Kamis, 24 April 2014

Skripsi Kedokteran: PROFIL PENDERITA KARSINOMA KOLOREKTAL

 BAB 1.
PENDAHULUAN.
1.1.    Latar Belakang.
Karsinoma kolorektal adalah suatu penyakit neoplasma ganas yang berasal  atau tumbuh di dalam saluran usus besar (kolon) dan atau rektum (Sander,2012). Karsinoma kolorektal menempati urutan ketiga sebagai kanker yang paling  sering terjadi di seluruh dunia setelah kanker paru dan kanker payudara, dengan  angka kejadian, hampir 60% karsinoma kolorektal terjadi di negara berkembang. (Miladinov-Mikov, 2010).

Di Indonesia, keganasan saluran cerna yang paling banyak dijumpai adalah karsinoma kolorektal dan termasuk dalam 10 jenis kanker terbanyak yangmenempati  urutan ke 6 dari penyakit keganasan yang ada (Sutadi, 2003). Risiko munculnya karsinoma kolorektal di seluruh dunia pada pria dengan  usia 75 tahun adalah satu dari 42 orang. Sedangkan pada wanita, satu dari 61 orang.
Insidensi dan angka kematian karsinoma kolorektal pada pria lebih tinggi  dibandingkan pada wanita (dengan rasio 1,4:1). Insidensi karsinoma kolorektal  meningkat saat memasuki usia 40 tahun, tetapi relatif rendah hingga mencapai usia  50 tahun keatas. Angka kematian paling tinggi terjadi pada pasien dengan usia tua.
Sekitar 80% merupakan pasien yang berusia 65 tahun ke atas, dan hampir dua per lima  angka kematian karsinoma kolorektal terjadi pada kelompok pasien yang  berusia di atas 80 tahun (Miladinov-Mikov, 2010). Bila kanker kolorektal ditemukan  pada pasien berusia muda, perlu dicurigai adanya kolitis ulserativa atau salah satu dari sindrom poliposis (Crawford dan Kumar, 2007) Karsinoma kolorektal ada hubungannya dengan faktor sosiobudaya dan pola  hidup yang buruk, sehingga penyakit ini dikenal sebagai penyakit lingkungan. (Boyle  dan Langman, 2000).
Faktor risiko berupa diet, obesitas,  dan aktivitas fisik memiliki banyak  pengaruh terhadap kejadian karsinoma kolorektal. Konsumsi tinggi dari makanan  olahan dan konsumsi alkohol juga berpengaruh terhadap kejadian karsinoma   kolorektal,  namun  hampir 66-77% karsinoma kolorektal dapat dicegah dengan  kombinasi seimbang antara diet dan aktivitas fisik (Huxley et al, 2009).
Pasien yang didiagnosa dengan karsinoma kolorektal memiliki prognosis  yang kurang baik. Sekitar 35% pasien meninggal dalam 5 tahun. (Siegel et al, 2010) Deteksi dini (skrining) dan diagnosis pada pengelolaan kanker kolorektal  memiliki peranan penting di dalam memperoleh hasil yang optimal dengan meningkatnya survival dan menurunnya tingkat morbiditas dan mortalitas para  penderita kanker kolorektal.  Secara umum,  deteksi dini dilakukan pada dua  kelompok yaitu populasi umum dan kelompok risiko tinggi. Deteksi dini pada  populasi umum dilakukan kepada individu yang berusia di atas 40 tahun. Deteksi  dini dilakukan pula pada kelompok masyarakat yang memiliki risiko tinggi  menderita kanker kolorektal yaitu: 1) penderita yang telah menderita kolitis  ulserativa atau Chron‘s> 10 tahun; 2) penderita yang telah menjalani polipektomi  pada adenoma kolorektal; 3) individu dengan adanya riwayat keluarga penderita  kanker kolorektal. Individu dengan riwayat keluarga memiliki risiko menderita  kanker kolorektal 5 kali lebih tinggi dari pada individu pada kelompok usia yang  sama tanpa riwayat penyakit tersebut (Sander, 2012).

1.2.    Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka  rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah profil penderita  karsinoma kolorektal di RSUP H. Adam Malik ? 1.3.  Tujuan Penelitian 1.3.1.  Tujuan Umum Yang menjadi tujuan umum dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui profil penderita Karsinoma Kolorektal di RSUP H. Adam Malik  pada tahun 2009-201  1.3.2.  Tujuan Khusus Yang menjadi tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: a. Untuk mengetahui karakteristik penderita karsinoma kolorektal berdasarkan usia b. Untuk mengetahui karakteristik penderita karsinoma kolorektal berdasarkan  jenis kelamin c. Untuk mengetahui karakteristik penderita karsinoma kolorektal berdasarkan  riwayat keluarga d. Untuk mengetahui karakteristik penderita karsinoma kolorektal berdasarkan  stadium yang paling sering e. Untuk mengetahui karakteristik penderita karsinoma kolorektal berdasarkan  terapi yang diberikan f.  Untuk mengetahui tingkat mortalitas penderita karsinoma kolorektal di RSUP  H. Adam Malik pada tahun 2009-201 1.4.    Manfaat penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa: a. Dapat memberikan informasi mengenai profil penderita karsinoma kolorektal di  RSUP H Adam Malik Medan b.  Memberikan informasi kepada masyarakat tentang faktor risiko karsinoma  kolorektal c. Menambah masukan dan informasi dalam rangka pencegahan karsinoma  kolorektal d. Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan selama menjalani penelitian  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi