Sabtu, 19 April 2014

Skripsi Hukum: PERAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEAHLIAN DAN KUALITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR ADMINISTRATOR BANDAR UDARA INTERNASIONAL

BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dari masa ke  masa membuat persaingan dalam dunia pekerjaan meningkat. Hal ini dikarenakan  adanya globalisasi dan modernisasi. Jika suatu organisasi atau instansi tidak bisa  menyikapi hal tersebut, maka kelangsungan kegiatan atau pekerjaan di dalam  organisasi atau instansi tersebut akan terhambat. Untuk itu, diperlukan adanya  sistem yang baik yang harus dimiliki oleh setiap organisasi. Sebuah instansi harus  didukung sumber daya manusia yang cakap karena sumber daya manusia sangat  berperan dalam menjalankan usaha atau kegiatan di dalam instansi tersebut.

Upaya pendayagunaan aparatur pemerintah pada hakekatnya adalah  merupakan tugas dari  segenap aparatur pemerintah oleh karena itu usaha  pendayagunaan tersebut bersifat menyeluruh maka pelaksanaannya harus  bertahap, berencana dan terpadu sesuai dengan prioritas kebutuhan pembangunan.
Usaha pendayagunaan aparatur pemerintah itu sendiri, sekaligus mencakup  kegiatan-kegiatan pembinaan, penyempurnaan dan penertiban serta ditujukan  terhadap seluruh aparatur pemerintah baik ditingkat pusat maupun ditingkat  daerah.
Agar pegawai negeri sebagai unsur aparatur pemerintah dapat menjadi  aparat yang benar-benar mampu melaksanakan tugas-tugas umum pemerintah dan  pembangunan secara berdaya guna dan berhasil guna maka terhadapnya   diperlukan adanya peningkatan keahlian dan kualitas atau dorongan yang dapat  menggerakkan pegawai negeri ke arah tercapainya tujuan pemerintah dan  pembangunan. Hal ini berarti bahwa dengan adanya peningkatan keahlian dan  kualitas  merupakan upaya yang dapat mendorong/merangsang dalam  meningkatkan produktivitas kerja pegawai yang bersangkutan dan merupakan  suatu modal yang sangat penting bagi suatu organisasi atau instansi.
Untuk maksud tersebut diatas, maka dirasa sangat perlu adanya pembinaan  khusus terhadap para pegawai negeri bekerja sebagai aparatur negara dan  pemerintah. Oleh karena itu mengingat bahwa pegawai negeri adalah insan biasa  yang mempunyai banyak kelemahan dan bermacam-macam kebutuhannya, maka  dengan demikian sebagai pegawai yang paling menentukan keberhasilan  organisasi pemerintahan di dalam pencapaian tujuannya. Sehingga dengan  demikian maka faktor pemenuhan kebutuhan dan pada pegawai tersebut haruslah  mendapat perhatian yang serius.
Disadari atau tidak bahwa melaksanakan pendayagunaan itu selain ditujukan  untuk meningkatkan kemampuan dan pengabdian aparatur pemerintah juga untuk  menciptakan aparatur pemerintah yang bersih dan berwibawa dalam rangka  pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintah. Langkah positif yang dilakukan para  pemimpin bangsa dalam hal ini melakukan pembinaan aparatur pemerintah ke  arah sikap pengabdian dan pengabdian sebagai pelayan pemerintah.
Kantor Administrator Bandar Udara Polonia Medan sesuai dengan KM Nomor Tahun 2004 mempunyai tugas melaksanakan pemberian pelayanan teknis dan   administratif kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan  Kantor  Administrator Bandar Udara Polonia Medan dalam melaksanakan tugas.
Sumber daya manusia yang ada pada suatu kantor dapat merupakan  kekuatan (Strength) maupun kelemahan (Weakness) bagi kantor tersebut. Sumber  daya manusia merupakan Strength  yaitu apabila dapat diberdayakan secara  optimal untuk pencapaian tujuan organisasi, hal sebaliknya yaitu merupakan  Weakness bila sumber daya manusia justru memberdayai organisasi untuk  kepentingan kelompok / individu. Dalam hal pelayanan terhadap masyarakat  harus pula didukung oleh sumber daya manusia yang handal.
Dalam pelayanan terhadap masyarakat sebagai pegawai negeri harus pula  ditunjang dengan pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kinerja  sebagai aparatur pemerintah. Namun fungsi pendidikan dan pelatihan bukan  sekadar indikasi adanya semangat dan kegairahan kerja, melainkan dapat  mempengaruhi efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan suatu instansi.
Pendidikan dan pelatihan sangat penting guna meningkatkan kompetensi sumber  daya manusia sebab dengan pendidikan dan pelatihan itu diharapkan seluruh  pegawai khususnya di lingkungan Kantor Administrator Bandar Udara Polonia  Medan memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
Namun faktor perilaku manusia yang dominan dalam pergaulan sehari-hari  yang membuat persoalan yang sangat kompleks, sehingga tidak mudah dalam  menentukan mana faktor diantara peningkatan keahlian dan kualitas atau peran  pendidikan dan pelatihan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap  produktivitas kerja,  salah satu cara yang dapat dilakukan dalam upaya   meningkatan kinerja pegawai adalah dengan melalui pengembangan pegawai  yaitu dengan melakukan pendidikan dan pelatihan,  disamping itu jenis  peningkatan keahlian dan kualitas yang diperlukan antara satu dengan lainnya  untuk peningkatan produktivitas kerja tentunya berbeda. Untuk itu penulis  beranggapan bahwa faktor peran pendidikan dan pelatihan dalam unsur  peningkatan keahlian dan kualitas tersebut relevan dengan kondisi suatu instansi  dalam menjalankan visi dan misinya, sehingga penulis tertarik untuk membuat  dan menguraikannya dalam bentuk skripsi dengan judul  yaitu  “PERAN  PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEAHLIAN  DAN KUALITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR ADMINISTRATOR  BANDAR UDARA POLONIA MEDAN”.
B.  Perumusan Masalah Adapun yang menjadi permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah  sebagai berikut : 1.  Bagaimana pentingnya peran  pendidikan dan pelatihan pada pegawai  Adbandara Polonia Medan dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari. .
2.  Bagaimana  kemampuan pegawai Kantor Adbandara dalam menyelesaikan  masalah dibidang penerbangan sebagai Regulator.
3.  Bagaimana peran pegawai Kantor Adbandara Polonia dalam meningkatkan  Keselamatan Penerbangan ( KESPEN ).
 C.  Tujuan dan Manfaat Penulisan  1. Tujuan Penulisan Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan yang dapat diuraikan sebagai berikut : a.  Untuk mengetahui pentingnya pendidikan dan pelatihan bagi pegawai  Adbandara Polonia Medan dalam melaksanakan tugasnya.
b.  Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pegawai Adbandara dalam  melaksanakan pengawasan setelah mendapat pendidikan dan pelatihan.
c.  Untuk mengetahui sejauh mana peran Kantor  Administrator Bandar Udara Polonia Medan dalam meningkatkan Keselamatan Penerbangan (KESPEN ).
 2. Manfaat Penulisan Manfaat penulisan yang dapat diperoleh dari penulisan skripsi ini adalah  sebagai berikut : a.  Secara Teoritis Diharapkan skripsi ini dapat memberikan sumbangan untuk kemajuan ilmu  hukum khususnya dibidang penerbangan. Selain itu dapat dijadikan sebagai dasar  untuk memberikan motivasi bagi para pegawai di instansi Kantor Adbandara  Polonia Medan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis ( keahlian/ skill )  sesuai dengan tugasnya, manfaat lainnya adalah untuk menambah wawasan, baik  bagi penulis sendiri maupun orang lain yang membaca skripsi ini serta dapat  menjadi pedoman penulisan skripsi berikutnya khususnya di dunia penerbangan.
 b.  Secara Praktis Secara praktis pembahasan terhadap skripsi ini diharapkan dapat menjadi  masukan dan pengetahuan bagi pembaca dan juga sebagai bahan masukan untuk  pimpinan dalam upaya meningkatkan keahlian dan kualitas para pegawai Kantor  Administrator Bandar Udara Polonia Medan serta memberikan gambaran tentang  pelaksanaan tugas penulis secara umum,  khususnya berbicara tentang peran  pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan keahlian dan kualitas  kerja  pegawai pada Kantor Administrator Bandar Udara Polonia Medan.

D.  Keaslian Penulisan Penulisan skripsi ini berjudul " Peran Pendidikan dan Pelatihan Terhadap  Peningkatan Keahlian dan Kualitas Kerja Pegawai Pada Kantor Administrator  Bandar Udara Polonia Medan" , yang diangkat menjadi judul skripsi ini belum  pernah ditulis di Fakultas Hukum  dan judul ini adalah  murni hasil penulisan dalam rangka melengkapi tugas akhir dan memenuhi syarat  guna memperoleh gelar Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sumatera  Utara.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi