BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Perkembangan
bisnis properti di Indonesia mengalami kenaikan yang sangat tajam pada dekade
terakhir ini. Banyak indikator yang dapat dilihat didalam masyarakat misalnya
dengan banyaknya pembangunan perumahan-perumahan baru termasuk juga apartemen
dengan harga yang relatif lebih murah.
Disamping
itu komponen penunjang kepemilikan rumah juga semakin mudah dan menjangkau
berbagai lapisan masarakat, misalnya dengan kucuran kredit rumah yang melimpah.
Disamping hunian, perumahan dan apartemen, juga terdapat produk properti berupa
gedung perkantoran dan ruko yang juga tumbuh pesat.
Pesatnya
bisnis properti ini didorong oleh kebutuhan pokok manusia, disamping pangan dan
sandang, dan kebutuhan ini termasuk kebutuhan utama yang secara naluri harus
terpenuhi. Disamping itu dalam rangka keperluan usaha, seseorang atau badan
usaha memerlukan tempat yang dapat digunakan untuk keperluan usahanya, misalnya
kantor, ruko ataupun gudang.
Properti
juga menjadi alternatif utama untuk berinvestasi. Disamping harga yang relatif
selalu naik dimasa yang akan datang, juga dapat dijadikan bisnis sewa yang
mendatangkan keuntungan pasif. Salah satu sebab mengapa bisnis properti ini
tumbuh pesat, selain tentunya karena kebutukan manusia, adalah karena banyak
alternatif cara kepemilikan yang semakin mudah.
Saat ini memiliki sebuah rumah atau
properti lainnya tidak harus dengan uang tunai namun bisa juga dengan makanisme
pembiayaan atau kredit. Salah satu perusahaan properti yang saat ini sedang
berkembang adalah PT. Fasbiru Medan yang merupakan sebuah perusahaan pengembang
(Developer) perumahan Islami di Kota Medan.
PT. Fasbiru Medan memfokuskan untuk pembangunan perumahan
dengan konsep Islami yang berlokasi di Kota Medan. Beragam fasilitas yang
dihadirkan seperti dengan adanya Taman Bermain, Masjid, dan lain-lain. Saat ini
PT. Fasbiru Medan memiliki proyek pembangunan yang berlangsung diantaranya Citra
Harjosari, Griya Raihan, Citra Menteng, Citra Seroja, Puri Zahara dan
lain-lain.
Lingkungan perumahan asri yang dikembangkan oleh PT. Fasbiru
Medan sangat sesuai dengan kebutuhan sosial keluarga bersama dengan ratusan
keluarga Muslim di Kota Medan, dan menjadikan lingkungan semakin bernuansa
religius, aman dan nyaman karena dengan penjagaan 24 jam, sehingga merupakan
hunian yang ideal.
Dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan PT. Fasbiru
Medan, diperlukan iklim kerja yang baik. Iklim kerja yang baik harus dimiliki
oleh karyawan. Untuk mengatasi berbagai kenyataan tersebut di atas, salah satu
alternatifnya adalah melalui pintu perubahan perilaku dari karyawan sebagai
elemen terpenting organisasi dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.
Selain itu iklim kerja tersebut dikatakan baik dan sesuai
jika para karyawannya dapat melaksanakan kegiatan secara optimal, sehat, aman,
dan
nyaman. Tingkat penjualan merupakan
penjualan yang diperoleh perusahaan untuk periode tertentu dalam satuan unit.
Bagi setiap perusahaan tujuan yang hendak dicapai adalah memaksimumkan profit
disamping perusahaan ingin tetap berkembang.
Realisasi dari pada tujuan ini adalah melalui tingkat
penjualan yang mantap karena masalah penjualan merupakan kunci dari sukses
tidaknya suatu perusahaan. Dalam kegiatan pemasaran kenaikan tingkat penjualan
merupakan ukuran efisensi, meskipun tidak setiap kenaikan tingkat penjualan
diikuti dengan kenaikan laba.
Dari Table 1.1 diatas dapat dilihat bahwa rumah Puri Zahara 2
Tahap I launching sebanyak 124 unit rumah pada bulan Juli 2011, selama periode
bulan Juli s/d Desember 2011 rumah terjual sebanyak 73 unit, rumah belum
terjual sebanyak 51 unit. Pada bulan Januari s/d Desember 2012 rumah terjual
sebanyak 71 unit, rumah yang batal sebanyak 15 unit, rumah yang belum terjual
sebanyak 5 unit. Pada bulan Januari s/d Juli 2013 rumah yang terjual sebanyak 5
unit, sehingga total rumah yang tersisa 0 unit.
Dari data Puri Zahara 2 Tahap II launching sebanyak 85 unit
rumah pada bulan Desember 2012, selama periode bulan Januari s/d Juli 2013
rumah terjual sebanyak 81 unit, rumah belum terjual sebanyak 4 unit. Puri
Zahara 2 Tahap III launching sebanyak 67 unit rumah, selama periode bulan Juli
2013 belum ada rumah yang terjual.
Data tingkat penjualan rumah Puri
Zahara 2 mengalami kenaikan, hal ini menunjukkan permintaan konsumen dalam
membeli rumah di Puri Zahara 2 sangat tinggi, sehingga PT. Fasbiru Medan
membuka kembali Puri Zahara 2 Tahap II dan Tahap III, ini karena adanya
dukungan dari iklim kerja pada divisi pemasaran PT. Fasbiru Medan yang saling
mendukung baik antara pimpinan marketing maupun antara marketing.
Fenomena yang terjadi di PT. Fasbiru Medan dilihat dari iklim
kerja yang nyaman, sehat, aman dan saling mendukung dirasakan oleh karyawan PT.
Fasbiru Medan, sehingga tingkat penjualan mengalami kemajuan yang cukup
signifikan. Oleh karena itu, dengan adanya keterkaitan antara iklim kerja
terhadap tingkat penjualan pada divisi pemasaran PT. Fasbiru Medan diharapkan
dapat terus berkomitmen dalam hal pencapaian target penjualan agar perusahaan
dapat terus maju dan berkembang.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis mencoba untuk
meneliti lebih lanjut dalam skripsi yang berjudul “Pengaruh Iklim Kerja Terhadap
Tingkat Penjualan pada Divisi Pemasaran PT. Fasbiru Medan”
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka penulis
dapat merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana Pengaruh Iklim Kerja
Terhadap Tingkat Penjualan pada Divisi Pemasaran PT. Fasbiru Medan ?
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklim kerja terhadap tingkat
penjualan pada divisi pemasaran PT. Fasbiru Medan.
1.4 Manfaat penelitian
Adapun manfaat penelitian antara lain :
1. Penelitian ini merupakan
kesempatan baik bagi penulis untuk dapat menambah dan mengembangkan wawasan,
serta ilmu pengetahuan tentang pengaruh iklim kerja terhadap tingkat penjualan
pada divisi pemasaran PT. Fasbiru Medan.
2. Sebagai bahan masukan bagi
perusahaan, khususnya untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklim kerja terhadap
tingkat penjualan pada perusahaan.
3. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi
yang dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan serta perbandingan dalam
melakukan penelitian terhadap objek dan masalah yang sama di masa yang akan
datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi