Jumat, 04 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PELAKSANAAN AZAS - AZAS EFISIENSI PEKERJAAN KANTOR OLEH PEGAWAI/ STAF PADA BAGIAN TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang 
Pada dasarnya, rangkaian kegiatan di dalam organisasi yang di lakukan oleh  sekelompok orang, baik di lingkungan pemerintah maupun swasta, secara  keseluruhan akan memerlukan pekerjaan kantor yang tertib, rapi, dan lancar. Pelaksanaan pekerjaan kantor perlu ditangani secara profesional, dalam arti bahwa  kantor memerlukan pimpinan dan staff yang mengerti akan tugasnya dan  bersemangat dalam mengejar prestasi. Seorang karyawan diharapkan dapat  mencurahkan perhatiannya secara sungguh-sungguh, dan berusaha untuk dapat  mengolah informasi, sehingga dapat menjadi sesuatu yang berdaya guna yang  dibutuhkan oleh pimpinan dalam rangka mengatur dan mengendalikan usahanya.

Tanpa tersedianya informasi yang lengkap dan bermanfaat serta sesuai dengan  perkembangan, maka akan sulit bagi pimpinan untuk menentukan suatu  kebijaksanaan. Informasi yang akurat dan berdasarkan fakta, lengkap dan  menyeluruh sangat diperlukan untuk segera disiapkan dan segera ditindak lanjuti.
Menurut Sedarmayanti (2001:3), penyelenggaraan kegiatan perkantoran  merupakan inti kehidupan organisasi karena pekerjaan kantor berfungsi untuk  membantu pimpinan dalam mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Pekerjaan  kantor meliputi pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman,  dan penyimpanan keterangan. Pekerjaan kantor mempunyai peranan melayani  pelaksanaan pekerjaan operasional guna membantu pelaksanaan pekerjaan pokok   untuk mencapai suatu tujuan organisasi, menyediakan keterangan bagi pimpinan  organisasi untuk membuat keputusan atau melakukan tindakan yang tepat, dan  membantu melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu  keseluruhan.
Pelaksanaan pekerjaan kantor di setiap kantor berbeda ruang lingkupnya, hal  tersebut tergantung dari kebutuhan masing-masing kantor yang bersangkutan.
Organisasi yang besar dan luas jangkauannya memerlukan lebih banyak informasi  yang harus ditangani daripada organisasi yang sempit lingkup usahanya. Agar  pekerjaan kantor dapat berfungsi secara baik, tertib, rapi, dan lancar, maka perlu  ditingkatkan produktivitas kerja karyawan/staff. Berbagai macam cara dapat  dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu cara guna  meningkatkan produktivitas kerja adalah penerapan efisiensi kerja serta  pelaksanaan azas-azasnya.
Menurut Sedarmayanti (2001:112), efisiensi kerja adalah merupakan  pelaksanaan cara-cara tertentu dengan tanpa mengurangi tujuannya yang  merupakan cara yang termudah mengerjakannya, termurah biayanya, tersingkat  waktunya, teringan bebannya, dan terpendek jaraknya. Bekerja dengan efisien  adalah bekerja dengan gerakan, usaha, waktu dan kelelahan yang sedikit mungkin.
Cara bekerja yang efisien dapat diterapkan oleh setiap pegawai/staff untuk semua  pekerjaan, baik kecil maupun besar. Dengan menggunakan cara bekerja yang  sederhana, penggunaan alat yang dapat membantu mempercepat penyelesaian  tugas, serta menghemat gerak dan tenaga, maka seseorang dapat dikatakan bekerja  dengan efisien, dan memperoleh hasil yang memuaskan. Sumber utama efisiensi   adalah manusia, karena dengan akal, pikiran dan pengetahuan yang ada, manusia mampu menciptakan cara kerja yang efisien. Unsur-unsur yang melekat pada  manusia adalah kesadaran, keahliaan, dan disiplin. Apabila salah satu unsur  tersebut tidak ada maka akan sulit mencapai efisiensi.
Efisiensi merupakan usaha untuk memberantas segala pemborosan bahan dan  tenaga kerja maupun gejala yang merugikan. Adapun syarat dapat dicapainya  efisiensi adalah berhasil guna atau efektif, ekonomis, pelaksanaan kerja yang  dapat dipertanggungjawabkan, pembagian kerja yang nyata, rasionalitas  wewenang dan tanggung jawab, prosedur kerja yang praktis, dapat dikerjakan dan  dapat dilaksanakan.
Dalam bidang perkantoran, perlu diperhatikan adanya azas-azas tertentu agar  dapat dicapai perbandingan terbaik antara setiap kerja dan hasilnya. Menurut  Sukoco (2007:242), azas-azas efisiensi pekerjaan kantor terbagi menjadi 5 yaitu  azas perencanaan, azas penyederhanaan, azas penghematan, azas penghapusan, dan azas penggabungan. Merencanakan berarti menggambarkan dimuka  mengenai tindakan yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Menyederhanakan berarti membuat suatu sistem yang ruwet atau pekerjaan yang  sukar menjadi lebih mudah atau ringan. Menghemat berarti mencegah pemakaian  bahan atau benda secara berlebihan sehingga biaya pekerjaan tersebut tidak  menjadi mahal. Menghapuskan berarti meniadakan kegiatan dalam melaksanakan  suatu pekerjaan yang dianggap kurang perlu atau tidak berhubungan dengan hasil  kerja yang ingin dicapai. Menggabungkan berarti mempersatukan pekerjaan pekerjaan yang memiliki persamaan atau bahan-bahan yang dapat dikerjakan  sekaligus dalam satu langkah, sehingga dapat menghemat waktu kerja.
Efisiensi merupakan suatu pengertian terhadap suatu keadaan, sehingga cara  penilaiannya tidak dapat dilakukan dalam waktu sambil lalu saja, melainkan harus  dalam waktu cukup dan dilakukan dengan penelitian. Azas-azas efisiensi kerja  meliputi semua bidang pekerjaan dan harus diterapkan disemua bidang pekerjaan,  maka jika hal itu dilaksanakan dengan baik akan menghasilkan produktivitas yang  tinggi bagi organisasi.
Mengingat pentingnya pelaksanaan azas-azas efisiensi pekerjaan kantor pada  suatu organisasi, maka penulis memilih judul “Pelaksanaan Azas-azas Efisiensi  Pekerjaan Kantor Oleh Pegawai/ Staf Pada Bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi ”.
B.  Perumusan Masalah Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pelaksanaan  azas-azas efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/staf pada bagian Tata Usaha  Fakultas Ekonomi ?”.
C. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan azas-azas  efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/staf pada bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi .
 D. Manfaat Penulisan Adapun manfaat penelitian ini, antara lain: 1.  Bagi Penulis Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan penulis tentang efisiensi  pekerjaan kantor.
2.  Bagi Fakultas Ekonomi USU Sebagai bahan masukan dan saran yang mungkin berguna untuk pelaksanaan  pekerjaan kantor secara efisien.
3.  Bagi Peneliti Selanjutnya Sebagai bahan informasi bagi para peneliti mengenai pelaksanaan azas-azas  efisiensi pekerjaan kantor.
E.  Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl.
T. M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini  dapat dilihat pada Tabel 1.1.
Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas Akhir NO  KEGIATAN BULAN APRIL  MEI  JUNI 1  2  3  4  1  2  3  4  1  2  3  4 1.  Persiapan                         2.  Pengumpulan Data                        3  Penulisan Laporan                      Persiapan penelitian dimulai dari tanggal 14 April 2010, sejak disetujuinya  Judul laporan penelitian oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi DIII  Kesekretariatan. Penulis melakukan penelitian yang akan dilaksanakan pada bulan  April s/d Juni 2010. Pada tahap ini Penulis akan melakukan wawancara dengan  pegawai/staf pada bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera.
F.  Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi atas 4 bab dan setiap babnya dibagi atas beberapa sub  bab, antara lain: BAB I: PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan  penelitian, manfaat penelitian, dan rencana yang terdiri dari jadwal kegiatan dan  sistematika penulisan.
BAB II: PROFIL FAKULTAS EKONOMI Dalam bab ini diuraikan mengenai sejarah singkat instansi, struktur organisasi,  uraian tugas, kegiatan usaha, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan.
BAB III: PEMBAHASAN Dalam bab ini diuraikan mengenai sumer efisiensi, pelaksanaan azas-azas  efisiensi kerja oleh pegawai/staff pada bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi   , dan usaha-usaha efisiensi pada bagian Tata Usaha  Fakultas Ekonomi USU BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang pelaksanaan azas-azas  efisiensi pekerjaan kantor oleh pegawai/staff pada bagian Tata Usaha Fakultas  Ekonomi .
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi