Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: eranan Komunikasi Dalam Usaha Meningkatkan Prestasi Kerja Pada PT. TELKOM



BAB I PENDAHULUAN
 1. 1 Latar Belakang Masalah 
Komunikasi berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi merupakan proses  hubungan yang terjadi diantara dua orang atau lebih dengan menggunakan media, lambang, simbol  untuk memberikan informasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Barelson dalam Fisher  (1986: 10) “Komunikasi adalah penyampaian informasi, ide, emosi, keterampilan dan seterusnya,  melalui penggunaan simbol-kata, gambar, angka, grafik, dan lain-lain.

Demikian halnya dengan PT. TELKOM. PT. TELKOM merupakan suatu badan, perusahaan yang  bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi yang menyediakan sarana dan jasa layanan telekomunikasi  dan informasi kepada masayarakat luas sampai ke pelosok daerah. Adapun jasa telekomunikasi yang  disajikan PT. TELKOM yaitu: sistem telepon bergerak (STBS), layanan pelanggan, teleks, penyewaan trans  poder satelit, VSAT (Very Small Apenture Terminal) dan jasa nilai tambah tertentu.
PT. TELKOM Indonesia saat ini berkembang pesat dan telah tersebar di seluruh Indonesia. Hal  ini ditandai dengan pembelian seluruh saham Pramindo pada tahun 2002 melalui tiga tahap yaitu, pada  tanggal 15 Agustus 2002 pembelian saham sebesar 30%, 15% saham pada tanggal 30 September 2003  dan 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004. Selain itu PT. TELKOM Indonesia telah memiliki saham  TELKOMSEL sebesar 65%.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa PT. TELKOM Indonesia mengalami  perkembangan yang cukup pesat dan keberhasilan tersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat  Indonesia.
 PT. TELKOM juga memiliki banyak peranan dalam meningkatkan kemajuan perusahaan-perusahaan baik antara swasta maupun milik Negara yang dapat kita lihat dari sarana dan prasarana  TELKOM yang terpasang di setiap perusahaan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa PT. TELKOM tidak  hanya memberikan layanan kepada masyarakat saja tetapi juga ke perusahaan-perusahaan.
Kemajuan PT. TELKOM juga terlihat dengan peingkatan kualitas kerja dari para karyawannya  yang sesuai dengan job description dan job specification. Hal tersebut sangat penting agar terciptanya  efisiensi kerja para karyawan.
Dilihat secara umum komunikasi yang dilakukan PT. TELKOM cukup baik. Walaupun demikian  penulis ingin meneliti peranan komunikasi pada PT. TELKOM KANDATEL Medan, dalam meningkatkan  prestasi kerja dengan menentukan judul “PERANAN KOMUNIKASI DALAM USAHA MENINGKATKAN  PRESTASI KERJA PADA PT. TELKOM KANDATEL MEDAN”.
1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis menentukan masalah yang dibahas dalam  penelitian ini adalah “ Bagaimana peranan komunikasi dalam usaha meningkatkan prestasi kerja pada  PT. TELKOM KANDATEL Medan”.
1. 3. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan komunikasi dalam usaha  meningkatkan prestasi kerja pada PT. TELKOM KANDATEL Medan.
 1. 4. Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi: 1.  Penulis, hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan pengembangan wawasan  penulis tentang peranan komunikasi dalam usaha meningkatkan prestasi kerja pada PT.
TELKOM KANDATEL Medan.
2.  PT. TELKOM KANDATEL Medan, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk  pengembangan layanan PT. TELKOM KANDATEL Medan ke arah yang lebih baik.
3.  Peneliti, penelitian dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk melakukan  penelitian lanjutan dengan topik yang sama atau berhubungan.
1. 5. Metode Penelitian  1.5.1. Lokasi Penelitian Penelitian ini dilakukan di PT. TELKOM KANDATEL Medan yang    berlokasi di Jl. H. M.
Yamin No. 13 Medan.
1.5.2. Sumber Data dan Tehnik Pengumpulan Data Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan judul di atas maka teknik pengumpulan data  yang dilakukan dengan cara: 1.  Studi kepustakaan, mengumpulkan data melalui berbagai bahan pustaka, dokumen  yang berkaitan dengan masalah penelitian dan melakukan observasi/pengamatan.
2.  Wawancara tidak terstruktur, mengumpulkan data dengan cara mewawancarai secara  langsung kepada orang-orang yang dianggap mengetahui masalah sesuai dengan tujuan  penelitian. Melalui wawancara ini akan diperoleh data yang lebih akurat karena  informan dapat mengungkapkan sesuatu sesuai dengan judul penelitian secara bebas.
 1.5.3. Analisis data  Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah : 1.  Metode deskriptif, yaitu metode analisis yang memaparkan masalah sedemikian rupa  dengan menggambarkan peristiwa, tingkah laku dari objek yang diselidiki, menyusun  data-data yang diperoleh kemudian menginterprestasikannya.
2.  Metode deduktif, yaitu metode yang dilakukan untuk mengambil kesimpulan khusus  yang berlaku di kantor berdasarkan teori yang diterima umum sebagai suatu  kebenaran. Dalam hal ini penulis melakukan komunikasi langsung pada staff dan  pegawai kantor.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi