Rabu, 07 Mei 2014

Skripsi Pendidikan Agama Islam: Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 02 Malang


BAB I  
PENDAHULUAN  
A. Latar belakang  
Belajar adalah proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang  sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seorang  dengan lingkungannya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana  saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang belajar adalah adanya perubahan tingkah  laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada  tingkat pengetahuan, ketrampilan atau sikapnya.
Proses belajar itu diselengarakan secara formal di sekolah-sekolah,  dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan pada diri siswa secara terancana, baik  dalam aspek pengetahuan, ketrampilan maupun sikap, interaksi yang terjadi selama  proses belajar tersebut dipengaruhi oleh lingkungan, antara lain terdiri atas murid,  guru, petugas perpustakaan, kepala sekolah, bahan/materi pelajaran dan berbagai  sumber belajar serta fasilitas.

Perkembangan IPTEK dapat mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam  pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar  mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup  kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan  zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat-alat yang tersedia dan  dituntut untuk dapat mnegembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran  yang akan digunakannya apabila media tersebut belumtersedia. Untuk itu guru harus  memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media  pendidikan/pengajaran. Pengatahuan tersebut menurut Oemar Hamelik :  2  ¾  Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar  mengajar.
¾  Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan  ¾  Seluk beluk proses belajar  ¾  Hubungan antar metode mengajar dan media pendidikan  ¾  Manfaat media pendidikan dalam pembelajaran  ¾  Pemilihan dan penggunaan media pendidikan  ¾  Berbagai jenis alat dan tehnik media pendidikan  ¾  Media pendidikan dalam setiap mata pelajaran  ¾  Usaha inovasi dalam media pendidikan  Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini  berlangsung dengan pesat. Perkembanganitu bukan hanya dalam hitungan tahun,  bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik, terutama berkaitan dengan  teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang teknologi elektronika.
Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.
Pengaruh pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat  cepat ini memberikan dampak positif dan negatif. Perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi  dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu.
Damapak negatifnya yaitu; terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, atau moral  kehidupan yang bertentangan dengan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan   Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Cet. III, Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.2002, hlm:1-2  3  yang dianut masyarakat. Maka peran pendidikan sangat penting untuk  mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya.
Pendidikan merupakan komunikasi terorganisasi dan berkelanjutan yang  dirancang untuk menumbuhkan kegiatan belajar pada diri peserta didik, menurut  salah satu organisasi dalam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang menangani  pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan yaitu UNESCO (Unite Nation  Education, Scientific, and Cultural oreganization). Selanjutnya UNECO  merekomendasikan empat pilar dalam pendidikan, yaitu :  1.  Leraning to know(belajar untuk mengetahui)  2.  Learning to do(belajar untuk melakukan atau mengerjakan)  3.  Lerning to live together(belajar untuk hidup bersama)  4.  Learning to be(belajar untuk menjadi/mengembangkan diri sendiri)  Sejalan dengan perkembangannya pembangunan teknologi pada abad 21,  bahwa kemajuan IPTEK sangat pesat dan itu terlihat pada kemajuan pertumbuhan  telekomunikasi di Indonesia khususnya. Pemanfaatan teknologi informasi  merupakan suatu indikator yang dapat juga untuk membantu mencapai tujuan  pendidikan. Pada tahun 2005 Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah  bekerjasama dengan Asosiasi Penyediaan Jasa Internet Indonesia (APJI) yaitu  dengan diwujudkannya program SMU 2000. Kemudian program ini lebih diperluas  lagi menjadi sekolah 2000 artinya program ini tidak hanya mencakup Sekolah  Menengah Umum (SMU) tetapi juga untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan  Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Program sekolah  2000 bertujuan untuk meningkatkan SDM pada jenjang pendidikan dasar dan   Munir,DR.M.IT, “Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”, Penerbit: ALFABETA,  Bandung.2008.hlm:1-2  4  menengahdengan jalan menyediakan layanan akses internet baik kepada guru  maupun siswa.
 Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa ”Bangsa yang menguasai  teknologi akan menguasai dunia” mungkin ungkapan ini sudah terasa usang di  telinga kita karena terlalu banyak tokoh-tokoh yang menyerukan ungkapan seperti  ini. Misalnya perdana menteri Jepang yang saat itu mengalami kekalahan pada  Perang Dunia II, memotivasi rakyatnya untuk mempelajarai teknologi sedalam  mungkin agar dapat bangkit kembali dari kekalahan itu sehingga mereka secara  massal menerjemahkan ilmu pengetahuan dari Jerman. Saat itu hanya segelintir  orang saja yang menguasai bahasa Jerman, tetapi hal tersebut tidak menghambat  mereka untuk tetap menerjemahkan dan kemudian menyebarluaskannya untuk  dipelajari. Akhirya satu demi satu industri berbasis teknologi muncul dan saat ini  mereka sudah menjadi sebuah bangsa yangbesar dengan industri teknologi yang  cangih. Internet memang merupakan satu bentuk perkembangan teknologi yang  sedang berkembang pesat saat ini. Banyak hal positif yang bisa dilakukan dengan  internet, misalnya informasi tak terbatas, fasilitas email yang dapat menggantikan  posisi konvensional sebagai media komunikasi tertulis dll. Namun tidak menutup  kemungkinan adanya hal-hal negatif yang mengiringinya seperti pornografi,  penipuan kartu kredit.
  Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa internet sangat  menunjang dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan yang  secara efektif dan efisien sehingga tidak berlebihan bahwa kwalitas akademik dan  keberhasilan dalam pendidikan di masa mendatang akan sangat tergantung dari  teknologi informasi yang digunakan, dengan kata lain teknologi informatika   www. Sekolah2000.or.id   Herwibowo,Y. Hendroyono, T, internet for kids, penerbit : ANDI, yogyakarta. 2004. hlm:vii-viii  5  merupakan tulang punggung keberhasilan pendidikan dimasa mendatang. Oleh  karena itu penulis mengambil judul “PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI  MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 02 MALANG”  B.  Rumusan masalah  1.  Bagaimana pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di SMPN 02  Malang  2.  Bagaimana kondisi lab. Computer (internet) di SMPN 02 Malang  3.  Factor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pemamfaatan internet  sebagai media pembelajaran di SMPN 02 Malang  C. Tujuan penelitian  1.  Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran  di SMPN 02 Malang  2.  Untuk mengetahui bagaimana kondisi lab. Computer (internet) di SMPN 02  Malang  3.  Untuk mngetahui factor apa saja yang menhdukung dan menghambat dalam  pemamfaatan internet sebagai media pembelajaran di SMPN 02 Malang  D. Manfaat penelitian  Adapaun manfaat penelitian ini, antara lain adalah sebagai berikut :  1.  Untuk menambah pengetahuan bagi penulis dan sekaligus pengalaman dalam  menyusun karya ilmiah.
2.  Untuk menjadi bahan masukan bagi guru-guru SMPN 02 Malang sebagai tenaga  pengelola pendidikan dalam rangka meningkatkan program teknologi  komunikasi dan informasi.
6  3.  Sebagai informasi, khususnya bagi kepala sekolah SMPN 02 Malang untuk  memberikan dukungan, motivasi dan fasilitas kepada guru dan siswa dalam  rangka pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran.
E.  Ruang lingkup penelitian  Mengingat adanya keterbatasan pada diri penulis, baik terbatasnya waktu,  tenaga, maupun biaya maka penulis memfokuskan untuk:  1.  Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di SMPN 02 Malang  2.  Kondisi lab. Computer (internet) di SMPN 02 Malang  3.  Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pemamfaatan internet  sebagai media pembelajaran di SMPN 02 Malang F.  Definisi operasional  ƒ  Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakanuntuk  menyalurkan pesan, merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa  sehingga dapat mendorong proses belajar.
ƒ  Pemanfaatan internet adalah kadar pemakaian internet sebagai media  pembelajaran dalam proses belajar mengajar oleh siswa dalam mengikuti mata  pelajaran internet.
G. Teknik Analisa Data  Setelah data diperoleh dari lokasi penelitian dan sudah terkumpul, maka  langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikan data tersebut. Meskipun  penelitian ini bersifat deskriptif, namun data yang diperoleh dari dua jenis yaitu  data kualitatif dan data kuantitatif (data yang berbentuk angka). Karena itu  dalam menganalisa data yang bersifat kuantitatif akan dipergunakan analisa data  kemudian digambarkan berdasarkan logika dengan tidak melupakan hasil dari  pengamatan dari interview (face to face)dalam mengambil suatu kesimpulan.
7  Sedangkan data yang bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka akan  gunakan analisa statistik dan diperhitungkan dengan menggunakan rumus:  P Keterangan:  P = Percentase (%)  F = Frekuensi yang dicari  N = Jumlah responden  H. Sistematika Pembahasan  Untuk memahami alur pembahasan Skripsi ini penulis memberikan  sistematika pembahasan sebagai berikut:  BAB I :Merupakan bab pendahuluan, yangdidalamnya memuat latar belakang  masalah, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, ruang lingkup,  definisi operasional, dan sistematika pembahasan.
BAB II : Adalah landasan teori yang dalam sub babnya membahas:  Pengertian belajar, teori-teori belajar,prinsip-prinsip belajar, Pengertian  Media, ciri-ciri Media Pembelajaran, fungsi Media Pembelajaran, Manfaat  Penggunaan Media Pembelajaran ,pengertian internet, fungsi internet,  Spesifikasi peralatan internet, Fasilitas dalam internet  BAB III : Metodologi Penelitian yang membahas tentang :  Rancangan penelitian, populasi dan sample, metode pengumpulan data dan  analisis data.
BAB IV: Hasil Penelitian meliputi:  Latar belakang obyek penelitian, penyajian data dan analisis data.
8  BAB V : Pembahasan dan analisis data  Bagaimana pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran di SMPN  02 Malang, Bagaimana kondisi lab. Komputer di SMPN 02 Malang,  Faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan internet sebagai  media pembelajaran di SMPN 02 Malang  BAB VI : Penutup  Kesimpulan dan Saran    

Download lengkap Versi PDF


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi