BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Internet berasal dari kata interconnection networking
yang berarti hubungan dari banyak
jaringan komputer yang memungkinkan para pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan
berbagi informasi antara yang satu dengan
yang lain (http://www.sejarah-internet.com, 2010). Untuk dapat menggunakan fasilitas internet tersebut, para
pengguna internet dapat berlangganan ke
salah satu penyelenggara/penyedia jasa internet(internet service provider) yang ada, seperti flash dari
Telkomsel, speedy dari Telkom dan lainnya.
Teknologi internet
dapat diakses serta dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama pebisnis, staf pengajar,
pelajar dan mahasiswa. Berdasarkan hasil
pengamatan peneliti, internet biasanya dimanfaatkan untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhkan
penggunanya, mengirimkan data-data, mendownload atau meng-upload data,
berkomunikasi melalui situs jejaringan sosial seperti facebook, twitter,
friendster, dan bermain game
on-line. Oleh karena semakin
meningkatnya kebutuhan akan layanan akses internet, banyak wirausahawan membuka usaha di bidang penyedia
jasa internet, yang lebih dikenal dengan
usaha warung internet (warnet).
Perkembangan
industri hiburan (entertainment) nasional maupun global telah menyebabkan persaingan yang sangat ketat dalam
memperebutkan pangsa pasar seperti
sekarang ini. Perusahaan tidak hanya bisa mengandalkan produk dan jasa yang berkualitas tetapi didukung juga oleh
upaya-upaya penting dalam memasarkan
produk atau jasa yang dihasilkan. Seperti halnya dengan pertumbuhan jumlah warung internet yang
berkembang dengan pesat dan disertai dengan
perkembangan teknologi yang serba modern. Hal itu menyebabkan timbulnya persaingan diantara para pengusaha
warnet dalam memperebutkan pelanggannya.
Oleh karena itu, para pengusaha warung internet haruslah memiliki strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang
baik untuk menghadapi persaingan, baik
untuk bertahan (survive) atau sebagai pemimpin pasar (market leader) di bidangnya.
Pemasaran harus
dijabarkan dalam program pemasaran yakni bauran pemasaran (marketing mix) sebagai salah satu
konsep kunci dalam teori pemasaran
modern. Menurut Lupiyoadi (2001:58), program pemasaran membagi empat komponen utama bauran pemasaran untuk
perusahaan barang yakni: product
(produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), ditambah dengan people (orang), physical evidence
(bukti fisik) customer service (layanan pelanggan)
dan process (proses) untuk perusahaan jasa. Variabel-variabel tersebut saling menunjang dan berkaitan antara satu
dengan lainnya. Tidak terbatas pada hal
itu saja, perusahaan juga harus berupaya mempengaruhi serta membujuk calon konsumen agar bersedia mengkonsumsi produk
yang dihasilkan. Seperti halnya dalam
penetapan harga dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan itu, dalam hal ini warung internet.
Kota Medan adalah
kota terbesar ketiga di Indonesia yang merupakan pusat bisnis dan industri hiburan. Salah satu
industri hiburan yang cukup dikenal ialah warung internet. Usaha warung internet ini
sudah lama diminati dan digemari oleh kalangan
anak-anak, remaja dan dewasa, dan telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Kawasan kampus USU khususnya di
jalan Jamin Ginting merupakan kawasan
yang banyak dipenuhi usaha di bidang penyediaan jasa warnet. Pada Tabel 1.1 berikut dapat dilihat beberapa
warung internet yang ada di jalan Jamin Ginting
Medan.
Tabel 1.1 Daftar
Warung Internet di Jalan Jamin Ginting Medan NO NAMA WARNET ALAMAT Tarif Harga (Rp) Promosi Penjualan (Rp) 1
Lagarsi Net Jln. Jamin Ginting No.
301 2000/jam 5000/3jam 2 Byte
Net Jln. Jamin Ginting No. 392 2000/jam - 3 Pandia Net Jln. Jamin Ginting No. 414 2500/jam 5000/3jam 4
Kesara Net Jln. Jamin Ginting No.
311 2500/jam - 5
Saigon Net Jln. Jamin Ginting No.
297 3000/jam 7000/3jam 11000/7jam 6 @Bell
Net Jln. Jamin Ginting No. 279 3000/jam 5000/2jam 7000/3jam 7 Viper
Net 273 Jln. Jamin Ginting No 273 3000/jam 5000/2jam 10000/5jam 8 Poli
Net Jln. Jamin Ginting No. 366 4000/jam - 9 New Dynamic Net Jln. Jamin Ginting No. 382 3000/jam 5000/2jam 10
Anugerah Net Jln. Jamin Ginting No 384b 3000/jam 5500/3jam 11000/6jam 11 Octo Net Jln. Jamin Ginting No 323 3000/jam 5000/2jam 6000/3jam Sumber : Survei Lapangan
di Jalan Jamin Ginting Medan, Maret 2011 Pada Tabel 1.1 terlihat bahwa setiap
warung internet menawarkan harga dan promosi
yang beragam, sebagai salah satu strategi dalam menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa di warnet
tersebut. Persaingan usaha dalam usaha
warung internet di kota Medan khususnya
jalan Jamin Ginting tidak tergolong
mudah, hal ini diakibatkan banyaknya usaha sejenis yang penawaran jasanya tidak kalah menarik dibandingkan yang
lain. Namun yang menawarkan jasa dengan
harga dan promosi yang lebih baik, pasti hal itu yang menjadi acuan konsumen dalam memutuskan menggunakan jasa di
warung internet tersebut.
Warung internet
(warnet) Lagarsi adalah salah satu warnet yang berada di jalan Jamin Ginting sangat ramai dikunjungi oleh konsumen
dibandingkan warung-warung internet
lainnya. Dilihat dari Tabel 1.1 bahwa warnet ini memiliki ketertarikan tersendiri dibandingkan yang
lain. Karena warung internet Lagarsi ini selain menawarkan harga yang dapat dijangkau
oleh konsumen, juga menawarkan promosi
berupa paket hemat kepada konsumennya dibandingkan warung-warung internet lain, yang mana walaupun ada warnet
yang juga menawarkan harga yang sama
tapi warung internet tersebut tidak memiliki promosi berupa paket hemat, dan ada juga warung internet yang menawarkan
promosi berupa paket hemat tapi harga
yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan warung internet lagarsi ini.
Warung internet
lagarsi ini juga memiliki ketertarikan tersendiri dibandingkan dengan warnet-warnet yang lain dimana pemilik
warnet ini sangat ramah, gokil, mudah
bergaul, dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan para pelanggannya. Hal ini membuat pelanggan merasa
nyaman saat bermain di warung internet
Lagarsi ini dan merasa seperti ada ikatan keluarga dengan pemilik. Pemilik juga tidak sungkan dalam
membagikan makanan-makanan kecil kepada
pelanggan dan pelanggan pun menjadi tidak segan dalam mengungkapkan saran kepada pemilik dalam hal meningkatkan
kualitas jasa yang dihasilkan sehingga
meningkatkan loyalitas pelanggan untuk menggunakan jasa di warung internet ini.
Sebelum adanya
promosi yang dilakukan pemilik warnet lagarsi ini yakni pada tahun 2009, warung internet ini belum
dikenal. Kemudian pemilik melakukan
promosi di bulan September, dengan mulai memasang spanduk di depan warnet Lagarsi. Sehingga pelanggan pun
mengenal warung internet ini dan jumlah
pelanggan yang bermain pun bertambah walaupun tidak sesuai harapan pemilik. Oleh sebab itu, pemilik warung
internet pun mulai menerapkan promosi lain yakni paket hemat. Paket hemat ini
merupakan paket promosi yang cukup berhasil
menarik minat konsumen dan memutuskan bermain di warnet Lagarsi ini.
Dimana pencapaian
target peningkatan jumlah konsumen untuk bulan Oktober tahun 2009 yakni sebesar 10% berhasil. Adapun
tingkat kunjungan konsumen di warung
internet Lagarsi sebelum promosi dilakukan pada bulan Agustus 2009 dan pada saat promosi diterapkan dimulai pada
September selama tahun 2009 dapat dilihat
pada Tabel 1.2 berikut.
Tabel 1.2 Data
Peningkatan Kunjungan Konsumen di warnet Lagarsi Selama Bulan Agustus –
Desember 2009 Bulan Jumlah Kunjungan Konsumen
(Orang) Peningkatan Jlh Konsumen dgn base bulan Agustus 2009 ( % ) Agustus 215
-September 229 6,51 Oktober
248 13,4 November 255
18,60 Desember 239 11,16 Sumber : Manajemen Warung Internet
Lagarsi, 2009 (diolah) Pada Tabel 1.2, terlihat bahwa ada peningkatan tingkat kunjungan
konsumen di warung internet Lagarsi
selama tahun 2009 yakni sebesar 6,51% untuk bulan September, sebesar 13,14% untuk bulan
Oktober, sebesar 18,60% untuk bulan November
dan 11,16% untuk bulan Desember. Peningkatan jumlah konsumen pada warung internet Lagarsi akan mendatangkan
keuntungan pada perusahaan tersebut dan
mengakibatkan warung internet Lagarsi dapat bertahan dari persaingan yang ada.
Keputusan mengenai
penetapan harga (price) dan promosi (promotion) merupakan salah satu keputusan strategis yang
sangat penting karena keputusan tersebut
diharapkan semakin mendorong konsumen untuk menggunakan produk/jasa perusahaan, yang pada akhirnya
akan meningkatkan volume penjualan.
Untuk itu, peneliti mencoba meneliti pengaruh marketing mix yang dilakukan oleh pemilik Lagarsi, dalam hal ini
penetapan harga (price) dan promosi
(promotion) di dalam membangun keputusan konsumen sehingga menggunakan jasa di warnet Lagarsi ini. Dari
latar belakang tersebut, penulis mengadakan
penelitian dengan judul “Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa
di Warnet Lagarsi Jalan Jamin Ginting
Medan”.
1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang
masalah yang telah dikemukakan, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Apakah faktor penetapan harga dan promosi
berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan menggunakan jasa di warnet Lagarsi jalan Jamin Ginting Medan? 2.
Faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi
jalan Jamin Ginting Medan? 1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini
adalah: a. Untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap keputusan konsumen
menggunakan jasa di warnet Lagarsi.
b. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang
paling dominan, yang menjadi keputusan
konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi.
1.4 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini
adalah : a. Bagi Perusahaan Memberikan
saran dan masukan dalam hal bauran pemasaran sebagai strategi untuk meningkatkan jumlah konsumen di
warnet Lagarsi b. Bagi Peneliti lain Sebagai
bahan referensi bagi penelitian sejenis yang dapat dijadikan bahan perbandingan dalam melakukan penelitian di masa yang akan datang, khususnya yang berkaitan dengan pengaruh
penetapan harga dan promosi terhadap
keputusan konsumen.
c. Bagi
Penulis Untuk meningkatkan dan memperdalam pengetahuan dan wawasan peneliti mengenai bauran pemasaran, khususnya
tentang penetapan harga (pricing) dan
promosi (promotion).
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi