BAB I PENDAHULUAN
1.
1 Latar Belakang Masalah
Komunikasi berperan penting dalam kehidupan
sehari-hari. Komunikasi merupakan proses hubungan yang terjadi diantara dua orang atau
lebih dengan menggunakan media, lambang, simbol untuk memberikan informasi untuk mencapai
suatu tujuan tertentu. Menurut Barelson dalam Fisher (1986: 10) “Komunikasi adalah penyampaian
informasi, ide, emosi, keterampilan dan seterusnya, melalui penggunaan simbol-kata, gambar, angka,
grafik, dan lain-lain.
Demikian halnya
dengan PT. TELKOM. PT. TELKOM merupakan suatu badan, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi yang
menyediakan sarana dan jasa layanan telekomunikasi dan informasi kepada masayarakat luas sampai
ke pelosok daerah. Adapun jasa telekomunikasi yang disajikan PT. TELKOM yaitu: sistem telepon
bergerak (STBS), layanan pelanggan, teleks, penyewaan trans poder satelit, VSAT (Very Small Apenture
Terminal) dan jasa nilai tambah tertentu.
PT. TELKOM
Indonesia saat ini berkembang pesat dan telah tersebar di seluruh Indonesia.
Hal ini ditandai dengan pembelian
seluruh saham Pramindo pada tahun 2002 melalui tiga tahap yaitu, pada tanggal 15 Agustus 2002 pembelian saham
sebesar 30%, 15% saham pada tanggal 30 September 2003 dan 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004.
Selain itu PT. TELKOM Indonesia telah memiliki saham TELKOMSEL sebesar 65%.
Berdasarkan uraian
di atas dapat disimpulkan bahwa PT. TELKOM Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat dan keberhasilan
tersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia.
PT. TELKOM juga memiliki banyak peranan dalam
meningkatkan kemajuan perusahaan-perusahaan baik antara swasta maupun milik
Negara yang dapat kita lihat dari sarana dan prasarana TELKOM yang terpasang di setiap perusahaan.
Hal tersebut menjadi bukti bahwa PT. TELKOM tidak hanya memberikan layanan kepada masyarakat
saja tetapi juga ke perusahaan-perusahaan.
Kemajuan PT. TELKOM
juga terlihat dengan peingkatan kualitas kerja dari para karyawannya yang sesuai dengan job description dan job
specification. Hal tersebut sangat penting agar terciptanya efisiensi kerja para karyawan.
Dilihat secara umum
komunikasi yang dilakukan PT. TELKOM cukup baik. Walaupun demikian penulis ingin meneliti peranan komunikasi pada
PT. TELKOM KANDATEL Medan, dalam meningkatkan prestasi kerja dengan menentukan judul
“PERANAN KOMUNIKASI DALAM USAHA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PADA PT. TELKOM KANDATEL MEDAN”.
1.2. Perumusan
Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis menentukan masalah
yang dibahas dalam penelitian ini adalah
“ Bagaimana peranan komunikasi dalam usaha meningkatkan prestasi kerja pada PT. TELKOM KANDATEL Medan”.
1. 3. Tujuan
Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan
komunikasi dalam usaha meningkatkan
prestasi kerja pada PT. TELKOM KANDATEL Medan.
1. 4. Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat bagi: 1.
Penulis, hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan pengembangan
wawasan penulis tentang peranan
komunikasi dalam usaha meningkatkan prestasi kerja pada PT.
TELKOM KANDATEL
Medan.
2. PT. TELKOM KANDATEL Medan, hasil penelitian
ini dapat dijadikan masukan untuk pengembangan
layanan PT. TELKOM KANDATEL Medan ke arah yang lebih baik.
3. Peneliti, penelitian dapat dijadikan sebagai
salah satu rujukan untuk melakukan penelitian
lanjutan dengan topik yang sama atau berhubungan.
1. 5. Metode
Penelitian 1.5.1. Lokasi Penelitian Penelitian
ini dilakukan di PT. TELKOM KANDATEL Medan yang berlokasi di Jl. H. M.
Yamin No. 13 Medan.
1.5.2. Sumber Data
dan Tehnik Pengumpulan Data Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan judul di
atas maka teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara: 1. Studi
kepustakaan, mengumpulkan data melalui berbagai bahan pustaka, dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian dan
melakukan observasi/pengamatan.
2. Wawancara tidak terstruktur, mengumpulkan
data dengan cara mewawancarai secara langsung
kepada orang-orang yang dianggap mengetahui masalah sesuai dengan tujuan penelitian. Melalui wawancara ini akan
diperoleh data yang lebih akurat karena informan
dapat mengungkapkan sesuatu sesuai dengan judul penelitian secara bebas.
1.5.3. Analisis data Metode yang digunakan dalam menganalisis data
adalah : 1. Metode deskriptif, yaitu
metode analisis yang memaparkan masalah sedemikian rupa dengan menggambarkan peristiwa, tingkah laku
dari objek yang diselidiki, menyusun data-data
yang diperoleh kemudian menginterprestasikannya.
2. Metode deduktif, yaitu metode yang dilakukan
untuk mengambil kesimpulan khusus yang
berlaku di kantor berdasarkan teori yang diterima umum sebagai suatu kebenaran. Dalam hal ini penulis melakukan
komunikasi langsung pada staff dan pegawai
kantor.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi