BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kantor merupakan tempat diselenggarakannya
kegiatan menangani informasi, menangani
informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengola, menyimpan sampai mengeluarkan dan
mendistribusikan informasi. Oleh karena itu
perlengkapan dan inventaris kantor mempunyai peranan penting bagi setiap instansi pemerintah maupun swasta, untuk
menangani berbagai informasi dikantor tersebut.
Aktivitas kerja
sekretaris menitikberatkan pada pekerjaan kantor atau perusahaan. Maka perlengkapan kantor dan
inventaris kantor sangat berfungsi dalam
membantu kelancaran aktivitas dan kegiatan kantor baik di instansi pemerintah maupun swasta. Jika dalam suatu
instansi pemerintah maupun swasta kekurangan
perlengkapan dan inventaris kantor maka aktivitas dan kegiatan kantor akan terganggu. The Liang Gie (1992)
mengatakan bahwa perlengkapan kantor
dapat berupa peralatan kantor, perabot kantor, hiasan kantor, dan persediaan kantor sedangkan inventaris kantor
merupakan sebuah daftar yang memuat
nama-nama barang milik instansi tersebut.
Proses perlengkapan
dan inventaris kantor artinya penyelenggaraan mengenai kebutuhan, penyediaan, penggunaan
alat, benda, tempat dan fasilitas lainnya
dan semua kebutuhan tersebut digunakan dalam kerangka untuk membantu kelancaran dalam melaksanakan
aktifitas kantor. Sehubungan dengan perlengkapan
kantor, perlu diperhatikan khususnya kebutuhan perlengkapan kerja, standarisasi dan perincian benda-benda,
proses pembelian benda-benda serta
pembayaran, prosedur pemakaian benda baik permintaan maupun pengeluaran, pencatatan dan pengurusan harta
benda, teknik menyimpan dan merawat
harta benda, pemeliharaan gudang dan pengangkutan benda-benda, karena ini berhubungan dengan perlengkapan
(bekal) kantor untuk membantu kelancaran
aktifitas dan kegiatan kantor.
B. Permasalahan Untuk memfokuskan dan
memperjelas topik yang akan dibahas pada tugas akhir ini, maka perlu diadakan perumusan guna
mempermudah materi yang akan dibahas dan
dipelajari selama dibangku perkuliahan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Fungsi
Perlengkapan dan Inventaris Kantor Pada
Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU.
C. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk
mengetahui fungsi perlengkapan kantor dan inventaris kantor Fakultas Ekonomi USU 2. Memberikan sumbangan
pikiran sebagai bahan masukan bagi Fakultas Ekonomi USU.
D. Manfaat Penelitian Mamfaat penelitian ini
adalah: 1. Bagi Peneliti Menambah
pengetahuan peneliti dalam bidang yang diteliti baik secara teoretis maupun aplikasi. Bagaimana fungsi dari perlengkapan kantor dan
inventaris kantor dalam menjalankan
tugas agar lebih berfungsi dan bertanggung jawab. Bermamfaat untuk mengetahui dan
memahami dalam pencapaian tujuan agar
terlaksana dengan sukses serta dapat menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti, baik secara teoritis
maupun penerapannya langsung dilapangan.
2. Bagi Instansi Sebagai
masukan untuk fungsi kantor dan inventaris kantor Fakultas Ekonomi USU sesuai dengan hasil dan analisis
peneliti untuk bahan kepentingan tugas
akhir ini.
3. Bagi pembaca Sebagai bahan informasi atau
masukan bagi semua pihak yang membutuhkan dalam hal fungsi perlengkapan dan inventaris
kantor.
E. Jadwal dan
Sistematika Penulisan 1. Jadwal
kegiatan Dalam penulisan tugas akhir ini, dibuat jadwal kegiatan gunanya agar
waktu yang diperlukan dapat dibagi
dengan teratur. Agar penulisan tugas akhir ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada
waktunya.
Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas
Akhir Kegiatan Minggu I Minggu II
Minggu III Persiapan Pengumpulan Data Penulisan
Laporan Jadwal
survei yang dilakukan oleh penulis di Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU. Dimana survei tersebut bertujuan
memperoleh data-data yang diperlukan
mengenai perlengkapan dan inventaris kantor yang dilakukan oleh Bagain Akademik Fakultas Ekonomi . Hal ini diperlukan penulis dalam menyelesaikan tugas
akhir.
2. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan
tugas akhir ini adalah: BAB I: PENDAHULUAN Bab ini akan menjelaskan tentang
Latar Belakang, Permasalahan, Tujuan Penelitian,
Manfaat penelitian, Jadwal Penelitian yang dilakukan dan Sistematika Penulisan.
BAB II: PROFIL PERUSAHAAN ATAU INSTANSI Profil
perusahaan dalam Bab ini terdiri dari Sejarah Ringkas Perusahaan, Struktur organisasi dan
Personalia, Uraian Tugas, Kegiatan Usaha, Kinerja Terkini, serta Rencana Kegiatan.
BAB III:
PEMBAHASAN Pembahasan ini akan menjelaskan bagaimana fungsi perlengkapan
dan inventaris kantor pada Bagian
Akademik Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN Penutup terdiri atas
kesimpulan mengenai perlengkapan dan inventaris kantor pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi
USU.
Download
lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi