BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Perilaku konsumen di zaman sekarang cenderung
berubah-ubah. Tentunya hal ini
juga tidak lepas dari kemajuan ekonomi di negara-negara Asia, yang memberi dampak pada peningkatan
pendapatan individual, sehingga konsumen
di zaman sekarang lebih berorientasi pada nilai suatu produk dari pada harganya.
Konsumen rela untuk
membelanjakan uang lebih dengan tujuan mendapatkan
pelayanan yang baik, yang tentunya memberi nilai kepuasan kepada konsumen. Salah satu faktor yang dapat
mempengaruhi perilaku konsumen adalah
gaya hidup. Gaya hidup akan mempengaruhi penilaian yang dilakukan oleh seseorang yang akan
membeli suatu produk.
Suatu contoh dari
gaya hidup masyarakat di zaman sekarang adalah
menghilangkan kejenuhan di cafe/restoran yang sangat berkembang di kota Medan. Duduk berkumpul
bersama teman-teman di suatu
cafe/restoran telah memberi nilai kepuasan bagi mereka.
Menurut Sumarwan
(2003), segencar apapun persaingan yang ada di pasar, konsumen tetaplah sebagai penentu
dalam membuat keputusan pembelian.
Pilihan-pilihan produk yang ditawarkan tentunya secara tidak langsung akan mempengaruhi pengambilan
keputusan membeli bagi konsumen. Pasar
hanya menyediakan berbagai pilihan produk dan merek yang bermacam-macam. Namun pada akhirnya,
konsumen yang memiliki hak untuk bebas
memilih apa dan bagaimana produk yang nantinya akan mereka konsumsi.
Dalam membeli dan
mengkonsumsi sesuatu, konsumen terlebih dahulu
membuat keputusan mengenai produk apa yang dibutuhkan, kapan dan bagaimana dan dimana proses pembelian atau
konsumsi itu akan terjadi. Dengan kata
lain diperlukan suatu proses pengambilan keputusan untuk membeli sesuatu baik barang atau jasa.
Menurut Setiadi
(2003), pengambilan keputusan yang diambil oleh seseorang dapat disebut sebagai pemecahan
masalah. Dalam proses pengambilan
keputusan, konsumen memiliki sasaran atau perilaku yang ingin dicapai. Selanjutnya konsumen membuat
keputusan perilaku mana yang ingin
dilakukan untuk dapat mencapai sasaran tersebut. Dengan demikian hal ini dapat memecahkan masalahnya.
Pemecahan masalah merupakan suatu aliran
timbal balik yang berkesinambungan diantara faktor lingkungan, proses kognitif dan
afektif, serta tindakan perilaku.
Pada tahap pertama
merupakan pemahaman adanya masalah. Selanjutnya terjadi evaluasi terhadap alternatif yang ada
dan tindakan yang paling sesuai dipilih.
Pada tahap berikutnya, pembelian dinyatakan dalam tindakan. Pada akhirnya produk yang telah
dibeli akan digunakan dan konsumen
melakukan evaluasi ulang mengenai keputusan yang telah diambilnya.
Kota Medan terkenal
dengan kulinernya yang beragam. Tidak heran
ada begitu banyak bisnis restoran yang bermunculan. Semakin banyaknya pilihan restoran menimbulkan
persaingan antara restoran itu sendiri.
Setiap restoran berusaha menyajikan makanan dan minuman yang tidak saja enak tapi juga unik dengan harga
yang bersaing.
Restoran Nelayan
merupakan salah satu restoran yang cukup terkenal di kota Medan. Nelayan memiliki ciri
khas menyajikan berbagai macam Chinese
food dengan jaminan halal. Hal ini sangat berpengaruh dengan keberagaman masyarakat yang ada di kota
Medan. Konsumen tidak perlu khawatir
untuk makan di Nelayan. Restoran ini telah memiliki beberapa cabang di plaza-plaza di Medan, salah
satunya di Sun Plaza.
Restoran Nelayan di
Sun Plaza sering dikunjungi oleh masyarakat kota Medan. Para pengunjungnya terdiri dari
berbagai macam usia, pekerjaan dan
daerah tempat tinggal yang beragam.
Pada zaman sekarang
telah terjadi perubahan gaya hidup masyarakat
yang cenderungan untuk makan di cafe/restoran. Dan lokasi cafe/restoran yang dipilih berada jauh dari
daerah tempat tinggal konsumen. Restoran
Nelayan di Sun Plaza memiliki keunggulan yaitu berada di salah satu plaza terbesar di Medan.
Sun Plaza berada di pusat kota dan
selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat kota Medan. Walaupun di Medan dan khususnya di Sun Plaza telah
cukup banyak pilihan cafe/restoran,
namun minat masyarakat untuk memilih Restoran Nelayan tetap tinggi.
Berdasarkan pada
fenomena yang muncul serta persaingan yang semakin ketat, peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh
Gaya Hidup Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Restoran Nelayan Sun Plaza
Medan” 1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah
diuraikan sebelumnya, maka perumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: 1.
”Bagaimana karakteristik konsumen pada Restoran Nelayan Sun Plaza Medan?” 2. ”Gaya hidup seperti apa yang mempengaruhi
keputusan konsumen Restoran Nelayan Sun
Plaza Medan?” 1.3. Tujuan Penelitian Tujuan dilaksanakannya penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisi
pengaruh gaya hidup yang terdiri dari aktivitas, minat dan opini terhadap
keputusan konsumen Restoran Nelayan Sun Plaza Medan dan mengetahui faktor mana yang paling
dominan.
1.4. Manfaat
Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat: a. Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran kepada Restoran Nelayan Sun Plaza Medan dalam
mengetahui gaya hidup konsumennya.
b.Bagi Peneliti Penelitian
ini merupakan suatu kesempatan untuk menerapkan teoriteori dan literatur yang
peneliti peroleh di bangku perkuliahan serta dapat memperdalam dan menambah wawasan
pengetahuan peneliti di bidang pemasaran
(marketing), khususnya tentang gaya
hidup dalam keputusan konsumen.
c. Bagi Pihak Lain Penelitian
ini dapat digunakan sebagai referensi yang dapat menjadi bahan perbandingan dalam melakukan penelitian
di masa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi