Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA MEREKRUMAH SAKIT UMUM HERNA



BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang  
 Rumah sakit merupakan penyedia jasa kesehatan  dimana kesehatan merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup baik sampai saat ini. Hal ini terbukti  dengan semakin banyaknya rumah sakit atau klinik swasta yang berdiri. Bahkan di  Indonesia juga telah berdiri beberapa rumah sakit bertaraf intenasional.

Sehat  merupakan hak azasi  manusia  sehingga setiap masyarakat berhak  memperoleh pelayanan kesehatan secara adil, merata, dan bermutu yang menjangkau  seluruh masyarakat Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut diatas dan dengan  diberlakukannya Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah  serta Undang-undang No 25 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat  dan Daerah, maka berbagai upaya dilakukan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan  pelayanan kesehatan agar masyarakat dapat meningkatkan akses pelayanan dan  kualitas pelayanan kesehatan (Depkes RI, 2004). Salah satu sarana pelayanan  kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan  kesehatan kepada masyarakat adalah rumah sakit. Rumah sakit merupakan lembaga  dalam mata rantai sistem kesehatan nasional. Rumah sakit mengemban tugas untuk  memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, karenanya  pembangunan dan penyelenggaraan kesehatan di rumah sakit perlu diarahkan pada  tujuan nasional dibidang kesehatan Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran  yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan   masyarakat Indonesia.Pola pelayanan kesehatan yang diharapkan adalah pelayanan yang berkualitas, sehingga mampu meminimalkan angka kesakitan dan kematian  serta menciptakan masyarakat sehat sejahtera.
Sebagian besar rumah sakit swasta yang beroperasi di kota-kota besar, lebih  berorientasi ke aspek bisnis (profit oriented), terutama untuk rumah sakit swasta sarat  dengan persaingan dalam kualitas pelayanannya hingga bertaraf internasional.
Bahkan dengan tarif rumah sakit swasta yang mahal ini ternyata tidak menyurutkan  minat pengguna dari golongan masyarakat menengah ke atas. Disamping pelayanan  yang professional, rumah sakit swasta dilengkapi berbagai fasilitas dan peralatan  canggih. Hal ini menjadi bukti pelayanan yang baik pada rumah sakit swasta di  Indonesia (PT. Media Data Riset, 20 Maret 2009).
Kualitas pelayanan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan  konsumen serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan konsumen,  menurut Parasuramandalam Tjiptono (2005:60) terdapat dua faktor utama yang  mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu expectedservice dan perceived  service.
Apabila pelayanan yang diterima atau dirasakan sesuai yang diharapkan, maka  kualitas yang dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika, pelayanan yang diterima  melampui harapan pelanggan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan sebagai kualitas  yang ideal. Sebaliknya, jika jasa yang diterima lebih rendah daripada yang  diharapkan, maka kualitas dipersepsikan buruk. Dengan demikian, baik tidaknya  kualitas pelayanan tergantung pada kemampuan penyedia jasa dalam memenuhi  harapan pelanggannya secara konsisten.
 Menurut Lovelock dalam Laksana (2008:88) kualitas pelayanan merupakan  tingkat mutu yang diharapkan, dan pengendalian keragaman dalam mencapai mutu  tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Menurut Shimp (2005:2) citra merek (Brand image) adalah jenis asosiasi yang  muncul dibenak konsumen ketika mengingat sebuah merek tertentu.Dalam  pandangan konsumen, brand image  akan ditentukan oleh seberapa jauh produk  tersebut memehami keinginan dan harapan konsumen. Apabila suatu produk tidak  mampu memberikan kualitas pelayanan produk sesuai standar yang diberikan si  pemberi pelayanan jasa maka dapat mengurangi brand image dari jasa tersebut.
brand image  yang bagus akan membuat pelanggan melakukan penggunaan jasa  seketika tanpa pikir panjang karena brand image  yang bagus akan memberikan  pelanggan rasa percaya diri yang tinggi Memperhatikan banyaknya masyarakat khususnya Sumatera Utara yang  berobat keluar negeri yaitu Penang (Malaysia), Singapura, yang banyak menjadikan  negara-negara tersebut sebagai tujuan untuk berobat. Untuk itu rumah sakit sebagai  industri yang bergerak dibidang jasa dituntut memberikan kualitas optimal atas  kinerja yang diberikan kepada konsumen, karena konsumen akan memberikan  penilaian objektif atau membuat persepsi langsung terhadap brand imageperusahaan  atau penyedia jasa yang bersangkutan. Menurut Lupiyoadi (2005:11), perusahaan  yang bergerak dibidang jasa memperlihatkan image-nya, karena dengan image yang  bagus maka memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan juga membuat para  konsumen  senang dan nyaman bila kondisi tempat perusahaan itu memberikan  suasana yang nyaman.
 Medan merupakan kota metropolitan dengan perkembangan yang pesat dalam  segala aspek pada saat ini. Perkembangan tersebut berupa bertambah luasnya areal  kota, jumlah penduduk, pembangunan baik berupa bangunan perkantoran, pusat  perbelanjaan, hotel, sekolah/universitas dan rumah sakit dan lain sebagainya. Khusus  rumah sakit, dikota Medan sudah ada sekitar 71 rumah sakit, baik yang dikelola  pemerintah,maupun swasta. (http://telpon.info/rumah-sakit/medan/)  Tabel 1.1 Daftar Rumah Sakit di Kota Medan No  Rumah Sakit  Alamat 1  Medan Eye Center  Jl.Ir. H Juanda 1 MEDAN 2  Rumah Sakit Adenin Adenan  Jl.Sisingamangaraja 8  MEDAN 3  Rumah Sakit Jiwa Dan  Ketergantungan Obat Sembada Jl.Sembada 12 23  MEDAN 4  Rumah Sakit Mitra Sejati  Jl.Jend. AH Nasution 7-A  MEDAN 5  Rumah Sakit Umum Bina Kasih  Jl.Letjen. TB Simatupang  148 MEDAN 6  Rumah Sakit Umum Dr.Pirngadi  Jl. Prof. Dr. H.M.Yamin  SH 147 MEDAN 7  Sumatera Eye Center  Jl. Sultan Iskandar Muda  278 MEDAN 8  Gleni International Hospital  Jl. Listrik 2 A MEDAN 9  Klinik Yarsi  Jl. Raya Menteng 5  MEDAN 10  Medan Medical Center  Jl. KH. Agus Salim 5  MEDAN 11  Rumah Bersalin Mulia  Jl. Brigjend Katamso Gg  Masjid 2 MEDAN 12  Rumah Sakit Advent  Jl Jend Gatot Subroto Km  4 MEDAN 13  Rumah Sakit Al Ummah  Jl Utama Simp Ismaliah  211 MEDAN 14  Rumah Sakit Badrul Aini  Jl Bromo Gg Sukri 18  MEDAN 15  Rumah Sakit Bakti  Jl Hm Joni 64 MEDAN 16  Rumah Sakit Bandung  Jl Mistar 39 MEDAN  17  Rumah Sakit Bhayangkara  Jl KH Wahid Hasyim 1  MEDAN 18  Rumah Sakit Bina Sejahtera  Jl Yos Sudarso Simpang  Kantor 6 MEDAN 19  Rumah Sakit Bunda Zah  Jl Kom L Yos Sudarso  631-S MEDAN 20  Rumah Sakit Dr Abdul Malik  Jl Imam Bonjol 50  MEDAN 21  Rumah Sakit Estomihi  Kantor: Jl  Sisingamangaraja 235  MEDAN 22  Rumah Sakit Haji Medan  Kantor: Jl Rumah Sakit  Haji MEDAN 23  Rumah Sakit Harapan Ibu  Kantor: Jl Danau  Singkarak 13-A MEDAN 24  Rumah Sakit Harapan Mama  Kantor: Jl Mandala By  Pass 26 MEDAN 25  Rumah Sakit Islam Malahayati  Kantor: Jl P Diponegoro  2-4 MEDAN 26  Rumah Sakit Kesdam Tk  Kantor: Jl Putri Hijau  455-S MEDAN 27  Rumah Sakit Lions Medan  Kantor: Jl Amir Hamzah  MEDAN 28  Rumah Sakit Martha Friska  Kantor: Jl Kom L Yos  Sudarso Km 6/91  MEDAN 29  Rumah Sakit Materna  Kantor: Jl Teuku Umar  13 MEDAN 30  Rumah Sakit Methodist  Kantor: Jl MH Thamrin  105 MEDAN 31  Rumah Sakit Methodist Susanna  Wesley Kantor: Jl Dr Setiabudi  MEDAN 32  Rumah Sakit Mitra Medika  Kantor: Jl Kom L Yos  Sudarso Km 7,5 MEDAN 33  Rumah Sakit Morawa  Kantor: Jl Medan-Lubuk  Pakam Km 18,5 MEDAN 34  Rumah Sakit Muslimat Al  Washli Kantor: Jl Stadion 12  MEDAN 35  Rumah Sakit Permata Bunda Kantor: Jl Tulip Kompl G  Riatur Indah 27-J  MEDAN 36  Rumah Sakit Ptp Nusantara Ii  Kantor: Jl Puteri Hijau 15   Tembakau Deli  MEDAN 37  Rumah Sakit Pusat Medan  Tuntungan Kantor: Jl Bunga Lau 17  MEDAN 38  Rumah Sakit Sufina Aziz  Kantor: Jl Karya Baru 1  MEDAN 39  Rumah Sakit Sundari  Kantor: Jl TB  Simatupang 31 MEDAN 40  Rumah Sakit Tj Selamat  Kantor: Jl Kec Padang  Tualang Langkat MEDAN 41  Rumah Sakit Tk Ii Kesdam I  Bukit Barisan Kantor: Jl Putri Hijau 17  MEDAN 42  Rumah Sakit Tradisional  Ompung Saragih Kantor: Jl Gaharu Bambu  VI 6 MEDAN 43  Rumah Sakit Umum Bahagia  Kantor: Jl Bahagia 85  MEDAN 44  Rumah Sakit Umum Deli  Kantor: Jl Merbabu 18-20  A MEDAN 45  Rumah Sakit Umum Delima  Kantor: Jl Kom L Yos  Sudarso 3 MEDAN 46  Rumah Sakit Umum Dewi Maya  Kantor: Jl Surakarta 2  MEDAN 47  Rumah Sakit Umum Dr Rusdi  Kantor: Jl H Adam Malik  140-142 MEDAN 48  Rumah Sakit Umum H Adam  Malik Kantor: Jl Bunga Lau 17  MEDAN 49  Rumah Sakit Umum Herna  Kantor: Jl Mojopahit 118-A MEDAN 50  Rumah Sakit Umum Hisarma  Kantor: Jl Jend Gatot  Subroto Km 4,5/128  MEDAN 51  Rumah Sakit Umum Imelda  Kantor: Jl Bilal 24  MEDAN 52  Rumah Sakit Umum Kalimas  Kantor: Jl Limau Manis  61 MEDAN 53  Rumah Sakit Umum Martha  Friska Kantor: Jl Kom L Yos  Sudarso Km 6/91  MEDAN 54  Rumah Sakit Umum Martondi  Kantor: Jl Letda Sujono  80 MEDAN 55  Rumah Sakit Umum Materna  Kantor: Jl Teuku Umar 9-11 MEDAN 56  Rumah Sakit Umum Maya Sari  Kantor: Jl Marelan Raya  189 MEDAN 57  Rumah Sakit Umum Melati  Kantor: Jl Timor 27-D   MEDAN 58  Rumah Sakit Umum Nur Saadah  Kantor: Jl Raya MedanTj Morawa Km 12  MEDAN 59  Rumah Sakit Umum Permata  Bunda Kantor: Jl  Sisingamangaraja 7  MEDAN 60  Rumah Sakit Umum Prof Dr  Boloni Kantor: Jl Wolter  Monginsidi 11 MEDAN 61  Rumah Sakit Umum Pusat H  Adam Malik Kantor: Jl Bunga Lau 17  MEDAN 62  Rumah Sakit Umum Santa  Elisabeth Kantor: Jl H Misbah 7  MEDAN 63  Rumah Sakit Umum Sarah  Kantor: Jl Baja Raya 8-10  MEDAN 64  Rumah Sakit Umum Sari  Mutiara Kantor: Jl Kapt Muslim  79 MEDAN 65  Rumah Sakit Umum Sehat  Kantor: Jl Letda Sujono  20-E MEDAN 66  Rumah Sakit Umum Siti Hajar  Kantor: Jl Letjen Jamin  Ginting 2 MEDAN 67  Rumah Sakit Vina Estetica  Kantor: Jl Sultan Iskandar  Muda 119 MEDAN 68  Rumah Sakit Wulan Windy  Kantor: Jl Rengas Pulau  17 MEDAN 69  Yayasan Prof Dr Boloni  Marpaung Kantor: Jl Wolter  Monginsidi 11 MEDAN 70  Yayasan Rumah Sakit Umum  Helvetia Kantor: Jl Karya I 5  MEDAN 71  Yayasan Rumah Sakit Umum  Sembiring Kantor: Jl Besar 77  MEDAN Sumber : (http://telpon.info/rumah-sakit/medan/)  Rumah Sakit Umum Herna Medan adalah salah satu rumah sakit swasta yang  ada di kota Medan, yang kepemilikannya dipegang oleh keluarga TD.Pardede. rumah  sakit ini diresmikan pada tahun 1970-an, di dalam perkembangannya rumah sakit ini  telah banyak mengalami perubahan salah satunya adalah dari perkembangan dan  pendirian bangunan yang pada awalnya bernama “Rumah Sakit Surya Husada” dan   berganti nama menjadi “Rumah Sakit Umum Herna Medan” dengan persetujuan  Inspektur Kesehatan Sumatera Utara dengan SK/No.64/BWRS/70.
Sebagai salah satu rumah sakit swasta maka dapat dikatakan bahwa Rumah  Sakit Umum Herna tidak lepas dari persaingan dan berusaha untuk memenangkan  persaingan melalui peningkatan pelayanan kesehatan yang dilakukan dengan tujuan  untuk mendapatkan brand  image yang positif di mata masyarakat Sumatera Utara  khususnya.
Tabel 1.2 Daya Tampung/ Kapasitas Rumah Sakit Herna Medan Berdasarkan Kelas Kelas  Jumlah (Orang) Ekonomi  150 VIP  75 Super VIP  25 Sumber: Rumah Sakit Umum Herna, Medan  Berdasarkan Tabel 1.3 dapat, dilihat daya tampung atau kapasitas dari Rumah Sakit  Umum Herna Medan untuk kelas ekonomi 150 orang, VIP 75 orang, super VIP 25 orang. Hal  ini menunjukan bahwa kapasitas kelas ekonomi memiliki daya tampung lebih besar dari  kelas-kelas lainnya, hal ini dikarenakan harga dari kelas ekonomi yang terjangkau  dibandingkan dengan kelas-kelas lainya.
Kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Herna Medan, yakni bukti fisik  (Tangibles) tersedianya  poliklinik spesialis dan  peralatan-peralatan rumah sakit  lengkap, kehandalan (Reliability) prosedur pelayanan rumah sakit tidak berbelit-belit,  ketanggapan (Responsivness) Rumah Sakit Umum Herna Medan tidak cepat dalam  menanggapi kebutuhan konsumen, Jaminan (Assurance) pelayanan kepada pasien  dengan cepat terutama kepada pasien rawat inap, Empati (Emphaty) tidak ada   perhatian terhadap keluhan pasien dan keluarganya,  hal menandakan bahwa adanya  suatu fenomena dalam kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumendan untuk  selanjutnya diharapkan dapat meningkatkanpersepsi masyarakat akan pelayanan yang  diberikan.Persepsi tersebut selanjutnya akan membentuk citra merekrumah sakit.
Tabel 1.3 Jumlah Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Herna Medan Periode Desember 2010-Mei 2011 Bulan  Jumlah Pasien Desember  153 Januari  164 Februari  127 Maret  133 April  135 Mei    120 Jumlah Pasien  832 Sumber: RS Umum Herna Medan (2011) Berdasarkan pada Tabel 1.3 menunjukkan bahwa jumlah pasien rawat inap  Rumah Sakit Umum Herna Medan dari bulan Desember sampai bulan Mei 2011  mengalami fluktuasi. Hal ini bahwa terdapat penurunan kualitas pelayanan seperti  tersedianya prasarana dan sarana yang kurang memadai, memberikan pelayanan  kepada pasien rawat inap yang tidak cepat, jika hal ini terjadi secara terus menerus  akan dapat berpengaruh terhadap penurunan citra Rumah Sakit Umum Herna Medan  yang berimbas kepada turunnya jumlah pasien rawat inap diRumah Sakit Umum  Herna Medan.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian  dengan judul“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Rumah Sakit  Umum Herna Medan”. Karena dalam dunia pemasaran, pembentukan citra  perusahaan yang positif akan sangat membantu perusahaan dalam kegiatan   pemasarannya, karena dalam kondisi persaingan yang sangat ketat maka setiap  perusahaan akan berusaha menempatkan dirinya sebaik mungkin di mata konsumen  agar dapat dipercaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Salah satu  strateginya adalah perlunya membentuk citra yang positif sebagai variabel yang bisa  mempengaruhi konsumen dalam mempercepat proses pengambilan keputusan dalam  hal ini yaitu keputusan penggunaan jasa-jasa/pelayanan kesehatan Rumah Sakit UmumHerna Medan.
1.2 Perumusan Masalah Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (Tangible), kehandalan (Reliability), ketanggapan  (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Empathy) berpengaruh secara  positif dan signifikan terhadap citra merek  Rumah Sakit Umum Herna Medan?”.
1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (Tangible), kehandalan (Reliability),  ketanggapan (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Empathy)  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek Rumah Sakit Umum  Herna Medan.
1.4 Manfaat Penelitian   Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.4.1  Bagi Rumah Sakit Umum Herna Medan Memberikan sumbangan pemikiran bagi perusahaan berupa saran-saran  dan masukan yang di pandang perlu mengenai kualitas pelayanan dan citra  merek.
1.4.2  Bagi Peneliti Selanjutnya Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan  penelitian lanjutan dan sebagai bahan perbandingan serta masukan bagi  peneliti-peneliti berikutnya dalam hal kualitas pelayanan dan brand  image.
1.4.3  Bagi Peneliti Untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis terutama mengenai  pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra merek  pada Rumah Sakit  Herna Medan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi