BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan ekonomi yang meningkat beberapa
tahun terakhir ditandai dengan semakin
pentingnya informasi dan pengolahan data di dalam banyak aspek kehidupan manusia. Dengan tersedianya
berbagai bentuk media informasi, kini
masyarakat memiliki pilihan yang lebih banyak lagi bagi informasi yang ingin mereka dapatkan. Kemajuan teknologi
informasi membuat semua orang dapat
mengetahui apa saja yang ingin mereka ketahui dengan segera. Sementara itu seiring dengan laju gerak pembagunan, organisasi-organisasi
publik maupun swasta semakin banyak yang
mampu memanfaatkan teknologi informasi baru yang dapat menunjang efektivitas,
produktivitas dan efisiensi mereka, begitu juga dengan lembaga keuangan.
Persaingan yang
ketat dalam lembaga keuangan terjadi baik dalam menarik minat masyarakat untuk menabung maupun
dalam menyalurkan kredit kepada
usaha-usaha yang layak. Untuk dapat menarik minat masyarakat dalam menabung, masing-masing bank harus dapat
memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah
dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memberikan kepuasan kepada nasabah.
Perkembangan teknologi yang pesat dewasa
ini, antara lain perkembangan teknologi komunikasi, telah banyak memberikan pengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Perusahaan
membutuhkan suatu informasi untuk menunjang pengembangannya. Informasi merupakan suatu
komponen yang penting bagi suatu
perusahaan, yang sama pentingnya dengan faktor-faktor lain seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia. Karena
informasi dapat mendukung pengetahuan si
pemakai dalam menghadapi masalah-masalah serta mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan
keputusan.
Penyediaan
informasi yang cepat, tepat, dan akurat membutuhkan suatu sistem informasi manajemen yang
terkomputerisasi. Sistem komputerisasi merupakan
bagian dari salah satuperkembangan teknologi yang sangat diandalkan di dalam mendukung kegiatan
perusahaan. Dengan sistem informasi manajemen
yang terkomputerisasi, maka informasi yang dihasilkan dapat dipergunakan untuk memperlancar pelaksanaan
pekerjaan.
PT. BPR Prima Tata
Patumbak Medan merupakan salah satu lembaga keuangan bank yang sudah ada sejak 15 tahun
yang lalu. Dari awal tahun berdiri segala
kegiatan operasional tergolong berjalan lambat karena adanya sistem informasi yang sangat manual. Semua data
perusahaan di olah secara sederhana tanpa
mempergunakan alat bantu komputer dengan program yang canggih.
Seiring dengan
berjalannya waktu, PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan yang juga sebagai organisasi yang bertujuan laba
(Profit oriented) dituntut untuk mampu
mengikuti dan mengantisipasi arus perkembangan melalui pengembangan sistem informasi manajemen. Sistem informasi
manajemen yang diterapkan di dalam PT.
BPR Prima Tata Patumbak Medan mulai diubah, dan diharapkan memiliki peranan positif dalam mendukung
kegiatan operasional bank, sehingga mampu
mengikuti perkembangan zaman. Dari Tabel 1.1 berikut ini dapat diketahui peningkatan dari jumlah nasabah dan
jumlah saldo tabungan pada PT. BPR
Prima Tata Patumbak Medan setelah menerapkan sistem informasi manajemen berbasis komputer dalam perusahaan.
Tabel 1.
Jumlah Nasabah dan
Jumlah Tabungan Pada PT. BPR Prima Tata
Patumbak Medan Tahun 2002 s/d 20 Tahun Jumlah Nasabah Saldo Tabungan (Rp).
2002 865 372.192.227,02003 962 493.197.107,52004 1.065 459.560.074,32005 1.150 567.075.985,22006 2.020 597.934.340,3Sumber: PT. BPR Prima Tata
Patumbak Medan Pada Tabel 1.1 dapat
dilihat bahwa setiap tahun terjadi peningkatan yang searah antara jumlah nasabah dan saldo
tabungan nasabah pada PT. BPR Prima Tata
Patumbak Medan. Pada 5 (lima)tahun terakhir terjadi peningkatan yang sangat banyak karena didukung olah adanya
peningkatan penerapan sistem informasi
yang jelas dan terpadu dari PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan, hal ini sangat jauh berbeda dibandingkan dengan
pada awal berdirinya perusahaan.
Kegiatan
operasional pun berjalan dengan cepat dan baik dan memberikan kontribusi yang terbaik kepadaperusahaan,
begitu jugaakses link dengan kantor cabang
pembantu dapat dengan cepat dilakukan.
Berdasarkan uraian
tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan memilih judul “Peranan Sistem
Informasi Manajemen Guna Mendukung
Kegiatan Operasional padaPT. BPR Prima Tata Patumbak Medan".
B. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang, maka yang menjadi
perumusan masalah pada penelitian ini
adalah “Bagaimana Peranan Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Kegiatan Operasional Pada PT. BPR
Prima Tata Patumbak Medan”?.
C. Kerangka
Konseptual James (2006:5) menjelaskan
bahwa sistem informasi manajemen merupakan
kombinasi apa pun dari orang-orang, hardware, software, jaringan, komunikasi dan sumber daya data yang
mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan
informasi dalam sebuah organisasi. MenurutSiagian (2002:24) untuk memenangkan persaingan adalah dengan
memberikan nilai dan kepuasan kepada
para pelanggan atau konsumenmelalui pengumpulan produk dan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing.
Selanjutnya Lupiyoadi (2001:158) menyatakan
terdapat 5 (lima) faktor utama yang harus diperhatikan perusahaan dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan,
yakni kualitas produk, pelayanan, emosional,
harga dan biaya.
Sistem informasi
manajemen adalah suatu sistem terpadu guna mendukung fungsi operasional manajemen yang
berorientasi kepada upaya pengumpulan
data, pengolahan data, analisa dan evaluasi data, untuk menyajikan yakni ke dalam bentuk informasi yang dapat
bernilai bagi yang menerimanya dan akhirnya
pada pengambilan keputusan.
Davis (1999:3)
memberikan definisi sistem informasi manajemen sebagai sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu
(integrated) untuk menyajikan informasi
guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sejalan
dengan definisi Davis ini, Mc Leod (seperti
yang dikutip Oetomo, 2002: 168) memberikan definisi sistem informasi manajemen sebagai suatu sistem berbasis
komputer yang menyediakan informasi bagi
beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan serupa.
Sumber : James
(2006:5), diolah oleh penulis D. Tujuan
dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan
Penelitian Penelitian ini bertujuan
untuk : a. mengetahui mengenai peranan Sistem Informasi
Manajemen dalam membantu kegiatan
operasional PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan b.
mengetahui siklus aktivitas operasional PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan.
2. Manfaat
Penelitian Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian
ini adalah : a. Bagi PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan
masukan dalam rangka peningkatan sistem
informasi manajemen dalam memberikan kepuasan kepada nasabah.
b. Bagi penulis Sebagai implementasi untuk menerapkan
pengetahuan teoritis yang telah diperoleh
dari bangku kuliah dan menambah wawasan penulis dalam SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN KEGIATAN OPERASIONAL bidang manajemen khususnya yang berkaitan
dengan sistem informasi manajemen.
c. Bagi pihak-pihak
lain, Sebagai referensi bagi peneliti
selanjutnya yang ingin meneliti masalah sejenis
di masa yang akan datang.
E. Metode
Penelitian 1. Jenis dan Sumber Data Penulis menggunakan dua jenis data dalam
penelitian ini, yaitu: a. Data Primer Data
primer adalah data yang diperoleh dari karyawan secara langsung di lokasi penelitian melalui wawancara.
b. Data Sekunder Data
sekunder merupakan data yang berisikan informasi dan teori-teori yang digunakan untuk mendukung penelitian yang
dilakukan. Peneliti mendapat data
sekunder dari buku-buku dan majalah 2.
Teknik Pengumpulan Data Pada penelitian ini, teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah: a. Wawancara Terstruktur Peneliti melakukan wawancara langsung dengan
para karyawan dengan cara menyebar
pertanyaan kepada 30 orang karyawan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi manajemen dalam
perusahaan. Karyawan yang diminta
jawabannya terdiri dari 12 karyawan Front Linerdan untuk karyawan Back Office.
b.
Studi Dokumentasi, yaitu melakukan pencatatan dan pengcopyan atas data-data sekunder untuk mendapatkan data yang
mendukung penelitian ini dan
mengumpulkan data-data dengan membaca dan mempelajari teoriteori dan
literatur–literatur yang berkaitan dengan masalah yang dibahas.
3. Waktu dan Lokasi
Penelitian Penelitian ini dilaksanakan pada PT. BPR Prima
Tata Patumbak Medan yang beralamat di
Jalan Gatot Subroto (Komplek Golden) No.3 Medan.
Penelitian ini
dimulai dari bulan Agustus 2008 sampai dengan Oktober 2008.
4. Metode Analisis Data Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Analisis
Deskriptif. Metode analisisdeskriptif merupakan metode yang digunakan dengan mengumpulkan dan menganalisa
data yang diperoleh sehingga dapat
memberikan gambaran yang jelas mengenai fakta-fakta, sifatsifat serta hubungan
antar fenomena yang diteliti.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi