Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN GUNA MENDUKUNG KEGIATANOPERASIONAL PADA PT. BPR PRIMA TATA PATUMBAK



 BAB I  PENDAHULUAN
  A. Latar Belakang Masalah   
Pertumbuhan ekonomi yang meningkat beberapa tahun terakhir ditandai  dengan semakin pentingnya informasi dan pengolahan data di dalam banyak  aspek kehidupan manusia. Dengan tersedianya berbagai bentuk media informasi,  kini masyarakat memiliki pilihan yang lebih banyak lagi bagi informasi yang  ingin mereka dapatkan. Kemajuan teknologi informasi membuat semua orang  dapat mengetahui apa saja yang ingin mereka ketahui dengan segera. Sementara  itu seiring dengan laju gerak pembagunan, organisasi-organisasi publik maupun  swasta semakin banyak yang mampu memanfaatkan teknologi informasi baru  yang dapat menunjang efektivitas, produktivitas dan efisiensi mereka, begitu juga  dengan lembaga keuangan.

Persaingan yang ketat dalam lembaga keuangan terjadi baik dalam  menarik minat masyarakat untuk menabung maupun dalam menyalurkan kredit  kepada usaha-usaha yang layak. Untuk dapat menarik minat masyarakat dalam  menabung, masing-masing bank harus dapat memberikan pelayanan yang baik  kepada nasabah dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat  memberikan kepuasan kepada nasabah. Perkembangan teknologi yang pesat  dewasa ini, antara lain perkembangan teknologi komunikasi, telah banyak  memberikan pengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Perusahaan membutuhkan suatu informasi untuk menunjang  pengembangannya. Informasi merupakan suatu komponen yang penting bagi   suatu perusahaan, yang sama pentingnya dengan faktor-faktor lain seperti sumber  daya alam dan sumber daya manusia. Karena informasi dapat mendukung  pengetahuan si pemakai dalam menghadapi masalah-masalah serta mengurangi  ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan.
Penyediaan informasi yang cepat, tepat, dan akurat membutuhkan suatu  sistem informasi manajemen yang terkomputerisasi. Sistem komputerisasi  merupakan bagian dari salah satuperkembangan teknologi yang sangat  diandalkan di dalam mendukung kegiatan perusahaan. Dengan sistem informasi  manajemen yang terkomputerisasi, maka informasi yang dihasilkan dapat  dipergunakan untuk memperlancar pelaksanaan pekerjaan.
PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan merupakan salah satu lembaga  keuangan bank yang sudah ada sejak 15 tahun yang lalu. Dari awal tahun berdiri  segala kegiatan operasional tergolong berjalan lambat karena adanya sistem  informasi yang sangat manual. Semua data perusahaan di olah secara sederhana  tanpa mempergunakan alat bantu komputer dengan program yang canggih.
Seiring dengan berjalannya waktu, PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan yang  juga sebagai organisasi yang bertujuan laba (Profit oriented) dituntut untuk  mampu mengikuti dan mengantisipasi arus perkembangan melalui pengembangan  sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen yang diterapkan di  dalam PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan mulai diubah, dan diharapkan  memiliki peranan positif dalam mendukung kegiatan operasional bank, sehingga  mampu mengikuti perkembangan zaman. Dari Tabel 1.1 berikut ini dapat  diketahui peningkatan dari jumlah nasabah dan jumlah saldo tabungan pada   PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan setelah menerapkan sistem informasi  manajemen berbasis komputer dalam perusahaan.
Tabel 1.
Jumlah Nasabah dan Jumlah Tabungan  Pada PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan  Tahun 2002 s/d 20 Tahun  Jumlah Nasabah  Saldo Tabungan (Rp).
2002 865  372.192.227,02003 962  493.197.107,52004 1.065  459.560.074,32005 1.150  567.075.985,22006 2.020  597.934.340,3Sumber: PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan  Pada Tabel 1.1 dapat dilihat bahwa setiap tahun terjadi peningkatan yang  searah antara jumlah nasabah dan saldo tabungan nasabah pada PT. BPR Prima  Tata Patumbak Medan. Pada 5 (lima)tahun terakhir terjadi peningkatan yang  sangat banyak karena didukung olah adanya peningkatan penerapan sistem  informasi yang jelas dan terpadu dari PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan, hal  ini sangat jauh berbeda dibandingkan dengan pada awal berdirinya perusahaan.
Kegiatan operasional pun berjalan dengan cepat dan baik dan memberikan  kontribusi yang terbaik kepadaperusahaan, begitu jugaakses link dengan kantor  cabang pembantu dapat dengan cepat dilakukan.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan  penelitian dan memilih judul “Peranan Sistem Informasi Manajemen Guna  Mendukung Kegiatan Operasional padaPT. BPR Prima Tata Patumbak  Medan".
 B. Perumusan Masalah  Berdasarkan latar belakang, maka yang menjadi perumusan masalah pada  penelitian ini adalah “Bagaimana Peranan Sistem Informasi Manajemen Dalam  Mendukung Kegiatan Operasional Pada PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan”?.
C. Kerangka Konseptual  James (2006:5) menjelaskan bahwa sistem informasi manajemen  merupakan kombinasi apa pun dari orang-orang, hardware, software, jaringan,  komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan  menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. MenurutSiagian (2002:24)  untuk memenangkan persaingan adalah dengan memberikan nilai dan kepuasan  kepada para pelanggan atau konsumenmelalui pengumpulan produk dan jasa  yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Selanjutnya Lupiyoadi (2001:158)  menyatakan terdapat 5 (lima) faktor utama yang harus diperhatikan perusahaan  dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan, yakni kualitas produk, pelayanan,  emosional, harga dan biaya.
Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem terpadu guna  mendukung fungsi operasional manajemen yang berorientasi kepada upaya  pengumpulan data, pengolahan data, analisa dan evaluasi data, untuk menyajikan  yakni ke dalam bentuk informasi yang dapat bernilai bagi yang menerimanya dan  akhirnya pada pengambilan keputusan.
Davis (1999:3) memberikan definisi sistem informasi manajemen sebagai  sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan  informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan  keputusan dalam sebuah organisasi. Sejalan dengan definisi Davis ini, Mc Leod   (seperti yang dikutip Oetomo, 2002: 168) memberikan definisi sistem informasi  manajemen sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi  bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan serupa.
Sumber : James (2006:5), diolah oleh penulis  D. Tujuan dan Manfaat Penelitian  1. Tujuan Penelitian  Penelitian ini bertujuan untuk :  a.  mengetahui mengenai peranan Sistem Informasi Manajemen dalam  membantu kegiatan operasional PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan  b.  mengetahui siklus aktivitas operasional PT. BPR Prima Tata Patumbak  Medan.
2. Manfaat Penelitian   Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :  a.  Bagi PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan  Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan masukan dalam rangka  peningkatan sistem informasi manajemen dalam memberikan kepuasan  kepada nasabah.
b.  Bagi penulis  Sebagai implementasi untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang telah  diperoleh dari bangku kuliah dan menambah wawasan penulis dalam  SISTEM  INFORMASI  MANAJEMEN  KEGIATAN  OPERASIONAL   bidang manajemen khususnya yang berkaitan dengan sistem informasi  manajemen.
c. Bagi pihak-pihak lain,  Sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti masalah  sejenis di masa yang akan datang.
E. Metode Penelitian  1. Jenis dan Sumber Data  Penulis menggunakan dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu:  a. Data Primer   Data primer adalah data yang diperoleh dari karyawan secara langsung di  lokasi penelitian melalui wawancara.
b. Data Sekunder   Data sekunder merupakan data yang berisikan informasi dan teori-teori  yang digunakan untuk mendukung penelitian yang dilakukan. Peneliti  mendapat data sekunder dari buku-buku dan majalah  2. Teknik Pengumpulan Data   Pada penelitian ini, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah:  a.  Wawancara Terstruktur  Peneliti melakukan wawancara langsung dengan para karyawan dengan  cara menyebar pertanyaan kepada 30 orang karyawan untuk mengetahui  bagaimana sistem informasi manajemen dalam perusahaan. Karyawan  yang diminta jawabannya terdiri dari 12 karyawan Front Linerdan  untuk karyawan Back Office.
 b.  Studi Dokumentasi, yaitu melakukan pencatatan dan pengcopyan atas  data-data sekunder untuk mendapatkan data yang mendukung penelitian  ini dan mengumpulkan data-data dengan membaca dan mempelajari teoriteori dan literatur–literatur yang berkaitan dengan masalah yang dibahas.
3. Waktu dan Lokasi Penelitian   Penelitian ini dilaksanakan pada PT. BPR Prima Tata Patumbak Medan  yang beralamat di Jalan Gatot Subroto (Komplek Golden) No.3 Medan.
Penelitian ini dimulai dari bulan Agustus 2008 sampai dengan Oktober 2008.
4.  Metode Analisis Data  Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  Analisis Deskriptif. Metode analisisdeskriptif merupakan metode yang  digunakan dengan mengumpulkan dan menganalisa data yang diperoleh  sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai fakta-fakta, sifatsifat serta hubungan antar fenomena yang diteliti.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi