Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISTRO INNOCENT



BAB I PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang 
Masalah Fashion dimulai dari tahun 1920, karena di dekade inilah awal dunia  fashion. Tahun ini merupakan awal kebangkitan kaum perempuan mencapai  kebebasan dan kemerdekaannya. Di dekade sebelumnya, baju-baju ala Cinderella  dengan rok super megar dengan pinggang ekstra ketat, menyiksa kaum  perempuan, karena itulah mulai tahun ’20-an baju tersebut ditinggalkan.

Selama beberapa dasawarsa, individu atau masyarakat telah menggunakan  pakaian dan perhiasan tubuh lainnya sebagai bentuk komunikasi nonverbal untuk  menunjukkan pekerjaan, pangkat, jenis kelamin, kelas/derajat, serta kekayaan.
Fashion adalah bentuk kebebasan berbicara. Tidak hanya meliputi pakaian, tetapi  juga aksesori, perhiasan, gaya rambut, keindahan dan seni tubuh.
Keanekaragaman konsumen dalam memenui kebutuhan sehari-hari dapat  dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun  luar konsumen. Proses pengambilan keputusan seorang untuk membeli suatu  produk biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Kotler (2002: 183),  beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah  faktor pribadi dan psikologis. Salah satu dari faktor tersebut dapat memberikan  pengaruh lebih besar dari faktor yang lain. Mengetahui faktor mana saja yang  berpengaruh dan bentuk pengaruh yang diberikan, akan sangat membantu  manajemen dalam melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran terutama  1  strategi promosi yang sudah dijalankan, dan kemudian dapat menyusun strategi  pemasaran atau strategi promosi yang lebih efektif dari sebelumnya.
Tabel 1.1 Data pendapatan Distro Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan dari tahun  2006-2010  No  Tahun  Pendapatan  Persentase 1.  2006  256.290.950,00  100% 2.  2007  224.634.200,00  -12,35% 3.  2008  295.425.550,00  31,51% 4.  2009  310.383.200,00  5,06% 5.  2010  325.545.000,00  4,88% Sumber : Data Pendapatan Distro Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan (Data  Diolah) Pada Tabel 1.1 dapat dilihat bahwa pendapatan Distro Innocent Jl. Setia  Budi No. 78F Medan menurun sebanyak -12,35% pada tahun 2007,  kemudian  pada tahun 2008 pendapatannya meningkat sebesar 31,51%, pada tahun 2009 juga  meningkat sebesar 5,06% hingga tahun 2010 pendapatannya terus meningkat  sebesar 4,88%.
Pada umumnya perusahaan mengalami kesulitan dalam memonitor,  memahami dan menganalisis perilaku konsumen dan adanya perbedaan perilaku  untuk masing-masing individu. Dengan demikian perusahaan dituntut untuk dapat  memantau perubahan-perubahan perilaku konsumennya, termasuk perilaku  konsumen untuk mendapatkan atau memilih produk.
Banyaknya Distro yang ada di pasaran akan mendorong perusahaan  bersaing mendapatkan konsumen melalui berbagai strategi yang tepat. Lebih jauh   lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen harus  senantiasa berusaha agar produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang  diinginkan konsumen.
Distro Innocent merupakan salah satu Distro yang mampu mengambil  perhatian konsumen dan para pesaingnya. Dimana Distro Innocent menjual  produk, dari merek terkenal dari kota bandung yaitu merek 347 dan Indicator  seperti baju, celana, tali pinggang, tas, sepatu serta aksesories lainnya  Ketatnya persaingan dalam bisnis Clothing baju membuat para produsen baju  berlomba-lomba menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen  dan menerapkan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualannya,  kondisi ini memberikan keuntungan bagi konsumen karena menjadi memiliki  banyak alternatif sehingga dapat memilih produk yang sesuai dengan  keinginannya. Demikian berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka  penelitian tertarik untuk melakukan penelitian pada Distro Innocent dengan judul  Pengaruh Faktor Pribadi dan Psikologis Terhadap Pengambilan Keputusan  Pembelian pada Distro Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan.
1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah maka perumusan masalah dalam  penelitian ini adalah: ”Apakah faktor pribadi dan psikologis berpengaruh  positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian pada  Distro Innocent Jl. Setia Budi No. 78F Medan?”.
 1.3 Tujuan Penelitian Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : Untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi dan psikologis terhadap keputusan  konsumen membeli pada Distro Innocent Medan.
1.4 Manfaat Penelitian 1.4.1 Bagi Perusahaan Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan informasi bagi  perusahaan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan  terhadap  keputusan konsumen dalam membeli produk yang ditawarkannya.
1.4.2 Bagi Peneliti Selanjutnya Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan  dan referensi dalam melakukan penelitian untuk permasalahan yang sama.
1.4.3 Bagi Penulis Penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis dengan  menerapkan teori-teori yang diperoleh dalam perkuliahan dan  menghubungkannya dengan kenyataan yang sebenarnya. Sehingga dapat  menambah pemahaman penulis dalam bidang pemasaran khususnya perilaku  konsumen.
   

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi