Selasa, 25 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA DI WARNET



BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang Masalah 
Internet berasal dari kata interconnection networking yang berarti hubungan  dari banyak jaringan komputer yang memungkinkan para pengguna komputer di  seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi antara yang satu  dengan yang lain (http://www.sejarah-internet.com, 2010). Untuk dapat  menggunakan fasilitas internet tersebut, para pengguna internet dapat  berlangganan ke salah satu penyelenggara/penyedia jasa internet(internet service  provider) yang ada, seperti flash dari Telkomsel, speedy dari Telkom dan lainnya.

Teknologi internet dapat diakses serta dimanfaatkan oleh seluruh lapisan  masyarakat, terutama pebisnis, staf pengajar, pelajar dan mahasiswa. Berdasarkan  hasil pengamatan peneliti, internet biasanya dimanfaatkan untuk mencari  informasi-informasi yang dibutuhkan penggunanya, mengirimkan data-data, mendownload atau meng-upload data, berkomunikasi melalui situs jejaringan sosial  seperti facebook,  twitter,  friendster, dan bermain game  on-line. Oleh karena  semakin meningkatnya kebutuhan akan layanan akses internet, banyak  wirausahawan membuka usaha di bidang penyedia jasa internet, yang lebih  dikenal dengan usaha warung internet (warnet).
Perkembangan industri hiburan (entertainment) nasional maupun global telah  menyebabkan persaingan yang sangat ketat dalam memperebutkan pangsa pasar  seperti sekarang ini. Perusahaan tidak hanya bisa mengandalkan produk dan jasa  yang berkualitas tetapi didukung juga oleh upaya-upaya penting dalam   memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan. Seperti halnya dengan  pertumbuhan jumlah warung internet yang berkembang dengan pesat dan disertai  dengan perkembangan teknologi yang serba modern. Hal itu menyebabkan  timbulnya persaingan diantara para pengusaha warnet dalam memperebutkan  pelanggannya. Oleh karena itu, para pengusaha warung internet haruslah memiliki  strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang baik untuk menghadapi  persaingan, baik untuk bertahan (survive) atau sebagai pemimpin pasar (market  leader) di bidangnya.
Pemasaran harus dijabarkan dalam program pemasaran yakni bauran  pemasaran (marketing mix) sebagai salah satu konsep kunci dalam teori  pemasaran modern. Menurut Lupiyoadi (2001:58), program pemasaran membagi  empat komponen utama bauran pemasaran untuk perusahaan barang yakni:  product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), ditambah  dengan people (orang), physical evidence (bukti fisik) customer service (layanan  pelanggan) dan process (proses) untuk perusahaan jasa. Variabel-variabel tersebut  saling menunjang dan berkaitan antara satu dengan lainnya. Tidak terbatas pada  hal itu saja, perusahaan juga harus berupaya mempengaruhi serta membujuk calon  konsumen agar bersedia mengkonsumsi produk yang dihasilkan. Seperti halnya  dalam penetapan harga dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan itu, dalam  hal ini warung internet.
Kota Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia yang merupakan pusat  bisnis dan industri hiburan. Salah satu industri hiburan yang cukup dikenal ialah  warung internet. Usaha warung internet ini sudah lama diminati dan digemari oleh   kalangan anak-anak, remaja dan dewasa, dan telah mengalami pertumbuhan yang  cukup pesat. Kawasan kampus USU khususnya di jalan Jamin Ginting merupakan  kawasan yang banyak dipenuhi usaha di bidang penyediaan jasa warnet. Pada  Tabel 1.1 berikut dapat dilihat beberapa warung internet yang ada di jalan Jamin  Ginting Medan.
Tabel 1.1 Daftar Warung Internet di Jalan Jamin Ginting Medan NO NAMA  WARNET ALAMAT Tarif Harga  (Rp) Promosi Penjualan  (Rp) 1  Lagarsi Net Jln. Jamin Ginting  No. 301  2000/jam  5000/3jam  2  Byte Net Jln. Jamin Ginting  No. 392 2000/jam  -  3  Pandia Net Jln. Jamin Ginting  No. 414 2500/jam  5000/3jam  4  Kesara Net Jln. Jamin Ginting  No. 311 2500/jam  -  5  Saigon Net Jln. Jamin Ginting  No. 297 3000/jam  7000/3jam 11000/7jam  6  @Bell Net Jln. Jamin Ginting  No. 279 3000/jam  5000/2jam 7000/3jam  7  Viper Net 273 Jln. Jamin Ginting No  273  3000/jam  5000/2jam 10000/5jam  8  Poli Net Jln. Jamin Ginting  No. 366 4000/jam  -  9  New Dynamic  Net Jln. Jamin Ginting  No. 382 3000/jam  5000/2jam  10  Anugerah Net Jln. Jamin Ginting No  384b 3000/jam  5500/3jam 11000/6jam 11  Octo Net Jln. Jamin Ginting No  323 3000/jam  5000/2jam 6000/3jam Sumber : Survei Lapangan di Jalan Jamin Ginting Medan, Maret 2011 Pada Tabel 1.1 terlihat bahwa setiap warung internet menawarkan harga dan  promosi yang beragam, sebagai salah satu strategi dalam menarik minat  konsumen untuk menggunakan jasa di warnet tersebut. Persaingan usaha dalam  usaha warung internet di kota Medan khususnya  jalan Jamin Ginting tidak   tergolong mudah, hal ini diakibatkan banyaknya usaha sejenis yang penawaran  jasanya tidak kalah menarik dibandingkan yang lain. Namun yang menawarkan  jasa dengan harga dan promosi yang lebih baik, pasti hal itu yang menjadi acuan  konsumen dalam memutuskan menggunakan jasa di warung internet tersebut.
Warung internet (warnet) Lagarsi adalah salah satu warnet yang berada di  jalan Jamin Ginting  sangat ramai dikunjungi oleh konsumen dibandingkan  warung-warung internet lainnya. Dilihat dari Tabel 1.1 bahwa warnet ini memiliki  ketertarikan tersendiri dibandingkan yang lain. Karena warung internet Lagarsi ini  selain menawarkan harga yang dapat dijangkau oleh konsumen, juga menawarkan  promosi berupa paket hemat kepada konsumennya dibandingkan warung-warung  internet lain, yang mana walaupun ada warnet yang juga menawarkan harga yang  sama tapi warung internet tersebut tidak memiliki promosi berupa paket hemat,  dan ada juga warung internet yang menawarkan promosi berupa paket hemat tapi  harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan warung internet lagarsi ini.
Warung internet lagarsi ini juga memiliki ketertarikan tersendiri dibandingkan  dengan warnet-warnet yang lain dimana pemilik warnet ini sangat ramah, gokil,  mudah bergaul, dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan para  pelanggannya. Hal ini membuat pelanggan merasa nyaman saat bermain di  warung internet Lagarsi ini dan merasa seperti ada ikatan keluarga dengan  pemilik. Pemilik juga tidak sungkan dalam membagikan makanan-makanan kecil  kepada pelanggan dan pelanggan pun menjadi tidak segan dalam mengungkapkan  saran kepada pemilik dalam hal meningkatkan kualitas jasa yang dihasilkan   sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan untuk menggunakan jasa di warung  internet ini.
Sebelum adanya promosi yang dilakukan pemilik warnet lagarsi ini yakni  pada tahun 2009, warung internet ini belum dikenal. Kemudian pemilik  melakukan promosi di bulan September, dengan mulai memasang spanduk di  depan warnet Lagarsi. Sehingga pelanggan pun mengenal warung internet ini dan  jumlah pelanggan yang bermain pun bertambah walaupun tidak sesuai harapan  pemilik. Oleh sebab itu, pemilik warung internet pun mulai menerapkan promosi lain yakni paket hemat. Paket hemat ini merupakan paket promosi yang cukup  berhasil menarik minat konsumen dan memutuskan bermain di warnet Lagarsi ini.
Dimana pencapaian target peningkatan jumlah konsumen untuk bulan Oktober  tahun 2009 yakni sebesar 10% berhasil. Adapun tingkat kunjungan konsumen di  warung internet Lagarsi sebelum promosi dilakukan pada bulan Agustus 2009 dan  pada saat promosi diterapkan dimulai pada September selama tahun 2009 dapat  dilihat pada Tabel 1.2 berikut.
Tabel 1.2 Data Peningkatan Kunjungan Konsumen di warnet Lagarsi Selama Bulan Agustus – Desember 2009 Bulan Jumlah Kunjungan  Konsumen (Orang) Peningkatan Jlh Konsumen dgn base  bulan Agustus 2009 ( % ) Agustus  215  -September  229  6,51 Oktober  248  13,4 November  255  18,60 Desember  239  11,16 Sumber : Manajemen Warung Internet Lagarsi, 2009 (diolah) Pada Tabel 1.2, terlihat bahwa ada peningkatan tingkat kunjungan konsumen  di warung internet Lagarsi selama tahun 2009 yakni sebesar 6,51% untuk bulan   September, sebesar 13,14% untuk bulan Oktober, sebesar 18,60% untuk bulan  November dan 11,16% untuk bulan Desember. Peningkatan jumlah konsumen  pada warung internet Lagarsi akan mendatangkan keuntungan pada perusahaan  tersebut dan mengakibatkan warung internet Lagarsi dapat bertahan dari  persaingan yang ada.
Keputusan mengenai penetapan harga (price) dan promosi (promotion)  merupakan salah satu keputusan strategis yang sangat penting karena keputusan  tersebut diharapkan semakin mendorong konsumen untuk menggunakan  produk/jasa perusahaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan volume  penjualan. Untuk itu, peneliti mencoba meneliti pengaruh marketing mix yang  dilakukan oleh pemilik Lagarsi, dalam hal ini penetapan harga (price) dan  promosi (promotion) di dalam membangun keputusan konsumen sehingga  menggunakan jasa di warnet Lagarsi ini. Dari latar belakang tersebut, penulis  mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi  Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa di Warnet Lagarsi  Jalan Jamin Ginting Medan”.
1.2  Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka peneliti  merumuskan masalah sebagai berikut: 1.  Apakah faktor penetapan harga dan promosi berpengaruh positif dan  signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa di warnet Lagarsi jalan  Jamin Ginting Medan?  2.  Faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan  konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi jalan Jamin Ginting  Medan? 1.3  Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah: a.  Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penetapan harga dan  promosi terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet  Lagarsi.
b.  Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan, yang  menjadi keputusan konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi.
1.4  Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini adalah : a.  Bagi Perusahaan Memberikan saran dan masukan dalam hal bauran pemasaran sebagai  strategi untuk meningkatkan jumlah konsumen di warnet Lagarsi b.  Bagi Peneliti lain Sebagai bahan referensi bagi penelitian sejenis yang dapat dijadikan bahan  perbandingan dalam melakukan  penelitian di masa yang akan datang,  khususnya yang berkaitan dengan pengaruh penetapan harga dan promosi  terhadap keputusan konsumen.
 c.  Bagi Penulis Untuk meningkatkan dan memperdalam pengetahuan dan wawasan  peneliti mengenai bauran pemasaran, khususnya tentang penetapan harga  (pricing) dan promosi (promotion).
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi