Senin, 07 April 2014

Skripsi Hukum: FUNGSI DAN PERANAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DALAM SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NO.11 TAHUN 2002



1  BAB I  PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang 
Keberadaan sumber daya manusia di dalam suatu organisasi baik itu  pemerintahan maupun swasta memegang peranan sangat penting. Tenaga kerja  memiliki potensi yang besar untuk menjalankan aktivitas organisasi. Potensi  setiap sumber daya manusia yang ada dalam organisasi harus dapat dimanfaatkan  sebaik-baiknya sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal.

Organisasi apapun bentuknya dan pegawai merupakan dua hal yang  saling membutuhkan. Jika pegawai berhasil membawa kemajuan bagi organisasi,  keuntungan yang diperoleh akan dipetik oleh kedua belah pihak. Bagi pegawai,  keberhasilan merupakan aktualisasi potensi diri sekaligus peluang untuk  memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan bagi organisasi keberhasilan  merupakan sarana menuju pertumbuhan dan perkembangan organisasi itu sendiri.
Kondisi ini juga berlangsung pada organisasi pertahanan keamanan di  Indonesia, dimana dalam tugas sehari-hari instansi dari pertahanan dan keamanan  juga membutuhkan peranan sumber daya manusia yang dijelaskan sebagai  Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan Pertahanan dan  Keamanan, yang dalam pembahasan ini dibatasi pada organisasi Tentara Nasional  Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Kudam I Bukit Barisan.
Organisasi Angkatan Darat sebagai salah satu instansi yang mempunyai  sumber daya manusia dengan komposisi unik. Dikatakan unik karena organisasi  ini terdiri dari dua jenis sumber daya manusia yaitu Personel Prajur it dan PNS.
 2 Hubungan yang saling melengkapi antara Personel Prajurit dan PNS  dituntut untuk meningkatkan profesionalitas agar sebagai komplemen siap dalam  menghadapi berbagai tuntutan tugas, perkembangan dan perubahan yang  menuntut PNS untuk menghasilkan nilai-nilai yang berarti yang memberikan  kontribusi bagi organisasi. Organisasi Angkatan Darat merupakan organisasi  yang khas dan menuntut PNS untuk dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan dan  kebutuhan organisasi militer.
Ketentuan mengenai pengadaan PNS dalam lingkungan Pertahanan dan  Keamanan mengacu pada Peraturan Pemerintah No.98 Tahun 2000 tentang  Pengadaan PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No.11  Tahun 2002 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.
Seiring dengan perkembangan keberadaan dan penggunaan PNS dalam  suatu instansi pemerintahan dan juga pertahanan keamanan sering kali  mengabaikan tentang pengelolaan sumber daya manusia yang dimilikinya.
Kendati sering terdengar isu tentang pentingnya pengelolaan sumber daya  manusia di lingkungan sebuah organisasi, tetapi penanganannya secara terencana  dan terfokus, baik oleh organisasi maupun individu sebagai pegawai itu sendiri  jarang dilakukan.
Sementara itu dunia pada saat ini sedang menghadapi dua tantangan  utama. Pertama, perubahan lingkungan/iklim bisnis yang cepat diiringi dengan  meningkatnya kualitas dan kebutuhan konsumen. Dari satu sisi perubahan yang  cepat itu mengakibatkan terjadinya dinamika pekerjaan berupa perubahan dan  perkembangan yang menuntut keterampilan dan keahlian yang melebihi dari  sebelumnya. Dari sisi lain ternyata keinginan dan kebutuhan konsumen bukanlah   3 suatu yang statis, tetapi terus berkembang secara dinamis pula. Konsumen selalu  mendambakan keinginan dan kebutuhan dapat terpenuhi secara berkualitas dan  memuaskan. Kedua, meningkatnya keberadaan sebuh organisasi  mengharuskannya setiap organisasi untuk menjalankan kegiatan operasionalnya  dengan cara yang lebih efisien, efektif dan produktif.
Untuk menghadapi tantangan utama ini, maka organisasi perlu untuk  menuntut kinerja pegawai yang tinggi dari pegawainya, termasuk halnya pada  instansi Pertahanan Keamanan TNI AD Kudam I Bukit Barisan.
Penelitian ini berusaha meninjau keberadaan fungsi PNS dalam sistem  pengelolaan keuangan pada Keuangan Daerah Militer (Kudam) I Bukit Barisan.
Masalah keuangan adalah masalah  yang utama dalam suatu organisasi. Apabila  pengelolaan keuangan sangat buruk maka organisasi tersebut tidak akan dapat  maju. Demikian juga halnya dengan Kudam I Bukit Barisan perihal pengelolaan  keuangan amat penting sebagai efektivitas organisasi pada Kudam I Bukit  Barisan. Penelitian ini akan berusaha mengetengahkan pembahasan perihal  peranan PNS dalam pengelolaan keuangan Kudam I Bukit Barisan.
   Penyelenggaraan administrasi keuangan di lingkungan Kudam I Bukit  Barisan diselenggarakan oleh sebuah badan yang bertanggung jawab secara  berstruktur kepada Panglima Kudam I Bukit Barisan yaitu oleh Bagian Keuangan  Daerah Militer (Kudam) I Bukit Barisan.
Sedangkan yang melandasi pekerjaan administrasi keuangan dari  Keuangan Daerah Militer Kudam I Bukit Barisan adalah Surat Keputusan  Direktur Keuangan Angkatan Darat No. SKEP/92/X/2004 tanggal 30 Oktober  2004 Tentang Pertanggungjawaban Keuangan.
 4 Dalam administrasi keuangan terdapat beberapa masalah penting yakni:  Pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perencanaan, akuntansi, laporan  dan pengawasan di satu pihak dan penggunaan dana di pihak lain. Demikian juga  halnya dengan Kudam I Bukit Barisan sebagai sebuah alat yang melakukan  pengelolaan administrasi keuangan Kudam I Bukit Barisan.
Agar diperoleh hasil guna yang optimal dan dapat menjamin kelancaran  dalam pelaksanaan pembinaan satuan Angkatan Darat maka administrasi  keuangan tersebut selanjutnya direspon dalam bentuk administrasi  pertanggungjawaban keuangan diatur dalam Buku Petunjuk Pembinaan Keuangan  Angkatan Darat dan dipergunakan untuk memberikan penjelasan tentang Prosedur  Pengurusan dan Tata Cara Kegiatan Penyelenggaraan Administrasi  Pertanggungjawaban Keuangan di lingku ngan Angkatan Darat.
Dalam pengelolaan administrasi keuangan dijumpai permasalahan  bahwa sumber daya manusia yang mengelola administrasi keuangan di Kudam  I/Bukit Barisan kurang memiliki spesifikasi latar belakang pendidikan  administrasi keuangan sehingga berimbas kepada kurang berdisiplinnya sistem  administrasi keuangan yang diterapkan.
1. Pengertian dan Penegasan Judul Sebelum menguraikan pembahasan atas judul yang diajukan, maka  terlebih dahulu diberikan batasan dari pengertian judul yang diajukan. Judul  skripsi ini adalah “Fungsi Dan Peranan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dalam Sistem  Pengelolaan Keuangan Menurut Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2002 (Studi  Kasus Keuangan Daerah MIliter (Kudam) I Bukit Barisan)”.
 5 -  Fungsi dan Peranan diartikan sebagai hal-hal yang diakibatkan oleh sebab  kedudukannya suatu badan atau suatu organisasi.
1 Administrasi Keuangan adalah pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja  suatu organisasi, yaitu mulai dari proses penyusunan rencana anggaran,  pengesahan anggaran.
-  PNS adalah singkatan Pegawai Negeri Sipil yang diartikan dalam Pasal 1  angka 1 Undang-Undang No.43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas UndangUndang No.8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, pegawai  negeri adalah setiap warga Negara Republik Indonesia yang telah memenuhi  syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi  tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas Negara lainnya dan digaji  berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
-  Dalam Sistem Pengelolaan Keuangan adalah tugas-tugas yang ada di  lingku ngan instansi Pertahanan dan Keamanan yang dilakukan oleh PNS yang  salah satunya adalah hal-hal pengelolaan keuangan.
2 1 Dinas Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka, Jakarta,  2003, hal.699.
2 Soewarno Handayaningrat, Administrasi Pemerintah Dalam Pembangunan Nasional,  PT.Gunung Agung, Jakarta, 1997, hal.173.
-  Menurut Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2002 adalah  peraturan  pemerintah tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun  2000 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.
-  Studi Kasus Keuangan Daerah Militer (Kudam) I Bukit Barisan adalah  merupakan lokasi dimana penelitian skripsi ini akan dilakukan.
 6 2. Alasan Pemilihan Judul Manajemen sumber daya manusia sering juga disebut manajemen  kepegawaian atau manajemen personalia yang merupakan salah satu cabang dari  ilmu menajemen. Untuk manajemen sumber daya manusia adalah yang  merupakan tenaga kerja pada suatu organisasi. Manusia selalu berperan aktif dan  dominan dalam setiap kegiatan organisasi, karena manusia menjadi perencana,  pelaku dan penentu terwujudnya tujuan organisasi.
Sampai saat ini belum ada suatu perusahaan atau instansi yang dapat  menjalankan kegiatan-kegiatannya tanpa memerlukan pegawai. Semakin besar  suatu perusahaan atau instansi, maka semakin besarlah peranan manajemen  sumber daya manusia.
Berdasarkan kenyataan tersebut dapat dibuat beberapa alasan pemilihan  judul yaitu: 1.  Kurangnya latar belakang pendidikan PNS di lingkungan tugas-tugas  pertahanan dan keamanan kurang memberikan kontribusi terhadap tugas-tugas  PNS di lingkungan pertahanan dan keamanan itu sendiri khususnya dalam  pengelolaan keuangannya.
2.  Ruang lingkup  tugas yang hanya bersifat ketatausahaan dan sempitnya  peluang untuk berkarir menjadi kendala bagi PNS yang bertugas di instansi  pertahanan dan keamanan sehingga kurang memotivasi PNS untuk  memberikan pengabdiannya yang terbaik.
3.  Sistem ko mando yang diterapkan pada instansi pertahanan dan keamanan  kurang memiliki fleksibilitas bagi PNS yang ingin menuangkan idenya dalam  pelaksanaan pekerjaannya khususnya dalam pengelolaan keuangan.
 7 B. Perumusan Masalah Dalam penulisan suatu karya ilmiah atau skripsi maka untuk  mempermudah pembahasan perlu dibuat suatu permasalahan yang disesuaikan  dengan judul yang diajukan penulis, karena permasalahan inilah yang menjadi  dasar penulis untuk melakukan pembahasan selanjutnya.
   Adapun permasalahan yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1.  Bagaimanakah pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan di lingkungan  Kudam I Bukit Barisan oleh PNS? 2.  Apakah yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan fungsi PNS dalam  instansi pertahanan keamanan? C.  Tujuan Penulisan   Adapun tujuan penulisan ini adalah: 1.  Dengan dipilihnya judul ini kita dapat melihat secara langsung bagaimana  pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan oleh PNS di lingkungan  Kudam I Bukit Barisan.
2.  Melalui pembahasan skripsi ini diharapkan dapat mengetahui kendala-kendala  apa saja yang dihadapi PNS dalam penyelenggaraan fungsinya diinstansi  Pertahanan dan Keamanan khususnya di bidang pengelolaan keuangan dan  melalui penulisan ini juga saya ingin melengkapi tugas sebagai mahasiswa  dalam mencapai gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Universitas  Sumatera Utara.
 8 D. Manfaat Penulisan Penulisan ini diharapkan dapat bermanfaat: 1.  Secara teoritis, hasil penulisan ini nantinya diharapkan dapat memberi  masukan bagi pengembangan teori Hukum Administrasi Negara pada  umumnya dan secara khusus diharapkan dapat berguna sebagai bahan  pengambilan keputusan di setiap instansi pemerintah yang berkaitan dengan  fungsi dan peranan pegawai negeri sipil (PNS) dalam sistem pengelolaan  keuangan menurut Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2002.
2.  Secara praktis, sebagai aplikasi ilmu yang telah dipelajari dan hasilnya  diharapkan dapat berguna bagi pengembangan ilmu hukum, instansi  pemerintah, praktisi dan masyarakat yang berkenaan dengan fungsi dan  peranan pegawai negeri sipil  (PNS) dalam sistem pengelolaan keuangan  menurut Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2002.
E. Hipotesa Hipotesa adalah merupakan jawaban sementara atas permasalahan yang  diajukan. Berdasarkan etimologi, perkataan “hipotesa” berasal dari kata hypo  (sebelum) dan thesis(dalil) atau pendapat. Dengan demikian hipotesa adalah suatu  jawaban atau dugaan yang dianggap besar kemungkinannya untuk menjadi  jawaban yang benar.
Jadi hipotesa dapat diartikan sebagai jawaban sementara yang harus diuji  kebenarannya dalam pembahasan-pembahasan berikutnya. Dengan demikian  yang menjadi hipotesa penulis dalam skripsi ini adalah:  9 1.  Pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan di lingkungan Kudam I Bukit  Barisan dilaksanakan berdasarkan pengawasan komandan masing-masing  satuan komando serta dilakukan secara terkoordinir oleh Kudam I Bukit  Barisan dengan melibatkan tenaga kerja atau PNS.
2.  Kendala dalam penyelenggaraan fungsi PNS dalam instansi Pertahanan  Keamanan adalah kurangnya perkembangan sumber daya manusia dan latar  belakang pendidikan PNS di bidang Pertahanan Keamanan.
F.  Metode Pengumpulan Data Dalam penulisan skripsi ini, penulis telah berusaha sedaya upaya untuk  mengumpulkan data-data guna melengkapi kesempurnaan pembahasan skripsi ini,  dimana dalam hal ini digunakan dua metode penelitian yaitu: 1.  Penelitian Kepustakaan (Library Research)  Disini penulis melakukan penelitian dengan cara mempelajari bahan-bahan  bacaan yang ada, baik itu karangan-karangan ilmiah maupun beberapa  literatur-literatur yang mendukung penulisan dan pembahasan skripsi penulis  ini.
2.  Penelitian Lapangan (Field Research)  Dalam penyempurnaan penelitian penulis melakukan penelitian secara  langsung juga di Kudam I Bukit Barisan Medan, baik itu dilakukan dengan  pengamatan secara langsung tentang tata cara kerja instansi tersebut maupun  mengadakan wawancara kepada pegawai yang berwenang memberikan  informasi.
 10 G. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan dalam pembahasan skripsi ini disusun penulis  sedemikian rupa, yang memuat 5 (lima) buah bab dan masing-masing bab  mempunyai beberapa sub bab. Antara lain dapat disebutkan sebagai berikut: BAB I.  PENDAHULUAN Dalam bab pendahuluan ini akan dibahas hal-hal yang umum dalam  sebuah tulisan ilmiah yaitu: Penegasan dan Pengertian Judul, Alasan  Pemilihan Judul, Permasalahan, Hipotesa, Tujuan Pembahasan,  Metode Pengumpulan Data serta Sistematika Penulisan.
BAB II.  TINJAUAN UMUM TENTANG PEGAWAI NEGERI SIPIL Dalam kaitan ini yang akan dibahas adalah tentang: Pengertian  Pegawai Negeri Sipil, Jenis Pegawai Negeri Sipil, Tugas dan Fungsi  Pegawai Negeri Sipil, Kedudukan Pegawai Negeri Sipil.
BAB III.  TINJAUAN UMUM TENTANG HUKUM ADMINISTRASI  NEGARA DAN ADMINISTRASI KEUANGAN Dalam bab ini diuraikan pembahasan tentang: Pengertian Hukum  Administrasi Negara, Aktivitas dan Fungsi Hukum Administrasi  Negara, Pengertian Administrasi Keuangan, Pelaksanaan Administrasi  Keuangan serta Pentingnya Admnistrasi Keuangan.
 11 BAB IV.  PENYELENGGARAAN TUGAS-TUGAS PNS DALAM  PENGELOLAAN KEUANGAN PADA SISTEM PERTAHANAN  KEAMANAN DI KEUANGAN DAERAH MILITER I BUKIT  BARISAN Dalam bab ini dibahas tentang: Gambaran Umum Keuangan Daerah  Militer (Kudam) I Bukit Barisan, Tugas-Tugas PNS di Keuangan  Daerah Militer (Kudam) I Bukit Barisan, Posisi PNS dalam  Pelaksanaan Tugas Keuangan Daerah Militer (Kudam) I Bukit Barisan  serta Hambatan-Hambatan Yang Dihadapi dan Usaha Yang Dilakukan BAB V.  KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab yang terakhir ini penulis akan memberikan kesimpulan dan  juga saran.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi