Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH PRODUCT PLACEMENT PRODUK APPLE DALAM FILM IRON MAN 2TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA



ix  BAB I  PENDAHULUAN
  1.1 Latar Belakang    
Persaingan berbagai merek di setiap industri sangat ketat dan sudah  memasuki kategori hypercompetitiveatau mega-competition. Perusahaan yang  mampu bersaing akan tetap berdiri dan melebarkan sayapnya, sedangkan  perusahaan yang tidak mampu bersaing, akantersisihkan dari peta persaingan  bisnis.

Persepsi konsumen merupakan suatu hal yang penting yang perlu  diperhatikan dalam aktivitas pemasaran. Persepsi konsumen merupakan makna  yang kita pertalikan berdasarkan pengalaman masa lalu, stimuli (rangsanganrangsangan) yang kita terima melalui limaindera. Stimuli atau stimulus dapat  berupa bentuk fisik, visual, atau komunikasi verbal yang dapat mempengaruhi  individu. Persepsi tiap konsumen terhadap suatu objek akan berbeda-beda oleh  karena itu seorang pemasar harus mampu menyediakan sesuatu yang khusus  sebagai stimuli jika ia ingin menarik perhatian konsumen (Setiadi, 2003:160).
 Pemasar umumnya mengunakan iklan sebagai suatu strategi untuk  menginformasikan, membujuk maupun mengingatkan produk mereka kepada  konsumen maupun calon konsumennya. Akan tetapi lambat laun periklanan mulai  berkurang keefektifitasannya karena konsumen cenderung mengabaikan  keberadaan iklan tersebut. Sebuah survey di Amerika Serikat mengungkapkan  bahwa 78% perusahaan menyatakan bahwa iklan televisi berdurasi 30 detik sudah  tidak efektif lagi karena konsumen cenderung melewatkannya (www.swa.co.id ).
 ix  Oleh karena itu,dibutuhkan cara alternatif untuk mendekati konsumen dalam  memasarkan produk atau jasa. Salah satucara yang sebenarnya bukan merupakan  hal baru adalah product placement.
Product placementialah bentuk strategiyang banyak dilakukan  perusahaan untuk menunjukkan bagaimana produk seolah-olah merupakan bagian  dari sebuah film atau acara televisi (Hill, 2007:286). Product placementjuga  dapat kita artikan sebagai sebuah aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan  perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui film, program tv, dan  berbagai media entertainment lainnya. Kegiatan pemasar menyelipkan produk  kedalam film dilandasi keyakinan bahwa upaya persuasif akan menjadi efektif  ketika audience tidak merasa sedang dipersuasi (Bhatmagar dalam Brotoharsojo,  2005:8).
Product placementmembuka wawasan dari pemasar untuk membuka  peluang baru periklanan produknya melalui suatu media tertentu. Konsep ini  mirip dengan sponsorship, tapi perbedaannya terletakpada tidak disebutkannya  kata sponsor dalam tampilan film atau acara yang diikutinya, karena tampil  sebagai bagian dari film atau acara televisi tersebut. Selain itu pada sponsorship biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada  product placement,  karena  sponsorship menunjukkan produk tertentu pada keseluruhan film atau acara yang  diikutinya sehingga sponsorship memiliki brand recall yang lebih tinggi daripada  product placement yang hanya muncul pada beberapabagian dari film atau acara  yang diikutinya (Belch dan Belch, 2004: 157).
 ix  Peran product placementsangatlah luas bila kita lihat dari setiap sektor  media, secara khusus peneliti membatasi penelitian product placementyang  terdapat di dalam film. Menurut D’astous dan Chartier (2002), ada tiga alasan  mengapa para pemasar ingin menerapkan product placement di film-film.
 Pertama, menonton sebuah film menyita sebuah perhatian yang tinggi dan  melibatkan aktivitas. Menampilkan sebuah product placement dalam sebuah film  kepada penonton yang sangat memperhatikannya dapat menghasilkan brand  awareness yang sangat tinggi.
Kedua, film-film yang sukses dapat menarik penonton dalam jumlah yang  besar. Sebagai contoh, Terminator II selama pemutarannya di bioskop saja telah  disaksikan oleh jutaan orang, dan ini belum termasuk pembelian dan penyewaan  videonya, dan pemutarannya di televisi selama bertahun-tahun setelahnya. Karena  itu, bila dilihat dari cost per viewer, product placement dalam sebuah film akan  sangat menguntungkan.
Ketiga, Product placement mempresentasikan cara mempromosikan  sebuah brand dengan cara alami, tidak agresif, dan tidak persuasif. Audience  terekspos terhadap sebuah brand dengan cara yang sealami mungkin yaitu dengan  melihat bagaimana produk tersebut terlihat, disebutkan ataupun dipakai oleh sang  aktor/aktris, tanpa adanya bujukan untuk memakai produk tersebut  Penelitian ini menggunakan film Iron Man 2 sebagai media studi kasus  untuk mengaplikasikan product placementpada film. Peneliti memilih produk  Apple karena produk ini merupakan salah satu merek komputer/ alat teknologi  yang mempunyai imagesebagai gadgetcanggih dan merupakan brand yang   ix  mempunyai kecenderungan pasar yang mengarah pada konsumen kelas menengah  ke atas. Keunggulan dari produk Apple ini adalah melindungi data anda tanpa  takut akan diserang oleh virus, mempunyai daya tahan baterai yang cukup lama,  dibuat dengan teknologi tercanggih yang dapat mendukung kinerja konsumen, dan  keunggulan-keunggulan lainnya.
Film iron man 2 ini menceritakan tentang seorang ilmuwan kaya bernama  Tony Stark yang menciptakan pakaian perang terbuat dari besi untuk melawan  kejahatan. Peneliti memilih film ini karena merupakan film yang menarik  perhatian masyarakat, terutama di kalangan mahasiswa.
 Berdasarkan alasan-alasan di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan  penelitian dengan judul “Pengaruh Product PlacementProduk Apple pada  Film Iron Man 2 terhadap Persepsi Mahasiswa Universitas Sumatera  Utara.”  1.2 Perumusan Masalah  Berdasarkan latar belakang  masalah yang telah diuraikan  sebelumnya,maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah  product placementyang dilakukan oleh produk Apple pada Film Iron Man  berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi mahasiswa Universitas  Sumatera Utara?”.
 ix  1.3 Tujuan Penelitian  Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  product placement produk Apple pada Film Iron Man 2 terhadap persepsi  Mahasiswa .
1.4 Manfaat penelitian  Manfaat penelitian ini antara lain:  a)  Bagi Perusahaan  Hasil penelitian ini dapat sebagai sumbangan pemikiran kepada para  pemasar dalam mempromosikan produk- produknya dalam mengetahui  pengaruh product placement terhadap persepsi audience yang muncul  atas merek.
b)  Bagi peneliti  Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi peneliti untuk  menerapkan teori-teori dan literatur yang peneliti peroleh dibangku  perkuliahan serta menumbuh kembangkan dan memantapkan sikap  profesionalisme.
c)  Bagi peneliti lain  Sebagai bahan referensi yang nantinya dapat memberikan  perbandingan dalam mengadakan penelitian pada masa yang akan  datang.  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi