Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: FUNGSI SURAT SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI DAN INFORMASI FORMAL PADA BAGIAN SEKRETARIAT DEKAN FAKULTAS EKONOMI



BAB I  PENDAHULUAN  
 A. Latar Belakang Masalah  
 Di era globalisasi seperti saat ini, perkembangan ilmu dan teknologi  dalam bidang informasi dan komunikasi yang sangat pesat membawa  pengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Semakin  tinggi teknologi komunikasi yang digunakan akan semakin mempercepat  proses penyampaian informasi. Proses pertukaran informasi yang cepat dapat  membantu kelancaran kegiatan administrasi didalam suatu organisasi baik  swasta maupun pemerintah, khususnya kegiatan administrasi yang berkaitan  dengan aktivitas korespondensi. Kegiatan komunikasi dapat dilakukan dengan  berbagai cara baik secara lisan maupun tulisan. Salah satukomunikasi yang  dilakukan dengan tulisan yaitu melalui surat.

Surat adalah suatu alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak  dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan berita. Surat menyurat  merupakan sarana komunikasi utama dan amat penting dalam setiap kegiatan  organisasi. Surat tidak dapat digantikan seratus persen sebagai alat  komunikasi didalam suatu organisasi karena sampai saat ini surat masih  dipandang sebagai alat komunikasi tertulis yang efektif dan efisien.
Di masa sekarang ini sudah banyak kita temukan alat-alat komunikasi  canggih seperti telepon,handphone,  telex, radio, televisi,  faximilebahkan  jaringan informasi global seperti penggunaan internet. Dengan menggunakan   surat, informasi yang akan disampaikan kepada seseorang/organisasi sesuai  dengan sumber aslinya, sehingga informasi didalam surat sifatnya jelas, akurat  dan sewaktu- waktu dapat menjadi alat bukti tertulis jika diperlukan.
Perkembangan surat menyurat dewasaini sangat pesat sekali terutama  dalam berkomunikasi. Hal ini terjadi karena semakin disadari pentingnya surat  sebagai alat komunikasi pada kegiatan yang dilakukan baik pada kantor  instansi pemerintah maupun swasta. Kegiatan tidak akan berjalan dan  berkembang dengan baik tanpa mengadakan hubungan atau komunikasi antara  sesama atau dengan pihak lain.
Mengingat begitu penting peranan surat maka sudah selayaknya  dilakukan penanganan khusus terhadap surat menyurat sehingga surat akan  mempercepat dalam pencapaian tujuandan terlaksananya tugas pokok yang  telah direncanakan. Karena surat dianggap sebagai suatu sumber yang harus  dimiliki organisasi maupun perusahaan.
Untuk itu diperlukan seorang sekretaris kantor yang dapat menangani  surat-surat. Sekretaris harus mahir, teliti, dan cekatan dalam menangani surat.
Penyimpanan surat harus menggunakan sistemyang benar agar suatu saat bila  diperlukan dapat dicari dengan mudah.
Fungsi utama surat ada tujuh, yaitu:  1.  Sebagai alat komunikasi tulis  2.  Sebagai tanda bukti tertulis  3.  Sebagai alat pengingat  4.  Sebagai pedoman untuk bertindak   5.  Sebagai keterangan keamanan  6.  Sebagai duta/wakil organisasi  7.  Sebagai dokumentasi historis dari suatu kegiatan  Walaupun  memerlukan  proses  yang  agak  lambat,  surat  masih  tetap  dipakai sebagai alat komunikasi di tengah alat komunikasi modern yang  sangat canggih dewasa ini. Surat memiliki kelebihan jika dibandingkan  dengan alat komunikasi lisan yang cepat itu. Surat memiliki bukti yang  autentik berupa tulisan dan tanda tangan yang tidak dimiliki oleh alat  komunikasi lisan. Itulah yang menyebabakan kedududkan surat dalam bidang  komunikasi tidak tergoyahkan.
Dalam  kehidupan  modern ini makin banyak kegiatan yang menuntut  bukti tertulis. Sebagai contoh, undangan tertulis akan terasa lebih formal  dibandingkan dengan undangan lisan. Pesan-pesan singkat berupa kabar atau  berita tertulis umumnya juga disampaikan orang melalui surat. Apalagi  kegiatan yang menyangkut aspek hukum, sudah pasti memerlukan bukti  tertulis hitam di atas putih.
Adanya bukti tertulis akan sangat membantu ingatan karena kemampuan  otak manusia untuk mengingat hal yang sudah lama berlalu bersifat terbatas .
Bukti tertulis, termasuk surat, dapat dijadikan arsip yang manfaatnya sebagai  dokumentasi historis tidak perlu diragukan lagi.
Fungsi  surat  sebagai  wakil  organisasi juga sudah pasti sangat penting.
Dengan jasa surat, suatu organisasi dapat berhubungan dengan organisai lain   yang sangat jauh letaknya tanpa harus menghadirkan pejabatnya. Dengan  surat pula seseorang baik selaku pribadi maupun wakil organisasi dapat  bertindak dengan pasti, sebab di dalam dapat dituliskan secara jelas pedoman  tentang tugas, hak, dan kewajiban seseorang.
Di  samping  kegunaan  tersebut  di  atas,  surat  pun  masih  memiliki  keunggulan lain. Surat lebih hemat darisegi biaya jika dibandingkan dengan  pembicaraan telepon jarak jauh. Surat juga lebih menjaminkerahasiaan dan  ketepatan isinya karena sebagian besar surat memakai amplop tertutup.
Penyampaian  maksud  melalui  surat  terasa  lebih  formal  jika  dibandingkan dengan penyampaian secara lisan. Hal-hal yang sukar  dibicarakan dalam komunikasi lisan dapat dikemukakan dengan lebih leluasa  di dalam surat karena antara pengirim dan penerima tidak saling bertatap  pandang. Sifat dan perilaku seseorang, seperti, pemalu, gugup, atau cara  berbicara yang gagap, tidak akan tampak di dalam sebuah surat.
Kegiatan surat–menyurat pada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara dilakukan pada masing–masing unit kerja. Salah satunya pada bagian  Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi .
Bedasarkan uraian ini, penulis ingin mengkaji lebih dalam mengenai  fungsi surat sebagai alat komunikasi dan informasi formal pada bagain  Sekretariat Dekan FE USU. Oleh sebab itu penulis memilih judul ” Fungsi  Surat Sebagai Alat Komunikasi Dan Informasi Formal Pada Bagian  Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi ”   B. Perumusan Masalah  Sebagian orang kurang begitu memperhatikan kegunaan surat sebagai  alat komunikasi dan terkadang proses penanganannya cencerung mengalami  keterlambatan. Sedangkan kebutuhan untuk sipemakai surat, surat merupakan  alat yang penting dalam berkomunikasi. Sebagai alat komunikasi yang  sifatnya formal bagi organisasi, surat haruslah mampu dihadirkan tepat waktu  dan mampu menghasilkan informasi yang up to date. Untuk itu penulis  merumuskan masalah sebagai berikut:  1.  Seberapa penting fungsi surat sebagai alat komunikasi dan informasi  formal  pada  sekretariat  Dekan  Fakultas  Ekonomi  Universitas  Sumatera  Utara?  2.  Bagaimana sistem penanganan surat masuk dan surat keluar pada bagian  sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi ?  C. Tujuan Penelitian   Adapun yang menjadi tujuan penulis dalam penulisan skripsi minor ini  adalah sebagai berikut:  1.  Untuk mengetahui seberapa penting fungsi surat sebagai alat komunikasi  dan informasi formal pada bagian Sekretariat Dekan Universitas Sumatera  Utara.
2.  Untuk  mengetahui  bagaimana  penanganan  surat  masuk  dan  surat  keluar  pada Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi Sumatera Utara.
 D. Manfaat Penelitian  Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah : 1.  Bagi Sekretariat Dekan  Penelitian  ini dapat  dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan  menyusun kebijakan kegiatan Sekretariat Dekan dan juga sebagai bahan  masukan yang bermanfaat dalam memperlancar proses komunikasi dan  informasi.
2.  Bagi Penulis  Untuk  menambah  pengetahuan  serta  wawasan  penulis  khususnya  mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penanganan surat masuk dan  surat keluar dan sebagai bahan perbandingan antara teori yang telah  diberikan pada masa kuliah dengan kenyataan serta untuk menerapkan  teori-toeri yang didapat selama masa perkuliahan.
3.  Bagi Pembaca  Sebagai bahan masukan bagi peneliti lain untuk penyempurnaan penelitian  di masa yang akan datang.
E. Jadwal Penelitian Untuk  pengumpulan  data  dan  penyusunan  laporan  tugas  akhir  ini,  penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl. T.M.
Hanafiah Kampus USU Medan. Hal ini dapat dilihat pada Tabel 1.1   Tabel 1.1  Jadwal Kegiatan  MINGGU KE  NO  KEGIATAN  1  2  3  1.  Persiapan      2.  Pengumpulan Data      3.  Penulisan Laporan    Persiapan  Tugas  Akhir  di  mulai  dari  tanggal  18  Maret  2010,  sejak  disetujuinya Judul Tugas Akhir oleh Program Studi DIII Kesekretariatan.
Pada tahap pengumpulandata penulis melakukan observasi/survei yang  akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret – 07 April 2010. Pada tahap ini  penulis akan melakukan wawancara padabagian sekretariat Dekan Fakultas  Ekonomi Sumatera Utara mengenai topik yang akan di bahas dan  dikumpulkan sebanyak mungkin untuk Tugas Akhir ini.
Setelah  melakukan  observasi/survei,  penulis  akan  memulai  penulisan  laporan yang akan dikemas dalam bentuk Tugas Akhir. Di mana dalam  penulisannya, penulis akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing agar penilisan  laporan sesuai dengan judul dan materi pembahasan.
F. Sistematika Penulisan   Tugas akhir ini di bagi atas 4 (empat) bab dan tiap bab dibagi atas  beberapa sub bab antara lain :  BAB I : PENDAHULUAN   Bab ini berisikan Latar Belakang Masalah, Perumusan  Permasalahan, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Jadwal  Survei dan Sistematika Penulisan.
BAB II : PROFIL INSTANSI  Bab ini berisikan Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Uraian  Tugas, Kegiatan Usaha, Kinerja Usaha terkini, dan Rencana  Kegiatan.
BAB III : PEMBAHASAN   Bab ini berisikan pembahasan tentang penelitian yang dilakukan  penulis pada bagian Sekretariat Dekan Fakultas Ekonomi   yang berkaitan dengan fungsi surat  srbagai alat komunikasidan informasi formal.
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN  Bab ini berisikan Kesimpulan berdasarkan pembahasan dan hasil  penelitian yang dilakukan di bagian Sekretarit Dekan Fakultas  Ekonomi  dan beberapa saran yang  bermanfaat dikemudian hari.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi