknya dapat
diterima sesuai dengan apa yang diinginkan
konsumen.
Distro Innocent
merupakan salah satu Distro yang mampu mengambil perhatian konsumen dan para pesaingnya. Dimana
Distro Innocent menjual produk, dari
merek terkenal dari kota bandung yaitu merek 347 dan Indicator seperti baju, celana, tali pinggang, tas,
sepatu serta aksesories lainnya Ketatnya
persaingan dalam bisnis Clothing baju membuat para produsen baju berlomba-lomba menciptakan produk yang sesuai
dengan keinginan konsumen dan menerapkan
strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualannya, kondisi ini memberikan keuntungan bagi
konsumen karena menjadi memiliki banyak
alternatif sehingga dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginannya. Demikian berdasarkan latar belakang
yang telah diuraikan maka penelitian
tertarik untuk melakukan penelitian pada Distro Innocent dengan judul Pengaruh Faktor Pribadi dan Psikologis
Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian
pada Distro Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan.
1.2 Perumusan
Masalah Berdasarkan latar belakang masalah maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah faktor pribadi
dan psikologis berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian pada Distro Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan?”.
1.3 Tujuan Penelitian Penelitian ini
dilaksanakan dengan tujuan : Untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi dan
psikologis terhadap keputusan konsumen
membeli pada Distro Innocent Medan.
1.4 Manfaat
Penelitian 1.4.1 Bagi Perusahaan Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
masukan dan informasi bagi perusahaan
untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk yang
ditawarkannya.
1.4.2 Bagi Peneliti
Selanjutnya Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan
perbandingan dan referensi dalam
melakukan penelitian untuk permasalahan yang sama.
1.4.3 Bagi Penulis Penelitian
ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis dengan menerapkan teori-teori yang diperoleh dalam
perkuliahan dan menghubungkannya dengan
kenyataan yang sebenarnya. Sehingga dapat menambah pemahaman penulis dalam bidang
pemasaran khususnya perilaku konsumen.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi