Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: FUNGSI PERLENGKAPAN DAN INVENTARIS KANTOR PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A.   Latar Belakang  
 Kantor merupakan tempat diselenggarakannya kegiatan menangani  informasi, menangani informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengola,  menyimpan sampai mengeluarkan dan mendistribusikan informasi. Oleh karena  itu perlengkapan dan inventaris kantor mempunyai peranan penting bagi setiap  instansi pemerintah maupun swasta, untuk menangani berbagai informasi dikantor  tersebut.

Aktivitas kerja sekretaris menitikberatkan pada pekerjaan kantor atau  perusahaan. Maka perlengkapan kantor dan inventaris kantor sangat berfungsi  dalam membantu kelancaran aktivitas dan kegiatan kantor baik di instansi  pemerintah maupun swasta. Jika dalam suatu instansi pemerintah maupun swasta  kekurangan perlengkapan dan inventaris kantor maka aktivitas dan kegiatan  kantor akan terganggu. The Liang Gie (1992) mengatakan bahwa perlengkapan  kantor dapat berupa peralatan kantor, perabot kantor, hiasan kantor, dan  persediaan kantor sedangkan inventaris kantor merupakan sebuah daftar yang  memuat nama-nama barang milik instansi tersebut.
Proses perlengkapan dan inventaris kantor artinya penyelenggaraan  mengenai kebutuhan, penyediaan, penggunaan alat, benda, tempat dan fasilitas  lainnya dan semua kebutuhan tersebut digunakan dalam kerangka untuk  membantu kelancaran dalam melaksanakan aktifitas kantor. Sehubungan dengan   perlengkapan kantor, perlu diperhatikan khususnya kebutuhan perlengkapan  kerja, standarisasi dan perincian benda-benda, proses pembelian benda-benda  serta pembayaran, prosedur pemakaian benda baik permintaan maupun  pengeluaran, pencatatan dan pengurusan harta benda, teknik menyimpan dan  merawat harta benda, pemeliharaan gudang dan pengangkutan benda-benda,  karena ini berhubungan dengan perlengkapan (bekal) kantor untuk membantu  kelancaran aktifitas dan kegiatan kantor.
B.  Permasalahan Untuk memfokuskan dan memperjelas topik yang akan dibahas pada tugas  akhir ini, maka perlu diadakan perumusan guna mempermudah materi yang akan  dibahas dan dipelajari selama dibangku perkuliahan. Adapun perumusan masalah  dalam penelitian ini adalah Bagaimana Fungsi Perlengkapan dan Inventaris  Kantor Pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU.
C.  Tujuan Penelitian  Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui fungsi perlengkapan kantor dan inventaris kantor  Fakultas Ekonomi USU 2. Memberikan sumbangan pikiran sebagai bahan masukan bagi Fakultas  Ekonomi USU.
D.  Manfaat Penelitian Mamfaat penelitian ini adalah: 1. Bagi Peneliti  Menambah pengetahuan peneliti dalam bidang yang diteliti baik secara  teoretis maupun aplikasi.  Bagaimana fungsi dari perlengkapan kantor dan  inventaris kantor dalam menjalankan tugas agar lebih berfungsi dan bertanggung  jawab. Bermamfaat untuk mengetahui dan memahami dalam pencapaian tujuan  agar terlaksana dengan sukses serta dapat menambah pengetahuan penulis dalam  bidang yang diteliti, baik secara teoritis maupun penerapannya langsung  dilapangan.
2. Bagi Instansi Sebagai masukan untuk fungsi kantor dan inventaris kantor Fakultas  Ekonomi USU sesuai dengan hasil dan analisis peneliti untuk bahan kepentingan  tugas akhir ini.
3.  Bagi pembaca Sebagai bahan informasi atau masukan bagi semua pihak yang membutuhkan  dalam hal fungsi perlengkapan dan inventaris kantor.
E. Jadwal dan Sistematika Penulisan 1.   Jadwal kegiatan Dalam penulisan tugas akhir ini, dibuat jadwal kegiatan gunanya agar waktu  yang diperlukan dapat dibagi dengan teratur. Agar penulisan tugas akhir ini dapat  diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
 Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas Akhir Kegiatan  Minggu I  Minggu II  Minggu III Persiapan      Pengumpulan Data      Penulisan Laporan     Jadwal survei yang dilakukan oleh penulis di Bagian Akademik Fakultas  Ekonomi USU. Dimana survei tersebut bertujuan memperoleh data-data yang  diperlukan mengenai perlengkapan dan inventaris kantor yang dilakukan oleh  Bagain Akademik Fakultas Ekonomi . Hal ini  diperlukan penulis dalam menyelesaikan tugas akhir.
2.  Sistematika Penulisan Sistematika penulisan tugas akhir ini adalah:  BAB I:  PENDAHULUAN Bab ini akan menjelaskan tentang Latar Belakang, Permasalahan, Tujuan  Penelitian, Manfaat penelitian, Jadwal Penelitian yang dilakukan dan Sistematika  Penulisan.
BAB II:   PROFIL PERUSAHAAN ATAU INSTANSI Profil perusahaan dalam Bab ini terdiri dari Sejarah Ringkas  Perusahaan, Struktur organisasi dan Personalia, Uraian Tugas, Kegiatan Usaha,  Kinerja Terkini, serta Rencana Kegiatan.
 BAB III:  PEMBAHASAN Pembahasan ini akan menjelaskan bagaimana fungsi perlengkapan dan  inventaris kantor pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU.
BAB IV:  KESIMPULAN DAN SARAN Penutup terdiri atas kesimpulan mengenai perlengkapan dan inventaris  kantor pada Bagian Akademik Fakultas Ekonomi USU.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi