Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA KARYAWAN CARREFOUR CITRA GARDEN PADANG BULAN



BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang Masalah 
Masalah sumber daya manusia masih menjadi sorotan dan tumpuan untuk  tetap bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran utama  dalam setiap kegiatan perusahaan. Walaupun didukung sarana prasarana serta  sumber dana yang berlebihan tetapi tanpa dukungan sumber daya manusia yang  handal kegiatan perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan  bahwa sumber daya manusia merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan  dengan segala kubutuhannya. Sumber daya manusia merupakan ujung tombak  yang akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Pengelolaan sumber daya manusia mempengaruhi kinerja organisasi dengan  praktek manajemen yang dilakukan dan memiliki sasaran cukup luas tidak  terbatas pada karyawan operasional saja, tetapi meliputi tingkatan manajerial. Inti  dari manajemen sumber daya manusia adalah pengelolaan manusia di dalam  organisasi secara optimal agar kinerja organisasi pun seperti yang diharapkan.
Asumsi yang lahir dari manajemen sumber daya manusia adalah bahwa  manusia memiliki akal, perasaan, keinginan, kemampuan, keterampilan,  pengetahuan, dorongan, daya dan karsa. Semua potensi ini mempengaruhi upaya  organisasi dalam pencapaian tujuannya. Betapapun majunya teknologi, modal,  sumber daya alam, namun jika tanpa sumber daya manusia maka akan sulit bagi  organisasi untuk mencapai tujuannya. Betapapun bagusnya rumusan tujuan dan   rencana organisasi,  maka akan sia-sia jika unsur sumber daya manusia tidak dikelola secara profesional.
Hal ini semakin jelas karena peran sumber daya manusia sebagai faktor  krisis yang dapat menentukan maju mundurnya serta hidup matinya suatu usaha  dan kegiatan bersama, baik yang berbentuk organisasi sosial, lembaga pemerintah maupun badan usaha. Rendahnya sumber daya manusia menyebabkan turunnya  efektivas kerja karyawan, yang secara tidak langsung ditentukan oleh kompetensi  (Wibowo,2007:87).
Menurut Argis dalam Tangkilisan (2005: 139) bahwa efektivitas kerja  adalah keseimbangan atau pendekatan optimal pada pencapaian tujuan,  kemampuan, dan pemanfaatan tenaga manusia. Jadi konsep tingkat efektivitas  menunjukkan pada tingkat seberapa jauh organisasi melaksanakan kegiatan atau  fungsi-fungsi sehingga tujuan yang telah ditetapkan  dapat tercapai dengan  menggunakan secara optimal alat-alat dan sumber yang ada.
Dalam mencapai tujuan tersebut ada beberapa hal yang meliputi  efektivitas kerja yaitu, kuantitas kerja, kualitas kerja, dan ketepatan waktu dalam  menyelesaikan pekerjaan,  serta kualitas kerja yang baik. Sehingga efektivitas  kerja perlu didukung oleh sumber  daya manusia yang memiliki kompetensi yang  dibutuhkan oleh perusahaan sehingga memperoleh hasil secara efektif dan efisien.
Perusahaan juga dituntut agar mengetahui dan mengembangkan faktor-faktor  yang mendukung peningkatan efektivitas kerja karyawan dan pemimpin.
Salah satu faktor yang mendukung efektivitas kerja adalah kompetensi.
Dimana kompetensi ini adalah karakteristik dasar seseorang yang terdiri dari   knowledge, skill, dan attitude yang ada hubungan sebab-akibatnya dengan prestasi  kerja yang baik atau dengan efektivitas kerja.
Menurut Wibowo (2007: 87), kompetensi merupakan karakteristik yang  mendasar pada setiap individu yang dihubungkan dengan kriteria yang  direferensikan terhadap kinerja yang unggul atau efektif dalam sebuah pekerjaan  atau situasi. Pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi dilakukan  agar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran perusahaan  dengan standart kinerja yang telah ditetapkan. Kompetensi menyangkut  kewenangan setiap individu untuk melakukan tugas atau mengambil keputusan  dengan peranannya dalam perusahaan yang relevan dengan memiliki pengetahuan  (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude)  produktifnya. Dengan  demikian maka  nilai (value) yang kuat akan membuat mereka selalu siap dalam  menghadapi perubahan sesuai dengan tuntutan perusahaan dan mampu  menghasilkan output.
Pengaplikasian ini dapat dilihat di perusahaan Carrefour. Perusahaan Carrefour merupakan bisnis ritel modren yang memiliki  tugas pokok dan  tujuannya untuk memberi Indonesia akses untuk kehidupan lebih baik. Dalam  memberi akses ini karyawan Carrefour juga harus memiliki kemampuan dalam  melayani para konsumen, dan dapat mengerjakan tugas-tugas nya di dalam setiap  bidang masing-masing yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup  konsumen dalam berbelanja. Carrefour memiliki  tempat yang nyaman, barangbarangnya pun memiliki standar yang tinggi dan berkualitas karena biasanya  perusahaan ritel akan menjaga citra perusahaan dengan menunjukkan karyawan   yang bekerja secara efektif dimana pada Carrefour Citra Garden ini tidak  mengijinkan setiap karyawan untuk absen tanpa keterangan selain karena alasan  sakit dan cuti yang sudah di sepakati. Perkembangan bisnis ritel mengalami  kemajuan yang sangat pesat. Dimana Carrefour sudah menjadi bisnis ritel dengan  omset terbesar. Data tentang omset peritel Hypermarket dituntukkan pada Tabel  1.1  Tabel 1.1 Omset Peritel Hypermarket (Rp Trilliun) No.  Hypermarket  Omset (Rp milyar)  Market Share (%) 1  Carrefour  11.250  48,78 % 2  Hypertmart  5.100  22,08 % 3  Giant  4.100  17,75% 4  Makro  2.200  9,52% 5  Indogrosir  450  1,95% Total  23.130  100% Sumber : www.Balai Uji.co.id– 17 Mei 2010 (diolah) Perusahaan Carrefour Citra Garden adalah outlet kedua di Medan setelah  Carrefour Plaza Medan Fair. Carrefour Citra Garden menyadari bahwa  perusahaan besar pasti identik dengan personil yang hebat dimana misi dari Carrefour adalah menjadi ritel no satu dan merupakan ritel pilihan di Indonesia  yang menunjukkan bahwa Carrefour berusaha untuk menjadi Top leader dalam  bisnis ritel di Indonesia dengan memberikan fasilitas dan suasana yang berbeda  dari peritel yang lain.  Carrefour Citra Garden Medan bertekad untuk menarik dan  mempertahankan konsumen dari kemampuan pelayanan dari setiap karyawan,   karena semakin maraknya bisnis ritel di kota Medan. Sehingga dibutuhkan  personil yang tidak takut dalam mengambil keputusan, berpikir secara kreatif  yang dapat membantu merangkul dalam keanekaragaman, menjawab tantangan  perubahan yang menghadang, dan yang paling penting perusahaannya tetap  menempuh perjalanan menuju perusahaan yang manusiawi. Oleh karena hal  tersebut, Carrefour Citra Garden Medan sangat memperhatikan efektivitas kerja  dari pada karyawannya. Perusahaan Carrefour Citra Garden mengembangkan  model kompetensi yang berintegritas dengan tolak ukur pinilaian kinerja  berdasarkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), sikap (attitude) yang  dimiliki setiap karyawan agar dapat mempermudah di dalam melaksanakan tugas  dan tanggung jawab secara efektif yang dapat dijadikan sebagai dasar  pengembangan sumber daya manusia.
Perusahaan Carrefour Citra Garden Medan, mengalami beberapa  tantangan dalam mengaplikasikan model kompetensi yang berorientasi dengan  penilaian kerja diantaranya tanggung jawab karyawan, tingkat kehadiran  karyawan, pengetahuan pegawai dalam bidang pengoperasian alat tehnologi, dan  kemampuan karyawan untuk melaksanakan tugas dan menyelesaikannya dengan  tepat waktu dan tepat sasaran.
Permasalahan-permasalahan tersebut membuat Perusahaan Carrefour Citra  Garden Medan melakukan pembinaan dan pelatihan untuk menyelesaikan  masalah agar efektivitas kerja para karyawan Perusahaan Carrefour Citra Garden  Medan dapat mencapai tujuan perusahaan sebaik mungkin. Adapun nilai-nilai dari  perusahaan Carrefour Citra Garden Medan adalah:  1.  Berkomitmen 2.  Peduli.
3.  Positif.
Karyawan pada perusahaan Carrefour Citra Garden Medan, diatur dengan  adanya pemberian wewenang dan tanggung jawab. Peningkatan kinerja karyawan  secara perorangan akan mendorong kinerja sumber daya manusia secara  keseluruhan yang direfleksikan dalam kenaikan produktivitas. Efektivitas juga  dilengkapi dengan kompetensi yang berhubungan dengan knowledge, skill, dan  attitude yaitu dengan evaluasi kinerja, yang sasarannya motivasi, pengembangan,  dan komunikasi. Penambahan kompetensi dalam penilaian kinerja diharapkan  agar dapat memperbaiki proses penilaian efektivitas kerja karyawan. Bagi  Perusahaan Carrefour karyawan adalah pelaksana yang dapat berhubungan atau  berinteraksi dengan masing-masing karyawan.
Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis tertarik melakukan penelitian  pada Carrefour Citra Garden Medan dengan judul  ”Pengaruh Kompetensi  Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Pada  Carrefour Citra Garden Medan”.   1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang dikemukakan, maka  dirumuskan permasalahan tentang kompetensi sumber daya manusia pada  Carrefour Citra Garden Padang Bulan Medan yaitu: “ Apakah kompetensi sumber daya manusia  yang terdiri dari Knowledge, Skill,  dan Attitude  berpengaruh  terhadap efektivitas kerja karyawan?”  1.3 Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  kompetensi sumber daya manusia yang terdiri dari Knowledge, Skill, dan Attitude terhadap Efektivitas kerja karyawan pada Carrefour Citra Garden Padang Bulan  Medan.
1.4 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian yang diharapkan antara lain : a.  Penelitian ini memberi kontribusi dan informasi bagi perusahaan agar  pihak manajemen semakin meningkatkan kompetensi sumber daya  manusianya untuk dapat meningkatkan efektivitas kerja karyawan.
b.  Hasil penelitian ini diharapakan dapat bermanfaat bagi  pembaca  untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun  penelitaan lanjutan dan sekaligus bahan masukan informasi alamiah  untuk melanjutkan penelitian tentang hubungan antara kompetensi  sumber daya manusia dengan efektivitas kerja karyawan.
c.  Penelitian ini merupakan kesempatan yang baik bagi penulis untuk  dapat menerapkan ilmu yang telah di peroleh selama menjalani proses  perkuliahan dan dapat menambah wawasan pengetahuan dalam bidang  manajemen sumber daya manusia khususnya dalam masalah  kompetensi sumber daya manusia dan efektivitas kerja.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi