Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN PADA RESTORAN NELAYAN SUN PLAZA



BAB I PENDAHULUAN
 1.1. Latar Belakang Masalah 
Perilaku konsumen di zaman sekarang cenderung berubah-ubah. Tentunya hal ini juga tidak lepas dari kemajuan ekonomi di negara-negara  Asia, yang memberi dampak pada peningkatan pendapatan individual,  sehingga konsumen di zaman sekarang lebih berorientasi pada nilai suatu  produk dari pada harganya.

Konsumen rela untuk membelanjakan uang lebih dengan tujuan  mendapatkan pelayanan yang baik, yang tentunya memberi nilai kepuasan  kepada konsumen. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku  konsumen adalah gaya hidup. Gaya hidup akan mempengaruhi penilaian  yang dilakukan oleh seseorang yang akan membeli suatu produk.
Suatu contoh dari gaya hidup masyarakat di zaman sekarang  adalah menghilangkan kejenuhan di cafe/restoran yang sangat  berkembang di kota Medan. Duduk berkumpul bersama teman-teman di  suatu cafe/restoran telah memberi nilai kepuasan bagi mereka.
Menurut Sumarwan (2003), segencar apapun persaingan yang ada  di pasar, konsumen tetaplah sebagai penentu dalam membuat keputusan  pembelian. Pilihan-pilihan produk yang ditawarkan tentunya secara tidak  langsung akan mempengaruhi pengambilan keputusan membeli bagi  konsumen. Pasar hanya menyediakan berbagai pilihan produk dan merek  yang bermacam-macam. Namun pada akhirnya, konsumen yang memiliki  hak untuk bebas memilih apa dan bagaimana produk yang nantinya akan  mereka konsumsi.
Dalam membeli dan mengkonsumsi sesuatu, konsumen terlebih  dahulu membuat keputusan mengenai produk apa yang dibutuhkan, kapan  dan bagaimana dan dimana proses pembelian atau konsumsi itu akan  terjadi. Dengan kata lain diperlukan suatu proses pengambilan keputusan  untuk membeli sesuatu baik barang atau jasa.
Menurut Setiadi (2003), pengambilan keputusan yang diambil oleh  seseorang dapat disebut sebagai pemecahan masalah. Dalam proses  pengambilan keputusan, konsumen memiliki sasaran atau perilaku yang  ingin dicapai. Selanjutnya konsumen membuat keputusan perilaku mana  yang ingin dilakukan untuk dapat mencapai sasaran tersebut. Dengan  demikian hal ini dapat memecahkan masalahnya. Pemecahan masalah  merupakan suatu aliran timbal balik yang berkesinambungan diantara  faktor lingkungan, proses kognitif dan afektif, serta tindakan perilaku.
Pada tahap pertama merupakan pemahaman adanya masalah. Selanjutnya  terjadi evaluasi terhadap alternatif yang ada dan tindakan yang paling  sesuai dipilih. Pada tahap berikutnya, pembelian dinyatakan dalam  tindakan. Pada akhirnya produk yang telah dibeli akan digunakan dan  konsumen melakukan evaluasi ulang mengenai keputusan yang telah  diambilnya.
Kota Medan terkenal dengan kulinernya yang beragam. Tidak  heran ada begitu banyak bisnis restoran yang bermunculan. Semakin  banyaknya pilihan restoran menimbulkan persaingan antara restoran itu  sendiri. Setiap restoran berusaha menyajikan makanan dan minuman yang  tidak saja enak tapi juga unik dengan harga yang bersaing.
Restoran Nelayan merupakan salah satu restoran yang cukup  terkenal di kota Medan. Nelayan memiliki ciri khas menyajikan berbagai  macam Chinese food dengan jaminan halal. Hal ini sangat berpengaruh  dengan keberagaman masyarakat yang ada di kota Medan. Konsumen  tidak perlu khawatir untuk makan di Nelayan. Restoran ini telah memiliki  beberapa cabang di plaza-plaza di Medan, salah satunya di Sun Plaza.
Restoran Nelayan di Sun Plaza sering dikunjungi oleh masyarakat kota  Medan. Para pengunjungnya terdiri dari berbagai macam usia, pekerjaan  dan daerah tempat tinggal yang beragam.
Pada zaman sekarang telah terjadi perubahan gaya hidup  masyarakat yang cenderungan untuk makan di cafe/restoran. Dan lokasi  cafe/restoran yang dipilih berada jauh dari daerah tempat tinggal  konsumen. Restoran Nelayan di Sun Plaza memiliki keunggulan yaitu  berada di salah satu plaza terbesar di Medan. Sun Plaza berada di pusat  kota dan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat kota Medan. Walaupun  di Medan dan khususnya di Sun Plaza telah cukup banyak pilihan  cafe/restoran, namun minat masyarakat untuk memilih Restoran Nelayan  tetap tinggi.
Berdasarkan pada fenomena yang muncul serta persaingan yang  semakin ketat, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul  “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pengambilan Keputusan  Konsumen Pada Restoran Nelayan Sun Plaza Medan” 1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan  sebelumnya, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.  ”Bagaimana karakteristik konsumen pada Restoran Nelayan  Sun Plaza Medan?” 2.  ”Gaya hidup seperti apa yang mempengaruhi keputusan  konsumen Restoran Nelayan Sun Plaza Medan?” 1.3. Tujuan Penelitian Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui  dan menganalisi pengaruh gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat dan opini terhadap keputusan konsumen Restoran Nelayan Sun Plaza  Medan dan mengetahui faktor mana yang paling dominan.
1.4. Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat: a. Bagi Perusahaan Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran  kepada Restoran Nelayan Sun Plaza Medan dalam mengetahui gaya  hidup konsumennya.
b.Bagi Peneliti Penelitian ini merupakan suatu kesempatan untuk menerapkan teoriteori dan literatur yang peneliti peroleh di bangku perkuliahan serta  dapat memperdalam dan menambah wawasan pengetahuan peneliti  di bidang pemasaran (marketing), khususnya tentang  gaya hidup  dalam keputusan konsumen.
c. Bagi Pihak Lain Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi yang dapat menjadi  bahan perbandingan dalam melakukan penelitian di masa yang akan  datang.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi