Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN



BAB I PENDAHULUAN
 1.1.   Latar Belakang 
Organisasi meupakan alat atau sarana untuk pencapaian tujuan yang  merupakan wadah kegiatan dari sekelompok atau kumpulan orang yang bekerja  sama dan berusaha untuk mencapai tujuan mereka bersama. Organisasi atau  perusahaan harus mampu mengeloladan mengatur  manajemennya agar dapat bersaing dan bertahan pada era yang serba kompetitif sehingga dapat tumbuh dan  berkembang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Setiap perusahaan baik yang bergerak dibidang produksi, jasa maupun  industri, pada umumnya memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. Agar  dapat mencapai tujuan itu, perusahaan memerlukan sistem manajemen efektif  yang akan menunjang jalannya operasi perusahaan secara terus-menerus dan  tingkat efektivitas kerja karyawan juga perlu diperhatikan.
Pada umumnya perusahaan memiliki beberapa bagian, yakni bagian sumber  daya manusia, bagian pemasaran, bagian produksi, bagian keuangan, dan bagian  administrasi. Tiap-tiap bagian tersebut melaksanakan kegiatan yang berbeda tetapi  saling berhubungan satu sama lain.Tingkat kegiatan yang dilaksanakan  perusahaan akan mengalami perubahan dari suatu periode ke periode berikutnya.
Adanya perubahan tersebut mengharuskan manajemen mengadakan koordinasi  dalam suatu perusahaan dan menciptakan wadah yang merupakan alat komunikasi  antar bagian yaitu struktur organisasi.
 Pada struktur organisasi terdapat garis hubungan antar manajer dan  karyawan yang memiliki garis hubungan antar tugas, wewenang, dan tanggung  jawab. Koordinasi diperlukan untuk memperoleh kesatuan tindak dalam  mencapai tujuan perusahaan. Tanpa koordinasi yang baik tiap bagian atau orang  akan sulit menjalankan fungsi mereka,karena koordinasi dapat diumpamakan  sebagai jalur dan batasan-batasan dalam pelaksanaan fungsi atau tugas mereka.
Tanpa adanya jalur atau batasan tersebut setiap bagian pasti akan bergerak  menurut kehendak mereka sendiri tanpa adannya kesamaan tujuan antar bagian. .
Koordinasi antar bagian sesuai dengan kegiatan perusahaan akan menjadi salah  satu faktor pendukung terhadap kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan  perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Struktur organisasi disadari sangat penting peranannya dalam meningkatkan  efektivitas kerja, karena dalam struktur organisasi tersebut terdapat fungsi ataupun  pembagian tugas, departementalisasi,dan koordinasi. Pembagian tugas yang tepat  lebih berpeluang dalam menghasilkan keefektifitasan kerja karena pembagian  tugas itu lebih mengoptimalkan penggunaan sumber daya perusahaan, selain itu  pembagian tugas juga mengurangi tingkat kesalahan dan penumpukan beberapa  pekerjaan. Departementalisasi berfungsi membagi aktivitas kepada sub unit yang  lebih kecil serta mempunyai tanggung jawab mandiri dalam bidangnya. proses ini  menciptakan spesialisasi serta akan manciptakan kerja sama yang terpadu antar  bagian yang satu dengan yang lainnya. Pengkoordinasian merupakan suatu proses  pemanduan tujuan dan aktivitas dari berbagai bagian yang terpisah yang ditujukan  untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.
 PTPN IV khususnya di unit kebun Mayang sebagai perusahaan yang ingin  diteliti merupakan suatu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang  usaha perkebunan dan pengelolaan kelapa sawit yang menyediakan minyak sawit  dan inti. Struktur organisasi pada perusahaan ini telah mengalami beberapa  perubahan  untuk mencapai hasil yang lebih baik,  hal ini dapat dilihat dari  beberapa perpindahan kepemilikan. Pada awalnya Kebun Mayang ini dikuasai  oleh bangsa Jerman hingga tahun 1925. Kemudian pada tahun yang sama diambil  alih oleh bangsa Belanda sampai tahun 1958 dan kemudian pada tahun 1958 juga  dinasionalisasikan oleh Pemerintah Indonesia dengan status Perusahaan Negara  dan mengalami beberapa perubahan nama sampai saat ini.
Perusahaan ini berusaha tetap menekankan untuk menjaga kepuasan  pelanggan,menanggapi keluhan pelanggan,memberikan pelayanan sesuai dengan  persyaratan dalam kontrak. Dan juga perusahaan ini memiliki tujuan untuk  mensejahtrakan anggotanya. Kebun Mayang ini merupakan bagian dari PTPN IV  yang sudah lama berdiri dan dapat bersaing dengan perusahaan sejenis dan juga  telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pendapatan Negara. Selain itu  perusahaan ini memiliki struktur organisasi yang kompleks sehingga menarik  untuk diteliti.
PTPN IV sebagai perusahaan milik Negara (BUMN) memiliki siklus  pergantian karyawan yang cukup cepat, dimana biasanya para karyawan sering  dimutasikan dari satu unit kebun ke unit kebun yang lain. Ketika terjadi  pergantian karyawan otomatis terjadi perubahan orang-orang dalam struktur  organisasi, hal ini dapat berakibat baik dengan peningkatan produksi dan dapat   juga berakibat negative dengan penurunan hasil. Pergantian karyawan suatu  perusahaan dapat mempengaruhi keharmonisan kerja dimana karyawan yang  masuk masih memerlukan proses adaptasi lingkungan kerja yang dapat  mempengaruhi keefektifan kerja perusahaan.
Pada PTPN IV (persero) unit Kebun Mayang memiliki struktur organisasi  garis atau lini, dalam organisasi ini terdapat garis komando langsung dari  pimpinan puncak ke bawahan terendah, sedangkan pertanggungjawaban di mulai  dari bawahan terendah sampai pada pimpinan puncak.
Berdasarkan latar belekang diatas maka penulis tertarik untuk melakukan  penelitian dengan judul “Pengaruh Struktur Organisasi Terhadap Peningkatan  Efektivitas Kerja Karyawan Pada PTPN IV Unit Kebun Mayang” 1.2.   Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang maka perumusan masalah yang dijadikan objek  penelitian adalah sebagai berikut: “Apakah struktur organisasi pada PTPN IV  Unit Kebun Mayang berpengaruh terhadap peningkatan efektivitas kerja  karyawan?” 1.3.  Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  struktur organisasi terhadap peningkatan efektivitas kerja karyawan pada PTPN  IV Unit Kebun Mayang.
 1.4.   Manfaat Penelitian a.  Penelitian ini memberi kontribusi bagi perusahaan dalam mendisain  struktur organisasinya untuk mempertahankan efektivitas kerja karyawan.
b.  Penelitian ini merupakan kesempatan yang baik bagi penulis untuk dapat  menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama menjalani perkuliahan dan  memperluas wahana berpikir ilmiah dalam bidang manajemen sumber  daya manusia khususnya dalam masalah struktur organisasi, dan  efektivitas kerja.
c.  Penelitian ini sebagai referensi yang dapat memberikan tambahan ilmu  pengetahuan serta perbandingan dalam melakukan penelitian pada bidang  yang sama dimasa yang akan datang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi